Daftar Harga Besi Beton Terbaru Desember 2021 & Tips Memilih

Posted on

Besi beton atau sering juga disebut dengan baja tulangan merupakan baja batangan yang memiliki bentuk seperti jala. Besi beton ini menjadi bahan material penting di dunia konstruksi bangunan sebagai bahan untuk memperkokoh ketahanan bangunan tersebut. material ini dikenal sebagai material yang sangat kuat dan tahan lama.

Harga Besi Beton Terbaru

Besi beton ini terbuat dari campuran berbagai bahan, yaitu sulphur, carbon, phosphorus, dan bijih besi. Bahan-bahan tersebut ketika dicampurkan dapat menghasilkan material dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi. Jadi sudah tidak heran lagi jika besi ini memiliki tingkat kekuatan tarikan yang tinggi.

Dalam proyek bangunan, besi beton ini biasa digunakan untuk bagian pondasi dan tulang dalam dinding cor untuk menciptakan bangunan kokoh.

Jenis-Jenis Besi Beton

Di pasaran Anda akan menemukan dua jenis besi beton yang biasa digunakan untuk pembangunan gedung. Kedua besi beton tersebut sebagai berikut.

  1. Besi Beton Polos

Besi Beton Polos

Besi Beton Polos atau sering dikenal dengan plain bar merupakan jenis besi beton yang memiliki permukaan halus dan lebih licin. Bentuk penampakannya adalah bundar mulus dan memiliki daya ikat yang lebih baik dengan coran beton. Besi beton jenis ini lebih mudah ditemui serta banyak yang menjual secara eceran.

Besi beton polos memiliki tekstur yang lebih lentur dan cukup mudah untuk dibentuk atau dibengkokkan. Untuk ketahanan tekan yang dimiliki besi beton polos sejumlah 240 Mpa. Dilihat dari harganya, besi beton polos ini juga lebih murah. Biasanya beton besi polos ini digunakan sebagai pengikat pada besi beton ulir.

  1. Besi Beton Ulir

Besi Beton Ulir

Besi Beton Ulir memiliki permukaan yang menonjol berbentuk seperti sirip-sirip atau juga jika dilihat sekilas seperti uliran, sehingga dinamakan besi beton ulir. Dengan bentuk permukaan tersebut, besi beton ulir memiliki daya ikat yang lebih tinggi.

Untuk penjualan besi beton ulir ini tidak bisa secara eceran. Beton besi jenis ini biasa dijual dalam jumlah besar atau oleh kontraktor atau distributor. Beton besi ini memiliki sifat yang lebih keras atau kurang lentur sehingga sangat sulit untuk dibengkokkan. Pemasangannya juga cukup sulit dan membutuhkan daya tahan minimal 400 Map.

Kelebihan Besi Beton

Besi beton memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi alternatif utama dalam penyusunan pondasi gedung dan juga rangka tulang dari tiang dan dinding gedung tersebut. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Besi beton memiliki ketahanan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan material sejenis lainnya.
  • Besi beton sangat mudah ditemui dengan harga yang relatif terjangkau. Hampir di semua toko bangunan pasti memiliki persediaan besi beton. Baik itu akan dijual secara eceran atau juga dijual borongan atau dalam jumlah banyak.
  • Besi beton memiliki ketahanan yang tinggi terhadap api dan air dibandingkan dengan material lainnya. Seperti misalnya terjadi kebakaran rumah, kerangka rumah yang terbuat dari besi beton tersebut tidak akan gampang hilang, sering terjadi rangka besi tersebut hanya terbakar di bagian luarnya saja. Sama juga dengan besi beton yang terkena air terus-menerus sedikit kemungkinan untuk mengalami pengaratan.
  • Besi beton memiliki sifat fleksibel yang bisa dibentuk sesuai dengan yang Anda butuhkan serta sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Besi beton memiliki usia yang sangat panjang, sehingga besi ini bisa memperkuat dan menjaga struktur rumah bisa tetap berdiri kokoh meskipun sudah berdiri berpuluh-puluh tahun.

Baca Juga : Harga Batu Bata Merah dan Putih Terbaru

Harga Besi Beton Terbaru

Harga untuk besi beton ini dibedakan dari jenis dan ukurannya. Berikut ini adalah daftar harga yang disesuaikan dengan jenis dan ukuran dari besi beton tersebut.

Daftar harga besi beton terbaru 2021
Jenis Besi BetonUkuranHarga
Besi beton polos6 mm x 12 mRp31.550 perlonjor.
Besi beton polos8 mm x 12 mRp55.000 perlonjor.
Besi beton polos10 mm x 12 mRp85.850 perlonjor
Besi beton polos12 mm x 12 mRp124.750 perlonjor
Besi beton polos16 mm x 12 mRp221.850 perlonjor
Besi beton ulir10 mm x 12 mRp87.350 perlonjor
Besi beton ulir13 mm x 12 mRp147.300 perlonjor
Besi beton ulir16 mm x 12 mRp223.750 perlonjor
Besi beton ulir19 mm x 12 mRp318.480 perlonjor
Besi beton ulir22 mm x 12 mRp426.150 perlonjor
Beai beton ulir25 mm x 12 mRp549.800 perlonjor

Tips Memilih Besi Beton Berkualitas

Tips Memilih Besi Beton

Besi beton menjadi material pending dalam pembangunan suatu gedung, sehingga kualitas dari besi beton tersebut sangat berpengaruh pada kekokohan dan kekuatan dari gedung tersebut. Sehingga, untuk mendapatkan besi beton berkualitas terbaik, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

  1. Mencari tahu merek besi beton yang berstandar SNI

Besi beton juga ada yang sudah berstandar nasional yang mana standar ini menjadi salah satu bukti bahwa besi tersebut memiliki kualitas terbaik, sudah sesuai serta aman digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan. Beberapa merek besi beton yang sudah terkenal dengan kualitasnya yang baik seperti Krakatau Steel (KS), MS, HJ, MSI, dan HSHI.

  1. Melihat jenis warna dari besi beton tersebut.

Selain memilih yang sudah BER-SNI, Anda juga bisa memilih besi beton ini melihat dari warnanya. Ada beberapa warna yang bisa Anda ketahui ketika akan memilih bahan material besi tersebut.

    • BjTP 24 dengan warna hitam
    • BjTP 30 dan BjTD 30 dengan warna biru
    • BjTD 35 dengan warna merah
    • BjTD 40 denhan warna kuning
    • BjTD 45 dengan warna hijau.
  1. Memperhatikan dan mempertimbangkan detail dan kebutuhan besi beton yang akan Anda gunakan.

Mempertimbangkan detail dan kebutuhan besi beton ini harus dipikirkan dengan matang karena bersangkutan langsung dengan kondisi bangunan tersebut. Anda mau memilih besi beton dengan ukuran seberapa, merek apa, jenis apa hingga berapa kebutuhan besi beton ini harus sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berapa saja harga dari setiap besi beton tersebut, hal tersebut bisa Anda meminimalisir kesalahan yang sangat mungkin bisa terjadi.

Harga besi beton di atas tentu bisa mengalami perubahan dalam kurun waktu tertentu. Nah, untuk itu, Anda perlu selalu update informasi harga besi beton di beberapa situs agar mendapatkan harga terbaik sesuai kebutuhan.

Anda Sedang Mencari Ini :
    plain yogurt mua ở đâu |
Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini