Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per Ekor Terbaru 2022

Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per Ekor  – Ikan banyak sekali jenis dan juga nama-namanya, nah salah satu ikan yang biasanya di jadikan lauk yaitu ikan gabus. Bagi orang yang belum pernah melihat atau memakan ikan gabus ini pasti sangat asing ketika mendengarnya. Hal ini di karenakan ikan gabus ini masih kalah populer dengan beberpa ikan lain seperti lele, mujair, atau gurami. namun untuk masalah rasa dan tekstur daging ikan gabus ini jika di masak rasanya tidak kalah lezat dan juga memiliki protein yang sangat tinggi. Namun sayangnya untuk harga ikan gabus di pasaran ini cukup mahal.

Harga Ikan Gabus Per Kg dan Per Ekor

Sedikit informasi yang langsung di rangkum dari Wikipedia, ikan gabus ini merupakan ikan jenis predator yang berada di air tawar. Ikan gabus ini pada setiap daerah di Indonesia memiliki berbagai macam nama seperti bocek di Riau, aruan, haruan (Melayu), kocolan (Betawi), bogo (Sunda), bayong, licingan (Banyumas), kutuk (Jawa), kabos (Minahasa), dan banyak lagi. Tidak hanya itu dalam baha inggris pun ikan ini memiliki banyak sebutan seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Sedangkan untuk nama ilmiahnya adalah Channa striata.

Untuk menemukan ikan gabus ini cukup mudah karena biasa di jumpai di dasar perairan dangkal. Di daerah kalimantan Ikan gabus ini sering terlihat di rawa-rawa yang terdapat di pedalaman. Tidak hanya di kalimantan saja, namun du daerah lain seperti Sumatera dan Jawa pun banyak terdapat ikan gabus. Dulunya ikan ini hanya bisa di jumpai di garis Wallacea, yang meliputi daerah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Namun, seiring waktu, ikan gabus mulai memasuki Indonesia bagian timur.

Ciri-Ciri Ikan Gabus

Perbedaan ikan gabus ini dengan beberapa ikaln lainnya yaitu ikan ini mampu hidup dalam air yang karakteristik kadar asam nya pada pH 7 Hingga 8 dengan kedalaman satu hingga 2 mater. Ikan gabus ini juga masih anggota dengan marga Channa yang mampu hidup pada suhu air sekitar 23 hingga 27 derajat celcius. Bahkan uniknya ikan ini juga mampu hidup dengan tingkat oksigen terlarut dengan CO2 yang Tinggi.

Ciri-Ciri Ikan Gabus

Sedangkan untuk perbedaan ikan gabus jantan dan juga betina cukup mudah sekali di bedakan. Misalnya saja pada ikan gabus jantan dari bentuk kepala cenderung lebih oval dan untuk betina bentuk kepala nya lebih bulat. Dari warna nya untuk betina biasanya akan lebih terang dan untuk jantan warnanya lebih gelap. Untuk membedakan jenis kelamin ikan gabus dari segi warna ini memang harus memerlukan pencahayaan yang lebih terang.

Ikan gabus ini memang tidaklah populer seperti beberapa ikan lainnya yang biasanya di hidangkan di restoran-restoran sepeti gurame, salmon dan banyak lagi. Namun yang perlu di ketahui ternayata ikan gabus ini memiliki kadungan gizi yang sangat tinggi. Hal ini di buktikan dengan adanya kandungan protein mencapai 25,5 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0 persen, ikan mas 16,0 persen, ikan kakap 20,0 persen, ataupun ikan sarden sebesar 21,1 persen.

Tidak hanya itu saja, ikan ini juga memiliki kandungan albumin yang sangat kaya, yang dimana kandungan ini merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi oleh tubuh. Zat ini sangat penting karena berperan untuk membantu mempertahan kan tekanan osmotik koloid darah (75 hingga 80 persen tekanan osmotik plasma), sebagai protein transport dari beberapa macam substansi, seperti metal, bilirubin, enzim, hormon, dan obat-obatan.

Harga Ikan Gabus Terbaru

Kuantitas Ikan GabusHarga
Ikan gabus per ekorRp25.000 – Rp40.000
Ikan gabus fillet 1 kgRp100.000
Ikan gabus per kgRp80.000 – Rp150.000
Ikan gabus 2 kgRp285.000

Untuk harga ikan gabus diatas di dapatkan dari beberapa sumber terpercaya seperti media online liputan6 dan banyak lagi. Harga ikan gabus diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Namun perubahan harga ini tidak terlalu melonjak tinggi. Misalnya saja tahun 2020, harga ikan gabus tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan. Misalnya harga ikan gabus per ekor yang berkisar antara Rp15 ribu sampai Rp32.500 tahun 2020, sedikit naik bisa mencapai Rp35 ribu untuk satu ekor tahun 2021, berubah menjadi Rp25 ribu hingga Rp40 ribu tahun 2022.

Namun untuk harga kiloan turun dari Rp170 ribu tahun 2020 menjadi Rp70 ribu hingga Rp125 ribu tahun 2021, berubah menjadi Rp80 ribu hingga Rp150 ribu tahun 2022. Demikian pula untuk ikan gabus 2 kg yang turun dari Rp300 ribu di tahun 2020 menjadi Rp250 ribu saja di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp285 ribu di tahun 2022. Adapun untuk 1 kg ikan gabus bisa memuat beberapa ekor, mulai dari 1 ekor, 2-4 ekor, hingga 4-10 ekor, tergantung ukuran masing-masing ikan.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gabus

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Gabus

Sebagai ikan yang sangat jarang di konsumsi oleh kebanyakan orang dan juga tidak se favorit beberapa ikan lainnya. Ternyata ikan gabus ini memiliki banyak sekali manfaat saat mengkonsumsinya sebagai berikut.

Membantu pertumbuhan dan pembentukan otot

Seperti yang sudah di ketahui dan di bahas di awal tadi, Ikan gabus ini memiliki proteinn yang sangat tinggi jika di bandungkan beberapa ikan air tawar lainnya. Sehingga dengan mengkonsumsi 100g Ikan gabus ini, anda kan memperoleh sekitar 16,2 gram protein. Sehingga ini sangat membantu sekali dalam proses pertumbuhan dan juga pembentukkan otot pada tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi

Selain kaya akan protein, ikan gabus ini juga memiliki kandungan zat albumin yang juga tinggi. Zat ini sendirimerupakan salah satu protein dengan segudang manfaat, ddan salah satunya yaitu membantu proses penyembuhan luka termasuk juga luka pasca operasi atau persalinan caesar.

Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Selain untuk membantu proses penyembuhan luka, albumin yang terkandung dalam ikan gabus ini juga berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Adapun efek jika tubuh anda kekurangan cairan, protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga protein ini tidak berfungsi secara maksimal.

Tidak hanya itu saja, llbumin ini juga sangat perperan penting dalam menjaga cairan darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya. Adapun juga efek jika kekurangan albumin ini bisa berupa penumpukkan cairan antara selaput dinding perut dan ordan dalam.

Dalam kondisi normalm 60% plasma darah terdiri dai kandungan albumin. Sehingga salah satu manfaat mengkunsumsi ikan gabus ini adalah untuk meningkatkan dan menjga kadar albumin dalam tubuh.

Memperbaiki gangguan gizi buruk

Banyak sekali manfaat kandungan albumin yang ada pada ikan gabus selian menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Tenyata albumin ini juga bisa memperbaiki kondisi giri buruk yang bisa di alami oleh bayi, balita, anak-anak, bahkan ibu hamil. Biasanya gizi buruk ini terjadi karena kekurangan albumin dalam tubuh sehingga nutrisi kurang bisa di edarkan ke seluruh tubuh.

Sehingga salah satu efek jika tubuh kekurangan albumin ini bisa terjadi malnutrisi satau gangguan gizi. Tentunya dengan memakan ikan gabus ini secara rutin akan bisa memperbaiki gizi yang sering terjadi pada anak-anak. Setidaknya mengkomsumsi 100g ikan gabus saja sudah bisa mencukupi gizi untuk seharian penuh.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Selain banyak akan protein dan juga kandungan albumin, ikan gabus ini memilik tekstur dagung yang lembut dan empuk. Sehingga ini tentu akan bisa membuat lambung sangat nyaman dan tidak perlu menghwatirkan pencernaan. Tidak hanya teksturnya saja yang empuk, namun ikan gabus ini juga memiliki kandungan protein kolagen yang rendah yang bisa menjaga sistem pencernaan. Ikan gabus hanya memiliki sekitar 3 hingga 5 persen dari total kandungan protein kolagen.

Dengan berbagai manfaat yang ada pada ikan gabus yang sudah di jabarkan di atas. Sehingga sangat rugi jika anda tidak mulai mengkonsumsi ikan gabus ini. terlebih sangat mudah sekali mendapatkan ikan gabus ini, karena disjual bebas di pasaran. Namun jiga di banding dengan beberapa ikan tawar lainnya, harga ikan gabus per kg ekornya terbilang cukup mahal.

Demikian informasi yang berkaitan dengan harga ikan gabus per kg ekor terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info harga ikan gabus diatas bisa menjadi referensi anda saat ingin membeli ikan di pasaran agar bisa mendapatkan harga yang di inginkan agar bisa lebih hemat. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke hargacampur.com agar bisa mendapatkan info promo dan harga terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: