Daftar Harga Atap Spandek Menurut Ukuran & Jenis (2021)

Posted on

Atap spandek merupakan atap rumah yang terbuat dari bahan spandek. Bahan spandek sendiri terdiri dari campuran material alumunium dan seng dengan rasio 55% alumunium dan 43% seng. Sebagai pelengkapnya, atap ini ditambahi dengan campuran silikon sejumlah 2%.

Penggunaan atap spandek ini dianggap memiliki daya tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa awet hingga 20 tahun. Bahkan dari perpaduan ketiga bahan tadi dapat menciptakan sifat antikarat pada atap tersebut.

Dengan desain permukaan yang sedemikian rupa akan memudahkan dalam proses pengecatan serta bisa menjadikannya semakin cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan bangunan. Dengan bentuk kotak-kotak simetris, atap ini semakin memperindah penampilan dari atap rumah atau juga gedung industri. Gedung-gedung yang sering ditemui menggunakan atap spandek ini seperti pabrik, gudang, ruko, mall, dan yang lainnya.

Jenis Atap Spandek

Jenis Atap Sapandek

Atap Spandek memang salah satu dari jenis atap, tetapi atap spandek sendiri terbagi menjadi beberapa jenis spandek lagi. Untuk penggunaan dari berbagai jenis atap spandek ini bisa Anda sesuaikan dengan yang anda butuhkan. Beberapa jenis dari atap spandek ini akan dijelaskan berikut ini.

  1. Atap Spandek Zincalum (Spandek Biasa)

Atap Spandek Zincalum

Atap spandek Zincalum paling banyak ditemui di berbagai industri atau di perumahan, biasanya digunakan sebagai atap kanopi dan pergudangan. Spandek jenis ini hanya memiliki satu warna saja, yaitu warna silver.

Terdapat dua tipe pola yang dimiliki oleh spandek Zincalum ini, yaitu dengan pola gelombang besar dan pola gelombang kecil. Kedua pola ini tidak memiliki perbedaan khusus untuk penggunaannya, sehingga anda bisa menggunakan yang mana saja sesuai selera.

  1. Atap Spandek Warna

Atap Spandek Warna

Atap spandek jenis ini memiliki pilihan warna lebih banyak, ada warna merah, kuning, biru atau juga hitam. Pemilihan warna atap ini bisa untuk mempercantik bangunan anda dengan dikombinasikan dengan warna temboknya.

Pewarnaan untuk atap ini dilakukan dengan cara coating sehingga membuat warnanya lebih tahan lama dan tidak mudah pudar. Dengan proses tersebut, harga dari atap spandek jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan spandek biasa.

  1. Atap Spandek Transparan

Atap Spandek Transparan

Atap spandek Transparan ini sangat cocok digunakan di bagian ruangan yang membutuhkan sinar matahari langsung tetapi tetap aman dari hujan, seperti di tempat jemuran pakaian.

Atap spandek transparan ini terbuat dari bahan plastik sehingga atap ini memiliki berat yang cukup ringan dan mudah dipasang. Untuk harganya pun lebih murah dibandingkan dengan jenis spandek lainnya.

  1. Atap Spandek Pasir

Atap Spandek Pasir

Seperti namanya, atap ini terbuat dari material pasir dengan sidat pedaman suara yang lebih baik. Selain itu, Atap spandek pasir ini memiliki berat yang ringan dan lebih aman. Atap jenis ini sering digunakan untuk dipasangkan pada rumah-rumah minimalis.

  1. Atap Spandek Lengkung

Atap Spandek Lengkung

Atap Spandek Lengkung ini memiliki berbagai bentuk lengkungan yang bervariasi. Bentuk lengkungan ini bisa anda sesuaikan dengan bentuk bangunan yang akan dipasangi atap tersebut.

  1. Atap Spandek Kiplok

Atap Spandek Kiplok

Atap Spandek Kiplok ini adalah atap spandek yang paling canggih karena memiliki sistem pengunci dan pengikat sendiri. Sistem tersebut sudah terpasang pada atap yang memiliki fungsi untuk mempermudah pengaplikasiannnya serta memudahkan untuk dibuka tutup. Meskipun demikian, atap ini tahan bocor sehingga aman digunakan.

  1. Atap Spandek Laminasi

Atap Spandek Laminasi

Bahan dasar pembuat atap spandek laminasi ini adalah alumunium dengan tambahan lapisan foil di bagian luarnya. Lapisan ini membuat atap lebih kebal terhadap benturan serta bisa membuat atap lebih awet.

Baca Juga : Harga Triplek Semua Jenis Terbaru

Harga Atap Spandek Menurut Ukuran dan Jenisnya

Harga dari atap spandek ini bervariasi, hal tersebut dibedakan dari jenis dan ukuran atap tersebut. dibawah ini merupakan rangkuman dari harga-harga yang perlu untuk anda ketahui.

  1. Atap Spandek Pasir

Harga Atap Spandek Pasir
KetebalanHarga
0,50 mmRp115.000 permeter
0.45 mmRp110.000 permeter
0.40 mmRp100.000 permeter
0.35 mmRp90.000 permeter
0.30 mmRp80.000 permeter
0.25 mmRp70.000 permeter
  1. Atap Spandek Warna

Harga Atap Spandek Warna
KetebalanHarga
0.30 mmRp58.000 permeter
0.35 mmRp68.000 permeter
0.40 mmRp78.000 permeter
0.45 mmRp88.000 permeter
0.50 mmRp98.000 permeter
  1. Atap Spandek Laminasi

Harga Atap Spandek Laminasi
KetebalanHarga
0.30 mmRp85.000 permeter
0.35 mmRp95.000 permeter
0.40 mmRp105.000 permeter
0.45 mmRp115.000 permeter
  1. Atap Spandek Zincalum

Harga Atap Spandek Zincalum
KetebalanHarga
0.25 mmRp50.000 permeter
0.30 mmRp60.000 permeter
0.35 mmRp70.000 permeter
0.40 mmRp80.000 permeter
0.45 mmRp95.000 permeter
  1. Atap Spandek Transparan

Harga Atap Spandek Transparan
KetebalanHarga
0.30 mmRp59.000 permeter
0.35 mmRp65.000 permeter
0.40 mmRp70.000 permeter
0.45 mmRp80.000 permeter
0.50 mmRp90.000 permeter

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Kelebihan Kekurangan Atap Spandek

Atap spandek dibuat sebagai alternative dari atap tanah liat dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada. Dibawah ini akan dirangkum terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari rumah yang memiliki jenis atap spandek.

  1. Kelebihan

  • Pengaplikasian atau pemasangan dari atap ini cukup mudah dan tidak membutukan waktu lama. Hal ini dikarena ukuran dari atap spandek ini lebih lebar sehingga bisa lebih mempersingkat waktu pemasangannya.
  • Atap anti pecah, karena memiliki sidat yang kokoh hasil dari campuran berbagai bahan kimi berkualitas. Meskipun memiliki ketebalan yang cukup tipis, tetapi produk ini lebih tahan lama dan anti pecah.
  • Memiliki banyak pilihan warna, terutama untuk jenis atap spandek warna. Warna-warna yang melekat pada atap spandek pun tidak akan mudah pusar karena pembuatan yang berteknologi.
  • Memiliki ketahanan lebih lama, bisa bertahan hingga 20 tahun. Yang membuat atap jenis ini bisa bertahan lebih lama adalah material alumunium yang ada.
  • Memiliki harga yang terjangkau dibandingakn dengan atap jenis lainnya. harga ini disesuaikan dengan ketebalan dan jenis dari atap spandek tersebut.
  1. Kelemahan

  • Memiliki daya erap panas yang tinggi. hal ini disebabkan oleh bahan dasarnya yang merupaka konduktor panas. Sehingga bangunan yang menggunakam atap spandek akan terasa lebih panans.
  • Memiliki suara berisik terutama ketika hujan. Bahan spandek yang ringan dan tipis ini membuatnya mengeluarkan suara keras ketika ditimpa sesuatu.

Langkah Mudah Pasang Atap Spandek

Langkah Mudah Pasang Atap Spandek

Pemasangan atap spandek ini tidak sama dengan cara memasang atap tanah liat, sehingga supaya tidak terjadi kesalahan saat pemasangan atap tersebut bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Mengukur Jarak tumpuan

Pengukuran ini dimulai dengan menentukan dimensi panjang, lebar, dan tinggi dari atap yang akan dipasangkan. Setelah mendapatkan hasil yang akurat selanjutnya adalah membuat jarak tumpuan yang diperlukan.

  1. Mendesain kuda-kuda dari baja ringan

Tidak sama dengan atap tanah liat yang membutuhkan banyak kayu untuk dijadikan sebagai kerangka. Untuk atap spandek anda bisa mendesain kerangka kuda-kuda ini dengan mempertimbangkan kekuatan, derajat kemiringan dan panjang dari top chord.

  1. Pemasangan kuda-kuda dan reng baja ringan.

Pemasangan kuda-kuda dan reng baja ringan ini berfungsi untuk menopang atap spandek yang akan dipasang tersebut.

  1. Pemasangan atap spandek

Pemasangan dilakukan dengan kehati-hatian dan ketelitian supaya tidak terjadi kesalahan yang membuat rumah menjadi bocor. Finishing dari pemasangan ini adalah evaluasi kembali hasil kerja tersebut.

Atap spandek dijual dengan berbagai variasi harga. Mahal murahnya harga spandek di pasaran tentu tergantung pada merek hingga jenis spandek yang ingin Anda beli. Dengan membaca ulasan di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran terkait produk seperti apa yang akan Anda beli. Semoga info singkat di atas dapat membantu Anda.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini