Daftar Harga Wiremesh Per Lembar & Roll Terbaru Oktober 2021

Posted on

Apakah Anda sudah tahu apa itu wiremesh? Wiremesh adalah salah satu komponen penting yang digunakan dalam dunia konstruksi. Untuk Anda yang masih awam dan belum paham mengenai wiremesh, berikut di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya:

Pengertian Wiremesh

Harga Wiremesh

Wiremesh juga biasa disebut besi anyam adalah rangkaian batang-batang besi yang saling kait mengait satu sama lain sehingga berbentuk lembaran-lembaran. Wiremesh memiliki rongga-rongga pada bagian tengahnya.

Wire atau kabel-kabel yang berpotongan tersebut disambung dengan pengelasan agar terikat secara kokoh dan sempurna. Bahan dalam pembuatan wiremesh terdiri dari batang logam, baja atau aluminium dalam jumlah banyak.

Jenis-jenis  dan Ukuran Wiremesh Beserta Spesifikasinya

Jenis Wiremesh

Anda perlu mengetahui jenis dan spesifikasi Wiremesh agar nantinya dapat mempermudah Anda dalam menentukan daya tahan dari bangunan yang akan dibuat. Berikut ini 2 jenis wiremesh dan spesifikasinya yaitu:

  1. Lembaran

Wiremesh jenis ini dijual dalam bentuk lembaran atau per lembar dengan ukuran 210 cm x 540 cm.

  1. Gulungan/roll

Wiremesh jenis ini dijual dalam bentuk gulungan dengan ukuran dalam meter lari dengan lebar sebesar 210 cm dan panjang 5400 cm.

Ukuran standar diameter yang umum digunakan pada wiremesh adalah mulai dari 4 mm sampai maksimumnya 12 mm. Untuk penyebutan ukuran, biasanya ditulis dengan M4, M5, M6 dan lain seterusnya. Mengapa penyebutan wiremesh menggunakan inisial huruf M? Karena hal tersebut untuk tanda bahwa ukuran diameter wiremesh menggunakan satuan milimeter (mm).

Untuk contoh, maksud dari wiremesh M5 adalah susunan anyaman besi dengan diameter 5 mm. Diameter dari wiremesh di pasaran memiliki ukuran standar batas toleransi yang terbagi ke dalam 3 macam yaitu 0,3 mm, 0,5 mm, dan 0,7 mm. Jadi, apabila Anda membeli wiremesh M5, Anda akan mendapatkan besi wiremesh berukuran 4,3 mm, 4,5 mm atau 4,7 mm.

Baca Juga : Harga Semen 1 Sak Terbaru

Harga Wiremesh Per Lembar Terbaru

Harga Wiremesh Per Lembar

Berbicara mengenai harga dari wiremesh per lembar sendiri tentu cukup bervariasi. Harga yang dibanderol tergantung pada kualitas hingga merek dari suatu produk. Berikut adalah kisaran harga dari wiremesh:

  1. Wiremesh SNI

Dalam proses pembuatannya, wiremesh SNI sudah disesuaikan dengan ketentuan yang ditetapkan dalam nomor SNI 07-0663-1995 tentang jaringan kawat baja las untuk tulang beton. Tidak mengherankan apabila tipe ini lebih mahal karena memang kualitas produknya lebih terjamin dengan menggunakan besi beton kualitas unggul sehingga lebih kuat dan kokoh digunakan dalam konstruksi bangunan.

Harga Wiremesh SNI
JenisHarga
M4Rp149.000
M5Rp222.000
M6Rp312.000
M7Rp425.000
M8Rp555.000
M9Rp720.000
M10Rp888.000
M12Rp1.293.000
  1. Wiremesh Non SNI

Jika dibandingkan dengan tipe SNI, tipe ini memiliki harga yang lebih murah karena proses pembuatannya tidak berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Dalam proses pembuatannya menggunakan material dengan kualitas yang lebih rendah. Tetapi, jangan khawatir tipe ini masih layak digunakan untuk konstruksi bangunan.

Harga Wiremesh Non SNI
JenisHarga
M5 (4,5 mm)Rp176.000
M6 (5,2 mm)Rp244.000
M6 (5,5 mm)Rp262.000
M7 (6,5 mm)Rp366.000
M8 (7,2 mm)Rp462.000
M8 (7,5 mm)Rp487.000
M8 (7,6 mm)Rp514.000
M10 (9,5 mm)Rp801.000

Harga Wiremesh Roll Terbaru

Harga Wiremesh Per Roll

Bagaimana dengan harga wiremesh roll? Selain membeli dalam versi lembaran, Anda juga bisa membeli dalam versi roll. Berikut adalah kisaran harga pasarannya:

  1. Wiremesh SNI

Harga Wiremesh SNI Roll
JenisHarga
M4Rp1.490.000
M5Rp2.220.000
M6Rp3.120.000
M7Rp4.240.000
  1. Wiremesh Non SNI

Harga Wiremesh Non SNI Roll
JenisHarga
M5 (4,5 mm)Rp1.176.000
M6 (5,2 mm)Rp2.430.000
M6 (5,5 mm)Rp2.620.000
M6 (5,6 mm)Rp2.820.000
M7 (6,5 mm)Rp3.660.000
  1. Wiremesh Galvanis

Wiremesh ini juga disebut dengan kawat loket sebagai pilihan material yang tepat digunakan sebagai material pagar atau sekat.

  • Wiremesh Galvanis 50×15 mm dengan tebal 1,6 mm seharga Rp3.200.000
  • Wiremesh Galvanis 25×50 mm dengan tebal 2 mm seharga Rp2.350.000
  • Wiremesh Galvanis 50×50 mm dengan tebal 3 mm seharga Rp3.000.000
  • Wiremesh Galvanis 50×100 mm dengan tebal 3 mm seharga Rp2.500.000
  • Wiremesh Galvanis 100×100 mm dengan tebal 3 mm seharga Rp2.250.000
  • Wiremesh Galvanis 50×50 mm dengan tebal 4 mm seharga Rp4.550.000
  • Wiremesh Galvanis 100×100 mm dengan tebal 4 mm seharga Rp2.800.000

Kegunaan Wiremesh

Kegunaaan Wiremesh

Setiap komponen yang terdapat dalam dunia konstruksi selalu saling berkaitan satu sama lain serta memiliki peran dalam membuat bangunan menjadi lebih kokoh dan berdiri dengan sempurna. Berikut ini beberapa kegunaan wiremesh antara lain:

  1. Digunakan untuk konstruksi jalan raya hingga tol karena kemampuan baiknya dalam menahan beban sangat baik.
  2. Sebagai material dalam pembuatan plat beton yang menggantung. Plat tersebut dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan bertingkat atau saluran pembuangan air hujan.
  3. Sebagai material dalam pembuatan plat beton yang berada di tanah karena dapat mengeraskan struktur tanah sehingga sanggup dalam menopang berbagai beban berat yang berada di atasnya.
  4. Sebagai besi tulangan yang digunakan pada saluran drainase beton pracetak. Seperti misalnya u ditch precast, culvert box dan tutup buis beton.
  5. Sebagai material yang digunakan untuk menguatkan dak berbahan beton serta plat lantai yang biasanya digunakan pada gedung bertingkat.
  6. Sebagai material pagar rumah atau bisa juga partisi ruangan yang biasa diterapkan di tempat-tempat industri atau rumah yang mengusung gaya industri.

Kelebihan Wiremesh

Kelebihan dan Kekurangan Wiremesh

Seperti komponen konstruksi lainnya, wiremesh juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki wiremesh antara lain dalam pemasangannya wiremesh mudah dan cepat dilakukan. Dengan menggunakan wiremesh, Anda dapat menghemat penggunaan kawat bendrat dan tentunya tidak perlu menganyam sendiri secara manual. Apabila dibandingkan dengan besi beton, wiremesh memiliki harga beli. yang rendah. Untuk penggunaannya hanya tinggal meletakkan wiremesh pada bagian yang akan digunakan.

Kekurangan Wiremesh

Sementara itu, kekurangan yang dimiliki oleh wiremesh antara lain tidak dapat digunakan sebagai penguat kolom, balok serta sloof. Wiremesh ini hanya dapat digunakan untuk pekerjaan tulangan besi beton dengan penampang yang lebar karena bentuknya yang hanya lembaran.

Sedangkan kolom, balok dan sloof hanya dapat dikerjakan menggunakan tulangan besi beton konvesional. Apabila Anda menggunakan wiremesh dengan sistem las yang manual, wiremesh tersebut akan mudah lepas kaitannya antara satu dengan lainnya.

Cara Memilih Wiremesh Berkualitas Bagus

cara memilih Wiremesh

Apabila Anda ingin menggunakan wiremesh, sebaiknya Anda memilih jenis wiremash yang berkualitas bagus. Beberapa cara dapat Anda lakukan dalam memilih wiremesh dengan kualitas yang bagus agar spesifikasi wiremesh yang bagus dapat memengaruhi kualitas konstruksi yang dihasilkan. Pertama, Anda harus mengetahui dahulu jenis dan berapa ukuran wiremesh yang Anda butuhkan. Serta perhatikanlah dengan cermat ukuran diameternya.

Kedua, pilihlah wiremesh yang tidak berkarat serta bersih. Seperti yang Anda ketahui bahwa wiremesh merupakan jenis bahan bangunan yang dibuat dari besi yang sangat rentan berkarat. Sehingga, pilihlah dengan teliti wiremesh yang tidak berkarat dan bersih. Kualitas wiremesh yang bagus sangat berpengaruh terhadap kekuatan struktur bangunan yang dibuat.

Ketiga, karena saat ini banyak sekali produsen pembuat wiremesh, Anda harus lebih jeli membedakan wiremesh yang bagus dan tidak. Wiremesh yang bagus dan berkualitas menggunakan besi yang dilas dengan menggunakan las otomatis. Dengan sistem las otomatis tampilan hasilnya lebih bersih, kokoh, tidak akan berantakan dan jarak di antara anyamannya juga teratur. Sangat berbeda dengan wiremesh yang menggunakan sistem las manual.

Cara Pemasangan Wiremesh

Cara memasang Wiremesh

Dapat dikatakan bahwa pemasangan wiremesh tidak jauh berbeda dengan pemasangan besi beton yang digunakan untuk tulangan plate. Kelebihannya wiremesh adalah penggunaannya lebih praktis karena sudah berbentuk anyaman. Anda cukup mengukurnya sesuai dengan luas bidang yang telah Anda perhitungkan kemudian potong sesuai ukuran tersebut. Apabila ternyata ukuran luasnya masih kurang, Anda dapat menambahkan wiremesh dengan overlap kurang lebih 15 cm.

Saat melakukan pemasangan wiremesh, Anda harus benar-benar memperhatikan diameter yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan Anda. Walaupun berselisih 1 mm saja, wiremesh yang Anda pasang akan berpengaruh terhadap konstruksi bangunan Anda. Penyebabnya adalah karena tingkat kekuatan wiremesh tersebut akan jauh berbeda apabila ukurannya tidak sesuai dengan perencanaan.

Dalam pembelian serta pemasangannya Anda juga harus teliti, hindari membeli dan menggunakan wiremesh yang sudah berkarat. Juga, hindari, menggunakan wiremesh dengan sistem pengelasan yang manual. Apabila Anda masih ragu, tanyakanlah kepada seseorang yang ahli dalam bidang perkonstruksian, khususnya wiremesh ini. Karena hal yang berhubungan dengan konstruksi bangunan harus dipikirkan dengan matang. Dampak dari ketidakhatian Anda akan berpengaruh terhadap lama tidaknya umur bangunan tersebut.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini