Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan Bali Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan, HTM : Rp10.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia, Telepon : -.

Bali, pulau surgawi di Indonesia, menyimpan pesona alam yang tiada duanya. Salah satu tempat yang menawarkan keindahan memikat di pulau ini adalah Danau Tamblingan. Terletak di daerah dataran tinggi dengan dikelilingi oleh bukit hijau, Danau Tamblingan menyajikan suasana menenangkan dan spiritual yang menyatu dengan alam.

Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan Bali Terbaru Agustus 2023

Danau Tamblingan adalah satu dari tiga danau kembar yang terbentuk dalam kaldera besar. Danau lainnya yang berdekatan adalah Danau Buyan dan Danau Beratan. Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai Danau Tamblingan, termasuk informasi tentang harga tiket masuk, jam buka, fasilitas, dan daya tarik yang tidak hanya menawan mata tetapi juga menyentuh jiwa. Jika Anda ingin menemukan destinasi wisata alam yang indah dan jarang terjamah oleh keramaian, maka Danau Tamblingan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Mari kita jelajahi keindahan alami dan kultural dari Danau Tamblingan yang dapat menyegarkan pikiran dan jiwa Anda.

Sejarah Danau Tamblingan Bali

Sejarah Danau Tamblingan Bali

Danau Tamblingan, salah satu permata tersembunyi di Bali, memiliki asal usul yang cukup menarik. Dahulu, Danau Tamblingan adalah bagian dari kaldera besar yang terbentuk dari letusan Gunung Lesung bersama dengan Danau Buyan dan Danau Beratan. Dikarenakan peristiwa letusan yang dahsyat, kaldera tersebut terpecah menjadi beberapa bagian, termasuk Danau Tamblingan, Buyan, dan Beratan. Danau Tamblingan dan Danau Buyan berada bersebelahan dan masih memiliki koneksi melalui kanal kecil yang dikenal sebagai Telaga Aya oleh masyarakat lokal. Meskipun menjadi yang terkecil di antara kedua danau lainnya, Danau Tamblingan memiliki luas sekitar 190 hektar dengan kedalaman mencapai 90 meter.

Selain asal-usul Danau Tamblingan secara geologis, ada pula legenda dibaliknya. Danau Tamblingan dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki daya magis yang kuat, di mana airnya diyakini memiliki kekuatan penyembuhan. Dalam bahasa Bali, nama “Tamblingan” berasal dari kata “Tamba” yang berarti obat, dan “Elingan” yang berarti mengingatkan atau menyembuhkan.

Konon, dahulu kala menyebar suatu wabah penyakit yang menimpa empat desa di sekitar danau. Penduduk desa-desa tersebut merasa putus asa mencari obat penyembuh. Namun, seorang pemimpin yang dianggap suci dan sakti dari salah satu pura di dekat danau, mengambil air dari Danau Tamblingan dan memberikannya kepada para penderita. Keajaiban pun terjadi, dan penyakit tersebut perlahan-lahan sembuh. Berita tentang kesembuhan tersebut menyebar dengan cepat, dan air danau mulai dipercaya memiliki kekuatan penyembuhan dan keberuntungan.

Sejak saat itu, air Danau Tamblingan dianggap suci dan diberkati. Masyarakat setempat pun akhirnya menjadikannya sebagai tempat pemujaan dan ritual keagamaan. Setiap tahun, ada upacara adat dan prosesi ke pura-pura di sekitar danau untuk menghormati kekuatan spiritual yang diyakini dimiliki oleh air danau ini.

Terletak di kaki gunung dan berada di ketinggian sekitar 1.217 meter di atas permukaan laut, Danau Tamblingan menawarkan suhu sejuk yang menyegarkan. Kawasan sekitar danau masih dipenuhi dengan hutan yang asri, menciptakan habitat yang ideal bagi berbagai jenis hewan seperti monyet dan burung. Keindahan alam ini semakin menambah pesona dan daya tarik Danau Tamblingan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan dan kedamaian alam.

Harga Tiket Masuk Danau Tamblingan Bali Terbaru

Bagi para wisatawan yang tertarik mengunjungi Danau Tamblingan Bali, berikut adalah informasi terbaru mengenai harga tiket masuk ke Danau Tamblingan:

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Danau TamblinganRp10.000

(Catatan: Harga tiket masuk bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan untuk mengecek harga terbaru sebelum memasuki kawasan danau.)

Jam Buka Danau Tamblingan Bali

Jam Buka Danau Tamblingan
Setiap Hari24 Jam

Lokasi & Rute Danau Tamblingan Bali

Danau Tamblingan terletak di bagian utara Pulau Bali, Indonesia. Untuk mencapai danau ini, berikut adalah beberapa rute dan petunjuk lokasi yang dapat Anda ikuti:

Lokasi: Danau Tamblingan terletak di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia.

Rute Menuju Danau Tamblingan:

  1. Dari Bandara Ngurah Rai: Jarak Danau Tamblingan dari Bandara Ngurah Rai berkisar 81 km dengan waktu tempuh kurang lebih tiga jam.
  • Keluar dari Bandara Ngurah Rai dan ikuti jalan Tol Bali Mandara menuju ke arah Bedugul.
  • Setelah mencapai Bedugul, ikuti tanda-tanda menuju ke Danau Buyan.
  • Danau Tamblingan terletak bersebelahan dengan Danau Buyan. Anda dapat mengakses Danau Tamblingan melalui jalan-jalan di sekitar Danau Buyan.
  1. Dari Kuta/Seminyak area: Jarak Danau Tamblingan dari Bali selatan seperti daerah Kuta sekitar 78 km dengan waktu tempuh 2,5 jam.
  • Arahkan kendaraan Anda menuju arah utara ke Bedugul.
  • Sesampainya di Bedugul, ikuti petunjuk ke Danau Buyan.
  • Dari Danau Buyan, Anda dapat mengakses Danau Tamblingan dengan mudah.
  1. Dari Ubud:
  • Pilih rute menuju Bedugul melalui jalan utama Ubud – Kintamani – Singaraja.
  • Setelah tiba di Bedugul, ikuti tanda-tanda ke Danau Buyan.
  • Lanjutkan perjalanan ke Danau Tamblingan dari Danau Buyan.
  1. Dari Singaraja: Jarak Danau Tamblingan dari Kota Singaraja kurang lebih 33 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berkendara.
  • Jika Anda berada di Singaraja, arahkan kendaraan Anda ke arah Bedugul.
  • Ikuti rute ke Danau Buyan dan teruskan perjalanan menuju Danau Tamblingan.

Pastikan untuk menggunakan aplikasi peta atau GPS yang dapat membantu Anda mengikuti rute dengan tepat. Jalan-jalan di daerah pegunungan Bali mungkin agak berliku dan berbukit, tetapi pemandangan yang memukau akan menyertai Anda sepanjang perjalanan menuju Danau Tamblingan.

Daya Tarik Danau Tamblingan Bali

Keindahan Alam yang Memukau

Keindahan Alam yang Memukau

Danau Tamblingan menyajikan panorama alam yang begitu memesona. Air danau yang tenang berkilauan, berpadu dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang mengelilingi, menciptakan pemandangan indah yang tiada banding. Suguhan alaminya yang menakjubkan menjadikan danau ini sebagai destinasi yang sempurna bagi para pencinta fotografi, pecinta alam, atau bahkan para pencari ketenangan spiritual. Bagi anda yang sedang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan, destinasi wisata ini wajib untuk dikunjungi.

Pura-Pura Indah yang Sakral

Pura-Pura Indah yang Sakral

Danau Tamblingan tak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tapi juga memiliki nilai kultural dan spiritual yang kuat. Di sekitar danau ini, Anda akan menemukan sebelas pura yang memiliki makna dan kepercayaan tersendiri bagi masyarakat setempat. Pura-pura ini, antara lain Pura Dalem Tamblingan, Pura Endek, Pura Ulun Danu, Pura Sang Hyang Kawuh, dan masih banyak lagi, memberikan nuansa sakral dan religius di kawasan sekitar danau.

Adanya 11 pura ini menjadi elemen yang memberikan nuansa yang lebih sakral dan mendalam. Pura Embang dan Pura Tukang Timbang memiliki keunikan sebagai pura kecil yang terbuat dari batu. Sementara itu, Pura Dalem Tamblingan dianggap sebagai pura tertua di Bali. Sedangkan Pura Gubug menjadi favorit para wisatawan untuk mengabadikan momen. Diduga, pura-pura ini adalah peninggalan dari masyarakat Hindu sebelum abad ke-10 yang pernah bermukim di wilayah ini. Keelokan bangunan pura yang kokoh dan terawat membuat siapa saja yang berada di depannya akan terpukau oleh keindahan arsitektur bersejarah yang masih berdiri dengan megah.

Berlayar dengan Pedahu Tradisional

Berlayar dengan Pedahu Tradisional

Sensasi menarik lainnya di Danau Tamblingan adalah pengalaman berlayar dengan perahu tradisional, yang dikenal sebagai pedahu. Perahu ini terbuat dari kayu dan digerakkan dengan dayung, sehingga tetap menjaga keaslian dan kelestarian lingkungan. Anda dapat menikmati momen damai dengan berlayar di atas danau yang tenang seraya menikmati pemandangan sekitar danau yang memesona.

Pesona Sunrise

Pesona Sunrise

Momen sunrise di Danau Tamblingan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Pagi hari di Danau Tamblingan dihiasi dengan kabut tipis yang memberikan sentuhan magis di sekitar danau. Ketika matahari mulai muncul, cahaya keemasan akan merayap perlahan-lahan, menciptakan momen yang sempurna untuk diabadikan dalam foto.

Jika ingin menikmati pemandangan ini, datanglah saat fajar atau anda juga bisa bermalam di area danau dengan membawa tenda (tentunya dengan izin terlebih dahulu dengan pihak tempat wisata). Area sekitar danau menyediakan cukup tempat untuk mendirikan tenda, tetapi pastikan untuk datang saat air danau sedang surut. Dengan mengatur waktu dan persiapan yang baik, Anda bisa mengambil bagian dalam pengalaman istimewa ini di Danau Tamblingan.

Spot Fotografi Menakjubkan

Spot Fotografi Menakjubkan

Di Danau Tamblingan, Anda akan menemukan sejumlah spot fotografi yang menakjubkan. Salah satunya adalah panorama pura-pura yang megah yang menghiasi sekitar danau, dengan arsitektur yang memukau dan detail yang unik. Pemandangan indah pegunungan dan danau juga menjadi latar yang sempurna untuk mengambil foto yang spektakuler, terutama saat matahari terbit atau terbenam, ketika cahaya lembut menciptakan suasana yang magis. Di samping itu, perahu-perahu tradisional yang berseliweran di danau juga bisa menjadi obyek menarik dengan latar belakang air dan pegunungan.

Fasilitas Danau Tamblingan Bali

Danau Tamblingan Bali telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menjadikan kunjungan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Danau Tamblingan:

  1. Area Parkir: Terdapat area parkir yang luas untuk kendaraan wisatawan. Anda dapat dengan mudah memarkir kendaraan Anda dan menjelajahi keindahan danau dengan nyaman.
  2. Spot Foto Instagenic: Kawasan danau memiliki berbagai spot foto yang menarik dan instagramable. Anda bisa mengabadikan momen indah bersama keluarga atau teman-teman dengan latar belakang alam yang spektakuler.
  3. Camping Ground: Jika Anda ingin merasakan pengalaman berkemah di dekat danau, tersedia area camping ground. Anda bisa membawa tenda dan menghabiskan malam di bawah bintang dengan suasana yang menenangkan. Pastikan untuk izin terlebih dahulu.
  4. Warung Wisata: Beberapa warung makan dan kafe tersebar di sekitar danau. Anda dapat menikmati hidangan lokal dan minuman segar setelah berkeliling dan menikmati pemandangan.
  5. Perahu Wisata: Untuk merasakan pengalaman unik di danau, Anda dapat menyewa perahu tradisional untuk berlayar di permukaan air dan menikmati pemandangan dari tengah danau.
  6. Toilet dan Kamar Mandi: Fasilitas toilet dan kamar mandi tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Anda bisa bersiap dan segar sebelum melanjutkan perjalanan.
  7. Petualangan Trekking Hutan: Bagi pengunjung yang gemar berpetualang, terdapat jalur trekking di sekitar danau yang menawarkan pengalaman mendaki dan menjelajahi hutan yang asri.
  8. Penginapan: Beberapa penginapan dan hotel berada di sekitar danau, memungkinkan Anda untuk tinggal dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan selama lebih dari satu hari.
  9. Pura dan Situs Bersejarah: Di sekitar danau, terdapat berbagai pura dan situs bersejarah yang bisa Anda kunjungi. Ini merupakan bagian dari pengalaman budaya dan spiritual di Danau Tamblingan.

Tips berkunjung ke Danau Tamblingan Bali

Tips berkunjung ke Danau Tamblingan Bali

  • Pilih Waktu yang Tepat: Datanglah di pagi hari menjelang matahari terbit untuk menikmati momen sunrise yang indah dan suasana tenang di sekitar danau.
  • Kenakan Pakaian yang Nyaman dan Hangat: Cuaca di daerah dataran tinggi bisa lebih dingin, terutama di pagi atau sore hari. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang sesuai dan membawa jaket atau mantel ringan jika diperlukan.
  • Pertimbangkan Paket Perjalanan: Agar lebih praktis, pertimbangkan memesan paket perjalanan atau tur dari agen wisata terpercaya. Paket ini mungkin termasuk tiket masuk, aktivitas perahu, atau kunjungan ke pura-pura di sekitar danau.
  • Jaga Kebersihan Lingkungan: Selalu bawa pulang sampah Anda atau gunakan tempat sampah yang telah disediakan. Hormati kelestarian lingkungan dan alam sekitar.
  • Ikuti Etika dan Kebijakan Lokal: Hormati aturan dan petunjuk yang diberikan oleh petugas di sekitar danau. Ingatlah untuk berpakaian sopan saat mengunjungi pura-pura yang dianggap sakral oleh masyarakat setempat.
  • Selalu Perhatikan Keselamatan: Tetap berhati-hati dan patuhi tanda-tanda keselamatan yang ada di sekitar danau, terutama saat berada di perahu atau melakukan aktivitas di air.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat menikmati kunjungan yang menyenangkan dan berkesan di Danau Tamblingan Bali.

Dalam kesimpulan, Danau Tamblingan Bali merupakan destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang memukau dan keunikan budaya yang menarik. Terletak di daerah dataran tinggi dengan dikelilingi bukit hijau, danau ini menyajikan suasana yang tenang, sejuk, dan jauh dari kebisingan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik, termasuk memastikan harga tiket masuk terbaru dan jam operasionalnya. Selain itu, manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti area parkir, camping ground, dan perahu wisata untuk menjadikan liburan di Danau Tamblingan lebih nyaman dan menyenangkan.

Dalam kunjungan Anda ke Danau Tamblingan, selalu jagalah kebersihan dan kesucian air danau, serta hormati budaya dan tradisi setempat. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi para wisatawan yang berencana mengunjungi Danau Tamblingan, salah satu destinasi wisata tersembunyi yang memukau di pulau Bali. Selamat menikmati keindahan alam dan ketenangan yang disajikan oleh Danau Tamblingan Bali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×