Daftar Harga Kusen Aluminium Per Meter Terbaru Juli 2022

  • Bagikan

Harga Kusen Aluminium Per Meter Terbaru – Dalam konstruksi bangunan, daun pintu dan daun jendela menjadi elemen penting untuk mempercantik tampilan eksterior dan interior sebuah bangunan. Sementara fungsionalitas pintu dan jendela sebagai akses masuk ke dalam ruang dan akses sirkulasi udara antar ruang.

Sebelum itu, elemen penting yang digunakan untuk meletakkan dan menghubungkan daun pintu atau daun jendela yaitu kusen. Bahkan sekarang, inovasi desain interior rumah menggunakan kusen sebagai elemen penyekat dinding bangunan atau pemisah antar ruangan.

Apa itu Kusen?

Harga Kusen Aluminium

Kusen adalah bagian dari konstruksi bangunan sebagai penghubung antara dinding, beton atau kayu dengan pintu atau jendela. Pemasangan kusen dengan pintu atau jendela harus dipastikan tidak ada celah, sehingga benda asing tidak masuk ke dalam ruangan.

Fakta menarik penggunaan kusen berbahan batu basalt atau granit dalam konstruksi bangunan sudah ada sejak dua ribu tahun sebelum masehi. Pada abad 15 trend kusen yang populer berbahan perak, sementara pada abad 12 terjadi perubahan trend kusen dari kayu.

Jenis-jenis Kusen Aluminium

Jenis Kusen Aluminium

Nah, untuk memilih kusen bisa Anda sesuaikan dengan konsep bangunan atau rumah impian. Berikut daftar berbagai jenis kusen dengan fungsi dan peletakannya yang perlu Anda tahu untuk menghindari kesalahan dalam memilih elemen konstruksi bangunan:

  • Kusen pintu, berfungsi sebagai tempat peletakan daun pintu dengan bagian atas kusen yang dilengkapi bagian ventilasi untuk penerangan dan sirkulasi udara.
  • Kusen jendela, berfungsi sebagai tempat peletakan daun jendela agar dengan tujuan memudahkan saat jendela dibuka dan ditutup.
  • Kusen bovenlicht atau penerangan, berfungsi sebagai rangka penempatan kaca dengan dimensi cukup lebar sehingga ruangan mendapat pencahayaan alami.
  • Kusen gendong atau kombinasi, berfungsi sebagai rangka kusen untuk menempatkan pintu dan jendela sekaligus menjadi satu konstruksi utuh.

Baca Juga : Harga Cat No Drop Lengkap Terbaru

Material Bahan Untuk Kusen

Hal lain yang perlu Anda perhatikan berikutnya sial kusen adalah memilih material bahan kusen yang sesuai dengan konsep bangunan atau hunian. Ada berbagai jenis material yang biasa digunakan untuk membuat kusen, antara lain:

  1. Kusen kayu

Kusen Kayu

Pilihan pertama ada kusen kayu yang populer karena umumnya material kayu memiliki daya tahan panas dan perubahan cuaca yang bagus. Selain itu, karakter material kayu adalah menampilkan kesan hangat dan alami sehingga bagus untuk mempercantik ruangan.

Adapun jenis kayu yang sering digunakan untuk bahan kusen seperti kayu laban, akasia, jati, kamper, dan ulin. Meski begitu, sekarang kusen kayu bisa didesain mulai dari konsep tradisional hingga modern.

Kusen berbahan kayu harus dipasang dengan kondisi sudah dilapisi cairan anti rayap agar meminimalkan risiko dimakan rayap. Jangan lupa memberi cat atau coating agar kusen kayu tetap awet dan tampil bagus.

  1. Kusen cor atau beton

Kusen Cor Beton

Pilihan kedua ada kusen beton atau sering disebut dengan kusen cor yang tidak pernah akan dimakan rayap seperti kusen kayu. Selain itu, jenis kusen satu ini juga tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga tidak mudah keropos.

Proses pembuatan kusen beton menggunakan metode cetak, kemudian disambung menggunakan paku dan kawat. Penting diperhatikan ketika proses pemasangan harus dilakukan dengan sangat teliti, karena bila sudah terpasang kusen beton akan sulit diubah.

  1. Kusen aluminium

Kusen Aluminium

Alternatif pilihan ketiga ada kusen aluminium yang memiliki kelebihan yaitu anti air, tahan keropos, anti rayap, dan bobotnya yang ringan. Tidak seperti kusen kayu, kusen aluminium tidak akan berubah bentuk akibat perubahan cuaca dan desain bisa diatur sesuai keinginan.

  1. Kusen uPVC

Kusen uPVC

Alternatif berikutnya yaitu kusen uPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride yang terbuat dari bahan plastik tanpa menggunakan plasticizer. Proses pembuatan dengan melakukan stabilizer dan modifier yang membuat kusen memiliki kekuatan yang lebih padat dan keras dari kusen aluminium.

  1. Kusen fiberglass

Kusen fiberglass

Pilihan kelima bila ada kusen fiberglass yang memiliki keunggulan mudah dalam urusan perawatan dan daya tahan yang bagus. Material fiberglass berasal dari serat pembuat kaca yang bagus dalam menyesuaikan perubahan cuaca dan suhu ruangan.

Keunggulan Kusen Aluminium

Keunggulan Kusen Aluminium

Nah, misalkan Anda tertarik dengan kusen aluminium setelah mengetahui beberapa keunggulannya dibandingkan dengan kusen kayu boleh saja. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kusen aluminium untuk meyakinkan pilihan Anda:

  1. Kusen Aluminium Tahan lama

Sifat alami material aluminium adalah tahan korosi dan karat, sehingga Anda hanya perlu membersihkan kusen satu atau dua kali dalam setahun. Bahkan warna asli kusen aluminium tidak mudah memudar baik di lingkungan tengah kota, desa, atau pegunungan.

  1. Tahan perubahan cuaca

Kusen aluminium memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca yang sangat baik, bahkan material aluminium tahan terpaan angin kencang. Jenis kusen ini lebih direkomendasikan daripada kusen kayu, terutama untuk bagian pintu masuk rumah, kamar mandi, kamar tidur, dan jendela.

  1. Kusen Aluminium Tahan api

Keunggulan kusen aluminium berikutnya memiliki ketahanan bahaya api yang bagus misalkan terjadi kebakaran. Aluminium juga termasuk logam teringan sehingga aman untuk mengurangi risiko kecelakaan misalkan terjadi kecelakaan bangunan roboh.

  1. Desain trendy

Ketika Anda mencari kusen kualitas terbaik sekaligus bisa difungsikan sebagai interior rumah, maka kusen aluminium cocok untuk konsep arsitektur kontemporer. Karena material aluminium mudah untuk di cat dan bisa dibentuk menyesuaikan bentuk pintu dan jendela.

  1. Menstabilkan suhu ruangan

Jika dilihat dari faktor fungsionalitas, kusen aluminium menawarkan penyekatan yang luar biasa dan efektif menstabilkan suhu ruangan. Artinya, Anda tidak perlu menyalakan penghangat atau pendingin ruangan, sehingga bisa mengurangi tagihan listrik.

  1. Harga Kusen Aluminium murah

Sementara dari faktor harga, kusen aluminium lebih murah dan pemasangan rangka kusen jauh lebih mudah daripada kusen kayu. Apalagi jenis kusen ini tidak membutuhkan perawatan khusus secara berkala, sehingga Anda bisa menghemat tenaga.

  1. Ramah lingkungan

Keunggulan terpenting dari kusen berbahan aluminium adalah bisa didaur ulang atau digunakan kembali sehingga mendukung program ramah lingkungan. Bahkan kualitas material aluminium hasil daur ulang tetap bagus dari tampilan dan ketahanan.

Daftar Harga Kusen Aluminium per Meter

Bagaimana sudah yakin memilih kusen aluminium untuk konstruksi bangunan atau hunian impian Anda? Berikut adalah daftar kisaran harga kusen aluminium terbaru di pasaran dengan hitungan harga jual per meter:

Harga Kusen Aluminium
Ukuran Merek Harga
Kusen aluminium 3 inci HP metal Rp86.000
Kusen aluminium 3 inci Alko Rp86.000
Kusen aluminium 4 inci HP metal Rp91.000
Kusen aluminium 4 inci Alko Rp91.000
Kusen aluminium 3 inci Alcomexindo Rp96.000
Kusen aluminium 3 inci Alexindo Rp96.000
Kusen aluminium 4 inci Alcomexindo Rp111.000
Kusen aluminium 4 inci Alexindo Rp111.000
Kusen aluminium 3 inci serat kayu Rp151.000
Kusen aluminium 4 inci serat kayu Rp201.000

Itulah sedikit ulasan seputar kusen mulai dari pengertian, jenis kusen, material bahan, keunggulan yang bisa menjadi referensi Anda. Nah, Anda juga bisa membuat hitungan total bujet yang diperlukan dari ulasan daftar harga sehingga semua lebih terinci.

Tanggapan:

5/5. dari 1 Pembaca

Belum ada tanggapan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: