Daftar Harga Baja Ringan Perbatang & Merk Terbaru (2021)

Posted on

Di dunia konstruksi bangunan baja ringan bukan lagi barang baru, bahkan barang ini hampir selalu ada di semua jenis pembangunan. Material konstruksi bangunan yang satu ini biasanya dipasangkan di bagian atap bangunan. Baja ringan ini dijadikan sebagai rangka untuk menopang atap.

harga Baja Ringan Terbaru

Baja ringan ini bisa digunakan untuk semua jenis bangunan, baik itu rumah, gudang, pabrik, ataupun gedung-gedung lainnya. Bahan yang digunakan dalam pembuatan baja ringan ini adalah campuran dari seng dan alumunium.

Seiring perkembangan zaman, produksi dari baja ringan ini terus mengalami perkembangan, sehingga saat ini pembuatan baja ringan sudah banyak yang menyesuaikan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Jenis-Jenis Baja Ringan

Baja ringan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. terdapat beberapa jenis baja ringan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Baja Ringan Kaso

harga Baja Ringan Kaso

Baja ringan kaso ini biasanya digunakan sebagai kaki utama di bagian kuda-kuda. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai tiang konstruksi dengan beban yang tidak terlalu berat, seperti halnya penopang kanopi.

Baja ringan kaso ini sendiri terbagi menjadi dua ukuran, yaitu profil C untuk ukuran kecil dan profil W dengan untuk ukuran besar.

  1. Baja Ringan Reng

harga Baja Ringan Reng

Baja ringan reng memiliki bentuk seperti huruf W dan trapesium. Baja ringan jenis ini sering kali disebut sebagai baja ringan profil B yang biasa digunakan di bagian atap sebagai tempat meletakkan genteng.

Baja ringan reng ini menggantikan peran bamboo sebagai terobosan yang inovatif yang lebih bisa bertahan lama serta memberikan kesan yang lebih modern pada bangunan yang menggunakannya.

  1. Baja Ringan Taso

Baja Ringan Taso

Baja ringan taso memiliki bentuk yang mirip dengan huruf A dengan penampakan luar seperti balok kecil. Fungsi dari baja ringan taso oni sebagai pengikat baja ringan reng yang digunakan untuk penempatan genteng.

Melihat dari segi keindahan bangunan, semakin tipis ukuran baja ringan taso semakin bagus pula tampilan atap gedung tersebut. selain itu, baja ringan taso digunakan juga untuk mengikat tiang utama dengan kuda-kuda agar semakin kokoh.

Untuk bentuk lainnya yang bisa Anda temukan adalah baja ringan taso berbentuk balok berongga atau sering disebut dengan baja ringan hollow. Baja dengan bentuk ini biasa digunakan untuk memasang plafon.

Baca Juga : Harga Atap Spandek Menurut Ukuran Terbaru

Kelebihan Baja Ringan

Kelebihan Baja Ringan

Sebelum adanya baja ringan, konstruksi bangunan banyak yang masih menggunakan bahan kayu, bambu atau bahan lainnya. untuk saat ini, baja ringan menjadi pilihan terbaik untuk digunakan sebagai rangka atap atau keperluan lainnya. terdapat beberapa kelebihan yang membuat baja ringan ini menjadi pilihan.

  1. Ringan

Seperti namanya, meskipun produk ini adalah baja yang identik dengan massa yang berat, tetapi untuk Baja ringan ini memiliki massa cukup ringan. Untuk beratnya hanya sekitar 9 kg/m2. Sifat ringan ini akan memudahkan pekerja konstruksi bangunan ketika melakukan pemasangan rangka baja ini di bagian atap bangunan.

  1. Kuat dan Awet

Jangan dikira material yang ringan tidak memiliki sifat kuat. Untuk baja ringan ini memiliki keunggulan yaitu ketahanannya kuat dan awet. selain itu, material ini tidak akan berkarat seperti besi meskipun berada di cuaca yang ekstrem. Hal ini semakin memperkuat dan membuktikan bahwa material ini bisa bertahan lama sekaligus bisa melindungi rumah Anda secara maksimal.

  1. Mudah Dibentuk, Disambung dan Dipasang

Atap bangunan memiliki bentuk yang beragam, sehingga untuk menyesuaikan bentuk desain atap dengan rangka atapnya cukup sulit. Hal tersebut dipermudah dengan adanya baja ringan yang mudah dipotong sehingga bisa lebih mudah untuk mengikuti bentuk rangka atap yang diinginkan.

Kelebihannya lagi, baja ini bisa Anda kolaborasikan dengan jenis rangka atap lainnya. Untuk penyambungannya juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan material penghubung baja.

  1. Memiliki Tegangan Tarik Tinggi

Tegangan tarik tinggi ini merupakan kemampuan penyerapan energi oleh material. Karakteristik dari baja ringan ini lebih lentur yang mana sangat berpengaruh pada tegangan tarik atap tersebut. Semakin besar tegangan tarik atap tersebut, semakin banyak pula energy yang diserapnya. Tegangan tarik tinggi yang dimiliki oleh baja ringan ini sekitar 550 Mpa

Kekurangan Baja Ringan

Kekurangan Baja Ringan

Di samping kelebihan yang dimilikinya, baja ringan masih memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui. Hal ini dimaksudkan untuk bisa dijadikan antisipasi ketika Anda menggunakan rangka atap dari baja ringan ini. Beberapa kelemahan tersebut sebagai berikut.

  1. Baja Ringan Harganya Mahal

Kualitas dari baja ringan yang bagus serta sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) membuat material ini memiliki harga yang tergolong mahal. Tetapi harga ini memberikan kualitas yang tidak akan mengecewakan serta awet. selain itu, harga ini juga tergantung dari merek baja ringan tersebut.

  1. Mudah Terbang Terbawa Angin

Sifat ringan yang dimiliki oleh baja ringan ini selain memberikan kemudahan kepada konstruksi bangunan, tetapi memiliki kelemahan yaitu sudah terbang terbawa angin. setiap batang baja ini disambung hanya menggunakan baut mur saja, sehingga terdapat kemungkinan jika ada angin besar kerangka tersebut bisa lepas.  Hal tersebut juag hanya akan terjadi ketika pemasangan rangka atap tersebut tidak pas. Jika rangka baja ringan tersebut dipasang dengan ketelitian dan ketepatan yang pas, hal ini tidak akan terjadi.

  1. Tampak Acak-Acakan

Baja ringan memang cukup kuat untuk menopang atap rumah Anda. tetapi kekuatan ini didatakan dari kerapatan setiap rangka yang tersusun. Jika dilihat dari kerangka penyusunan baja ringan ini terkesan acak-acakan dan tidak rapi. Meskipun kuat, tetapi hal ini bisa merusak keindahan dari bangunan tersebut

  1. Rentan Roboh Jika Terjadi Kesalahan

Peran arsitek di sini sangat diperlukan dalam perhitungan kesatuan dari rangka atap tersebut. Rangka atap baja ringan ini memiliki sistem berbentuk jaring yang membutuhkan ketelitian tinggai dalam penyusunannya, sehingga jika terjadi kesalahan dal perhitungan tersebut, akan menyebabkan kegagalan secara menyeluruh bahkan hingga atap tersebut roboh.

Harga Baja Ringan Merk Terbaik Sesuai SNI

harga Baja Ringan

Harga baja ringan di pasaran cukup bervariasi. Bagi Anda yang ingin membeli baja ringan, ada baiknya beli produk dengan harga sesuai kebutuhan Anda. Berikut adalah kisaran harganya:

  1. Baja Ringan Prima Truss

Harga Baja Ringan Prima Truss
Jenis BajaHarga
Kaso baja ringan 0.65 mmRp70.000 perbatang
Kaso baja ringan 0.70 mmRp75.000 perbatang
Kaso baja ringan 0.75 mmRp80.000 perbatang
Kaso baja ringan 1.00 mmRp105.000 perbatang
Reng baja ringan 0.40 mmRp35.000 perbatang
Reng baja ringan 0.45 mmRp40.000 perbatang
  1. Baja Ringan Kencana truss

Harga Baja Ringan Kencana truss
Jenis BajaHarga
Kaso baja ringan 100 mmRp120.000 perbatang
Kaso baja ringan 75 mmRp80.000 perbatang
Kaso baja ringan 70 mmRp70.000 perbatang
Kaso baja ringan 65 mmRp65.000 perbatang
Kaso baja ringan 65 mmRp60.000 perbatang
Reng baja ringan 45 mmRp40.000 perbatang
  1. Baja Ringan Taso

Harga Baja Ringan Taso
Jenis BajaHarga
Kaso baja ringan 0.65 mmRp95.000 perbatang
Kaso baja ringan 0.70 mmRp98.000 perbatang
Kaso baja ringan 0.75 mmRp100.000 perbatang
Kaso baja ringan 1.00 mmRo150.000 perbatang
Reng baja ringan 0.40 mmRp55.000 perbatang
Reng baja ringan 0.45 mmRp60.000 perbatang
  1. Baja Rinagan BTM Truss

Harga Baja Rinagan BTM Truss
Jenis BajaHarga
Kaso baja ringan C75.60Rp57.000 perbatang
Kaso baja ringan C75.70Rp62.000 perbatang
Kaso baja ringan C75.75Rp65.000 perbatang
Kaso baja ringan C75.100Rp96.000 perbatang
Reng baja ringan 28.45Rp29.000 perbatang
Reng baja ringan 30.45Rp32.000 perbatang

Informasi terkait dengan baja ringan mulai dari jenis, kelebihan, hingga harga, tentu akan sangat membantu Anda dalam memilih baja ringan terbaik untuk Anda gunakan nantinya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini