Rabu, April 24, 2024

Update Harga Beras di Indonesia Terbaru April 2024

Update Harga Beras di Indonesia Terkini – Kita sebagai manusia memerlukan makanan yang kaya akan karbohidrat dan gizi yang banyak. Salah satu makanan yang memenuhi syarat itu yaitu nasi yang sebelum di masak bernama beras.

Harga Beras di Indonesia

Beras ini menajadi makanan pokok yang paling banyak di konsumsung untuk memenuhu kebutuhan kalori. Dan sumber tenaga untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Maka dari itu beras ini sangat perlu untuk di konsumsi, karena kita masyarakat Indonesia yang makanan pokonya nya yaitu nasi yang berasal dari beras.

Masyarakat di Indonesia sendiri sudah mengkonsumsi beras sudah sejak lama dan menjadikan nasi menjadi makanan pokoknya. Hal ini yang membuat orang indonesia ketika terbiasa makan nasi. Lalu sehari tidak makan nasi melainkan mengkonsumsi roti maka rasanya akan beda dengan mengkonsumsi nasi. Alhasil perut anda akan merasa kelaparan dan tubuh pun akan lemas.

Pasaran Beras di Indonesia

Oleh karena itu , akan di bagikan beberapa harga beras terbaru di indonesia yang mungkin bisa anda jadikan referensi untuk mengetahui harga beras terbaru di indonesia saat ini. Beras di Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis, antara lain yaitu Beras 64 atau Setra Ramos yang berati beras yang paling banyak beredar di luar sana.

Beras ini banyak di jual karena harga beras terbaru ini terjangkau serta relatif murah dan cocok untuk selera orang di perkotaan. Biasanya beras jenis Setra ramos ini pulen bila dimasak jadi nasi. Jenis beras yang kedua yaitu Beras Pera yang berarti beras itu ketika dimasak jadi nasi akan gampang basi.

Secara Fisik beras ini punya beberapa ciri seperi agak panjang, tak bulat. dan paling mencolok yaitu beras jenis ini tidak mengeluarkan aroma wangi sepertin pandan wangi. Harga Beras Murah terbaru ini bervariasi dan beragam, tergantung dari jenis dan kualitas dari beras. seperi harag beras IR 64 akan sedikit lebih mahal di banding dengan Beras Pera dan juga akan lebih mahal jika beras itu berkualitas bagus dan berkelas Premium.

Untuk Bualn sekarang ini harga beras murah di pasaran berada pada kisaran Rp. 8.000- 16.000 per Kg nya. Untuk kalian yang akan membeli beras ini, berikut akan di bagikan Daftar Harga Beras Terbaru Di Indonesia saat ini yang mungkin dengan Harga beras terbaru ini bisa anda jadikan referensi saat anda beli beras nantinya.

Daftar Harga Beras Di Indonesia Terbaru

Harga beras di Indonesia terus menjadi perhatian utama, mengingat perannya yang krusial sebagai komoditas pangan pokok. Berikut adalah analisis mengenai harga beras saat ini beserta tabel harga terkini berbagai jenis beras:

Terkait pantauan di Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, harga beras premium telah mencapai Rp15.000 per kg, sementara harga beras medium masih bertahan di atas Rp13.000 per kg. Panel Harga Badan Pangan mencatat kenaikan harga beras premium menjadi Rp14.970 per kg dan penurunan harga beras medium menjadi Rp13.190 per kg.

Faktor yang Mempengaruhi Harga:

  1. Pasar Induk dan Penjual Eceran: Meskipun Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) mengklaim turunnya harga beras medium, pedagang eceran seperti Hasan menyatakan bahwa harga masih tinggi, berkisar antara Rp13.500-Rp14.000 per kg.
  2. Variasi Harga Beras: Berdasarkan merek dan jenis beras, harga dapat bervariasi. Ramos, sebagai contoh, masih dijual dengan harga Rp14.000-Rp15.000 per kg.

Berikut Tabel Harga Beras di PIBC Terbaru Tahun 2023:

Jenis BerasHarga per kg (Rp)
Beras Cianjur Kepala15.588
Beras Cianjur Slyp14.271
Beras Sentra Ramos14.142
Beras Saigon14.083
Beras Muncul I13.325
Beras Muncul II12.725
Beras Muncul III12.033
Beras IR-64 I13.317
Beras IR-64 II12.670
Beras IR-64 III10.996
Beras IR-4214.136

Dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini menyebutkan bahwa harga beras terus meningkat di pekan ketiga bulan Oktober 2023, mencapai Rp13.852 per kg. Kenaikan harga beras ini terjadi di 283 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, dengan harga tertinggi di Papua (Rp17.438 per kg) dan terendah di pulau Jawa (Rp12.734 per kg).

Harga beras di Indonesia tetap menjadi indikator penting untuk kesejahteraan masyarakat. Pengamatan terhadap variabel harga dan faktor-faktor yang memengaruhinya penting untuk pemahaman mendalam mengenai dinamika ekonomi dan kebijakan pangan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×