Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) Terbaru Desember 2022

Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) Terbaru – Kalian yang mempunyai laptop ataupun komputer pasti pernah merasakan kalau semakin lama kinerja laptop semakin menurun. Tidak hanya itu saja, suhu pada laptop juga semakin lama juga semakin panas. Padahal penggunaan laptop juga tidak terlalu berat, ini tentunya membuat anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada laptop.

Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk)

Tidak hanya itu saja, meningkatnya suhu pada laptop ini juga biasanya di barengi dengan suara bising pada laptop yang berasal dari kipasnya yang berbutar keras. Putaran keras pada kipas pendingin ini tentunya upaya untuk mendinginkan laptop yang kepanasan. Jika terjadi demikian, maka anda tidak perlu bingung karena biasanya di sebabkan oleh thermal paste pada laptop yang sudah kering. Untuk mengatasi hal tersebut maka harus segera mengganti Thermal paste yang baru. Untuk Harga Thermal Paste Laptop juga bervariasi dan sangat terjangkau.

Seperti halnya alat elektronik lainnya, pasti adakalanya mengalami problem jika sudah lama digunakan. Sama juga seperti laptop yang sudah lama di pakai juga akan mengalami masalah seperti kering nya thermal paste. Sehingga panas pada cpu tidak tersalurkan dengan sempurna pada pipa pendingin/heatsink yang di dinginkan dengan kipas. Mengganti Thermal Paste ini langkah yang tepat karena akan membuat performa laptop normal kembali.

Fungsi Thermal Paste Laptop

Fungsi utama dari thermal paste ini yaitu menyalurkan panas dengan sempurna ke perangkat pendingin sehingga suhu tetap terjaga dan tidak overheat. Laptop yang thermal paste nya kering atau udah usang masa pakai nya, tidak bisa menyalurkan pada heatsink secara sempurna. Alhasil laptop pun jadi lebih panas dan performanya pun berkurang. Hal inilah yang menyebabkan juga laptop jadi lebih lemot dari biasanya.

Pada umumnya CPU yang terlalu panas akan menurunkan performanya agar suhu tidak terlalu panas. Namun jika panas pada CPU ini tidak turun-turun akan membuat CPU Overheat hingga membuat laptop Shut Down dengan sendirinya. Bagi kalian yang laptopnya mengalami penurunan performa dan juga panas terlalu tinggi, bisa langsung mengganti Thermal Paste ke yang lebih baru.

Tata Cara Mengganti Thermal Paste Laptop Yang Benar

Saat ingin mengganti Thermal Paste pada laptop, tentunya di perlukan tahapan dan juga tata cara yang benar. Hal ini di perlukan agar laptop dan komponennya tidak terjadi miss atau kerusakan gara-gara cara pembokaran laptop yang salah. Berikuta cara mengganti Thermal Paste pada laptop yang bisa anda lihat dibawah ini.

  1. Hal pertama sebelum membongkar laptop yaitu menyiapkan sejumlah alat seperti set obeng berbagai ukuran, tisu, cairan pembersih thermal paste atau tisu basah, blower listrik atau manual, dan thermal paste baru.
  2. Selanjutnya buka baut pada notebook. Perlu diingat, membuka baut laptop bisa merusak segel garansi, sehingga tidak disarankan untuk produk yang masih bergaransi.
  3. Jika terdapat debu atau kotoran, bersihkan dulu komponen laptop dengan blower atau kuas secara perlahan.
  4. Buka baut pengunci heatsink fan laptop, lalu buka baut pengunci heatsink yang ada di soket chip prosesor dan GPU.
  5. Lepaskan heatsink pendingin dari notebook, dan lakukan secara hati-hati karena bisa membuat prosesor terlepas dari socket.
  6. Buka baut untuk melepaskan kipas pendingin dari heatsink pendingin, kemudian bersihkan fin aluminium heatsink dengan blower.
  7. Bersihkan pula debu-debu yang menempel pada komponen kipas pendingin.
  8. Bersihkan sisa-sisa thermal paste lama yang ada di atas prosesor serta di dasar heatsink pendingin menggunakan cairan pembersih khusus dan tisu.
  9. Pasang kembali fan pendingin ke unit heatsink pendingin dan letakkan thermal paste baru di atas prosesor.
  10. Pasang dan kunci pendingin heatsink, kemudian tutup kembali casing bagian bawah laptop.

Dengan mengikuti cara diatas, performa laptop anda akan kembali 100% dan menjadi lebih dingin dari sebelumnya. Namun jika masih bingung atau takut untuk membongkar dan mangganti Thermal paste laptop secara mandiri, bisa bawa laptop anda ke tukang service laptop. Harga Ganti Thermal Paste Laptop di tukang service laptop juga tidak terlalu mahal yaitu berkisar 50ribu sampai dengan 150ribu. Tergantung dari kesulitannya.

Harga Thermal Paste Laptop Terbaru

Harga Thermal Paste Laptop Terbaru

Jika kalian sudah bulat dan nekat untuk membongkar serta mengganti thermal paste laptop secara mandiri, akan di share Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) terbaru. Berikut Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) terbaru yang bisa anda lihat dibawah ini.

Merk/Tipe Thermal PasteHarga
Deepcool Z3Rp34.000
Deepcool Z5Rp48.000
Cooler Master HTK-002Rp60.000
Arctic Silver Ceramique 2.7gRp60.000
Cooler Master New MasterGel Regular 2.5Rp65.000
Phanteks Compound PH-NDC 55.3gRp80.000
Deepcool Z9Rp89.000
Kingpin KPX 1gRp95.000
Cooler Master New MasterGel Pro 2.6Rp97.000
Noctua NT-H1Rp116.000
Thermal Grizzly Kryonaut 1gRp120.000
Arctic Cooling MX4 4gRp125.000
Arctic Silver 5 AS5-3.5g Thermal CompoundRp130.000
Gelid GC Extreme 3.5gRp150.000
Thermal Grizzly Hydronaut 1gRp150.000
Grizzly Conductonaut Liquid 1gRp175.000
Noctua NT-H2Rp179.000
Thermal Grizzly Conductonaut 1gRp190.000
Gelid GC Extreme 10gRp340.000
Molykote 1000 PasteRp380.000
Arctic Cooling MX4 20gRp388.000
Coollaboratory Liquid UltraRp471.500

Untuk daftar Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) diatas didapat dan di rangkum dari berbagai sumber terpercaya seperti dari toko online dan juga toko komputer setempat. Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) diatas juga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk bisa membeli Thermal Paste ini juga sangat mudah karena bisa di temukan di toko komputer terdekat dan juga ada di toko online marketplace di Indonesia.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Thermal Paste Laptop (Semua Merk) terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info diatas bisa berguna untuk anda yang laptopnya sedang membutuhkan pergantian Thermal Paste. Agar bisa mendapatkan Thermal Paste dengan harga yang lebih murah dan juga berkualitas bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: