Cara Membeli dan Harga Tarif Tiket Busway TransJakarta Terbaru (E-Ticket)

Harga Tarif Tiket Busway TransJakarta Terbaru – Transportasi sekarang pada jaman sekarang ini sudah sangat modern. hal ini terbukti dengan banyak nya motor, mobil, bus hingga pesawat. Salah satu transportasi yang sering di gunakan saat ini yaitu Bus yang berada di Jakarta atau biasa juga di sebut dengan Transjakarta. Busway TransJakartajakarta kini juga lebih modern lagi karena juga menggunakan sistem kartu elektronik atau e-ticketing. Sehingga sekarang para penumpang TransJakarta wajib menggunakan kartu prabayar ini sebagai ganti uang tunai dalam pembayaran tarif tiket Busway TransJakarta ini.

Cara Membeli dan Harga Tarif Tiket Busway TransJakarta Terbaru

Sedikit informasi bahwasanya bus TransJakarta ini merupakan Busway yang memiliki sistem transportasi salah satu tercepat di Jakarta. Model sustem transportasi ini berdasarkan sistem Transminenio yang sudah sukses di Kolombia, Bokota. Dengan adanya bus Transjakarta ini bertujuan untuk memberikan jasa angkutan kepada warga Jakarta. Agar lebih cepat, nyaman dengan budget terjangkau, dan ini sudah digunakan sejak tahun 2004 tanggal 15 januari lalu.

Bus TransJakarta ini cepat di karenakan adanya jalur khusus di jalan-jalan yang menjadi rute busway ini. Dan jalur bus ini tidak boleh di lewati oleh kendaraan lain selain Bus TransJakarta. Selain itu Bus TransJakarta ini mendapat subsidi untuk harga tiket bus TransJakarta sehingga budget lebih terjangkau oleh masyarakat umum.

TransJakarta ini tidak hanya memiliki bus regular saja namun pada tahun 2016 lalu juga meluncurkan bus dengan desain khusus. Bus ini di peruntukkan untuk kaum wanita saja, yang di harapkan bisa dapat lebih nyaman dan aman selama di Bus. Tidak hanya itu saja, pihak TransJakarta ini juga menyediakan sebanyak 22 bus dengan tingkat gratis. Bus ini nantinya akan di gunakan sebagai sarana transportasi untuk Wisata Jakarta dan sekitar. Bus Jakarta Explorer ini sudah memilik 4 rute wisata yang sudah beroperasi menelusuri ikon landmark yang ada di Kota Jakarta.

Dengan banyak nya tipe bus yang dimiliki TransJakarta ini tentunya di barengi dengan teknologi pembayaran yang lebih modern, yaitu dengan e-ticketing. Namun dilansir dari website resmi TransJakarta, bahwan operator koridor tidak menerbitkan kartu elektronik pembayaran e-ticket. Namun penumpang tidak usah risau karena pembayaran ini bisa juga menggunakan kartu prabayar dari beberapa bank. Bank yang bisa di pakai untuk pembataran ini seperti Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega MegaCash.

Tapi jika penumpang tetap ingin menggunakan kartu elektronik bisa juga membeli kartu E-money di halte-halte busway. Harga kartu e-money ini juga cukup murah dengan harga Rp40.000 saja. harga tersebut sudah termasuk saldo e-money sebesar Rp20.000. Penumpang bisa memilih kartu e-money dari pilihan bank yang di ingikan.

Cara Menggunakan Kartu Prabayar untuk TransJakarta

Penggunaan kertu e-money ini sangat mudah dan simple, penumpang cukup dengan menempelkan kartu ini pada tulisan “Tap In” pada pintu masuk halte. Setelah itu plang pintu akan terbuka dan penumpang langsung bisa naik ke bus TransJakarta. Ketika sudah sampai di tempat tujuan lalu keluar halte, pengunjung juga perlu melakukan Tap Out. Ini sama halnya saat masuk dan keluar Toll.

Namun perlu di ingat saldo E-money ini akan terpotong saat melakukan Tap In saja. Saat melakukan Tap Out Saldo e-money tidak terpotong, tapi pengunjung sudah turut membantu TransJakarta untuk memperoleh data lokasi tujuan penumpang. Tetapi biasanya, pada sedikit masalah yaitu saldo e-money habis. Penumpang tidak usah kuatir karena di halte bus menyediakan top up lewat beberapa atm sesuai dengan bank kartu e-money.

Tidak hanya berjajar atm, namun terdapat pula brand toko ritail besar seperti Indomaret ataupun Alfamart yang menjediakan Top Up Kartu E-money. Akan tetapi dalam top up kartu e-money ini akan di kenakan biaya tambahan sesuai dengan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia No. 19/10/PADG/2017 yang diterbitkan pada 20 September 2017 sebagai berikut.

Tap In E-Money

Ketentuan Biaya Tambahan Isi Ulang e-Money

  • Pengisian e-money di bawah Rp200.000 pada ATM bank penerbit kartu e-money tidak dikenakan biaya.
  • Pengisian e-money di atas Rp200.000 pada ATM bank penerbit kartu e-money dikenakan biaya maksimal Rp750.
  • Pengisian e-money di jaringan ATM Bersama dikenakan biaya sebesar Rp1.500.
  • Pengisian e-money di minimarket (Alfamart, Alfamidi, Indomart,Lawson, dan Circle K) dikenakan biaya sebesar Rp1.000.
  • Pengisian e-money di halte Transjakarta dikenakan biaya sebesar Rp1.500.

Tarif Tiket Busway TransJakarta

Waktu OperasionalTarif Tiket Busway TransJakarta
05.00 – 07.00 WIBRp2.000
07.00 – 24.00 WIBRp3.500
24.00 – 05.00 WIBRp3.500

Untuk Tarif TransJakarta Busway ini cukup murah dan belum menagalami kenaikan sama sekali sejak tahun 2019. Padahal subsidi untuk tarif Tiket busway Transjakarta ini sudah di pangkas sesuai Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2020. Dalam kebijakan tersebut, subsidi tarif tiket busway TransJakarta ini di pangkas dari yang sebelumnya Rp.4.197 triliun kini menjadi Rp3.3291 triliun. Pemangkasan ini tentu sangat jauh, namun hingga kini belum ada perubahan tarif untuk naik busway TransJakarta.

Pada tahun ini 2022, harga tiket busway TransJakarta ini pun masih tetap sama, padahal terjadi kenaikan pada Bahan Bakar Gas. Namun sekali lagi, pihak TransJakarta ini menegaskan bahwa masalah tarif Tiket busway transjakarta ini sudah menjadi wewenang Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Berdasarkan penetapan tarif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, sehingga saat ini pun tidak ada perubahan tarif tiket Busway Transjakarta.

Biaya atau tarif tiket Busway TransJakarta ini berlaku flat untuk semua koridor dan rute tujuan para penumpang. Untuk informasi lebih lengkapnya, penumpang bisa langsung menghubungi PT Transportasi Jakarta di Jalan Mayjen Sutoyo No. 1, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dengan nomor call center 1500102 dan email di alamat naektije@transjakarta.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: