Daftar Harga Besi Siku Beserta Ukuran Terbaru Desember 2021

Posted on

Apakah Anda sedang mencari besi siku untuk material bangunan? Nah, agar tak salah pilih ketika membeli besi siku, yuk simak dulu penjelasan berikut ini. Besi siku adalah salah satu material bangunan yang berguna sebagai bahan pendukung konstruksi bangunan atau proyek lainnya.

Besi siku bisa digunakan untuk membuat rak besi, rangka pintu, tower air, dan rangka perabotan lainnya. Harga besi siku sangat bervariasi tergantung jenis, bahan, dan ukurannya. Berikut ulasan mengenai harga besi siku beserta kegunaannya.

Mengenal Besi Siku dan Spesifikasi

Harga Besi Siku Terbaru

Nah, sebelum mengetahui harga besi siku, maka tak lengkap rasanya bila belum mengenal apa itu besi siku. Besi siku atau angler bar merupakan besi yang memiliki sudut sebesar 90º. Besi ini dikenal juga dengan nama L-bracket yang menjadi salah satu struktur penyangga bangunan atau elemen penguat berbagai macam konstruksi.

Besi siku terbuat dari material logam besi atau plat besi yang dibentuk siku-siku dengan dilapisi bahan anti karat. Karena bentuknya yang kokoh dan tahan lama, besi ini sering digunakan dalam konstruksi pembuatan bangunan atau rangka perabotan rumah tangga. Bahkan besi ini juga diaplikasikan pada industri otomotif, kontraktor, hingga fabrikator.

Besi siku ini memiliki ukuran lebar dan ketebalan yang bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Misalnya besi siku yang digunakan sebagai rangka rak buku pasti memiliki ukuran berbeda dibandingkan yang digunakan pada konstruksi komersial. Besi ini biasanya tersedia dalam ukuran panjang 6 meter dengan lebar siku yang beragam.

Berdasarkan sudut penyikunya, besi ini terdiri dari dua variasi sudut, yaitu sudut 45º dan 90º. Selain itu, besi ini juga ada yang berlubang dan ada yang tidak berlubang disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.

Besi siku yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu baja profil siku yang sering digunakan pada struktur rangka batang atau rangka ringan lainnya. Untuk perusahaan pemroduksi besi siku yang paling populer di Indonesia antara lain, Krakatau Steel, Ispat Bukit Baja, Perwira, Gunung Garuda, Master Steel, dan lain sebagainya.

Kegunaan Besi Siku

Kegunaan Besi Siku

Sebelum berlanjut menuju ukuran besi siku, sebaiknya Anda harus mengetahui dulu berbagai kegunaan besi siku ini dalam konstruksi bangunan. Sebagai contoh, besi siku di sekitar lingkungan sering digunakan untuk membuat gerbang, rangka etalase, konstruksi menara, jendela, dan masih banyak lagi.

Di daerah perkotaan, pengaplikasian besi siku bisa Anda temui pada rangka papan bilboard, konstruksi jembatan, tangga, dan lain sebagainya. Nah, berikut macam-macam kegunaan besi siku.

  • Rak besi

Besi siku sangat sering digunakan untuk membuat rak besi dan sejenisnya karena memiliki struktur yang kuat. Jenis besi yang umumnya digunakan dalam pembuatan rak adalah besi siku lubang yang berlapis galvanis. Besi ini diklaim mempunyai daya tahan yang kuat, bahkan mampu menahan beban hingga 250kg.

  • Penopang rak gantung

Selain pada rak besi, besi siku juga dapat difungsikan untuk memasang rak gantung agar tempat pajangan dekorasi rumah Anda tampak semakin cantik.

  • Struktur menara tangki air

Penggunaan besi siku juga banyak dijumpai pada struktur menara tangki air karena sifatnya yang kokoh dan mampu berdiri stabil meski tak diletakkan di tanah.

  • Kerangka pintu

Besi siku juga kerap digunakan untuk membuat rangka pintu yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menciptakan nilai estetika. Selain itu, pengaman pintu yang terbuat dari besi siku juga mampu memberikan keamanan ekstra pada hunian Anda.

  • Teralis dan pengaman jendela

Besi siku ternyata juga dapat difungsikan sebagai material pembuatan teralis pada bagian sisi-sisinya. Besi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan rangka pengaman jendela.

  • Pembuatan pagar hunian

Besi siku sering digunakan sebagai material pembuatan pagar rumah karena memiliki ketahanan yang kuat. Terlebih besi siku dengan lapisan galvanis yang anti korosi dan tahan lama.

  • Konstruksi tangga

Besi siku akan sangat dibutuhkan dalam membuat anak-anak tangga karena memiliki kekuatan prima untuk menopang berat badan penghuni yang naik turun tangga.

Baca Juga : Harga Besi Hollow Berdasarkan Jenis & Ukuran Terbaru

Apa Saja Keunggulan Besi Siku?

Keunggulan Besi Siku

Besi siku mempunyai banyak keunggulan sehingga cocok dijadikan material konstruksi bangunan, berikut ini keunggulannya.

  • Serbaguna

Dengan lapisannya yang kuat, besi siku dapat digunakan pada berbagai macam proyek konstruksi arsitektural, baik eksterior maupun interior. Besi ini sangat fleksibel digunakan sebagai elemen pembuatan rangka atap, menara, rangka pintu, meja, kursi, dan sebagainya.

  • Dimensi ukuran bervariatif

Produk besi siku juga memiliki ukuran ketebalan yang bervariatif sehingga Anda bisa memilih sesuai rancangan bangunan Anda.

  • Ringan, kuat, dan kokoh

Meskipun besi siku memiliki beban yang lebih ringan dibandingkan besi lainnya, namun besi ini sangat kuat dan kokoh mampu menopang beban berat.

  • Mudah dirawat

Besi siku yang terbuat dari material besi plat ini tak memerlukan melakukan perawatan khusus sebab diolah dengan lapisan antikarat.

  • Mudah dibentuk

Jenis besi siku ini dalam pengerjaannya relatif mudah dibentuk. Untuk menghasilkan ukuran sesuai kebutuhan, pemotongannya pun juga cukup mudah hanya membutuhkan alat pemotong besi. Besi ini juga mudah ditekuk menggunakan alat pencatok atau lainnya.

  • Antikarat dan Antibinatang

Jenis besi siku yang umumnya dijual di pasaran dibuat dengan dilapisi galvanis untuk mencegah terjadinya korosi yang dapat menimbulkan karat. Besi ini juga tak mudah rusak karena tak mungkin lapuk dimakan rayap atau hewan pengerat lainnya.

Jenis Besi Siku dan Ukurannya

Besi yang tergolong cukup kokoh ini memiliki model dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran besi siku yang diproduksi sesuai SNI memiliki panjang 6 meter per batangnya. Sedangkan, untuk ukuran lebar penampang dan ketebalannya sangat bervariasi.

Besi siku mempunyai ukuran penampang mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Untuk ketebalannya berkisar antara 1.4 – 3.4 mm. Misalnya besi siku dengan penampang 40×40 mm memiliki ketebalan mulai dari 2.2 mm, 2.4mm, 3.2 mm, dan 3.8 mm.

Selain memiliki ukuran yang bervariasi, besi ini juga memiliki model yang beragam sehingga tentu memudahkan pekerja konstruksi menyesuaikan kebutuhan pengerjaan proyeknya. Inilah jenis-jenis besi siku beserta fungsinya.

  • Besi Siku Sama Sisi

Besi Siku Sama Sisi

Besi siku jenis ini memiliki panjang sama sisi. Contohnya, besi siku berukuran 30×30mm dengan lebar 3mm, ukuran 100×100mm dengan lebar 10mm, ukuran 250×250mm dengan lebar 25mm, dan lain sebagainya. Adapun panjang per batangnya yang sesuai SNI adalah 6cm.

  • Besi Siku Tidak Sama Sisi

Besi Siku Tidak Sama Sisi

Karakteristik dari besi siku jenis ini adalah panjang semua sisinya tak ada yang sama. Salah satu sisinya pasti ada yang lebih pendek dibandingkan sisi yang lain. Contohnya, besi siku berukuran 100×75mm dengan lebar 6mm, ukuran 150×90mm dengan lebar 12mm, dan masih banyak lagi.

  • Besi Siku Berlubang

Besi Siku Berlubang

Sesuai dengan namanya, besi ini memiliki lubang-lubang di setiap sisinya yang berfungsi sebagai tempat melekatkan baut, sehingga ketika dipasang dapat dihubungkan dengan bahan lainnya. Besi ini sering digunakan dalam pembuatan rak buku atau rak minimarket. Contoh ukuran besi ini yaitu 36×36mm dengan lebar 1mm atau 36×36 dengan lebar 2 mm.

Tabel Daftar Harga Besi Siku Terbaru 2021

Harga besi siku per batang di setiap bulannya memang bisa berubah-ubah dan cenderung mengalami kenaikan. Seperti yang dijelaskan di atas, besi siku terdiri dari 3 variasi jenis yaitu besi siku berlubang, sama sisi, dan tidak sama sisi.

Setiap jenis besi tersebut harganya pun pasti tak sama. Nah, untuk mempermudah Anda mengetahui harga besi siku terbaru, berikut kisaran harganya yang beredar di pasaran:

Harga Besi Siku Terbaru
Ukuran Besi SikuPanjang BesiHarga
2.2×2.2×1.5mm6 meterRp32.500
2.5×2.5×2mm6 meterRp44.000
2.5×2.5×1.8mm6 meterRp57.000
3×3×3mm6 meterRp54.000
4×4×2.8mm6 meterRp80.000
4×4×3.2mm6 meterRp95.000
4×4(berlubang)×2mm6 meterRp68.000
4×4(full)×3.8mm6 meterRp102.000
5×5×3.8mm6 meterRp122.000
6×6×5.6mm6 meterRp255.000
6×6(full)×6mm6 meterRp355.000
7×7×5.6mm6 meterRp320.000
7×7×6mm6 meterRp416.000
100×100×2.8mm6 meterRp526.500
100×100×9.6mm6 meterRp975.000

Demikian ulasan lengkap mengenai ukuran besi siku beserta daftar harga terbarunya. Besi siku memang menjadi salah satu pilihan yang paling tepat dalam dunia konstruksi.

Selain harganya yang terbilang cukup murah, besi ini juga memiliki kualitas yang unggul. Anda bisa dengan mudah menemukan besi ini di pasaran, mulai harga puluhan ribu hingga ratusan rupiah. Semoga bermanfaat!

Anda Sedang Mencari Ini :
    review jurnal |
Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini