Harga Papan Cor Per Lembar Semua Ukuran Terbaru 2022

  • Share

Harga Papan Cor Per Lembar – Bangunan hingga jalan yang biasanya digunakan tidak lepas dari material-material bangunan seperti batu-bata, pasir, dan lain sebagainya. Seperti yang diketahui, untuk memperoleh pondasi bangunan yang kuat membutuhkan proses pembangunan dengan perencanaan yang matang.

Nah, dalam proses pembangunan ini biasanya terdapat aktivitas pengecoran dengan material yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, material yang banyak digunakan sendiri biasanya adalah papan cor yang terbuat dari kayu. Sedangkan jenis kayu sebagai papan cor ini beragam dengan keunggulan masing-masing jenis kayu.

Apa Itu Papan Cor?

Papan Cor

Konstruksi sebuah bangunan yang bagus, bukan hanya terletak pada cara membangun yang benar namun juga terletak pada material yang digunakan. Jika material atau bahan yang digunakan bagus, tentunya akan menciptakan bangunan yang kokoh.

Pada proses membangun ini tidak terlepas dari aktivitas pengecoran rumah dengan menggunakan lantai plastik, besi, hingga papan kayu. Papan kayu atau disebut dengan papan cor ini memiliki fungsi untuk menghindari adonan cor yang akan dituangkan tidak berceceran kemana-mana.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan papan cor? Papan cor merupakan material bangunan yang terbuat dari kayu berbentuk lembaran dengan panjang dan ukuran yang bervariasi. Penggunaan kayu sebagai papan cor ini dinilai lebih bagus.

Baca Juga : Harga Keramik Kamar Mandi Terbaru

Jenis Kayu yang Sering Digunakan untuk Papan Cor

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentunya Anda akan menjadi lebih penasaran dengan jenis kayu yang digunakan untuk papan cor? Nah, agar tidak bingung berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kayu yang umumnya digunakan untuk bahan papan cor.

  • Kayu Sengon

Kayu Sengon

Jenis kayu pertama yang banyak digunakan untuk papan cor adalah kayu sengon. Di Indonesia kayu ini sangat mudah dijumpai. Untuk jenisnya sendiri ada sengon laut dan Albizia chinensis. Sedangkan, pohon sengon sendiri memiliki manfaat untuk reboisasi. Adapun kelebihan kayu sengon yang banyak diminati masyarakat ini adalah karena kayu sengon yang mudah ditemukan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, kayu sengon juga memiliki tekstur kayu yang mudah digergaji dan cepat kering, sehingga dapat lebih cepat digunakan untuk bahan material bangunan atau furniture.

  • Kayu Randu

Kayu Randu

Selanjutnya, jenis kayu untuk papan cor umumnya juga menggunakan bahan kayu randu. Yang mana, kayu jenis ini memiliki harga yang cukup murah dan banyak ditemukan di berbagai toko bangunan. Meski tidak memiliki ketahanan yang bagus, namun kayu randu banyak digunakan untuk pengecoran.

Seperti yang diketahui untuk proses pengecoran sendiri sebenarnya tidak terlalu membutuhkan jenis kayu dengan kualitas yang bagus dan biasanya papan kayu hanya digunakan dalam sekali pakai. Untuk itu, jenis kayu ini menjadi pilihan banyak orang sebagai papan cor.

  • Rimba Campur

Kayu Rimba Campuran

Terakhir, terdapat jenis kayu rimba campur. Jenis kayu ini juga banyak dijual sebagai bahan untuk papan cor yang dijual per lembar dengan diameter kayu rimba campur yang beragam. Selain itu, harga yang ditawarkan kayu ini oleh penjual kepada pembeli biasanya sesuai dengan ukuran yang tersedia.

Ukuran Papan Cor

Ukuran Papan Cor

Ukuran papan cor yang di jual di toko-toko bangunan ini terdiri dari berbagai macam. Mulai dari ukuran 2 m, 2.5 m, 3 m, sampai 4 m. Sedangkan untuk ketebalannya, mulai dari 1 x 20 cm, 1,5 x 20 cm hingga 2 x 20 cm. Nah, sebelum beli pastikan Anda sudah memutuskan ukuran papan cor mana yang akan Anda pilih dan gunakan.

Harga Papan Cor Per Lembar

Harga Papan Cor Terbaru

Sebelum beli papan cor baiknya Anda perlu mencari referensi harga yang dapat mempermudah Anda untuk mempersiapkan budget. Nah, berikut ini merupakan referensi harga papan cor per lembar terbaru seperti di bawah ini.

  • Ketebalan Papan Cor 1×20

Jenis Papan CorHarga
Ketebalan kayu 1×20 per lembar (2 m)Rp13.000
Ketebalan 1×20 per paket 2 m (5 lembar)Rp65.000
Ketebalan kayu 1×20 per lembar (2.6 m)Rp16.000
Ketebalan 1×20 per lembar (3 m)Rp18.000
  • Ketebalan Papan Cor 2×20

Jenis Papan CorHarga
Ketebalan papan cor 2×20 per lembar (2 m)Rp19.000
Ketebalan 2×20 per paket (3 m) (5 lembar)Rp125.000
Jenis ukuran 2×20 per lembar (3 m)Rp25.000
Papan Cor kayu 2×20Rp250.000
Papan Cor kayu 2×20 untuk proyekRp1.650.000
  • Ketebalan Papan Cor 40x20x2

Jenis Papan CorHarga
Papan cor/papan kayu Meranti 2x20x40Rp57.000
Jenis ukuran 4x20x2 per paket (5 lembar)Rp45.000
Ketebalan 40x20x2 per paket (5 lembar)Rp45.000

Alasan Menggunakan Papan Cor

Penggunaan papan cor ini tidak terlepas dengan kebutuhan bangunan terhadap proses pengecoran, agar pondasi maupun lantai rumah bagus, kuat, dan tahan lama. Adapun alasan mengapa Anda perlu menggunakan papan cor berupa kayu ini karena lebih praktis.

Selain itu, penggunaan papan cor berupa kayu lebih mudah dijumpai. Hasil pengecoran juga dinilai akan lebih bagus dan lebih rapi. Yang mana, Anda dapat menggunakan papan cor pada sisi kiri atau kanan bagian yang di cor sehingga adonan cor tidak merembet kemana-mana.

Alasan lain Anda harus menggunakan papan cor adalah hasil cor yang jauh lebih rapat dan tidak berongga. Anda juga dapat menggunakan papan cor sebagai bahan penutup semua bagian yang di cor. Dengan demikian, penggunaan papan cor memiliki banyak kelebihan.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai papan cor yang dapat menjadi material pengecoran bangunan agar lebih cepat, tahan lama, dan rapi. Untuk beli papan cor ini baiknya Anda bisa membeli secara langsung di toko terdekat atau dapat Anda beli pula di toko-toko online di Indonesia. Semoga membantu!

  • Share
error: