Harga Tepung Tapioka di Alfamart & Indomaret Desember 2022

Harga Tepung Tapioka Terbaru – Melihat sekarang ini, banyak sekali olahan makanan yang berbahan dasar tepung terutama tepung Tapioka. Sehingga tidak heran jika kebutuhan tepung tapioka ini juga ikut meningkat dan banyak di cari. Kalian yang sedang mencari atau ingin membeli tepung tapioka ini bisa membelinya di beberapa toko ritail terdekat seperti Alfamart ataupun Indomaret. Harga Tepung Tapioka Terbaru di Alfamart dan Indomaret ini bervariasi dan juga sangat terjangkau.

Harga Tepung Tapioka di Alfamart & Indomaret

Tepung tapioka ini sendiri biasanya juga di sebut dengan tepung kanji yang merupakan pati dari umbi singkong. Pati daru umbi singkong ini kebudian di keringkan dan kemudian di haluskan. Tepung tapioka ini memiliki tekstur yang halus bahkan licin, berbeda dengan tepung sagu yang terbilang kasar. Pada bembuatan makanan yang berbahan tepung tapioka, biasanya tepung ini berfungsi untuk pengental (thickener), bahan pemadat atau pengisi (filler), dan bahan pengikat atau perekat.

Untuk masalah daya awet, tepung tapioka ini bisa disimpan luamayan lama. Daya simpan tepung ini bisa mencapai 1 hingga 2 tahun. Tentunya daya awet tepung ini di karenakan beberapa faktor seperti kadar air produk, pengemasan, dan penyimpanannya. Biasany pada tepung tapioka memiliki kadar air 8%.

Kandungan Gizi Tepung Tapioka

Tepung yang merupakan hasil olahan dari pati umbi singkong ini memiliki beberapa kandungan yang beragam dan kualitas yang berbeda. Kualitas tepung tapioka ini juga di tentukan dari tingkat atau derajat keputihan, tingkat kehalusan, kadar air tersisa, dan ada tidaknya kandungan unsur-unsur berbahaya. Berdasarkan hasil penelitian dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI tahun 1981, Tepung tapioka ini memiliki kandungan sebagai berikut.

  • 0,50 gram protein
  • 362 kal kalori
  • 0,30 gram lemak
  • 86,90 gram karbohidrat
  • 12 gram air

Biasanya tepung tapioka yang sudah rusak akan mengalami perubahan pada tekstur tepungnya. berubahan tekstur tersebut yakni seperti terjadinya penggumpalan, perubahan warna, dan bau. Tidak hanya itu saja, tepung tapioka yang mulai muncul bintik-bintik seperti noda juga patut di curigai. Karena bisa saja itu jamur yang mulai tumbuh di tepung sehingga akan menimbulkan bau apek dan asam.

Harga Tepung Tapioka

Harga Tepung Tapioka di Alfamart

Saat ini banyak sekali merek tepung tapioka yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Salah satu toko ritail yang menjual tepung tapioka ini yaitu Alfamart. Untuk Harga Tepung Tapioka di Alfamart ini sangat murah dan terjangkau. Berikut Harga Tepung Tapioka di Alfamart terbaru yang bisa anda lihat dibawah ini.

Merek Tepung TapiokaHarga (Rp)
Tepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung 500 gr10.700
Tepung Tapioka Rose Brand 500 gram12.000

Harga Tepung Tapioka di Indomaret

Tidak hanya di alfamart, di tempat rivalnya yaitu Indomaret juga menjual tepung tapioka ini dengan harga yang juga bervariasi, namun tetap murah. Untuk Harga Tepung Tapioka di Indomaret ini sangat terjangkau, terlebih saat promo berlangsung. Berikut Harga Tepung Tapioka di Indomaret yang bisa anda lihat dibawah ini.

Merek Tepung TapiokaHarga (Rp)
Gunung Agung,Tepung Tapioka 500 G7.600
Tepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung 500 gr10.200
Tani Nelayan,Tepung Super Tapioka Bogor 500 gram12.000

Untuk Harga Tepung Tapioka di Alfamart dan Indomaret diatas di rangkum dan didapatkan langsung dari alfamart ataupun indomaret terdekat. Harga Tepung Tapioka di Alfamart dan Indomaret diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Harga Tepung Tapioka di kedua toko ritail tersebut dari tahun ke tahun mengalami perubahan yang lumayan, namun selisihnya tidak banyak.

Tepung Tapioka

Tips Menyimpan Tepung Tapioka di Rumah

Kalian yang biasanya membeli tepung tapioka ini, pasti kemasanya ada yang hanya berupa karung goni yang berlubang kecil. Tentunya kemasasan yang tidak kedap udara ini sangat mudah di tembus oleh mucrobah ataupun spora jamur. maka dari itu admin akan membagikan beberapa tips aman menyimpan Tepung tapioka agar tahan lama.

  • Simpan tepung tapioka dalam wadah tertutup. Biasanya saat menggunakan tepung tapioka untuk membuat makanan, ada sisa tepung yang tidak di gunakan. Simpan tepung tersebut di tempat atau wadah yang tertutup rapat.
  • Pisahkan tepung tapioka lama dengan baru. Jika anda memiliki tepung tapioka di wadah yang tertutup rapat, maka pisahkan sisa tepung tapioka yang lama dari yang baru. Cari wadah yang tertutup juga untuk menyimpan tepung tapioka yang lama.
  • Tempelkan label tanggal saat menyimpan tepung tapioka. Anda yang memiliki beberapa wadah tepung tapioka, jangan lua untuk menemkan label tanggal. Hal ini, agar anda saat mau memakainya kembali tercegah dari risiko Anda mengonsumsi tepung yang sudah basi.
  • Simpan tepung tapioka di freezer dan kulkas. Agar lebih awet, simpan tepung yang sisa dari penggunaan untuk membuat makanan di freezer selama sekitar 48 jam. hal ini dilakukan untuk membunuh bakteri dan jamur yang menempel melalui udara. Setelah itu anda bisa menyimpanya di lemari es akan semakin awet.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Tepung Tapioka di Indomaret dan Alfamart terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info Harga Tepung Tapioka diatas bisa berguna dan bisa anda jadikan referensi saat anda ingin membeli tepung tapioka di toko ritail terdekat. Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan hemat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: