Daftar Harga Bondek Cor Perlembar Terbaru Januari 2022

  • Share

Bondek Cor merupakan material berbentuk seperti pelat yang sedikit bergelombang dan biasa dijadikan sebagai pengganti bekisting kayu atau tripleks. Bandek sendiri terbuat dari material galvanis dan galvalum dengan sistem gelombang yang bertujuan untuk menambah kekuatan pada struktur beton. Dengan demikian, penggunaan bondek pada bangunan mampu membuat beton menjadi lebih kokoh.

Jenis Bondek Cor yang Bisa Dipakai Pembangunan

Di zaman modern seperti sekarang ini, hampir semua rumah dibuat bertingkat dan menggunakan bondek dalam pembangunannya. Penggunaan bondek ini memang sangat penting karena digunakan sebagai pelapis di bagian bawah cor lantai atau bagian dak. Bentuk bondek sendiri hampir mirip dengan kertas yang memiliki gelombang atau lekukan yang teratur. Bentuk yang seperti itu membuatnya kuat dalam menahan beban dari lantai dua di sebuah rumah. Bondek sendiri memiliki dua jenis, yaitu:

  1. Galvanis

Bondek Cor Galvanis

Sejak tahun 1837, galvanis memang sudah banyak digunakan sebagai salah satu material bangunan. Sampai sekarang, galvanis juga masih sering dimanfaatkan untuk pembuatan bondek cor.

Bondek Galvanis merupakan bondek yang terbuat dari campuran 98% seng dengan 2% aluminium. Struktur dari bondek jenis ini memang lebih ringan, tetapi kekuatannya cukup memadai untuk menahan beban pada lantai dua bangunan. Harganya pun juga sedikit lebih murah daripada jenis bondek galvalum.

  1. Galvalum

Bondek Cor Galvalum

Meskipun bondek Galvanis lebih ringan dan murah, tetapi bondek galvalum juga memiliki kelebihan lain yang tak kalah menarik. Yang mana jenis bondek ini terbuat dari material yang lebih kuat dan lebih tahan lama.

Bondek galvalum sendiri terbuat dari campuran seng 45%, aluminium 55%, dan 5% bahan lainnya yang berfungsi untuk menyempurnakan pembentukannya. Kandungan aluminium yang dominan membuat jenis bondek ini jauh lebih tahan karat. Karena bahannya yang lebih bagus, tentunya harga dari bondek galvalum sedikit lebih mahal daripada bondek jenis galvanis.

Baca Juga : Harga Closet Duduk dan Merek Terbaru

Keunggulan Bondek Cor

Keunggulan Bondek Cor

Dalam memilih bahan bangunan atau material, selain perlu memperhatikan kelebihan kita juga harus mengetahui kekurangannya. Dengan mengetahui keduanya, kita bisa mempertimbangkan apakah bahan tersebut cocok digunakan atau tidak. Bondek Cor menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya semakin populer digunakan dalam pembangunan. Beberapa keunggulannya antara lain adalah:

  • Meskipun berfungsi sebagai pengganti tripleks, tetapi bondek cor tidak dapat dibongkar kembali seperti tripleks jika sudah tidak digunakan. Saat dipasang, bondek cor akan menjadi satu dengan struktur bangunan.
  • Bondek cor jauh lebih kuat daripada tripleks sehingga dapat mengurangi penggunaan steger atau penyanggah pada bangunan.
  • Pemanfaatan bondek cor menghasilkan struktur bangunan yang jauh lebih rapi dan tidak mudah terjadi kebocoran atau keropos pada bagian bekisting.
  • Dibanding dengan tripleks, pemasangan bondek cor terbukti lebih mudah karena ada ukuran standar pabrik. Dengan begitu Anda bisa mengurangi jumlah tenaga kerja.
  • Penggunaan bondek cor bisa mengurangi volume beton mulai 15 hingga 25%.
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap api.
  • Jauh lebih tahan lama daripada tripleks dan tahan karat.
  • Cocok untuk digunakan pada konstruksi bangunan yang terbuat dari material baja.

Kekurangan Bondek Cor

Kekurangan Bondek Cor

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, bondek cor memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangannya yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

  • Dalam pemasangannya diperlukan las listrik guna menyambungkan satu bondek dengan bondek lainnya.
  • Memerlukan orang yang ahli atau berpengalaman untuk memasangnya.
  • Dalam menghitung jumlah bondek yang akan digunakan harus sangat teliti. Jika salah menghitung dan mengukur, maka bondek akan sangat sulit dipotong.
  • Tepi pelat bondek harus didudukan di atas pelat lantai ketika proses pemasangan.

Daftar Harga Bondek Cor Per Lembar Terbaru

Harga Bondek Cor Terbaru

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan bondek cor sebagai material bangunan, berikut ini beberapa daftar harganya:

  • Daftar Harga Bondek Cor Tipe Galvanis

Harga Bondek Cor Tipe Galvanis Terbaru
Jenis BondekHarga
Bondek Cor Jakarta (6M)Rp97.000
Bondek Galvanis 0.65Rp110.000
Bondek Galvanis 0.70Rp112.000
Bondek Galvanis 0.75Rp115.000
Bondek Galvanis 1.00Rp190.000
Bondek floor Deck 0.75 mmRp110.000
Bondek / Floor Deck 0.65 mmRp94.000
  • Daftar Harga Bondek Cor Tipe Galvalum

Harga Bondek Cor Tipe Galvalum Terbaru
Jenis BondekHarga
Bondek Galvalum 0.70Rp110.000
Bondek Galvalum 0.75Rp120.000
Bondek Galvalum/Floordeck 0.75Rp111.000
Bondek Galvalum/Floordeck 0.70Rp105.000
Bondek Galvanis/Floordeck 0.70Rp100.000
Bondek Galvalum/Floordeck 1 mmRp170.000
Bondek Galvalum / Floor Deck 0.70 mmRp105.000
Bondek Cor DepokRp93.000
Bondek Cor Bekasi (6M)Rp148.000

Pilihan Ukuran Panjang dan Lebar Bondek

Pilihan Ukuran Panjang dan Lebar Bondek

Anda bisa mendapatkan bondek di toko bangunan, distributor bondek, agen maupun pabrik bondek. Pilihan ukuran panjang bondek yang tersedia di pasaran adalah 3 meter, 4 meter, 5 meter, dan 6 meter. Tetapi beberapa toko juga menyediakan bondek dengan ukuran panjang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Sementara lebar bondek yang tersedia di pasaran adalah mulai dari 60 cm, 70 cm, 80 cm hingga 1 meter. Untuk mempermudah penghitungannya, umumnya bondek yang dipakai adalah yang memiliki lebar 1 meter.

Berdasarkan lebarnya, jenis bondek terbagi menjadi beberapa item. Di antaranya ada bondek ekor burung, bondek sakura, bondek alkadeck, bondek combideck, bondek majadeck,dan bondek ekodeck.

Dalam bangunan modern, bondek cor memang sangat populer karena sudah banyak digunakan. Biasanya bondek digunakan pada bangunan komersial, stadion, sekolah, rumah sakit,  bioskop, kantor atau rumah yang memiliki dua lantai atau lebih. Bagi yang ingin membelinya, bisa segera mengunjungi toko bangunan terdekat!

  • Share
error: