Daftar Harga Triplek Semua Jenis Terbaru Oktober 2021

Posted on

Saat ini, bahan/material yang dipakai dalam membangun rumah sangat beragam. Anda dapat memilih material mulai dari harga yang paling murah hingga yang paling mahal. Peralatan atau perabotan rumah tangga yang relatif murah adalah peralatan atau perlengkapan yang terbuat dari triplek.

Daftar Harga Triplek Terbaru

Triplek juga dapat menjadi solusi dalam menghemat biaya pembangunan rumah Anda. Untuk Anda yang masih belum mengetahui informasi detail mengenai triplek, berikut di bawah ini informasi lengkapnya:

Pengertian Triplek

Triplek juga biasa disebut dengan plywood. Arti dari triplek adalah sebuah pala pabrikan yang dibuat dari beberapa lapisan kayu (veneer) yang direkatkan secara bersama-sama agar menjadi sebuah papan. Bahan ini menjadi diminati karena sifatnya yang cenderung fleksibel sehingga sangat mudah untuk dibentuk dengan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Dalam proses pembuatannya, triplek dibuat dari kumpulan lembaran kayu tipis atau veneer dan direkatkan dengan menggunakan lem dengan arah set atau urat kayu yang diatur agar tercipta hasil yang kuat. Pada umumnya, seratnya dibuat dengan saling bersilangan 90 derajat dan ditumpuk dalam jumlah ganjil agar tidak terjadi pembengkokan yang dapat membuat papan menjadi tidak bisa dipakai.

Jenis-jenis Triplek Beserta Karakteristik dan Penggunaannya

Triplek memiliki beberapa jenis dan tingkat kualitas yang berbeda-beda. Setiap jenis juga memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Berikut di bawah ini beberapa jenis triplek beserta karakteristiknya:

1. Particle block atau low density fiberboard

Partikel Board

Jenis triplek ini terbuat dari serpihan kayu yang dijadikan papan. Bahan tersebut membuat triplek jenis ini sangat rentan terhadap air dan kelembaban tinggi. Jenis ini cocok digunakan untuk membuat kotak set speaker.

2. Medium Density Fiberboard (MDF)

Triplek MDF

Jenis triplek ini terbuat dari serat kayu lunak yang dicampur dengan kayu keras dan direkatkan menggunakan lem dengan mesin bertekanan tinggi. Apabila dibandingkan dengan particle blcok, jenis ini lebih tahan air. Jenis ini banyak dimanfaatkan sebagai material furnitur pelengkap seperti meja kopi, kabinet, hingga meja untuk booth pemeran

3. Multipleks

Multiplek

Jenis triplek ini terbuat dari kulit kayu berlapis-lapis yang memiliki karakteristik pori-pori cukup kecil sehingga tergolong tahan air. Bahan triplek jenis ini dapat tahan lama dan awet apabila Anda rawat dengan baik.

4. Decorative plywood (Melaminto)

Melamin

Jenis triplek ini dilapisi melanin dan poliester sehingga dapat menghasilkan permukaan yang licin, mulus dan rapi. Jenis ini juga banyak digunakan untuk furnitur yang memperlihatkan Keestetikan desain dan warna seperti kitchen set, konstruksi booth, tempat pisau dan lain-lain.

5. Blockboard

Triplek

Jenis tripek ini memiliki tiga lapisan kayu berbeda yang memiliki serat berbeda-beda dan dipres menjadi satu. Lapisan luar jenis ini selalu lebih tipis apabila dibandingkan lapisan tengahnya. Lapisan luarnya menggunakan kayu meranti dan lapisan dalamnya menggunakan kayu akasia yang secara umum lebih kuat dan padat. Biasanya jenis ini digunakan untuk material interior dan eksterior.

6. Teakblock

Teakblock

Jenis triplek ini adalah jenis triplek paling unggul dibandingkan yang lainnya. Jenis ini terbuat dari lapisan kayu jati yang merupakan kayu terkuat dan antirayap. Teakblock dapat digunakan untuk lantai bkatu karena ketahanannya terhadap kondisi.

7. Plywood WPC atau Wood Plastic Composite

Plywood Triplek

Jenis triplek ini memiliki keunggulan dalam daya tahan terhadap benturan. Daya tahannya terhadap air juga baik serta dalam proses finishingnya cenderung mudah. Kegunaan triplek jenis ini adalah sebagai material di area kamar mandi.

Ukuran-ukuran dari Papan Triplek

Ukuran Triplek

Triplek di Indonesia memiliki ukuran standar 2400 mm x 1120 mm. Ukuran tersebut didasarkan pada hitungan setiap lembaran yang ada dan telah menjadi standar sejak lama. Sedangkan, untuk ketebalannya, papan triplek memiliki ketebalan yang bervariasi mulai dari 3-32 mm. Anda dapat menyesuaikan ukuran triplek sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan tentukan ukurannya dulu sebelum memesan tripleknya.

Baca Juga : Harga Wiremesh Per Lembar & Roll Terbaru

Harga Triplek Semua Jenis Terbaru

Harga triplek memang sangat variatif sehingga dapat disesuaikan dengan jenis dan ukuran yang Anda butuhkan. Semakin tebal dan besar ukuran tripleknya, maka semakin mahal pula harganya. Berikut di bawah ini rekomendasi 20 daftar harga triplek semua jenis terbaru antara lain:

Daftar Harga Triplek
JenisUkuranHarga
Albasia3-18 mmRp52.000-Rp167.500
Plam3-15 mmRp41.000-Rp165.000
Sengon3-18 mmRp39.000-Rp130.000
Meranti3-18 mmRp43.000-Rp225.000
MDF9-18 mmRp100.000-Rp180.000
Polyester15-18 mmRp300.000-Rp360.000
Teakwood4×8Rp75.000
Teakwood3×7Rp62.000
Teakwood silver4×8Rp92.000
Blockboard9-18 mmRp75.000-Rp125.000
Blockboard15-25 mmRp140.000-Rp190.000
Partikel board9-18 mmRp75.000-Rp125.000
Tunas3-12 mmRp39.000-Rp130.000
Mil kilap KCRp72.000
Mil dop KCRp76.000
Mil kilap lumba-lumbaRp62.000
Mil dop (hitam)Rp80.000
Mil MDFRp60.500
Mil kilap biruRp80.000
Mil kilap abu-abuRp80.500

Kelebihan Triplek

Kelebihan Triplex

Triplek adalah salah satu bahan peralatan yang relatif murah dengan memiliki bobot yang ringan serta banyak tersedia di toko bangunan. Tidak hanya itu, triplek juga memiliki karakteristik yang mudah dipasang/dibentuk, di daur ulang, serta diganti. Triplek dibuat dengan metode ukuran yang sangat tepat dan seragam sehingga memiliki permukaan yang halus. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya juga bahwa triplek tersedia dalam berbagai macam ketebalan dan ukuran sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pengaplikasian peralatan di rumah.

Kekurangan Triplek

Kekurangan triplek antara lain jika ditempatkan di luar ruangan, triplek mudah lapuk. Panas matahari, hujan dan terpaan udara akan merusak struktur produk sehingga produk pun akan rusak dan tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Triplek memakan waktu yang lumayan lama dalam finishing karena membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi agar terpasang dengan baik. Saat triplek tersebut sudah terlihat bergelombang, tingkat presisi ketebalannya kurang bagus sehingga membuatnya kurang kokoh dan rentan terhadap berat.

Dilihat dari segi ukuran, triplek memiliki ukuran yang lumayan tipis sehingga proses pengangkutan dari toko material ke rumah harus dilakukan dengan telaten agar triplek tidak patah.

Cara Memilih Triplek yang Benar Berkualitas Bagus

cara memilih Triplek

Sebelum Anda membeli triplek, Anda harus memilih triplek dengan cermat dan hati-hati. Banyak sekali komponen yang harus Anda perhatikan, mulai dari permukaan, ketebalan, sampai dengan struktur kayu. Beberapa cara memilih triplek yang benar dan bagus yaitu terlebih dahulu Anda harus memeriksa dan menentukan grading triplek sesuai kebutuhan Anda.

Grading triplek berhubungan dengan kelas dan kualitas kayu lapis yang dapat Anda lihat dari bahan baku kayu serta jenis lem yang dipakai. Selanjutnya periksa kelurusan triplek, hal tersebut dapat Anda lakukan dengan memberdirikan triplek secara vertikal dan lihat garis lurusnya. Anda harus tahu bahwa triplek yang melengkung akan susah dibentuk dan dipasang sehingga nantinya tampilan triplek juga akan merusak keindahan.

Bagian face dan back triplek juga perlu Anda perhatikan. Untuk bagian face biasanya lebih halus dan sedikit mengkilap dibandingkan dengan bagian back. Kemudian, periksa setiap pinggiran triplek. Pastikan lapisan-lapisan terlem degan sempurna, jangan sampai memilih triplek yang memiliki rongga-rongga di pinggirannya karena triplek tersebut mudah bobrok saat dipakai untuk menopang beban. Untuk saran, usahakan membeli triplek secara langsung ke toko bangunan!

Cara Merawat Triplek Agar Awet dan Tahan Lama

cara Merawat Triplek

Beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk merawat triplek agar awet dan tahan lama antara lain tempatkan triplek di tempat yang ideal yaitu tidak terlalu panas dan juga dingin. Tempat triplek juga harus kering, dan tidak lembap ataupun basah. Hindari serta jauhkan triplek dari air karena kayu triplek akan cepat lapuk, rusak dan tidak lama. Apabila memang terpaksa peralatan dari triplek harus diletakkan di panas atau dekat dengan air, Anda dapat melakukan cara yaitu melapisi triplek dengan obat pelapis.

Cara ini dikatakan dapat meningkatkan ketahanan dan kekuatan triplek. Adanya kandungan bresswax dan linseed oil dalam obat pelapis mampu melindungi furniture berbahan triplek dari cuaca panas dan air.

Setelah mengetahui pembahasan di atas, kini Anda dapat memutuskan akan membeli triplek seperti apa yang Anda perlukan untuk projek Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini