Harga Glass Block per Dus Terbaru Juni 2024

Harga Glass Block per Dus Terbaru – Dalam merancang sebuah hunian yang nyaman dan fungsional, pencahayaan alami memegang peranan yang tak bisa diabaikan. Terangnya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan bukan hanya menerangi, tetapi juga memberikan suasana yang hangat dan menyegarkan. Salah satu solusi untuk mendapatkan pencahayaan alami yang optimal adalah dengan memanfaatkan glass block. Mungkin Anda masih asing dengan istilah ini, tetapi glass block adalah bahan bangunan yang telah lama digunakan untuk menciptakan pencahayaan alami di dalam ruangan.

Harga Glass Block per Dus Terbaru

Hargacampur.com akan membahas berbagai aspek mengenai glass block, termasuk harga, jenis, dan alasan-alasan mengapa banyak yang memilihnya. Glass block, pada dasarnya, merupakan suatu alternatif inovatif yang mampu memaksimalkan pencahayaan alami dalam ruangan. Bahan ini memungkinkan sinar matahari untuk masuk dan menyebar ke berbagai sudut ruangan tanpa mengurangi privasi.

Kualitas pencahayaan alami yang dihasilkan oleh glass block membuatnya populer dalam dunia desain interior. Namun, selain fungsinya yang praktis, keindahan dan estetika yang dihasilkan oleh bahan ini juga tak bisa diabaikan. Terlebih, dengan berbagai desain, motif, dan warna yang tersedia, glass block memberi kesempatan bagi pemilik hunian untuk mengkreasikan suasana yang unik dan menarik.

Apa itu Glass Block?

Glass block, meskipun mungkin belum begitu dikenal secara luas, merupakan suatu material yang memiliki peran krusial dalam menciptakan pencahayaan alami yang efisien dalam ruangan. Dengan kombinasi keindahan dan fungsionalitasnya, glass block menghadirkan solusi menarik untuk mengoptimalkan cahaya matahari dalam interior rumah atau bangunan Anda.

Dalam esensinya, glass block adalah blok-blok yang terbuat dari kaca yang diatur secara padat. Meskipun terlihat transparan, glass block sebenarnya tidak memiliki sifat transparansi layaknya kaca biasa. Ini berarti, saat dipasang di dalam ruangan, orang dari luar tidak dapat melihat ke dalam. Sebaliknya, glass block membiarkan cahaya masuk tanpa mengorbankan privasi penghuni dalam ruangan tersebut.

Penggunaan glass block bukan hanya sebatas sebagai sumber pencahayaan alami, tetapi juga sebagai elemen desain yang menambah nilai estetika. Bentuknya yang beragam, mulai dari kotak kecil hingga ukuran lebih besar, memberikan kebebasan kreatif dalam mengaplikasikan desainnya. Bagian pentingnya adalah, glass block mampu mendistribusikan cahaya dengan merata ke dalam ruangan, mengurangi bayangan yang biasanya dihasilkan oleh jendela atau ventilasi biasa. Sehingga, efek dramatis dari cahaya alami bisa dirasakan tanpa mengorbankan kenyamanan dan privasi penghuni.

Komponen dan Jenis Glass Block

Komponen dan Jenis Glass Block

Glass block bukanlah sekadar bahan bangunan yang sederhana. Ini adalah produk yang memiliki komponen serta variasi jenis yang perlu dipahami sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya dalam desain interior atau eksterior rumah. Berikut ini adalah beberapa komponen dan jenis utama glass block yang perlu Anda ketahui:

Komponen Glass Block

  • Kaca Transparan atau Berpola: Kaca adalah komponen utama glass block yang memungkinkan cahaya masuk ke dalam ruangan. Anda dapat memilih antara kaca transparan untuk cahaya yang lebih merata atau kaca berpola untuk menciptakan efek visual yang menarik.
  • Bahan Pengisi: Beberapa glass block memiliki ruang di dalamnya yang diisi dengan bahan tertentu, seperti udara atau gas inert. Bahan pengisi ini dapat mempengaruhi efek pencahayaan dan keberlanjutan termal glass block.
  • Bahan Perekat: Glass block dipasang menggunakan bahan perekat khusus yang tahan terhadap kelembaban dan suhu ekstrem. Bahan ini juga harus mampu mengikat kaca dan mencegah kebocoran air atau udara.

Jenis Glass Block

  • Smooth Finish: Glass block dengan permukaan halus memberikan tampilan modern dan minimalis. Pola cahaya yang dihasilkan cenderung lebih merata.
  • Patterned Design: Jenis ini memiliki pola atau desain khusus pada permukaannya. Pola ini menciptakan efek bayangan dan pencahayaan yang unik di dalam ruangan.
  • Colored Glass Block: Jenis ini hadir dalam berbagai warna, memungkinkan Anda untuk menciptakan efek cahaya yang berwarna di dalam ruangan.
  • Textured Surface: Glass block dengan permukaan berstruktur menciptakan efek cahaya yang menarik dengan permainan bayangan dan sorotan.
  • End Block: Jenis ini memiliki sisi terbuka yang memungkinkan Anda untuk mengisi interior blok dengan tanaman atau elemen dekoratif lainnya.

Setiap komponen dan jenis glass block memberikan nuansa dan keunikan tersendiri dalam desain interior atau eksterior. Memahami variasi ini akan membantu Anda memilih yang paling sesuai dengan gaya dan tujuan desain yang Anda inginkan.

Harga Glass Block per Dus Terbaru

Ketika Anda mempertimbangkan menggunakan glass block dalam desain rumah Anda, salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan adalah harga. Harga glass block per dus bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti merk, ukuran, dan tipe glass block. Berikut ini adalah daftar harga glass block per dus terbaru yang dapat Anda jadikan referensi:

Harga Glass Block Satuan 2023:

Jenis Glass BlockUkuranHarga
Rooster Clear ViewRp15.000
Mulia QuadraRp19.000
Mulia Type DiamondRp19.000
Ocean ViewRp19.000
Mulia Tipe NetRp19.000
Mulia VestaRp19.000
Type Ocean ViewRp19.000
Mulia WaveRp19.500
Mulia SalurRp19.500
Mulia ParangRp20.000
Type KawungRp20.000
Type TuntrumRp20.000
Mulia Bromo190x190x95Rp23.500
Mulia Toba190x190x95Rp23.500
Mulia Candi190x190x95Rp23.500
Mulia Clear190x190x95Rp23.500
Tidy Clear190x190x80Rp30.000

Harga Glass Block per Dus 2023:

Jenis Glass BlockUkuranHarga
Mulia Bromo190x190x95Rp127.000
Mulia Ocean View190x190x95Rp127.000
Mulia Viesta190x190x95Rp127.000
Mulia Diamond190x190x95Rp127.000
Mulia Wave190x190x95Rp127.000
Mulia Toba190x190x95Rp127.000
Mulia Tangerine190x190x95Rp145.000
Mulia Candi190x190x95Rp127.000
Mulia Net190x190x95Rp127.000
Mulia Quadra190x190x95Rp145.000
Mulia Parang190x190x95Rp128.000
Mulia Mega Mendung190x190x95Rp128.000
Mulia Truntum190x190x95Rp128.000
Mulia Kawung190x190x95Rp129.000

Daftar harga di atas disusun berdasarkan informasi dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu diingat bahwa harga-harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi, kondisi pasar, dan lainnya. Biasanya, satu dus glass block berisi sekitar 6 pcs glass block.

Dalam memilih glass block, penting untuk mempertimbangkan anggaran Anda dan kebutuhan desain yang Anda inginkan. Anda dapat memilih tipe dan ukuran yang sesuai dengan ruang yang akan Anda pasang. Dengan memahami harga dan variasi yang ada, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan pencahayaan alami dan estetika ruangan Anda menggunakan glass block.

Tips Merawat dan Membersihkan Glass Block

Tips Merawat dan Membersihkan Glass Block

Setelah Anda memasang glass block dalam desain rumah Anda, merawat dan menjaga kebersihannya adalah langkah penting untuk memastikan tampilan dan fungsinya tetap optimal. Berikut ini beberapa tips merawat dan membersihkan glass block agar tetap terlihat cantik dan berfungsi dengan baik:

  1. Bersihkan Secara Berkala: Glass block cenderung mengumpulkan debu, kotoran, dan jejak tangan seiring waktu. Oleh karena itu, lakukan pembersihan secara berkala menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan air atau solusi pembersih ringan. Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau abrasif, karena dapat merusak permukaan glass block.
  2. Gunakan Pembersih Lembut: Saat membersihkan glass block, pastikan Anda menggunakan pembersih yang lembut dan tidak menyebabkan goresan. Anda dapat menggunakan sabun cair yang aman untuk kaca, atau membuat campuran air dan cuka sebagai pembersih alami.
  3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia Kuat: Hindari penggunaan bahan kimia kuat atau pembersih berbasis asam yang dapat merusak permukaan glass block. Jika Anda ragu, selalu gunakan bahan pembersih yang aman dan direkomendasikan.
  4. Hapus Noda dengan Lem Lembut: Jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggunakan lem lembut atau bahan pembersih khusus untuk kaca. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada produk.
  5. Hindari Goresan: Saat membersihkan glass block, pastikan Anda tidak menggosok permukaannya dengan benda yang kasar atau tajam. Goresan dapat merusak lapisan permukaan dan membuatnya mudah tergores.
  6. Cegah Penumpukan Debu: Selain membersihkan secara berkala, cegah penumpukan debu dengan mengusap permukaan glass block dengan kain lembut atau saputangan setiap beberapa hari. Ini akan membantu menjaga penampilan glass block tetap bersih dan jernih.
  7. Perhatikan Kebersihan Seputar Glass Block: Selain merawat glass block itu sendiri, perhatikan juga kebersihan sekitar area glass block. Pastikan area di sekitar glass block juga bersih dari debu dan kotoran yang dapat menempel pada permukaan.
  8. Hindari Benturan Keras: Glass block meskipun kuat, tetapi tetap rentan terhadap benturan keras. Hindari benturan atau tabrakan yang dapat merusak atau pecahkan glass block.
  9. Periksa dan Ganti yang Rusak: Secara berkala, periksa kondisi glass block apakah ada yang retak atau pecah. Jika ada yang rusak, segera ganti untuk menjaga estetika dan fungsi pencahayaannya.

Dengan merawat dan membersihkan glass block secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa pencahayaan alami yang dihasilkan tetap optimal dan penampilannya tetap menarik. Lakukan perawatan dengan hati-hati dan hindari penggunaan bahan pembersih yang dapat merusak, agar glass block tetap awet dan indah selama bertahun-tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×