Jumat, Februari 2, 2024

Harga Ikan Shisamo Per Kilogram Terbaru Februari 2024

Harga Ikan Shisamo Per Kilogram Terkini – Ikan Shisamo, juga dikenal sebagai ikan capelin, tengah menjadi perbincangan yang hangat di dunia kuliner. Dengan rasa yang lezat dan kandungan nutrisi yang melimpah, ikan ini telah memikat hati banyak pecinta makanan di berbagai belahan dunia. Namun, di balik kelezatannya, harga ikan Shisamo juga menjadi salah satu aspek yang menarik perhatian.Harga Ikan Shisamo Per Kilogram Terbaru Juli 2023

Ikan Shisamo biasanya hidup di perairan dingin seperti Samudra Atlantik Utara dan Pasifik Utara. Rasanya yang gurih, teksturnya yang lembut, dan kandungan nutrisi yang tinggi membuatnya menjadi pilihan yang populer di restoran-restoran Jepang. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memasak dan menikmati hidangan ikan Shisamo, penting untuk mengetahui tentang harga per kilogramnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengupas lebih lanjut tentang harga ikan Shisamo per kilogram terbaru. Kami akan membagikan informasi yang relevan mengenai kisaran harga yang dapat Anda temukan di pasaran. Selain itu, kami akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi harga ikan Shisamo serta tips untuk memilih ikan yang berkualitas baik.

Tentang Ikan Shisamo

Tentang Ikan Shisamo

Ikan Shisamo yang sekilas mirip ikan teri ini sebenarnya biasa ditemukan di beberapa restoran Jepang. Merrujuk pada berbagai situs jual beli online, ikan Shisamo rupanya jenis ikan yang harganya cukup mahal. Ikan ini banyak dijual secara online dengan harga yang berbeda-beda tergantung beratnya. Di e-commerce, kisaran harganya dapat mencapai Rp70.000 /500gr.

Melansir Thespurceeats, ikan Shisamo termasuk dalam keluarga Osmeridae yang hidup di Samudra Atlantik pada lautan dalam, terutama di Kanada. Nama latin dari ikan shisamo adalah Spirinchus lanceolatus. Biasanya, ikan ini hidup bergerombol dan bermigrasi mengikuti arus air laut. Ikan ini merupakan sumber makanan bagi predator yang lebih besar, seperti ikan kod, burung laut, anjing laut, dan juga paus. Anda dapat membedakan ikan shisamo Jantan dan betina dari bentuk tubuhnya. Ikan Shisamo jantan memiliki tubuh yang lebih ramping. Disisi lain, ikan shisamo betina memiliki bentuk tubuh lebih gemuk dikarenakan perutnya yang dipenuhi dengan telur. Telur inilah yang membuat ikan Capelin memiliki rasa yang sangat gurih dan disukai banyak orang dengan duri yang hanya ada di bagian tengah.

Bukan hanya rasa yang nikmat, ikan Shisamo juga memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi, bahkan lebih besar dari ikan salmon. Per-100 gram ikan mengandung 1,0 gram asam lemak omega 3, maka ikan capelin memiliki kandungan 1,2 gram omega 3. Mengutip dari Healthline, ibu hamil pun diperbolehkan mengonsumsi ikan Shisamo atau smelt. Dalam daftar ‘Nasihat tentang Makan Ikan’ dari Food & Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, ikan shisamo memiliki banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

Kandungan Gizi Ikan Shisamo

Kandungan Gizi Ikan Shisamo

Dalam 28 gram telur ikan Shisamo mengandung:

Kandungan GiziJumlah
Kalori40
Lemak2 gram
Protein6 gram
Karbohidrat<1 gram
Vitamin C7% dari Nilai Harian (DV)
Vitamin E10% dari DV
Riboflavin (B2)12% dari DV
Vitamin B1247% dari DV
Folat (B9)6% dari DV
Fosfor11% dari DV
Selenium16% dari DV

Tabel ini memberikan gambaran ringkas tentang kandungan gizi yang terdapat dalam ikan Shisamo. Dalam setiap porsi, ikan ini mengandung kalori yang relatif rendah, lemak sehat, protein yang baik, serta berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin E, riboflavin (B2), vitamin B12, folat (B9), fosfor, dan selenium. Selain itu, ikan Shisamo juga mengandung protein berkualitas tinggi, kaya akan selenium dan vitamin B12, tinggi lemak omega-3, serta rendah kandungan merkuri.

Harap dicatat bahwa persentase Nilai Harian (DV) yang tercantum mengacu pada persentase kebutuhan nutrisi harian berdasarkan diet 2000 kalori. Persentase ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan individu Anda.

Harga Ikan Shisamo Per Kilogram Update Terkini

Harga Ikan Shisamo Per Kilogram Terbaru

Harga ikan Shisamo dapat berbeda-beda tergantung pada sumber dan juga lokasi pembelian. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga ikan Shisamo antara lain ketersediaan pasokan, permintaan, serta musim tertentu. Saat pasokan ikan Shisamo sedang melimpah, harga cenderung lebih stabil. Namun, saat pasokan terbatas, harga ikan ini dapat naik secara signifikan.

VarianHarga Tahun 2023
Ikan Shisamo 130 grRp46.500
Ikan Shisamo 150 grRp69.500
Ikan Shisamo 200 grRp53.000 – Rp80.000
Ikan Shisamo Frozen 170 grRp45.000 – Rp90.000
Ikan Shisamo 350 grRp50.000 – Rp120.000

Harga diatas kami rangkum dari berbagai e-commerce, seperti tokopedia, Shopee, dan Blibli. Harga ikan dapat berfluktuasi tergantung pada beberapa faktor, jadi pastikan untuk memeriksa harga terbaru sebelum melakukan pembelian. Meskipun harga ikan Shisamo tergolong mahal, ada alasan mengapa ikan ini diminati oleh banyak orang.

Cek Harga Ikan Shisamo Terkini

Manfaat Ikan Shisamo

Manfaat Ikan Shisamo

Ikan Shisamo atau ikan capelin tidak hanya populer sebagai hidangan lezat, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi ikan Shisamo:

Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Ikan Shisamo mengandung protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Protein adalah komponen penting dalam pembentukan otot, enzim, hormon, dan jaringan lainnya. Konsumsi ikan Shisamo dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kaya akan Nutrisi

Ikan Shisamo mengandung berbagai nutrisi penting seperti selenium, vitamin B12, vitamin D, fosfor, dan vitamin E. Selenium adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang sehat. Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D dan vitamin E memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan Shisamo dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan kondisi terkait. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, menjaga keseimbangan kolesterol, dan mengurangi risiko pembekuan darah yang berlebihan. Dengan mengonsumsi ikan Shisamo secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Sumber Nutrisi untuk Ibu Hamil

Ikan Shisamo juga bermanfaat bagi ibu hamil. Telur ikan Shisamo, yang juga dikenal sebagai masago, merupakan sumber nutrisi yang baik. Telur ikan Shisamo mengandung vitamin B12, vitamin C, vitamin E, folat (vitamin B9), dan selenium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan janin yang sehat dan dapat mendukung kesehatan ibu hamil selama masa kehamilan.

Tips Membeli Ikan Shisamo

Tips Membeli Ikan Shisamo

Jika Anda tertarik untuk memasak dan menikmati hidangan dengan ikan Shisamo, ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan saat membeli ikan ini. Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk memilih dan membeli ikan Shisamo dengan kualitas terbaik:

Mencari Penjual Terpercaya

Saat membeli ikan Shisamo, penting untuk mencari penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Anda dapat membeli ikan Shisamo di toko bahan makanan Jepang, pasar ikan, atau supermarket yang menyediakan produk laut segar. Pastikan untuk memilih penjual yang menjaga kebersihan dan keamanan produk ikan mereka.

Perhatikan Kualitas dan Kondisi Ikan

Ketika memilih ikan Shisamo, perhatikan kualitas dan kondisinya. Pilih ikan yang segar dengan mata yang jernih dan cairan lendir yang bening. Periksa juga kulitnya yang harus bersih, dan tidak memiliki bau yang tidak sedap. Pastikan juga ikan Shisamo memiliki duri yang utuh, tidak rusak, dan tidak ada tanda-tanda pembusukan. Ikan shisamo yang segar tidak berbau, dagingnya tidak lembek dan berair.

Pertimbangkan Ukuran dan Berat

Ikan Shisamo biasanya dijual dalam berbagai ukuran. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga perlu memperhatikan berat ikan Shisamo yang akan Anda beli. Periksa informasi berat yang tertera pada kemasan atau tanyakan kepada penjual untuk memastikan jumlah yang Anda butuhkan.

Penyimpanan

Pastikan ikan Shisamo yang Anda beli dikemas dengan baik dan disimpan dalam suhu yang tepat. Jika Anda membeli ikan Shisamo yang beku, pastikan tidak ada tanda-tanda pembekuan ulang atau kerusakan pada kemasan. Selama transportasi, pastikan ikan Shisamo tetap dalam kondisi yang dingin untuk menjaga kesegarannya.

Menyimpan dan Mengolah dengan Benar

Setelah membeli ikan Shisamo, penting untuk menyimpannya dengan benar. Jika ikan Shisamo segar, sebaiknya dikonsumsi dalam waktu yang relatif singkat. Jika Anda tidak dapat mengonsumsinya segera, simpan di dalam kulkas pada suhu yang dingin. Jika Anda membeli ikan Shisamo yang sudah dimasak atau diasinkan, ikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan.

Dengan menggunakan tips-tips ini, Anda dapat membeli ikan Shisamo dengan lebih percaya diri dan menikmati hidangan yang lezat dan sehat di rumah. Tetaplah memperhatikan kualitas dan kesegaran ikan Shisamo yang Anda beli untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang terbaik.

Cara Mengolah Ikan Shisamo

Berikut merupakan beberapa cara mengolah ikan Shisamo yang kami kutip dari  Youtube Dapur Jatirasa:

Resep Ikan Shisamo Goreng Tepung

Resep Ikan Shisamo Goreng Tepung

Bahan Utama:

Ikan Shisamo

Tepung bumbu serbaguna

Garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Bumbui ikan secara menyeluruh dengan garam dan lada
  • Siapkan adonan tepung kering, kemudian lumuri ikan dengan tepung bumbu.
  • Goreng sebentar ikan shisamo hingga warnanya kecokelatan dan matang sepenuhnya

Resep Ikan Shisamo Panggang

Resep Ikan Shisamo Panggang Asin

Bahan Utama:

Ikan Shisamo

Kecap asin

Cara Membuat:

  • Keringkan ikan dengan tissue dapur atau lap bersih
  • Setelah itu panaskan wajan anti lengket/alat penggorengan dan beri sedikit minyak.
  • Saat setengah matang, olesi ikan dengan kecap asin. Lakukan di kedua sisi ikan hingga bumbu meresap.
  • Panggang ikan dengan api sedang hingga kedua sisinya matang

Dalam kesimpulan, ikan Shisamo adalah pilihan yang menarik untuk dinikmati dalam hidangan. Rasanya yang gurih, kandungan nutrisi yang tinggi, dan manfaat kesehatannya membuatnya menjadi ikan yang populer. Namun, penting untuk membeli ikan Shisamo dari sumber yang terpercaya dan memperhatikan kualitas serta cara pengolahan yang tepat. Dengan mengetahui informasi ini, Anda dapat menikmati hidangan ikan Shisamo yang lezat dan memberikan manfaat kesehatan. Jelajahi berbagai resep dan cara pengolahan untuk menciptakan hidangan yang kreatif dan memuaskan dengan ikan Shisamo sebagai bahan utamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×