Daftar Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru Desember 2021

Posted on

Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru – Batu bata merupakan salah satu material konstruksi bangunan yang digunakan dalam pembuatan dinding bangunan tersebut. Batu bata ini terbuat dari bahan tanah liat atau tanah hitam yang dibentuk sedemikian rupa kemudian dikeringkan dan dibakar hingga supaya lebih keras.

Secara umum, batu bata memiliki bentuk prisma segiempat panjang. Batu bata digunakan karena memiliki sifat lebih kokoh untuk mendirikan sebuah bangunan dengan harga yang lebih ekonomis. Batu bata ini banyak juga digunakan untuk memperindah dan memberikan kesan natural pada suatu bangunan.

Kualitas batu bata yang baik adalah batu bata yang tidak mudah hancur meskipun sudah direndam dalam air dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan berpengaruh juga pada bentuk bangunan yang akan didirikan. Struktur bangunan ini akan semakin kuat ketika kualitas dari kualitas batu bata tersebut juga baik.

Jenis Batu Bata Merah

Batu Bata Merah

Batu bata merah merupakan material yang sangat sering dijumpai untuk membuat dinding rumah di Indonesia. hal ini dikarenakan batu bata merah menjadi material yang sangat mudah ditemukan di seluruh toko bangunan.

Batu bata merah ini terbuat dari bahan tanah liat atau lempung yang diproses dengan pembakaran yang memiliki suhu tinggi. untuk pembuatannya pun ada yang dilakukan secara tradisional dengan bantuan alat tertentu dan ada juga yang menggunakan mesin. Batu bata merah ini memiliki bentuk balok persegi panjang dengan ukuran besar dan ketebalan yang bervariasi.

Ciri utama dari batu bata merah ini adalah warna kemerah-merahan dari material tersebut. Batu bata jenis ini pun sudah digunakan sejak dulu dan terkenal dengan ketangguhannya sebagai dinding bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Merah

Kelebihan Kekurangan Batu Bata Merah

Batu bata merah memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika akan menggunakan material ini.

  • Kelebihan batu bata merah

  1. Memiliki ukuran yang kecil sehingga memudahkan dalam pengiriman material atau memudahkan dalam pemindahan tempat material tersebut
  2. Kuat dan kokoh. Ukuran yang kecil dan bentuknya mudah disusun dan dipahami oleh tukang dalam penyusunan batu bata menjadi dinding yang kokoh. Material ini memiliki ketahanan yang kuat.
  3. Hanya membutuhkan campuran semen dan pasir untuk merekatkan batu ini satu sama lain supaya tersusun rapi dan menjadi bangunan yang kokoh.
  4. Harga batu bata merah lebih ekonomis.
  5. Pemasangan batu tidak membutuhkan teknik khusus sehingga tidak membutuhkan tukang khusus untuk pemasangannya.
  • Kekurangan batu bata merah

  1. Membutuhkan waktu yang lama dalam penyusunan batu bata karena bentuknya yang kecil serta membutuhkan ketelatenan supaya mendapatkan hasil penyelesaian yang baik.
  2. Membutuhkan campuran pasir dan semen yang banyak, sehingga membuat pengeluaran lebih besar.
  3. Mudah menyerap panas saat musim kemarau dan mudah menyerap dingin pula ketika musim penghujan.
  4. Material dari bata bata merah memiliki material cukup berat sehingga memberikan beban pada struktur bangunan.

Jenis Batu Bata Putih

Jenis Batu Bata Putih

Batu bata putih menjadi alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk membangun dinding yang kokoh untuk rumah Anda. Meskipun masih jarang digunakan, tetapi semakin hari batu bata putih ini mulai banyak diminati oleh masyarakat. Untuk membedakan dengan batu bata merah, batu bata putih ini biasa disebut dengan batu bata ringan atau behel.

Jenis batu bata ini dibuat dengan campuran semen, kapur, pasir kuarsa, aluminium gypsum dan air. Untuk proses produksinya menggunakan mesin, bukan lagi menggunakan tangan secara tradisional.

Batu bata putih ini memiliki bentuk yang presisi. Selain itu bobotnya juga lebih ringan dan permukaannya lebih halus. Oleh karenanya, batu bata ini bisa sebagai alternative dalam meminimalisir beban struktur bangunan. bentuk dari batu bata ini pun berdimensi sekitar 30-60 cm dengan tinggi 20-0 cm dan ketebalannya sekitar 7-20 cm.

Baca Juga : Harga Baja Ringan Perbatang & Merk Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Batu Bata Putih

Kelebihan Kekurangan Batu Bata Putih

Batu bata putih memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika akan menggunakan material ini.

  • Kelebihan batu bata putih

  1. Batu bata putih memiliki ukuran yang sama sehingga memudahkan dalam penyusunannya hingga menjadi dinding kuat.
  2. Memiliki bentuk permukaan yang halus sehingga dalam proses penyelesaian akhir dinding lebih dimudahkan serta tampak lebih rata dan rapi.
  3. Pembuatan dinding tidak membutuhkan material perekat dalam jumlah yang banyak.
  4. Proses pengerjaan bisa dilakukan dalam waktu lebih cepat serta bisa menekan dan menghemat anggaran keluar.
  5. Batu bata putih memiliki sifat tahan air, peredam suara dan bisa tahan lama.
  6. Secara kualitas, batu bata putih ini lebih bagus.
  • Kelemahan batu bata putih

  1. Memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batu bata merah
  2. Hanya tersedia di beberapa toko bangunan saja, tidak di seluruh toko bangunan.
  3. Masih tergolong sebagai batu bata barung yang belum banyak tukan bisa atau ahli dalam penyusunan dinding menggunakan material ini.

Harga Batu Bata Merah dan Putih terbaru

Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru

Terdapat banyak sekali jenis batu bata yang akan Anda temui di toko bangunan, sehingga dalam pemilihan material tersebut selain dari segi kebutuhan tetapi pilih juga yang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki.  Berikut ini adalah daftar harga untuk jenis batu bata merah dan batu bata putih yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika akan membelinya.

  • Batu Bata Merah

Batu bata merah sendiri memiliki beberapa jenis produk sebagai  berikut:

  1. Batako harganya Rp3.500 perbuah
  2. Batu bata merah (biasa) harganya Rp600 perbuah
  3. Bata bata merah (oven) harganya Rp850 perbuah
  4. Batu kali belah harganya Rp185.000 permeter3
  5. Batu knecker harganya Rp210.000 permeter3
  6. Batu candi (30 x30) harganya Rp160.000 permeter2
  7. Batu bata merah hias/ekspos harganya Rp1.200 perbuah
  • Batu Bata Putih

  1. Bata ringan hebel harganya Rp730.000 permeter3
  2. Batu bata ringan voscon harganya Rp650.o00 permeter3
  3. Batu bata ringan (10x20x60 cm) harganya Rp7.800 perbuah
  4. Bata ringan (7,5x 20x 60) harganya Rp7.800

Batu bata adalah salah satu elemen yang dibutuhkan dalam proses konstruksi tertentu. Bagi Anda yang ingin membeli batu bata dengan kualitas super, ada baiknya memilih penjual yang benar-benar terpercaya dan menawarkan harga yang kompetitif.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini