Daftar Harga Besi Hollow Berdasarkan Jenis & Ukuran Terbaru

Posted on

Besi hollow kini sudah menjadi primadona dalam pembangunan konstruksi perumahan. Besi ini biasanya digunakan sebagai material untuk membuat pagar, kanopi, railing, dan beragam furniture lainnya.

Jika Anda sekarang sedang berencana mendirikan suatu bangunan, maka menggunakan besi hollow merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda. Selain harganya yang terjangkau, besi ini juga tersedia dalam ukuran dan ketebalan yang bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Nah, apa saja jenis besi hollow? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Besi Hollow dan Apa Fungsinya?

Harga Besi Hollow Terbaru

Memang tak bisa dipungkiri, saat ini dunia konstruksi mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya pengembangan struktur bangunan yang kokoh, namun juga tetap memperhatikan nilai estetikanya. Jadi tak heran, bahwa material besi yang lebih kuat daripada kayu ini lebih diminati karena tidak mudah rusak atau keropos.

Besi hollow atau disebut juga pipa kotak merupakan salah satu jenis besi yang berbentuk kotak segi empat dan berongga banyak digunakan dalam segala konstruksi bangunan. Besi hollow memiliki jenis yang sangat beragam tergantung bahan pembuatnya. Umumnya besi ini terbuat dari galvanis, stainless steel, atau besi baja.

Besi ini sangat sering digunakan sebagai kerangka plafon suatu gedung. Hal ini karena suatu plafon yang berfungsi sebagai penopang bangunan harus kokoh dan kuat. Selain itu, besi hollow juga sering digunakan dalam industri fabrika untuk membuat furniture seperti rak dapur, meja makan, hingga lemari baju yang nampak sederhana nan cantik.

Besi hollow juga sering dimanfaatkan dalam pembuatan eksterior dan interior rumah bergaya minimalis dan skandinavian. Seperti, untuk mempercantik railing tangga, besi hollow sering dikombinasikan dengan aksen kayu untuk menambah kesan glamour pada desain bangunan. Tak ketinggalan Anda juga bisa menggunakan besi hollow untuk kanopi rumah agar terkesan lebih luas.

Fungsi besi hollow kian beragam dengan digunakannya sebagai bahan rangka pembuatan bak truk dalam industri karoseri. Jenis besi hollow yang umumnya digunakan dalam pembuatan bak truk yaitu besi hollow hitam yang memiliki spesifikasi lebih tebal dan kuat. Wah, ternyata ada banyak sekali ya fungsi dan kegunaan dari besi hollow ini.

Baca Juga : Harga Batu Split Per Kubik Terbaru

Jenis-Jenis Besi Hollow

Sama seperti produk besi lainnya, besi hollow juga tersedia dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Ada empat jenis besi hollow yang sering digunakan dalam suatu konstruksi. Berikut penjelasannya.

  • Besi Hollow Galvanis

Besi Hollow Galvanis

Harga besi hollow galvanis sangat bervariasi tergantung bahan lapisan coating yang digunakan. Lapisan ini sangat berpengaruh pada ketahanan dan kekuatan besi terhadap perubahan cuaca. Selain itu, hollow yang memiliki lapisan coating tinggi juga sangat tahan lama dan tak mudah berkarat.

Dalam hollow galvanis mengandung komposisi 97% zinc, 1% alumunium, dan sisanya zat kandungan metal lainnya. Selain dilapisi coating yang kuat, besi jenis ini juga dibentuk melalui proses galvanisasi agar besi tak mudah berkarat.

Besi hollow galvanis biasanya digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan dekorasi interior lainnya. Ukuran hollow galvanis yang banyak beredar di pasaran yaitu berkisar 0.3-0.5 cm dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Besi Hollow Galvalum

Besi Hollow Galvalum

Di dalam besi hollow terkandung sekitar 55% kandungan aluminium, ditambah kandungan unsur besi 43.5%, dan 1.5% lainnya adalah kandungan silikon. Sehingga besi ini merupakan hollow yang memiliki lapisan aluminium lebih besar dibandingkan jenis besi hollow lainnya. Pilihan ukuran besi hollow galvalum juga sangat bervariasi.

Meskipun hollow galvalum ini dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis besi lainnya, tetapi besi ini dinilai sangat tahan terhadap korosi dan karat. Namun, dalam pengaplikasiannya perlu ketelitian dan kehati-hatian karena besi ini sangat mudah keropos apabila bersentuhan langsung dengan semen.

  • Besi Hollow Gypsum

Besi Hollow Gypsum

Besi hollow gypsum adalah salah satu material bangunan yang sering dipakai dalam rangka plafon bangunan rumah atau gedung. Besi ini sangat banyak diminati orang karena sifatnya yang kokoh dan tahan lama. Jika dibandingkan kayu, besi ini pasti harganya jauh lebih murah, ringan, dan tahan terhadap serangan rayap.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat besi jenis ini adalah stainless dan meni. Sedangkan, untuk lapisan catnya umumnya dilapisi dengan warna merah atau hijau. Ukuran besi hollow gypsum yang paling laris dan cukup ringan digunakan untuk menopang beban plafon adalah ukuran 4×4.

Harga besi ukuran ini juga sangat terjangkau dan termasuk yang paling murah diantara jenis besi lainnya, sekitar Rp150.000 per batangnya.

  • Besi Hollow Hitam

Besi Hollow Hitam

Jenis besi hollow hitam memiliki panjang ukuran yang sudah terstandar SNI karena biasanya digunakan dalam pembuatan pagar bangunan. Selain itu, besi ini juga cocok digunakan sebagai bahan konstruksi gudang, pembatas jalan raya, jembatan, dan lain sebagainya.

Besi berbahan baja hitam ini memiliki tekstur yang tebal dan kuat. Untuk harganya juga sangat beragam tergantung ukurannya. Besi hollow baja yang paling pendek memiliki ukuran 4 meter, sedangkan untuk ukuran standarnya adalah 6 meter.

Kelebihan Besi Hollow

Kelebihan Besi hollow

Besi hollow memang sangat sering dipakai dalam industri bangunan, sebab besi ini memiliki banyak kelebihan pula dibandingkan material lainnya. Berikut kelebihan besi hollow.

  • Perawatannya yang mudah dan lebih ekonomis

Semua material bangunan berbahan besi harganya memang cenderung lebih ekonomis dibandingkan kayu, plastik, atau material lainnya. Nah, besi hollow ini selain harganya yang terjangkau, juga memiliki kekuatan dan daya tahan yang lama.

Besi yang terbuat dari lapisan coating khusus ini mampu menahan berbagai perubahan cuaca, rayap, dan juga tahan api dan karat. Jadi, Anda tak perlu repot merawatnya dan pastinya lebih aman digunakan.

  • Proses pemasangannya yang lebih cepat dan mudah

Besi hollow memiliki bentuk yang mudah diaplikasikan di berbagai industri, Anda hanya perlu memotong dan mengelas sesuai ukuran bangunan. Kelebihan inilah yang paling menarik minat banyak orang. Dengan pemasangan yang mudah dan relatif cepat sehingga pasti bisa menghemat waktu untuk melakukan kegiatan lainnya.

  • Daya tahan kuat dan tak mudah mengalami korosi

Kualitas besi hollow masa kini tentu berbeda dengan besi tempo dulu karena besi yang sekarang beredar di pasaran diproduksi dengan teknologi yang canggih dan memiliki grade terbaik. Besi ini memiliki lapisan anti karat dan tak mudah mengalami korosi. Selain itu, dengan menggunakan cat pelapis pada besi hollow juga mampu menghambat korosi.

Tak hanya itu, besi hollow juga memiliki ukuran yang sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Macam-Macam Ukuran Besi Hollow

Macam Ukuran Besi Hollow

Nah, bagi Anda yang berencana menggunakan besi hollow sebagai material renovasi hunian, maka sangat penting pula mengetahui ukuran besi hollow yang biasa dijual di pasaran. Agar tak penasaran, yuk simak informasi berikut ini.

  • Ukuran Besi Hollow 15×30 mm

Besi hollow berukuran 15×30 mm memiliki ketebalan mulai dari 0.6mm, 0.8mm, 1.1mm, hingga 1.4mm. Oleh sebab itu, harganya juga berbeda-beda disesuaikan ketebalannya. Misalnya, untuk ukuran hollow 15×30×0.8mm memiliki harga berkisar Rp41.000

  • Ukuran Besi Hollow 17×37 mm

Seperti ukuran sebelumnya, besi hollow ukuran ini juga memiliki ketebalan yang bervariasi mulai 0.6mm, 1.1mm, 1.4mm, dan 1.7mm. Untuk harganya juga sangat beragam, seperti untuk hollow berukuran 17×37×1.4mm dijual sekitar Rp79.000. Sedangkan untuk ukuran ketebalan 1.7 harganya sekitar Rp89.000

  • Ukuran Besi Hollow 25×50 mm

Besi hollow berukuran ini umumnya dijual dengan harga berkisar Rp70.000 – Rp120.000 tergantung ketebalannya. Besi berukuran ini sering digunakan sebagai atap kanopi atau kusen pintu.

  • Panjang Besi Hollow Berstandar SNI

Besi hollow yang sesuai standar SNI yaitu memiliki panjang berukuran 6 meter. Namun, di pasaran juga ada besi hollow yang dijual dengan panjang 4 meter. Sedangkan untuk beratnya juga bervariasi tergantung jenis besi hollow, mulai yang paling ringan sekitar 14.5kg hingga yang paling berat sekitar 140kg.

Daftar Harga Besi Hollow Terbaru 2021, berdasarkan Ukuran & Jenisnya

Harga besi hollow sangat bervariasi tergantung jenis dan ukuran hollow. Jadi, dalam memilih besi hollow sesuaikan dengan kebutuhan konstruksi Anda. Berikut ini daftar harga besi hollow terbaru 2021.

Harga Besi Hollow Terbaru
Jenis Besi HollowUkuranHarga
Besi hollow20×20×1.5 mm dan panjang 6 meterRp71.000
Besi hollow30×15×1.5 mm dan panjang 6 meterRp81.000
Besi hollow30×30×1.5 mm dan panjang 6 meterRp112.000
Besi hollow30×30×1.7 mm dan panjang 6 meterRp144.000
Besi hollow40×20×1.5 mm dan panjang 6 meterRp112.000
Besi hollow40×40×1.7 mm dan panjang 6 meterRp198.000
Besi hollow40×40×2.7 mm dan panjang 6 meterRp284.000
Besi hollow50×50×1.7 mm dan panjang 6 meterRp256.000
Besi hollow50×50×2.7 mm dan panjang 6 meterRp364.000
Besi hollow60×30×1.5 mm dan panjang 6 meterRp172.000
Besi hollow60×40×1.7 mm dan panjang 6 meterRp252.000
Besi hollow75×75×2.7 mm dan panjang 6 meterRp566.000
Besi hollow20×40×0.3 mm (Plafon) dan panjang 4 meterRp13.000
Besi hollow16×32×0.3 mm (Plafon) dan panjang 4 meterRp16.000
Besi hollow35×35×0.3 mm (Plafon) dan panjang 4 meterRp23.500
Besi hollow Gypsum2×4×0.3 cm dan panjang 4 meterRp13.000
Besi hollow Gypsum2×4×0.35 cm dan panjang 4 meterRp24.000
Besi hollow Galvanis3×3 mm dan panjang 6 meterRp110.000
Besi hollow Galvanis3×6 mm dan panjang 6 meterRp170.000
Besi hollow Galvanis5×5 mm dan panjang 6 meterRp150.000

Nah, demikian informasi mengenai jenis, ukuran, beserta harga besi hollow terupdate 2021 yang bisa Anda jadikan referensi ketika ingin membangun suatu rumah. Tentunya di setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda. Sekian, semoga ulasan tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai harga material bangunan.

Anda Sedang Mencari Ini :
    daftar harga hp second | Contoh barang palen | video adek kakak viral |
Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini