Minggu, Maret 3, 2024

Harga Jamur Enoki Di Pasaran Terbaru Maret 2024

Harga Jamur Enoki Di Pasaran Terkini – Jamur enoki, juga dikenal sebagai Flammulina velutipes, merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi. Jamur ini memiliki berbagai sebutan nama di berbagai negara. Di Jepang, jamur enoki disebut enokitake, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan golden needle mushroom karena bentuknya yang panjang dan ramping seperti jarum dengan tudung kecil di bagian atas. Jamur enoki banyak tumbuh dan ditemukan di negara-negara Asia Timur, seperti Cina, Jepang, Korea, dan Vietnam. Di Indonesia, budidaya jamur enoki telah menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena makanan ini mulai populer dikonsumsi, terutama pada makanan berkuah. Banyak yang menjual jamur ini dalam kemasan 100 gram, 1 kilogram, bahkan 1 dus.

Meski dapat dimakan, anda tidak bisa sembarangan mengolah Jamur Enoki. Jamur enoki rentan terkontaminasi oleh bakteri Listeria monocytogenes. Listeria monocytogenes adalah patogen bawaan makanan yang paling ganas. Bakteri ini dapat menginfeksi dinding usus dan masuk ke dalam aliran darah. Bakteri ini biasanya ditemukan di tanah, tanaman, dan air. Listeria mampu bertahan hidup pada suhu dingin dan dapat tumbuh dan menyebar ke permukaan makanan lainnya. Beberapa waktu lalu, ada beberapa merek Jamur Enoki yang ditarik dari peredaran, salah satunya jamur enoki dari Green Co Ltd asal Korea Selatan karena terindikasi mengandung bakteri Listeria.

Infeksi Listeria monocytogenes dapat menyebabkan penyakit yang disebut listeriosis. Penyakit ini berbahaya terutama bagi ibu hamil dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti lansia atau mereka dengan penyakit yang menyebabkan imunitas terganggu. Gejala listeriosis meliputi demam, menggigil, diare, mual, dan nyeri otot. Pada ibu hamil, infeksi Listeria dapat menyebabkan persalinan prematur, keguguran, atau bahkan kematian janin setelah melahirkan.

Meski begitu, anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi Jamur Enoki. Pada kesempatan ini, kami akan membahas harga Jamur Enoki di pasaran, lengkap dengan cara penyimpanan, cara mengolah, dan juga beragam manfaat yang ada pada Jamur Enoki. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru untuk anda.

Harga Jamur Enoki Di Pasaran Terkini

Harga Jamur Enoki Di Pasaran Terbaru

Jamur enoki memiliki popularitas yang terus meningkat di pasaran, terutama di kalangan pecinta masakan Korea dan penggemar kuliner yang mencari variasi dalam hidangan mereka. Dalam poin ini, kita akan membahas harga jamur enoki di pasaran terbaru 2023, termasuk berbagai ukuran kemasan yang tersedia.

Varian Jamur EnokiHarga
Jamur Enoki RRC 100 grRp5.950
Jamur Enoki Super Fruta 100 grRp6.500
Jamur Enoki 100 grRp8.393
Jamur Enoki 300 grRp26.000
Jamur Enoki 1 kgRp95.000
Jamur Enoki 1 dus 6 kgRp250.000
Jamur Enoki 1 Karton Isi 20 Pack @300grRp390.000

Anda dapat menemukan jamur enoki di berbagai tempat, seperti pasar tradisional, pusat perbelanjaan, atau melalui pembelian online. Masing-masing tempat pembelian mungkin memiliki kebijakan harga yang berbeda, jadi pastikan untuk membandingkan harga sebelum memutuskan tempat pembelian. Penting untuk diingat bahwa harga jamur enoki yang disebutkan di atas hanya sebagai referensi dan dapat berubah seiring waktu. Disarankan untuk memeriksa harga terkini di tempat-tempat pembelian yang Anda tuju. Dengan mengetahui kisaran harga jamur enoki di pasaran, Anda dapat membuat estimasi anggaran dan memilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Cara Membersihkan Jamur Enoki

Untuk menghindari bahaya kontaminasi bakteri Listeria, penting untuk mengetahui cara membersihkan jamur enoki sebelum dikonsumsi. Berikut adalah penjelasan mengenai cara yang tepat:

  1. Cuci Jamur dengan saksama. Sebelum memasak jamur enoki, pastikan untuk mencucinya secara menyeluruh. Gunakan air mengalir yang bersih untuk mencuci jamur. Juga, gunakan wadah bersih saat mencucinya. Anda juga dapat menggunakan air panas untuk mencuci jamur enoki. Air panas membantu menghilangkan bakteri Listeria yang ada pada jamur.
  2. Masak hingga matang sempurna. Pastikan untuk memasak jamur enoki hingga matang sebelum dikonsumsi. Rebus jamur enoki dalam air yang bersih hingga mendidih. Jangan makan jamur enoki mentah.
  3. Jangan Simpan Terlalu Lama. Jangan menyimpan jamur enoki terlalu lama, karena hal ini dapat memungkinkan bakteri Listeria berkembang dengan mudah. Tanda jamur enoki sudah tidak layak konsumsi adalah jika terlihat layu, berubah warna, atau berair. Jika jamur menunjukkan tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera buang jamur.
  4. Jika Anda membeli jamur enoki beku, pastikan untuk mengonsumsinya sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.
  5. Pastikan Kulkas Bersih Ketika menyimpan jamur enoki. Kebersihan kulkas sangat penting, tidak hanya saat menyimpan jamur enoki, tetapi juga saat menyimpan makanan lainnya.
  6. Pertahankan Suhu yang Tepat. Selain menjaga kebersihan saat mencuci jamur enoki, perhatikan juga suhu saat menyimpan jamur. Idealnya, suhu di dalam lemari pendingin harus berada di sekitar 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Sedangkan suhu freezer sebaiknya diatur pada -18 derajat Celsius.
  7. Cuci Tangan dan Peralatan Masak. Cuci tangan dengan cermat saat mengolah makanan, termasuk jamur enoki. Cucilah tangan sebelum dan setelah memasak dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Selain itu, selalu bersihkan peralatan masak seperti pisau, piring, dan talenan setelah digunakan.

Manfaat Jamur Enoki Bagi Tubuh

Selain tampilannya yang menarik dalam hidangan dan rasanya yang lezat, jamur enoki juga digemari karena kaya akan manfaat kesehatan. Jamur ini mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain karbohidrat sebagai sumber energi, serat pangan yang baik untuk pencernaan, protein yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Negara-negara produsen jamur enoki, seperti Taiwan, bahkan melakukan penelitian untuk mengembangkan jamur ini sebagai bahan tambahan suplemen nutrisi. Ekstrak jamur enoki juga telah diteliti dan diuji pada sel kanker payudara, menunjukkan potensi sebagai agen antikanker. Selain itu, ekstrak jamur enoki juga memiliki aktivitas antibakteri.

Disamping kandungan nutrisinya yang kaya, jamur enoki juga mengandung senyawa bioaktif, seperti senyawa fenolik, flavonoid, polisakarida, dan mikosterol, yang memiliki efek positif terhadap kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari senyawa bioaktif dalam jamur enoki antara lain melawan radikal bebas sebagai antioksidan alami, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki efek antiinflamasi, menjaga kesehatan hati, mencegah pertumbuhan tumor dan kanker, mencegah penyakit jantung, meningkatkan pembekuan darah, mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan daya ingat.

Cara Mengolah Jamur Enoki dalam Masakan

Jamur enoki adalah bahan makanan serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai masakan. Karena teksturnya yang lembut dan rasa yang lezat, jamur enoki sering digunakan dalam masakan Asia, terutama masakan Korea dan Jepang. Berikut ini adalah beberapa cara mengolah jamur enoki dalam masakan yang dapat Anda coba di rumah.

Tumis Jamur Enoki

Tumis Jamur Enoki

Tumis jamur enoki adalah cara yang sederhana dan cepat untuk mengolah jamur enoki. Cukup panaskan sedikit minyak dalam wajan, tambahkan bawang putih cincang atau bumbu favorit Anda, kemudian tumis jamur enoki selama beberapa menit hingga matang. Tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera. Anda dapat menambahkan sayuran lain seperti paprika, wortel, atau buncis untuk variasi rasa dan gizi yang lebih seimbang.

Sup Jamur Enoki

Sup Jamur Enoki

Sup jamur enoki adalah pilihan yang lezat dan menyehatkan. Anda dapat membuat sup dengan kaldu sayuran atau kaldu ayam, kemudian tambahkan jamur enoki yang sudah dicuci dan potong-potong. Tambahkan bumbu seperti jahe, bawang putih, garam, dan merica. Rebus sup hingga jamur enoki matang dan kuah terasa lezat. Anda juga bisa menambahkan irisan daging atau udang untuk sup yang lebih kaya protein.

Salad Jamur Enoki

Jamur enoki juga bisa digunakan dalam salad yang segar dan ringan. Cuci jamur enoki dan pisahkan batangnya. Potong batangnya menjadi bagian yang lebih kecil. Campurkan jamur enoki dengan sayuran segar seperti selada, mentimun, dan tomat cherry. Tambahkan dressing favorit Anda, seperti saus salad balsamico atau saus kecap manis. Taburkan biji wijen atau kacang panggang untuk memberikan tekstur dan rasa tambahan.

Mie Goreng Jamur Enoki

Mie Goreng Jamur Enoki

Tambahkan jamur enoki dalam mie goreng favorit Anda untuk memberikan rasa dan tekstur yang menarik. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang bombay, dan sayuran lain sesuai selera. Setelah sayuran matang, tambahkan mie yang sudah direbus dan jamur enoki. Tambahkan saus kedelai, kecap manis, dan sedikit garam dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Sajikan mie goreng jamur enoki hangat dan nikmati.

Panggang Jamur Enoki

Panggang jamur enoki di dalam oven untuk memberikan rasa gurih dan tekstur renyah. Cuci jamur enoki dan pisahkan batangnya. Campurkan jamur enoki dengan minyak zaitun, bawang putih cincang, garam, merica, dan rempah pilihan Anda. Sebarkan jamur enoki di atas loyang dan panggang dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 15-20 menit atau hingga jamur enoki berubah menjadi kecoklatan dan renyah.

Itulah beberapa cara mengolah jamur enoki dalam masakan. Jamur enoki sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan resep dan mencoba variasi yang berbeda untuk menemukan cara favorit Anda dalam mengolah jamur enoki. Selamat mencoba!

Selain menawarkan cita rasa yang lezat, jamur enoki juga memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Harga jamur enoki di pasaran bervariasi bergantung pada berat dan kemasan yang Anda pilih. Di pasaran, jamur enoki tersedia dalam kemasan 100 gr, 300 gr, 1 kg, dan 1 dus (6 kg). Harga dapat berubah sewaktu-waktu, jadi penting untuk memeriksa harga terbaru sebelum membeli. Meski rentan terkontaminasi bakteri, anda tidak perlu khawatir dalam mengonsumsinya selama telah mencuci dan mengolahnya dengan benar. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengolah dan menikmati jamur enoki dalam masakan Anda sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×