Kamis, April 4, 2024

Harga Maple Syrup Berbagai Merk Terbaru April 2024

Harga Maple Syrup Berbagai Merk Terbaru – Maple syrup, atau sirup mapel termasuk bahan pemanis alami yang dapat menggantikan penggunaan gula dan madu. Umumnya, maple syrup sering digunakan untuk memperkaya rasa makanan dan minuman, seperti permen, selai, adonan kue, dan bahkan sebagai topping yang lezat untuk pancake dan wafel. Mungkin anda sering menjumpai penggunaan mapel syrup sebagai topping waffle, pancake, maupun croffle.

Harga Maple Syrup Berbagai Merk Terbaru Juli 2023

Terdapat tiga spesies mapel yang sering digunakan sebagai bahan baku maple syrup, yaitu mapel gula (Acer saccharum), mapel hitam (A. nigrum), dan mapel merah (A. rubrum). Spesies-spesies ini memiliki kadar gula yang tinggi, yaitu sekitar 2-5 persen. Setiap jenis pohon maple memiliki aroma dan cita rasa yang khas saat diolah menjadi maple syrup. Mapel gula (Acer saccharum) memiliki rasa yang manis dan lezat, sementara mapel hitam (Acer nigrum) memberikan sentuhan rasa yang lebih kaya dan pekat. Disamping itu, mapel merah (Acer rubrum), dengan musim bertunas yang pendek, menawarkan variasi rasa yang bergantung pada masa panen.

Selain dari pohon-pohon mapel, sirop yang serupa dengan maple syrup juga dapat dihasilkan dari pohon-pohon lain. Sirop tersebut dapat diproduksi dari pohon kenari, betula, dan palem. Meskipun memiliki kesamaan dalam konsistensi dan rasa, sirop yang dihasilkan dari pohon-pohon tersebut memiliki karakteristik yang sedikit berbeda dengan maple syrup yang berasal dari pohon mapel.

Dalam produksi maple syrup, spesies mapel yang digunakan memiliki pengaruh signifikan terhadap rasa dan aroma yang dihasilkan. Setiap spesies mapel memberikan nuansa yang khas pada maple syrup, sehingga memberikan variasi dalam pilihan dan preferensi konsumen. Penting untuk mencatat bahwa maple syrup yang berkualitas tinggi umumnya berasal dari pohon mapel yang dianggap superior dalam menghasilkan sirop yang lezat. Oleh karena itu, ketika memilih maple syrup, penting untuk memperhatikan jenis spesies mapel yang digunakan dalam produksi, sehingga dapat memastikan kualitas dan karakteristik yang diinginkan dari maple syrup tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan berbagai merek terbaru dan informasi harga yang dapat membantu Anda dalam memilih maple syrup yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

Harga Maple Syrup Berbagai Merk Terbaru

Harga Maple Syrup Berbagai Merk Terbaru

Berikut ini adalah daftar merek maple syrup terbaru yang dapat Anda pertimbangkan dalam mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda:

Merek Maple SyrupHarga (Rp)
Pondan Sirup Maple sachet 40 ml3.750
Pondan Sirup Maple Pouch 1 kg37.900
All Roses Maple Syrup 750ml50.000
Buybest Maple Syrup 1L50.714
Green’s Greens Maple Syrup 375ml54.900
Morinaga Maple Syrup Japan90.000
Moran Maple Syrup 800 ml77.040
CY Maple Syrup 1L85.000
Country Kitchen Maple Syrup 710 ml69.000
Hershey’s Maple Syrup 623 ml82.000
Shady Maple Farms Canadian ( Pure Maple Syrup ) 125 Ml99.000
Joe Maple Syrup 250 ml104.900
Ferme Vifranc Maple Syrup 250 ml125.000
Now Real Organic Maple Syrup Grade A Dark Color 946 ml700.000

Harga telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko offline dan online. Harap dicatat bahwa harga maple syrup di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat bervariasi tergantung pada tempat dan toko pembelian. Penting untuk membandingkan harga dan mempertimbangkan preferensi Anda dalam memilih merek maple syrup yang tepat.

Kandungan Gizi Maple Syrup

Kandungan Gizi Maple Syrup

Maple syrup dihasilkan dari getah pohon maple yang diproses secara alami. Dalam hal gizi, sirup maple dianggap lebih bernutrisi dibandingkan dengan gula karena mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, dan fitokimia yang lebih tinggi daripada gula putih atau sirup tinggi fruktosa. berikut merupakan kandungan gizi maple syrup

  1. Kalori. Kalori adalah asupan penting bagi semua orang, termasuk bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Kandungan kalori dalam sirup maple hampir sama dengan kandungan kalori dalam madu. Setiap sendok makan maple syrup mengandung sekitar 52 kalori, sedangkan madu mengandung sekitar 64 kalori.
  2. Zat Gizi Makro. Zat gizi makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi tubuh. Selain itu, zat gizi makro juga penting dalam pembentukan energi dan metabolisme tubuh. Setiap sendok makan maple syrup mengandung sekitar 13,5 gr karbohidrat, dengan 12,4 gr berasal dari gula. Selain itu, sirup ini juga mengandung sekitar 0,1 gr lemak dalam takaran yang sama.
  3. Kandungan Mineral yang Beragam. Dalam setiap 100 gr sirup maple, terdapat kandungan 165% kebutuhan harian mangan, 28% kebutuhan harian zinc, 7% kebutuhan harian kalsium, 7% kebutuhan harian zat besi, dan 6% kebutuhan harian kalium. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati dengan kandungan gula dalam maple syrup. Sirup ini mengandung dua pertiga sukrosa (mirip dengan gula pasir) dan 67% gula. Konsumsi yang berlebihan dapat beresiko menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.
  4. Antioksidan. Menurut Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa maple syrup mengandung 24 senyawa antioksidan. Beberapa antioksidan utama yang terkandung di dalamnya antara lain asam benzoat, asam galat, asam cinnamic, dan berbagai flavonoid seperti katekin, epikatekin, rutin, dan quercetin.

Manfaat Maple Syrup

Manfaat Maple Syrup

Maple syrup memiliki beragam manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi maple syrup:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Maple syrup memiliki kemampuan untuk melawan bakteri berbahaya, bahkan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, Maple syrup juga mengandung zinc yang diperlukan untuk menjaga sistem imun tubuh. Kekurangan zinc dapat meningkatkan resiko peradangan, alergi, dan penurunan fungsi sistem imun.
  2. Antioksidan yang melawan radikal bebas. Berdasarkan penelitian, maple syrup mengandung 24 jenis zat antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang berkontribusi pada timbulnya berbagai penyakit.
  3. Menjaga kesehatan otak. Senyawa antioksidan dalam Maple syrup diyakini dapat mencegah penggumpalan protein di otak yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer. Selain itu, tingginya kandungan mangan dalam sirup maple juga dapat mendukung kesehatan otak dan sistem saraf.
  4. Menurunkan kadar kolesterol. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa Maple syrup dapat efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, Maple syrup juga memiliki potensi untuk mencegah peradangan hati. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi manfaat ini pada manusia.
  5. Mendukung kesehatan tulang. Kandungan mangan dalam Maple syrup dapat membantu perkembangan dan pemeliharaan tulang yang sehat. Mineral ini juga berperan dalam mengurangi peradangan, mengatur kadar gula darah, dan menjaga metabolisme nutrisi.

Meskipun Maple syrup memiliki manfaat yang beragam, perlu diingat bahwa sirup ini tetap mengandung jumlah gula yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsinya perlu dibatasi untuk mencegah masalah kesehatan seperti gigi berlubang, obesitas, dan diabetes.

Tips Memilih Maple Syrup yang Tepat

Tips Memilih Maple Syrup yang Tepat

Maple syrup merupakan bahan pemanis yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai hidangan. Namun, dengan beragam merek dan jenis yang tersedia di pasaran, mungkin sulit bagi Anda untuk memilih maple syrup yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih maple syrup yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda:

Pilih maple syrup dengan bahan baku 100% maple syrup murni

Periksa label pada kemasan dan pastikan produk yang Anda pilih menggunakan bahan baku maple syrup murni tanpa campuran. Pilihlah produk dengan label “pure” atau “pur” dalam bahasa Inggris atau Prancis. Hal ini akan memastikan Anda mendapatkan maple syrup yang berkualitas tinggi.

Kenali tipe rasa dan warna pada grade maple syrup

Maple syrup dibagi menjadi empat grade dengan perbedaan warna dan rasa yang disebabkan oleh waktu panen pohon maple yang tidak serempak. Grade tersebut adalah Golden, Amber, Dark, dan Very Dark. Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing grade:

  • Grade Golden memiliki warna keemasan dengan rasa lembut yang paling ringan di antara grade lainnya. Warna sirup dengan grade ini cenderung jernih keemasan. Kadar kemurnian sirop maple grade ini lebih dari 66%, tanpa campuran apa pun.
  • Maple syrup dengan grade Amber memiliki rasa yang lebih matang dengan warna lebih gelap dibanding grade Golden. Kadar kemurnian lebih dari 66%, tanpa campuran.
  • Grade Dark direkomendasikan karena memiliki rasa manis yang seimbang. Tingkat kemurnian maple syrup grade ini lebih dari 66%, serta tanpa campuran. Maple syrup grade dark mempunyai warna yang lebih gelap dibandingkan grade Amber.
  • Grade Very Dark memiliki warna paling pekat dengan rasa yang kuat, biasanya digunakan untuk memasak. Grade ini sangat jarang ditemui di Indonesia karena tidak banyak orang yang menyukainya.

Baca Informasi Produk

Sebelum membeli maple syrup, pastikan untuk membaca informasi produk dengan teliti. Perhatikan proses produksi, bahan-bahan yang digunakan, dan metode penyimpanan yang disarankan. Informasi ini akan membantu Anda memahami lebih baik tentang kualitas dan keaslian maple syrup yang akan Anda beli.

Membaca Ulasan dan Rekomendasi

Sebelum membeli maple syrup, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan rekomendasi dari konsumen lain. Ulasan ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman dari mereka yang telah mencoba produk tersebut. Hal ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik dan memilih maple syrup yang dianggap berkualitas oleh pengguna lain.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Anda akan dapat memilih maple syrup yang tepat sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa memilih maple syrup yang berkualitas akan memberikan pengalaman kuliner yang lebih memuaskan dan memperkaya cita rasa hidangan Anda.

Dalam artikel ini, telah dibahas tentang harga maple syrup berbagai merk terbaru. Maple syrup merupakan bahan pemanis alami yang digunakan secara luas dalam berbagai hidangan, mulai dari topping kue hingga campuran minuman. Dalam memilih maple syrup yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Dengan memperhatikan faktor-faktor yang telah dijelaskan, Anda dapat memilih maple syrup yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×