Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan, HTM : Rp 25.000 – Rp 387.500, Jam Buka : 06.30 WIB – 17.00 WIB, Lokasi : Prambanan Temple Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571, Telepon :  +62 274496405/0811 2688 000.

Untuk Mengisi hari libur, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berlibur ke sebuah tempat wisata yang bisa membuat liburan anda semakin seru. Dan mendapatkan moment untuk di kenang yang bisa di ceritakan ke anak atau cucu anda kelak. Salah satu pilihan liburan yang seru yaitu dengan mengunjungi tempat wisata yang ada di Daerah Istimewah Yogyakarta yaitu Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Candi Prambanan ini merupakan salah satu candi sebagai mahakarya kebudayaan Hindu dari Abad ke 10. Yang berada di kecamatan Prambanan Daerah Istimewah Yogyakarta Indonesia. Candi Prambanan ini memiliki Arsitektur yang cantik dan ketinggianya menjulang hingga 47 Meter.

Selain itu Harga Tiket masuk candi prambanan ini juga terbilang murah. Hal ini lah yang membuat banyak wisatwan lokal ataupun asing yang berkunjung ke candi prambanan ini. Untuk melihat keindahan arsitekturnya secara langsung.

Untuk kalian yang penasaran dengan candi Prambanan dan ingin berkunjung kesana, Berikut akan di bagikan Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru yang bisa anda lihat di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Berkunjung ke Candi Prambanan Yogyakarta tentu saja tidak akan membuat kantong berlubang. Hal ini di karenakan harga tiket masuk yang di tawarkan cukup murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu juga, fasilitas yang ada di sini sangat lengkap yang bakal membuat nyaman para pengunjung. Berikut harga tiket masuk candi prambanan yang bisa anda lihat dibawah ini.

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket Masuk Dewasa (10 tahun ke atas) / Anak (Usia 3-10 tahun)Rp50.000 / Rp25.000
Tiket Masuk Dewasa Mancanegara (10 tahun ke atas) / (Usia 3-10 tahun)Rp387.500 / Rp232.500
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur Dewasa / Anak (3-10 tahun)Rp75.000 / Rp35.000
Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko Dewasa / AnakRp85.000 / Rp40.000

Dsiclaimer: harga tiket masuk candi prambanan diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu ayng sesuai dengan kebijakan pihak pengelola tempat wisata Candi Prambanan.

Beberapa ketentuan masuk selama masa uji coba pembukaan:

  • Setiap pengunjung di wajibkan sudah vaksin minimal dosis pertama.
  • Untuk anak-anak yang dibawah umur 12 tahun cukup menunjukkan sudah vaksin pendampingnya.
  • Memiliki aplikasi Peduli Lindungi di handphone.
  • Diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.
  • Para wisatawan maksimal kunjungan hanya di pelataran saja, dilarang naik ke atas selama masa pandemi.
  • Pada hari senin, kunjungan hanya dapat dilakukan di area zona 2.

Jam Operasi Candi Prambanan

Jam operasional atau jam buka candi prambanan dibuka mulai pukul 06.30 sampai 17.00 WIB, dengan membayar harga tiket masuk tersebut para wisatawan sudah tidak dikenakan biaya lagi.

Jam Buka Candi Prambanan
Loket Tiket06.30 – 17.00 WIB
Kunjungan Plataran Candi07.00 – 17.30 WIB

Daya Tarik Candi Prambanan

Daya Tarik Candi Prambanan

Untuk Lokasi Candi Prambanan ini berada di sekitar 17 Km dari Pusat kota Yogyakarta, dan untuk menuju ke lokasi candi Prambanan ini cukup mudah. Karena ada banyak transportasi yang bisa di gunakan untuk menuju ke tempat candi prambanan dai Yogyakarta.

Ketika anda sudah samapai di candi Prambanan ini, anda akan di suguhkan dengan cantiknya pemandangan yang sangat indah. Karena selain arsitektur dari candi prambanan yang cantik, di sekitar candi prambanan juga di kelilingi oleh sebuah taman yang indah. Sehingga para wisatwan bisa nyaman di sana.

Sebelum anda masuk ke tempat wisata Candi Prambanan ini, anda di haruskan untuk membeli Tiket Masuk Candi Prambanan. Untuk bisa ber explor ke seluruh tempat di candi prambanan. Candi Prambanan ini terdapat tiga candi di halaman utama yaitu Candi Wisnu, Brahma dan Siwa. Dari ketiga candi tersebut dilambangakn sebagai trimurti dalam kepercayaan Hindu.

Ketiga candi tersebut mengarah ke arah timur kemudian setiap candi utama memiliki Satu candi pendamping yaitu Nandini, Angsa dan Garuda, ketiga candi pendamping tersebut mengarah ke barat, selain candi utama dan candi pendamping tersebut terdapat juga Dua candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut kemudian dihalaman keduanya terdapat 224 candi.

Dari banyaknya jumlah candi yang ada menjadikan wisata candi prambanan populer baik di Indonesia maupun manca negara. Kegiatan yang di lakuakan para wisatwan saat berkunjung ke tempat Wisata Candi Prambanan ini yaitu Berfoto di sekiran Lokasi Candi Prambanan, Terlebih lagi saat malam hari tiba akan terlihat pemandangan yang sangat indah karena efek lampu yang ada di sekitaran candi.

Aktivitas di Candi Prambanan

Aktivitas Di Candi Prambanan

Sebagai tempat wisata situs bersejarah, di tempat ini para pengunjung juga akan di manjakan dengan berbagai wahana seru dan beberapa aktivitas yang menarik. Mulai dari spot foto instagramable hingga pagelaran seni. Beberapa wahana dan keseruan yang ada di Candi Prambanan ini sebagai berikut.

Air Mancur Menari

Sampai di pintu masuk para wisatawan akan di suguhkan dengan keren nya air pintu menari. Selain itu di lokasi ini biasanya di fungsikan sebagai event gathering. Para Wisatwan juga bisa menunggu andrin sambil berfoto berlatar belakang kan air mancur ini.

Situs Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi ini memiliki area yang sangat luas yaitu sekitar 40 hektar. Para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati keindahan candi ini sambil berjalan kaki. Tidak hanya itu, para pengunjung juga bisa melihat-lihat bangunan candi yang di hiasi relief dari kisah yang epik yaitu antara ramayana dan Khrisnayana. Melalui ini wisatwan bisa belajar mengenai seni sastra nda beberapa kisah fenomenal.

Bagi pengnjung yang tidak mau capek berjalan kaki, bisa juga menyewa mobil golf. Setiap pengnjung yang menyewa akan di kenakan tarif sekitar 20ribu per 15 menit nya.

Museum Rumah Joglo

Menuju bagian utara dari area Candi Prambanan ini terdapat museum rumah joglo. Wisatawan bisa melihat berbagai peninggalan dari situs candi berupa arca, patung, dan batuan purbakala yang ada di dalam museum ini.

Pertunjukan Seni Tari

Pertunjukan Seni Tari

Selain pemandangan, candi prambanan ini juga terdapat pertunjukkan seni yang diadakan setiap bulan purnama. Pentas seni ini bernama Pentas Sendra Tari Ramayana. Pertunjukan seni tari ini di buka pada pukul 20.00 s/d 22.00 WIB. Sendra Tari Ramayana ini sendiri gabungan antara drama tanpa dialog dan tari. Seni tari ini dipentaskan di panggung terbuka berlatarkan tiga candi dewa (trimurti).

Dalam pertunjukka ini di bagi dalam dua kelas, yaitu kelas panggung terbuka dan panggung tertutup. Hal ini juga tergantung cuaca saat pentas seni di gelas. Jika cuaka sedang memunghkinkan, akan digalar di panggung terbuka dengan latar Candi. Pertunjukan ini di adakan pada hari selasa, kamis dan sabtu (setiap bulan purnama tiap bulannya).

Taman Tematik

Ketika berada di kawasan Candi Prambanan jangan sampai tidak ke taman ini. Pada taman tematik ini terdapat keindahan kreasi tanaman krokot yang dibentuk menyerupai kura-kura, bunga pot tumpah, dan banyak lainnya. Lokasi taman ini tidak jauh dari resto prambanan.

Wahana Ayunan Langit De Geyong

Wahana Ayunan Langit Di Geyong

Wisatawan juga bisa mencoba wahana yang ada di Candi Prambanan yang satu ini. Namadari wahana ini yaitu Ayunan de Geyong. Para wisatawan bisa mengabadikan foto berlatar belakang kemegahan candi Prambanan. Untuk bisa merasakan wahana ini, wisatwan akan di kenakan tarif sebesar 20ribu saja. Disini pengunjung dapat menyewa jasa fotografer yang disediakan oleh pihak pengelola.

Wahana Berkuda

Tidak jauh dari komplek Candi Prambanan ini juga terdapat wahana berkuda. Untuk bisa mencoba wahana pekuda ini, wisatawan akan di kenakan tarif sebesar 50ribu untuk berkeliling komplek. Sedangkan untuk belajar naik kuda, wisatawan akan di kenakan tarif sebesar 200ribu per 30 menitnya dan di pandu oleh instruktur yang berpengalaman.

Interkasi Dengan Binatang

Pada komplek candi Prambanan ini juga terdapat beberapa satwa. Para wisatawan bisa melihat langsung binatang itu seperti rusa, kambing, burung hantu, dll. Pengunjung juga bisa berswafoto dengan burung hantu.

Lapangan Garuda Mandala Tama

Lapangan Garuda Mandala Tama

Menuju ke sisi timur area candi Prambanan ini terdapat Lapangan Garuda Mandala Tama. Lapangn ini yang paling sering digunakan untuk acara dinner, wedding, pameran, outbond dan lain-lain. Letaknya yang dekat dengan area parkir menjadi tempat yang tepat.

Lapangan ini sangat cocok untu wisatawan yang datang dengan rombongan nya dan memiliki kegiatan atau keseruan di outdoor

Fasilitas di Candi Prambanan

Candi Prambanan, sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, menawarkan beragam fasilitas yang akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman Anda selama mengunjungi tempat ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Candi Prambanan:

  1. Giant Font Prambanan: Salah satu daya tarik utama di Candi Prambanan adalah Giant Font yang menghadirkan suasana yang magis dan indah. Anda dapat menikmati pertunjukan air mancur yang dikoreografikan dengan lampu dan musik yang memukau.
  2. Penyewaan Sepeda: Untuk menjelajahi area candi yang luas dan indah, Anda dapat menyewa sepeda di sekitar Candi Prambanan. Ini adalah cara yang menyenangkan dan sehat untuk menjelajahi setiap sudut candi dengan lebih leluasa.
  3. Panggung Pentas: Candi Prambanan sering menjadi tuan rumah berbagai pertunjukan seni dan acara budaya. Panggung pentas yang tersedia di sana menjadi tempat bagi pertunjukan tari tradisional, konser musik, pameran kebudayaan, dan acara kenegaraan lainnya.
  4. Taman Bermain: Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, terdapat taman bermain yang menawarkan berbagai permainan dan wahana yang aman dan menyenangkan. Ini akan membuat liburan keluarga di Candi Prambanan semakin seru dan menghibur.
  5. Restoran: Setelah berkeliling Candi Prambanan, Anda dapat bersantap di restoran yang tersedia di area tersebut. Restoran ini menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman, sehingga Anda dapat menikmati santapan lezat sambil menikmati pemandangan sekitar.
  6. Tempat Ibadah: Sebagai candi yang memiliki nilai sejarah dan keagamaan, terdapat juga fasilitas tempat ibadah di Candi Prambanan. Pengunjung yang ingin berdoa atau merenung dapat memanfaatkan fasilitas ini.
  7. Tempat Istirahat: Untuk beristirahat sejenak setelah berjalan-jalan di sekitar candi, tersedia tempat istirahat yang nyaman di area Candi Prambanan. Anda dapat duduk dan menikmati keindahan lingkungan sekitar sambil melepaskan lelah.

Selain itu, terdapat fasilitas lain seperti lapangan yang luas yang sering digunakan untuk pertunjukan seni dan acara-acara spesial. Anda juga dapat membeli souvenir di kios yang tersedia sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda.

Dengan fasilitas yang lengkap ini, Candi Prambanan memberikan pengalaman liburan yang memuaskan dan tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Anda dapat menikmati keajaiban arsitektur kuno, hiburan berkualitas, dan kenyamanan selama menjelajahi situs warisan dunia ini.

Lokasi Candi Prambanan

Candi Prambanan ini beralamat di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Pengunjung yang berada di Jogja bisa menggunakan Google Maps untuk menuju ke sini sebagai petunjuk arah. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi otoritas pengelola kawasan wisata Candi Prambanan di media sosial Instagram atau telpon ke 024 8646 2345.

Tips Liburan Ke Candi Prambanan

Tips Liburan Ke Candi Prambanan

Candi Prambanan di Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang paling terkenal di Indonesia. Agar liburan Anda ke Candi Prambanan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Untuk menghindari keramaian dan menikmati Candi Prambanan dengan lebih tenang, sebaiknya kunjungi pada hari kerja atau di luar musim liburan. Selain itu, upayakan datang lebih awal di pagi hari untuk menghindari panasnya sinar matahari dan menikmati pemandangan dengan lebih nyaman.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Saat mengunjungi Candi Prambanan, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Hindari pakaian terlalu ketat atau terlalu terbuka, serta kenakan alas kaki yang nyaman untuk menjelajahi area candi yang luas.
  3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan: Pastikan Anda membawa perlengkapan penting seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. Juga, sediakan air minum yang cukup agar Anda tetap terhidrasi selama berkeliling Candi Prambanan.
  4. Gunakan Jasa Pemandu Wisata: Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang sejarah dan makna di balik Candi Prambanan, Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata yang tersedia di sana. Mereka akan memberikan penjelasan yang menarik dan memperkaya pengalaman Anda.
  5. Jelajahi Area Sekitar Candi: Selain mengeksplorasi Candi Prambanan itu sendiri, luangkan waktu untuk menjelajahi area sekitar candi. Terdapat museum dan area taman yang menarik untuk dikunjungi, serta spot foto yang bagus untuk mengabadikan momen liburan Anda.
  6. Hormati dan Jaga Kebersihan: Ketika berada di Candi Prambanan, tetaplah menghormati tempat suci ini. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengikuti aturan yang berlaku di area candi.
  7. Nikmati Pertunjukan Ramayana Ballet: Jika Anda memiliki waktu ekstra, jangan lewatkan pertunjukan Ramayana Ballet yang biasanya dilakukan di malam hari di dekat Candi Prambanan. Pertunjukan ini memadukan tari tradisional, musik, dan cerita Ramayana yang menakjubkan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan dapat menikmati liburan yang berkesan di Candi Prambanan. Saksikan keajaiban arsitektur kuno dan hayati setiap detail yang memukau di tempat yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini.

Demikian dengan info Harga Tiket Masuk Candi Prambanan Terbaru kali ini, semoga dengan adanya Daftar harga Tiket masuk Candi prambanan di tas bisa membantu anda dalam liburan seru yang anda harapkan. jangan lupa untuk selalu berkunjung kesini untuk bisa mendapatkan info Harga Tiket terbaru lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×