Daftar Harga Genteng Keramik Lengkap Terbaru Desember 2021

Posted on

Atap merupakan salah satu bagian yang utama dalam konstruksi suatu hunian perumahan. Nah, salah satu material pembentuk atap adalah genteng. Genteng yang beredar di pasaran ada banyak jenisnya, mulai dari genteng standar dari tanah liat, genteng metal, hingga genteng keramik yang cukup istimewa.

Genteng ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan genteng biasa lainnya, seperti variasi bentuknya yang beragam mampu mempercantik rumah dan juga tahan lama. Meskipun harga genteng keramik terbilang cukup mahal, namun sebanding dengan kualitas yang diberikannya. Nah, penasaran dengan harganya? Yuk, mari kita kupas lebih lanjut.

Mengenal Pengertian Genteng Keramik

Harga Genteng Keramik Terbaru

Genteng merupakan sebuah konstruksi atap yang melindungi rumah dari panasnya sinar matahari atau derasnya hujan. Nah, salah satu genteng yang paling diminati semua orang adalah genteng keramik. Pada dasarnya, ukuran genteng keramik hampir sama dengan genteng jenis lainnya yaitu memiliki panjang sekitar 32cm dan lebar 31cm.

Bahan utama pembuatan genteng keramik pada dasarnya sama dengan genteng tradisional yaitu terbuat dari tanah liat. Namun, kualitas genteng keramik ini jauh berbeda dengan genteng biasa karena tanah liat yang digunakan diproses dengan teknologi tinggi. Hal inilah yang membuat genteng ini harganya juga jauh lebih mahal ketimbang genteng biasa.

Dalam pembuatan genteng keramik, tanah liat yang kasar disortir terlebih dahulu melalui proses penggilingan. Kemudian, tanah yang sudah disaring tersebut dicetak menggunakan mesin press, sehingga setiap genteng keramik memiliki kepadatan, kekuatan, dan presisi  yang sama.

Nah setelah dicetak, genteng ini akan dibakar pada suhu 1000ºC dengan menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan genteng yang keras seperti lantai keramik. Meskipun saat ini ada banyak pabrik yang memproduksi genteng keramik, namun pada umumnya komposisi bahan yang digunakan tetap sama. Berikut komposisinya.

  • Bahan baku utama: tanah liat dan kaolin
  • Bahan tambahan untuk mengurangi susut: pasir kuarsa
  • Zat aditif: Plasticizer dan Surfactants
  • Bahan pelapis: Feldspars, Nepheline, dan Terak

Kelebihan Genteng Keramik

Kelebihan Genteng Keramik

Mungkin sebagian orang tak terlalu memperhatikan harga genteng keramik, karena yang paling utama bisa mendapatkan genteng yang awet bisa digunakan hingga puluhan tahun.

Sebagai genteng premium, permukaan genteng keramik ini akan berkilau saat terkena sinar matahari sehingga nampak sangat estetik. Genteng yang bertekstur halus ini ternyata memiliki beragam kelebihan. Berikut kelebihannya.

  • Warna yang lebih tahan lama

Dengan proses pembuatannya yang menggunakan teknologi tinggi, genteng keramik warnanya menjadi tahan lama dan tak mudah luntur. Melalui proses pembakaran hingga suhu 1000 derajat celcius menjadikan genteng ini warnanya lebih awet dibandingkan jenis genteng lainnya.

  • Tahan terhadap segala kondisi cuaca

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki cuaca ekstrim dan sering berubah-ubah, maka genteng keramik ini menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Berkat interlock yang dimilikinya, genteng ini sangat tahan terhadap korosi. Bahkan, jauh lebih baik dibandingkan genteng beton dan genteng metal.

  • Tidak menghantarkan panas

Kelebihan lain dari genteng ini adalah walaupun dalam kondisi panas, namun suasana di dalam rumah akan tetap sejuk meski tanpa AC. Hal ini terjadi karena sifat isolasi genteng yang tinggi mampu menjaga kondisi iklim mikro dalam sebuah bangunan. Sehingga ketika cuaca panas tetap sejuk dan ketika cuaca dingin juga tetap hangat.

  • Tidak membutuhkan perawatan khusus

Genteng keramik sangat cocok diaplikasikan dalam hunian Anda karena tak memerlukan perawatan khusus. Anda tinggal memilih warna genteng yang sesuai konsep desain rumah Anda.

  • Ramah lingkungan

Bahan utama genteng yang berupa tanah liat tersebut tak akan menimbulkan kerusakan lingkungan. Sehingga genteng ini patut Anda pertimbangkan untuk membangun rumah yang ramah lingkungan.

  • Tidak mudah susut

Selain tahan terhadap cuaca, genteng ini ternyata ukurannya juga tak mudah kusut. Hal ini terjadi karena komposisi pasir kuarsa yang terkandung di dalamnya.

  • Ketahanan luar biasa

Genteng yang dibuat dengan proses cetakan presisi dan pembakaran yang sempurna ini memiliki daya tahan yang luar biasa. Bahkan mampu menahan beban hingga 180kg, jadi Anda tak perlu khawatir lagi.

Kekurangan Genteng Keramik

Kekurangan Genteng Keramik

Nah, selanjutnya kini membahas mengenai kekurangan genteng keramik. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh genteng keramik.

  • Harus teliti dalam pemasangannya

Pemasangan genteng keramik memang harus teliti dan benar-benar fokus. Jika kerapatannya berkurang sedikit saja, maka bisa menyebabkan kebocoran. Namun untungnya, dengan sistem interlock menjadikan pemasangan genteng lebih mudah dan berpresisi.

  • Bobotnya yang lumayan berat

Memiliki ketahanan berat yang premium tentu menjadikan genteng ini memiliki bobot yang lebih berat juga dibanding genteng jenis lain.

  • Harga lebih mahal dibandingkan genteng lainnya

Sebenarnya harga genteng keramik yang cukup tinggi bukan menjadi masalah jika melihat berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Misalnya genteng ini memiliki daya serap yang tinggi dan warna yang awet berbeda dengan genteng lainnya.

Baca Juga : Harga Besi Siku Beserta Ukuran Terbaru

Rekomendasi Merk Genteng Keramik Terbaik

Rekomendasi Merk Genteng Keramik

Hingga saat ini terdapat 5 merek genteng keramik di Indonesia yang selalu memberikan kualitas terbaik kepada para konsumennya. Nah, berikut merek genteng keramik terbaik.

  • Genteng Keramik Kanmuri

Genteng Kanmuri memiliki dua variasi jenis genteng keramik, yaitu genteng gelombang dan genteng datar. Genteng gelombang lebih cocok digunakan pada bangunan bergaya eropa klasik. Sedangkan genteng datar lebih cocok digunakan pada rumah bergaya minimalis modern dan kontemporer.

Kelebihan dari genteng merek ini adalah terdapat tanggul ganda pada setiap gentengnya sehingga tak perlu takut terjadi kebocoran saat hujan deras sekalipun. Selain itu, genteng berkualitas ini juga dilengkapi dengan bentuk yang berpresisi dan warna-warna yang natural menambah kesan rumah Anda tampak elegan.

  • Genteng Keramik Kia

Merek selanjutnya, yang dikenal memiliki ketahanan tinggi terhadap berbagai kondisi cuaca adalah genteng keramik Kia. Genteng ini juga dibekali dengan beragam pilihan warna yang menarik. Jadi, Anda tak perlu bingung dan cukup menyesuaikan dengan konsep rumah yang Anda bangun.

  • Genteng Keramik Wave

Genteng keramik Wave merupakan salah satu merk genteng yang berasal dari Brazil. Sehingga tak heran, genteng ini memiliki desain yang unik bernuansa Eropa. Genteng ini dikenal dengan kualitas daya serap airnya yang unggul, jadi tak heran genteng ini juga sangat laris di pasaran.

Genteng yang tersedia dalam variasi warna yang beragam ini akan menambah pesona kemewahan rumah Anda.

  • Genteng Keramik M-Class

Genteng keramik M-class hadir dalam dua pilihan warna yang mewah yaitu M-class Matte dan M-class Glossy. Masing-masing warna tersebut mempunyai presisi yang begitu rapi dan eksklusif. Genteng berkualitas tinggi ini juga sangat awet digunakan hingga bertahun-tahun.

  • Genteng Keramik Jatiwangi

Merek genteng keramik berikutnya adalah genteng Jatiwangi yang memiliki banyak varian warna dengan harga yang cukup terjangkau pula bisa didapatkan oleh semua kalangan. Meski merupakan produk lokal, namun untuk kualitas tak perlu diragukan lagi karena genteng ini memiliki daya tahan yang sangat bagus.

Tips Memilih Genteng Keramik Terbaik

Bagi Anda yang berniat untuk membeli genteng keramik, ada baiknya Anda mengetahui tips singkat dalam memilihnya sebagai berikut:

  • Pilih sesuai fungsi. Jadi agar pembelian genteng keramik tak sia-sia, maka sesuaikan jenis dan warna genteng keramik sesuai kebutuhan konstruksi Anda.
  • Perhatikan harga dan merk produknya. Nah, karena genteng keramik ini ada banyak merknya, sebaiknya carilah genteng dengan merk terbaik dan bandingkan dulu harga dari kedua produk tersebut.

Harga Genteng Keramik Lengkap Terbaru 2021

Harga Genteng Keramik

Genteng keramik memang sangat layak Anda aplikasikan pada atap rumah Anda. Karena selain permukaannya yang tampak mewah dan berkilau, genteng ini juga punya kualitas yang pasti terjamin. Nah, harga genteng keramik ini bermacam-macam tergantung merek dan tipe yang dipilih. Berikut daftar harga genteng keramik lengkap terbaru.

Merk Genteng KeramikHarga
Genteng KIA Solar Brown kw 2Rp7.900
Genteng KIA Jade GreenRp10.500
Genteng KIA Solar BrownRp8.000
Genteng KIA Jasper BrownRp9.900
Genteng KIA Jasper GreyRp9.900
Genteng KIA Choco BrownRp8.000
Genteng KIA Ruby MaroonRp13.500
Genteng Kanmuri EspanicaRp8.800
Genteng Kanmuri MilenioRp9.300
Genteng Kanmuri Full FlatRp12.500
Genteng Kanmuri Milenio Medy MagnoliaRp11.500
Genteng Kanmuri Full Flat Medi Grey GlasurRp16.500
Genteng Kanmuri Full Flat Silky Silk BlackRp18.750
Genteng Kanmuri Espanica Brown GlossyRp12.750
Genteng Monier MarronRp19.500
Genteng GMIRp6.500
Genteng M-Class Dark Brown Kw 1Rp12.750
Genteng M-Class Mahogany kw 1Rp10.000
Genteng M-Class Purple BlueRp12.750
Genteng M-Class Copper kw 1Rp10.900
Genteng M-Class Matt Yellow kw 1Rp10.900
Genteng M-Class Matt Black Kw 1Rp10.900
Genteng M-Class Matt grey kw 1Rp10.900
Genteng M-Class Matt OrangeRp10.900
Genteng M-Class Green kw 1Rp12.750
Genteng Milenio Genteng Keramik UtamaRp19.100
Genteng Milenio Lisplank Kiri & KananRp36.700
Genteng Milenio Nok Genteng KeramikRp37.600
Genteng Milenio Dobel / Double tileRp46.200
Genteng Milenio  Lisplank Hiasan Akhir Kiri & KananRp74.800
Genteng Milenio Genteng Talang / Valley tileRp95.300
Genteng Milenio Ujung Nok Kanan & KiriRp112.900
Genteng Milenio Ujung JuraiRp131.900
Genteng Milenio Nok 3 ArahRp138.900
Genteng Milenio Genteng VentilasiRp404.400
Genteng Espanica Genteng Keramik UtamaRp18.650
Genteng Espanica Nok Genteng KeramikRp37.600
Genteng Espanica Lisplank Kiri & KananRp34.900
Genteng Espanica Lisplank Hiasan Akhir Kiri & KananRp74.800
Genteng Espanica Ujung JuraiRp113.900
Genteng Espanica Ujung Nok Kanan & KiriRp113.900
Genteng Espanica Nok 3 ArahRp138.900
Genteng Espanica Talang / Valley tileRp95.300
Genteng Espanica Dobel / Double tileRp46.200
Genteng Espanica VentilasiRp404.700

Daftar harga di atas merupakan harga satuan per meter persegi. Bila Anda ingin membeli dalam harga satuan per pcs, genteng keramik juga ada yang dijual dengan harga perbiji berkisar Rp8000 sampai Rp14.000.

Sebagai catatan, harga genteng keramik di tiap daerah bisa berbeda-beda, namun mungkin selisihnya hanya sekitar Rp2 ribu rupiah saja. Selain itu, harga genteng keramik juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Nah, itulah informasi mengenai daftar harga genteng keramik lengkap terbaru beserta rekomendasi merek genteng keramik terbaik. Silakan Anda memilihnya sesuai budget dan kebutuhan Anda.

Ingat, jangan pula tergiur genteng keramik yang harganya murah karena kualitasnya pasti berbeda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan memilih jenis genteng terbaik untuk rumah Anda.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini