Kamis, April 11, 2024

Harga Set Top Box (STB) Semua Merk Terbaru April 2024

Harga Set Top Box (STB) Semua Merk Terbaru – Set Top Box (STB) merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengonversi sinyal televisi digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan pada televisi analog biasa. Dengan adanya STB, pengguna tidak perlu mengganti TV mereka dengan model digital baru untuk dapat menikmati siaran dengan kualitas digital. STB telah menjadi solusi populer bagi banyak orang yang ingin mengalami pengalaman menonton televisi digital tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli TV baru.

Harga Set Top Box (STB) Semua Merk

Fungsi utama dari STB adalah untuk menerima dan mendekode sinyal televisi digital, sehingga pengguna dapat menikmati berbagai saluran digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dan jernih. Selain itu, STB juga memungkinkan televisi menjadi perantara menuju internet, sehingga pengguna dapat mengakses beragam konten digital dan layanan internet melalui TV mereka. Dengan kemajuan teknologi TV digital, STB semakin diminati karena memberikan pengalaman menonton yang lebih bervariasi dan interaktif.

Pemerintah di berbagai negara, termasuk Indonesia, telah memutuskan untuk beralih ke penyiaran televisi digital sebagai bagian dari perkembangan teknologi yang global. Standar DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial) dipilih sebagai standar penyiaran televisi digital di Indonesia, karena dipandang mampu memberikan efisiensi bandwidth dengan teknologi multiplexing.

Dengan adanya pengumuman standar DVB-T, banyak produsen besar yang merilis TV digital untuk memenuhi permintaan pasar. Namun, bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, STB menjadi alternatif yang lebih terjangkau dan praktis untuk menikmati TV digital di televisi analog yang sudah dimiliki.

Populeritas TV di Era Digital

Televisi (TV) telah menjadi salah satu media yang paling populer di era digital, meskipun berbagai platform media internet sudah banyak berkembang. Menurut data dan statistik dari berbagai sumber, minat masyarakat terhadap TV sebagai media informasi dan hiburan masih tetap tinggi di Indonesia. Meskipun internet telah menawarkan berbagai konten digital, TV masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat.

Data survei dari AC Nielsen menunjukkan bahwa antara 61 hingga 91 persen masyarakat di Indonesia masih menyukai menonton televisi. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa hampir 8 dari 10 orang dewasa di kota-kota besar menonton televisi setiap hari, dan 4 dari 10 orang masih mendengarkan radio. TV telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, sehingga aktivitas menontonnya tampaknya menjadi hal yang sulit untuk ditinggalkan.

Perkembangan teknologi televisi juga telah mengalami evolusi pesat. Pada dekade 2000-an, sebagian besar perangkat TV yang dijual adalah panel datar, terutama LED. Teknologi TV lain seperti CRT, DLP, dan plasma juga perlahan menghilang. Kemudian, pada pertengahan 2010-an, pabrikan besar mengumumkan penghentian TV CRT dan lainnya, untuk kemudian diganti dengan TV LED yang lebih efisien dan berkualitas. Dalam beberapa tahun terakhir, TV pintar (Smart TV) yang dilengkapi dengan fungsi internet dan integrasi web 2.0 menjadi bentuk dominan televisi.

Perkembangan TV Digital dan Keputusan Pemerintah

Perkembangan TV Digital dan Keputusan Pemerintah

Perkembangan teknologi di era digital membawa dampak besar pada industri penyiaran TV. Televisi analog yang pernah menjadi dominan mulai ditinggalkan, digantikan oleh TV digital yang menawarkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik. Seiring dengan itu, pemerintah juga turut berperan dalam menentukan arah perkembangan teknologi penyiaran di negara mereka.

Pemerintah di Indonesia pun tak luput dari perubahan ini. Pada tanggal 21 Maret 2007, Kementerian Komunikasi dan Informatika menetapkan standar DVB-T (Digital Video Broadcasting-Terrestrial) sebagai standar penyiaran televisi digital terestrial tidak bergerak di Indonesia. Keputusan ini diambil karena sistem DVB-T dinilai paling menguntungkan dan mampu memberikan efisiensi bandwidth dengan teknologi multiplexing. Pemerintah mengambil langkah ini untuk memperbarui infrastruktur penyiaran di Indonesia dan mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi era digital.

Keputusan pemerintah untuk mengadopsi teknologi penyiaran digital sebagai pengganti televisi analog bukan tanpa alasan. Dalam perkembangan teknologi global, penyiaran digital telah menjadi tren yang tidak bisa dihindari. Dengan penerapan TV digital, diharapkan Indonesia dapat terus berada di jalur yang sesuai dengan perkembangan teknologi global. Sistem televisi digital juga diklaim dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk pengiriman gambar beresolusi tinggi dengan format HDTV (high-definition television), yang akan meningkatkan pengalaman menonton masyarakat Indonesia.

Jenis-Jenis STB dan Merk Terkenal

Set Top Box (STB) hadir dalam berbagai jenis dan merk yang berbeda, memberikan beragam pilihan bagi pengguna untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Berikut ini adalah beberapa jenis STB yang tersedia di pasaran dan daftar beberapa merk terkenal yang telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di Indonesia.

Jenis STB yang Tersedia di Pasaran

  1. STB DVB-T2: Jenis STB ini mendukung standar TV digital DVB-T2 yang digunakan di Indonesia. STB DVB-T2 mampu menyediakan kualitas gambar yang lebih baik dan dukungan untuk saluran-saluran digital. Pengguna tidak memerlukan parabola khusus dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF.
  2. STB Hybrid: Jenis STB ini memiliki fitur tambahan selain mendukung TV digital, seperti kemampuan untuk mengakses internet atau platform media streaming tertentu. STB hybrid biasanya dilengkapi dengan sistem operasi yang memungkinkan akses ke aplikasi dan konten digital lainnya.
  3. STB Satelit: Jenis STB ini dirancang khusus untuk menerima siaran TV satelit. Pengguna memerlukan antena parabola dan kartu decoder khusus untuk mendapatkan saluran TV dari satelit.

Merk-Merk STB yang Sudah Resmi di Indonesia

  1. Nexmedia: Merk STB ini telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika dan menyediakan berbagai tipe STB yang kompatibel dengan standar DVB-T2.
  2. Polytron: Sebagai salah satu produsen elektronik terkemuka di Indonesia, Polytron juga merilis beberapa varian STB DVB-T2 yang telah disertifikasi oleh pemerintah.
  3. Ichiko: Merk STB ini juga memiliki izin resmi dan menawarkan berbagai pilihan STB dengan fitur-fitur yang berbeda.
  4. Akari: Akari telah mengantongi izin resmi untuk beberapa tipe STB yang kompatibel dengan standar DVB-T2.
  5. Venus: Merk STB Venus juga telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  6. Tanaka: STB Tanaka memiliki izin resmi dan telah dikenal sebagai salah satu merk yang cukup populer di Indonesia.

Selain merk-merk di atas, terdapat juga beberapa merk lain yang telah mendapatkan izin resmi dan menyediakan berbagai pilihan STB dengan harga yang terjangkau. Sebagai konsumen, penting untuk memilih STB yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Jenis-Jenis STB dan Merk Terkenal

Daftar Harga Set Top Box (STB) Terbaru

Bagi mereka yang ingin beralih ke TV digital tanpa harus mengganti televisi analog mereka, Set Top Box (STB) menjadi solusi yang tepat dan terjangkau. STB memungkinkan pengguna untuk menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar yang lebih baik tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli TV baru. Berikut adalah daftar harga STB terbaru per tahun 2024 untuk beberapa merk terkenal yang telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika di Indonesia:

No.Merk STBHarga (Rp)
1LUBY DVB T201158.000
2Xtreamer DZ084190.000
3Pantesat HD-3820195.000
4LGSAT Super HD STB DVB T2199.999
5Pantesat HD-99200.000
6U-002 DVB-T2209.000
7Evinix H-1215.000
8Visat U1225.000
9Matrix Garuda225.000
10Rinrei DRN-511W229.000
11Hanmax DVB-T2229.000
12Matrix Apple DVB-T2232.000
13Ichiko 8000HD250.000
14Tanaka T2250.000
15Freebox H-1250.000
16Nexmedia NA1300250.000
17Polytron PDV 600T2350.000
18Venus Brio350.000
19Akari ADS-2230360.000
20Akari ADS-210400.000
21Akari ADS-168509.000
22Skybox H1650.000
23Golden V8880.000

Catatan: Harga STB di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada tempat pembelian dan penawaran dari masing-masing penjual. Pastikan untuk memverifikasi harga terbaru sebelum melakukan pembelian. Selain itu, periksa juga izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memastikan STB yang Anda beli memenuhi standar TV digital di Indonesia.

Tips Memilih STB yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Memilih STB yang Sesuai dengan Kebutuhan

Set Top Box (STB) menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin mengalami pengalaman menonton TV digital tanpa harus mengganti televisi analog mereka. Namun, dengan beragam jenis dan merk STB yang tersedia di pasaran, memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih STB yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda:

  1. Pertimbangkan Fitur-Fitur Penting di STB: Sebelum membeli STB, pertimbangkan fitur-fitur yang Anda butuhkan. Pastikan STB yang Anda pilih mendukung standar TV digital yang berlaku di negara Anda. Selain itu, perhatikan pula apakah STB dilengkapi dengan fitur tambahan seperti kemampuan akses internet atau platform media streaming tertentu. Fitur-fitur seperti perekaman program (PVR) atau kemampuan timeshift juga bisa menjadi pertimbangan jika Anda ingin menikmati fleksibilitas dalam menonton acara favorit.
  2. Sesuaikan dengan Anggaran dan Kebutuhan Anda: Tentukan anggaran yang Anda siapkan untuk membeli STB dan cari STB yang sesuai dengan anggaran tersebut. Ada berbagai pilihan STB dengan harga yang bervariasi, sehingga Anda bisa menemukan STB yang sesuai dengan budget Anda tanpa mengorbankan kualitas. Selain itu, sesuaikan pilihan STB dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya memerlukan STB sederhana untuk menikmati siaran TV digital, pilihlah model yang lebih basic. Namun, jika Anda ingin lebih banyak fitur dan kemampuan, maka pilihlah STB yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.
  3. Cari Ulasan dan Rekomendasi Pengguna Lain: Sebelum membeli STB, carilah ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain yang telah menggunakan STB yang sama atau serupa. Ulasan dan pengalaman pengguna lain dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing STB. Baca ulasan di situs-situs e-commerce atau forum diskusi tentang elektronik konsumen untuk mendapatkan pandangan dari berbagai pengguna.
  4. Periksa Izin Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika: Pastikan STB yang Anda pilih telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Izin resmi menandakan bahwa STB memenuhi standar TV digital yang berlaku di Indonesia. Dengan memilih STB yang telah disertifikasi, Anda dapat memastikan kualitas dan keamanan produk yang Anda beli.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Anda dapat memilih STB yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. STB yang tepat akan memberikan pengalaman menonton TV digital yang lebih menyenangkan dan memuaskan. Selamat memilih STB yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman menonton TV digital dengan kualitas gambar yang lebih baik dan beragam saluran yang menarik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×