Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru Februari 2023

Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru – Kehadiran daun bawang di makanan mampu menambah cita rasa pada makanan tersebut. Terlebih di dunia kuliner Indonesia, banyak makanan yang menggunakan daun bawang sebagai pelengkap karena aromanya yang khas. Contohnya saja martabak, bakso, mie ayam, ataupun di telur dadar. Sayuran yang bernama latin Allium fistulosum ini biasanya diiris tipi-tipis terlebih dahulu, baru dimasukkan ke dalam makanan.

Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru Desember 2022

Ternyata, daun bawang memiliki banyak ragam. Penampilannya pun sedikit berbeda antara satu dengan lainnya. Beberapa jeni daun bawang yang sering dijumpai dalam keseharian adalah:

Daun Bawang Hijau (Spring Onion/Scallion)

Seperti namanya, daun bawang ini berwarna hijau terang untuk daunnya dan berwarna putih untuk bagian batang hingga akar. Mengenai rasanya, batang daun bawang hijau memiliki rasa manis. Bagian daun pun juga terasa manis namun tidak sekuat bagian batang. Biasanya, jenis daun bawang ini sering digtambahkan sebagai campuran dalam makanan.

Bawang Prei (Leek)

Bawang prei memiliki berbentuk hampir sama dengan daun bawang busa atau spring onion. Perbedaannya terletak dalam kekhasan rasanya serta penggunaan. Rasa dari bawang prei hampir mirip dengan bawang bombay dan aromanya pun tidak terlalu menyengat. Umumnya, bagian yang sering digunakan hanyalah bagian batang putihnya saja. Jenis daun bawang ini cocok digunakan untuk membuat kaldu.

Kucai (Chinese Chives)

Kucai berwarna hijau dan ukurannya kecil memanjang. Rasa dari kucai jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan bawang prei. Banyak yang berpendapat bahwa rasanya mirip dengan bawang putih. Jenis daun bawang ini sering dijumpai dalam Chinese Food sebagai campuran masakan.

Lokio (Fresh Chives)

Jika dilihat sekilas, lokio hampir mirip dengan kucai. Lokio juga memiliki nama lain, yaitu Bawang Batak. Batang dari sayuran ini panjang, tipis serta berwarna hijau segar atau sedikit kemerahan. Lokio juga memiliki bonggol, tidak seperti kucai. Bonggolnya berwarna putih halus dan berbentuk agak lonjong. Di ujung bonggol biasanya terdapat akar tunggang yang dapat digunakan untuk mengecek kesegaran lokio.

Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru

Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru Desember 2022

Dibawah ini merupakan rangkuman harga daun bawang di pasaran. Harga kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko jual beli online. Nominal yang tertera tersedia dalam gram maupun kilogram untuk berbagai jenis daun bawang (daung bawang prei, daun bawang bersih, dll). Dapat terjadi sedikit perbedaan harga di wilayah-wilayah tertentu karena harga bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga daun bawang cenderung naik tiap tahunnya. Menurut website Info Pangan Jakarta, harga daun bawang per 1 kg di tahun 2020 adalah Rp13.000. Namun di tahun 2021, harga dari 1kg daun bawang adalah Rp59.000. Sementara, harga daun bawang per 100 gr di tahun 2021 dijual mulai Rp3.000-Rp6.000, dan di tahun 2022 mencapai Rp5 ribu-Rp12 ribu.

Harga Daun Bawang Di Pasaran (Gram)

Berikut merupakan harga daun bawang mulai 10 gr – 250 gram yang telah dirangkum dari berbagai marketplace.

NamaHarga (gr)
DESTRA AGRO Daun Bawang Bersih ( B ) 10 GrRp 66
DESTRA AGRO Daun Bawang Kecil 10 GrRp 68
DESTRA AGRO Daun Bawang Bersih Grade A 10 GramRp 110
DESTRA AGRO Daun Bawang Cung 10 GrRp 270
Regopantes – Daun Bawang 250 grRp4.500
Pono Daun Bawang Besar 200GRp 5.500
Daun Bawang Segar 250grRp7.000
Daun bawang segarRp12.000

Harga Daun Bawang Di Pasaran Per Kg

Dibawah ini adalah harga daun bawang per 1 kg yang dirangkum dari berbagai sumber.

NamaHarga per Kg
Daun bawang segar 1kgMulai Rp16.000 – Rp25.000
Daun bawang cacah kering 1 kgMulai Rp125.000 – Rp162.000

Tips Menyimpan Daun Bawang

Bergantung pada kesegarannya saat disimpan, daun bawang mampu bertahan mulai 5 hari hingga 2 minggu. Dilansir dari The Spruce Eat, ada beberapa tips agar daun bawang dapat lebih tahan lama ketika disimpan.  Berikut adalah tipsnya:

  • Bau daun bawang cukup menyengat sehingga mampu memengaruhi aroma makanan lain di kulkas. Oleh karena itu, lebih baik jangan memotong atau mencuci daun bawang jika ingin menyimpannya dalam kulkas
  • Bungkus daun bawang dengan plastik supaya tidak lembab dan berbau dan lembab. Kemudian sebaiknya simpan di bagian laci sayuran kulkas yang biasanya ada di bagian bawah.
  • Untuk daun bawang yang sudah diolah, gunakan wadah tertutup untuk menyimpannya.
  • Hindari membekukan daun bawang karena akan membuat daun bawang lembek dan terasa pahit. Namun jika anda terpaksa harus membekukannya, simpanlah di kantong kedap udara.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info Harga Daun Bawang Di Pasaran Terbaru diatas bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari harga daun bawang di pasaran baik untuk konsumsi pribadi ataupun untuk dijual. Kami akan selalu berusaha untuk mengupdate harga yang tertera jika kelak terjadi perubahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: