Daftar Harga Batu Kali untuk Fondasi Rumah Terlengkap 2022

  • Bagikan

Harga Batu Kali untuk Fondasi Rumah Terlengkap – Batu kali merupakan salah satu jenis batu yang digunakan untuk membuat pondasi rumah. Batu kali dianggap mampu untuk buat konstruksi bangunan menjadi lebih baik sehingga strukturnya menjadi lebih kuat. Biasanya batu kali akan dicampur dengan pasir semen dan air saat membangun bagian dinding rumah. Batu kali dikenal dengan ketahanannya terhadap beragam kondisi lingkungan dari mulai hujan hingga panas.

Proses pembentukan batu kali di alam yang melalui proses sedimentasi alami membuat batu kali punya kekerasan yang tinggi dan cocok untuk menopang bangunan. Hasilnya pondasi bangunan menjadi lebih kuat kokoh dan tahan lama. Batu kali sendiri terdiri atas dua jenis yaitu batu kali bulat dan batu kali belah. Harganya juga cukup bervariasi tergantung pada satuan pembelian dan spesifikasi batu yang dibeli. Untuk itu, berikut akan dijelaskan secara lebih rinci harga dari batu kali.

Harga Batu Kali Berdasarkan Berat

Harga Batu Kali untuk Pondasi Rumah

Batu kali di bisa dijual dalam satuan berat maupun volume. Biasanya jika pembelian banyak, maka penjual akan menghitung berdasarkan satuan volume. Namun biasanya untuk yang membeli dalam jumlah relatif sedikit akan dihitung berdasarkan berat. Adapun harga batu kali berdasarkan beratnya yaitu sebagai berikut:

Jenis Batu Kali Berat Harga
Batu Bali 10 kg Rp.70 ribu
batu pancawarna 25 kg Rp.70 ribu
batu Kupang 25 kg Rp.75 ribu
batu hijau 25 kg Rp.80 ribu
batu Italy 15 kg Rp.80 ribu
batu ambon 25 kg Rp.85 ribu
batu Alor 50 kg Rp.280 ribu.

Baca Juga : Harga Seng Galvalum Per lembar Terbaru

Harga Batu Kali Berdasarkan Volume

Harga Batu Kali Berdasarkan Volume

Selain dalam satuan berat, biasanya batu kali juga dijual dalam satuan volume. Terlebih lagi jika pembelian dalam jumlah yang banyak. Satuan volume ini juga cukup beragam mulai dari m3 hingga menakar dalam isian  kendaraan pengangkutseperti tronton, truk engkel, colt diesel pick up maupun lainnya. Adapun harga batu kali berdasarkan volume yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Jenis Batu Kali Volume Harga
batu garut per m3 Rp.85 ribu
batu candi ukuran (30 x 30) per m3 Rp.120 ribu
batu andesit (30 x 30) per m3 Rp.160 ribu
batu kali belah per m3 Rp.185 ribu
batu knecker per m3 Rp.210 ribu
batu split per pick up Rp.260 ribu
batu split per truk Rp 1.260.000

Biasanya harga batu kali berdasarkan volume 1 truk ini sekitar 8,63 m3 dengan rata-rata harga Rp.1 juta hingga Rp.2,2 juta. Untuk rentang harga lainnya yaitu per colt diesel dijual dengan harga rentang Rp.1,5 juta sampai Rp.1,8 juta, per tronton 25 m3 dijual dengan harga rentang Rp.230 ribu sampai Rp.300 ribu dan per truk engkel 3,3 m3 dijual dengan rentang harga Rp.1,1 juta sampai Rp.1,5 juta.

Jenis Batuan Kali

Jenis Batu Kali

Perlu diketahui bahwa batu kali terdiri atas dua jenis yaitu batu kali bulat dan batu kali belah. Sesuai dengan namanya, batu kali bulat ini tampak bulat sementara batu kali belah lelah karena setelah melalui proses penghancuran menjadi bagian yang lebih kecil. Batu kali bulat mempunyai tekstur permukaan yang halus yang biasanya diambil dari tepi sungai. Meskipun memiliki tekstur yang halus dan kekerasan yang tinggi, batu kali bulat ini dapat membuat sulit untuk ditempelkan pada mortar ketika proses pencampuran berlangsung.

Sementara itu, batu kali belah merupakan batuan alami dari alam yang berukuran besar kemudian dihancurkan sehingga lebih kecil untuk bisa dibuat sebagai material bangunan. Batu kali belah ini bisa ditemukan di daerah perbukitan, pegunungan maupun di sungai. Usai dihancurkan, batu kali belah ini biasanya mempunyai tekstur yang kasar sehingga bisa menempel dengan baik pada mortar. Oleh sebab itu pula lah, harga per kubik untuk jenis batu kali belah ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan batu kali bulat.

Karakteristik Pondasi Batu Kali

Karakteristik Pondasi Batu Kali

Terdapat beberapa karakteristik pondasi batu kali yang perlu diketahui. Adapun karakteristik yang dimaksud ialah sederhana dan praktis sebab tidak membutuhkan bahan baku yang terlalu banyak. Sisi Lainnya yang juga bisa dilihat dari kesederhanaan batu kali ini adalah tidak membutuhkan alat berat sehingga bisa menekan pengeluaran. Selanjutnya pemasangannya terbilang fleksibel dan bisa meminimalisir ketidakakuratan yang terjadi pada pondasi rumah.

Daya topang nya juga baik sehingga bisa memperkuat konstruksi bangunan. Batu kali juga memiliki karakteristik awet dan tahan lama sehingga karakteristik ini sekaligus menjadi kelebihan yang dimiliki oleh batu kali. Penggunaan batu kali juga bisa menghemat waktu pengerjaan karena karakteristik yang sederhana. Batu kali juga relatif mudah untuk ditemukan pada tempat-tempat tertentu sehingga harganya relatif murah.

Kelebihan Batuan Kali

Kelebihan Batu Kali

Ada beberapa kelebihan dari batu kali yang bisa menjadi alasan untuk memilih nya sebagai salah satu material bangunan ketika membuat struktur bangunan. Adapun kelebihan yang dimaksud diantaranya yaitu risiko kebocoran lebih kecil, dapat menambah kekuatan bangunan, daya tahan yang tinggi terhadap goncangan, ukuran mudah untuk disesuaikan, bentuk konstruksinya lebih sederhana, pembuatan pondasi terbilang lebih mudah, waktu

pengerjaan pondasi menjadi jauh lebih cepat, biaya terbilang lebih murah. Meskipun memiliki banyak kelebihan, batu kali ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya yaitu cukup sulit untuk ditemukan beberapa daerah, membuat pondasi akan memerlukan biaya lebih besar apabila memiliki jenis batu pecah serta tidak cocok untuk digunakan pada bangunan yang bertingkat.

Tips Memilih Batu Kali

Tips Memilih Batu Kali

Ketika memutuskan untuk menggunakan batu kali sebagai salah satu material bangunan, maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Tips yang dimaksud di antaranya yaitu pahamilah kebutuhan bangunan, apakah itu dengan proses pengecoran atau hiasan. Hal ini penting supaya bisa mengetahui jenis batu mana yang cocok dengan kebutuhan. Selanjutnya yaitu memilih ukuran. Mengingat bahwa terdapat beberapa ukuran batu kali, maka sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan tukang ataupun pihak yang akan melakukan pengerjaan bangunan.

Berikutnya adalah membeli di toko yang kredibel. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan layanan, jaminan serta kualitas yang bagus. Tentukan pula jenis batu kali yang akan digunakan. Mengingat bahwa kedua jenis batu kali memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Selain itu, harga di antara keduanya juga cukup berbeda sehingga perlu adanya penyesuaian budget sesuai dengan rencana pembangunan yang akan dilakukan. Dengan demikian, pemilihan batu kali bisa lebih terencana dengan jelas sebagai pondasi bangunan.

Tanggapan:

0/5. dari 0 Pembaca

Belum ada tanggapan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: