Daftar Harga Kuas Cat Semua Ukuran Terbaru Januari 2022

  • Share

Kuas cat merupakan salah satu peralatan yang digunakan ketika ingin mengaplikasikan chat pada suatu bidang atau permukaan tertentu. Sebagai alat bantu dalam pengaplikasian cat, kuat diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal dan mempermudah proses pengerjaan. Oleh sebab itu, ada beragam jenis kuas yang bisa ditemukan di pasaran, baik itu dari segi ukuran, bentuk dan lainnya.

Masing-masing peruntukan kuas juga perlu diperhatikan karena hal tersebut terkait dengan ketepatan penggunaan untuk bidang yang diinginkan. Misalnya saja kuas untuk mengaplikasikan cat lukis pada kanvas tentu akan berbeda dengan kuas yang akan digunakan untuk mengaplikasikan cat pada tembok atau dinding. Berikut akan dijelaskan mengenai kuas cat.

Variasi Ukuran Kuas Cat

Variasi Ukuran Kuas Cat

Perlu diketahui bahwa kuas cat memiliki ukuran yang bervariasi antara satu dengan yang lainnya. Ukuran ini bisa mencari pertimbangan ketika akan mengaplikasikan cat pada bidang tertentu. Secara umum semakin luas bidang yang akan dicat, maka biasanya kuas yang digunakan juga akan semakin lebar ataupun besar. Sebaliknya apabila bidang ataupun benda yang ingin dicat terbilang kecil maka ukuran kuas cat yang digunakan juga tidak terlalu besar.

Secara umum ada beberapa jenis ukuran kuas yaitu pertama kuas berukuran kecil sekitar 1 inchi yang peruntukannya untuk area yang sempit dan kecil. Kedua kuas dengan ukuran sekitar 2 inchi yang penggunaannya untuk area maupun ruangan yang tidak begitu lebar. Ketiga, kuas dengan ukuran 3 hingga 4 inchi mana penampakannya cukup besar yang digunakan untuk mengecat bagian yang luas. Jadi, dari adanya variasi ukuran kuas cat ini, maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : Harga Pintu Aluminium Sesuai Model Terbaru

Harga Kuas Cat untuk Berbagai Ukuran

Harga Kuas Cat Semua Ukuran

Selanjutnya yang perlu dibahas adalah mengenai harga kuas cat untuk berbagai ukuran. Sebagaimana diketahui, harga antara kuas cat yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda, tergantung pada kualitas dan juga ukuran. Semakin baik kualitasnya maka akan semakin tinggi pula harga yang dibanderol. Hal tersebut tentu sepadan dengan hasil yang akan didapatkan. Saat ini kuas cat yang ada di pasaran juga sangat beragam mereknya, di mana antara satu dengan yang lainnya memiliki variasi ukuran dan harga serta kualitas. Berikut akan dijelaskan beberapa ukuran kuas merk dan juga harga yang ditawarkan.

Harga Kuas Cat Terbaru
UkuranMerekHarga
1 inchiKenmasterRp.3.300
2 inchiKenmasterRp.5.500
no. 1CrocodileRp.5.500
no. 12Rp.15.000
paint brushesCrocodileRp.45 ribu
1 inchiEterna BrownRp.3.500
1,5 inchiEterna BrownRp.5.000
2 inchiEterna BrownRp.6.500
2,5 inchiEterna BrownRp.8.000
4 inchiEterna BrownRp.22.000
1 inchiEterna biasaRp.5.000
1,5 inchiEterna biasaRp.6.000
2 inchiEterna biasaRp.10.000
2,5 inchiEterna biasaRp.10.500
3 inchiEterna biasaRp.13.000
4 inchiEterna biasaRp.17.000
2 inchipain brushRp.10.000
chemical brushcat TruschoRp.32.000
economycat TruschoRp.66 ribu
2,5 inchiAmerican toolRp.8.800
1 inchiAce Star brushRp.8.800
1,5 inchiAce StarRp.9.700
2 inchiAce Star brushRp.12.800
2,5 inchiAce Star brushRp.15.100
3 inchiAce Star brushRp.16.700
4 inchiAce Star brushRp.22.200
1 inchiSun BrushRp.7.600
2 inchiSun BrushRp.11.500
3 inchiSun BrushRp.14.700
4 inchiSun BrushRp.18.300

Merek yang sudah disebutkan di atas merupakan merek kuas yang cukup umum dengan kualitas yang terbilang baik. Harga tersebut bisa saja sudah upgrade dari yang sebelumnya sehingga bisa dipastikan secara langsung dengan lihat pada situs resmi maupun mengecek langsung di pasaran. Dengan demikian bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Terlebih lagi saat memerlukan kuas dalam jumlah yang lebih banyak. Pertimbangan kualitas dan harga tentu akan menjadi hal terpenting. Pilihlah yang dapat mempermudah proses pengecatan.

Memilih Kuas yang Tepat

Memilih Kuas Yang Tepat

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan ketika akan membeli kuas adalah memilih yang paling tepat. Mengingat ukurannya cukup beragam, maka sesuaikan dengan lebar bidang yang akan dicat. Apabila yang dicat adalah tembok maka pertimbangkan ukuran kuas yang besar.

Sebaliknya jika yang dicat adalah suatu benda atau bidang yang kecil maka pertimbangkan untuk memilih kuas cat yang berukuran kecil maupun sedang. Ukuran ini akan mempengaruhi kedetailan yang diinginkan ketika mengecat. Semakin sempit area yang ingin dicat tentu saja tingkat kedetailan nya lebih tinggi. Terlebih lagi jika permukaannya tidak rata atau terdapat aksen aksen tertentu yang membutuhkan teknik atau metode pengecatan yang baik.

Jenis Ketebalan Bulu Kuas

Jenis Ketebalan Bulu Kuas

Selain ukuran secara umum, kuas juga memiliki ketebalan bulu yang berbeda-beda. Ada yang tebal dan ada yang tipis. Tipsnya adalah, Pilihlah kuas dengan bulu yang tipis apabila ingin melakukan pengecatan pada bidang maupun permukaan yang tipis.

Sebaliknya jika ingin melakukan pengecatan pada bidang atau permukaan yang tebal maka pilihlah kuat cat dengan bulu yang tebal pula. Selain ketebalan, fungsi pemakaian dari kuas juga berbeda-beda, ada yang berbentuk miring, melekuk bagan datar. Tinggal di sesuaikan saja dengan kebutuhan ketika melakukan pengecatan.

Jenis Bulu Kuas

Jenis Bulu Kuas

Selain tebal atau tidaknya bulu kuas, hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih kuas adalah jenis bulu kuas yang akan dibeli. Biasanya ada dua jenis bulu kuas yang dijual di pasaran yaitu bulu kuas sintetis dan bulu kuas natural. Biasanya bulu kuas sintetis ini terbuat dari nylon.

Sementara itu untuk bulu kuas natural biasanya dibuat dari beli banteng. Perlu diketahui bahwa kuas dengan bulu sintetis ini cocok untuk digunakan pada cat berbahan dasar minyak. Sementara itu untuk bulu kuas yang terbuat dari bahan natural cocok untuk digunakan cat dengan bahan pelarut berupa air. Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan ketika akan memilih kuas cat. Apabila cat yang digunakan adalah cat minyak, maka pilihlah kuas sintetis, dan sebaliknya, apabila cat yang digunakan adalah cat yang akan dilarutkan dengan air maka pilihlah kuas berbahan natural.

Jenis Pegangan Kuas

jenis-pegangan kuas

Pegangan beragam jenisnya sehingga perlu diperhatikan. Meskipun tidak bersentuhan langsung dengan permukaan yang akan dicat, pegangan kuas ini cukup mengambil peranan penting karena akan menentukan kenyamanan ketika mengaplikasikannya. Pegangan kuas cat sendiri ada yang berbentuk oval, bulat, kotak, pendek dan juga panjang. Tinggal di sesuaikan saja dengan bentuk yang paling nyaman ataupun bentuk pegangan yang sudah terbiasa untuk memegangnya. Hal ini akan membantu proses pengecatan terasa lebih nyaman.

  • Share
error: