Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum Tokyo Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum Tokyo, HTM : ¥ 100 – ¥ 1000, Jam Buka : 10.00 – 18.00 WIB, Lokasi : 1 Chome-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013, Jepang, Telepon : +81 570-055-777.

Di tengah kota Mitaka, Tokyo, ada tempat wisata yang patut dikunjungi para wisatawan, terutama bagi penggemar film-film dari Studio Ghibli. Mungkin anda pernah mendengar atau melihat tokoh-tokoh seperti Chihiro dari “Spirited Away”, cerita menyentuh “The Grave of the Fireflies”, dunia ajaib “My Neighbor Totoro”, dan petualangan seru “Princess Mononoke”.

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum Tokyo Terbaru Agustus 2023

Ghibli Museum adalah bentuk penghormatan yang ditujukan oleh para animator dari Studio Ghibli kepada para penggemar mereka yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Dedikasi ini tercermin dalam setiap detail museum. Salah satu pendiri Studio Ghibli, Hayao Miyazaki, merancang konsep unik Museum Ghibli ini dengan tujuan menciptakan pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi para pengunjung.

Dalam artikel ini, mari kita menggali lebih dalam tentang Museum Ghibli, bukan hanya sebagai tempat liburan biasa, tetapi juga sebagai wujud nyata dari imajinasi para pembuat film. Mari kita telusuri juga harga tiket masuk Ghibli Museum terbaru, serta fasilitas dan lokasi Ghibli Museum. Dengan adanya artikel ini, semoga anda bisa merencanakan kunjungan ke Ghibli Museum dengan lebih baik.

Profil Ghibli Museum

Ghibli Museum resmi idirikan pada tanggal 1 Oktober 2001. Museum ini dirancang oleh Hayao Miyazaki, salah satu pendiri Studio Ghibli dan juga seorang sutradara, produser, dan animator terkenal. Konsep yang diusung dalam desain museum ini adalah untuk menciptakan pengalaman yang unik dan mengasyikkan bagi pengunjung, seolah-olah mereka masuk ke dalam dunia ajaib animasi. Ini terlihat dari bangunan-bangunan unik yang dipenuhi dengan elemen-elemen karakteristik dari film-film Studio Ghibli.

Kompleks Ghibli Museum memiliki misi utama untuk mengajak setiap pengunjungnya untuk menjelajahi dan merasakan inspirasi serta hal-hal baru dalam hidup. Di sekeliling museum, terdapat kebun bunga yang indah, dengan pintu, jendela, dan dinding bangunan yang dicat dengan warna-warna cerah dan bentuk yang unik. Misalnya, area “Space of Wonder” memiliki dinding yang dihiasi dengan lukisan fresco yang menggambarkan pemandangan alam yang memukau.

Saat memasuki hall tengah, sebuah ruangan dengan kubah kaca raksasa, pengunjung akan diajak untuk menjelajahi imajinasi para perancang museum. Ada tangga spiral yang membentuk labirin dan jembatan yang menghubungkan berbagai area di lantai atas. Di ruang “A Gift from Grampa,” pengunjung akan menemukan banyak mainan dan buku, menjadikannya area yang disukai oleh anak-anak.

Profil Ghibli Museum

Di lantai atas, pengunjung dapat melihat replika Cat Bus. Dalam serial “My Neighbor Totoro,” Cat Bus adalah karakter kucing raksasa yang lucu dan ramah. Sayangnya, hanya anak-anak dengan usia maksimal 12 tahun yang diizinkan bermain dengan Cat Bus. Selain Cat Bus, juga terdapat karakter Dust Bunnies. Menariknya, jika Anda naik tangga spiral dari area Cat Bus, Anda akan sampai di atap museum yang telah diubah menjadi taman dengan konsep ramah lingkungan. Di sini, terdapat sebuah robot setinggi 5 meter dari serial “Lupin, Castle in the Sky,” yang dipercaya sebagai salah satu penjaga museum Ghibli.

Selain itu, terdapat toko oleh-oleh bernama “Mamma Auito,” terinspirasi dari film “Porco Rosso.” Di dalam toko ini, pengunjung dapat menemukan berbagai suvenir seperti buku bacaan dan film animasi Jepang. Di atapnya, terdapat taman ajaib di mana tanaman dan objek membaur menjadi satu dengan bangunan museum.

Objek-objek di Ghibli Museum secara berkala diperbarui, mengingat Studio Ghibli terus beroperasi dan menciptakan film-film baru. Hal ini menjadikan setiap kunjungan ke museum sebagai pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung. Disini, Anda akan merasakan harmoni antara alam dan seni, dengan berbagai tanaman, bunga, dan hewan hutan yang menghiasi area sekitar. Terlebih lagi, dinding-dindingnya dihiasi dengan lukisan-lukisan dan jendela-jendela berwarna yang memvisualisasikan karakter-karakter ikonik dari film-film Studio Ghibli.

Lokasi & Jam Buka Ghibli Museum Tokyo

Lokasi & Jam Buka Ghibli Museum Tokyo

Lokasi Ghibli Museum

1 Chome-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tokyo 181-0013, Jepang

Telepon: +81 570-055-777

Jam Buka Ghibli Museum

Ghibli Museum buka dari pukul 10.00 pagi hingga 18.00 sore, dengan dibagi menjadi empat sesi waktu yang berbeda. Pengunjung hanya diizinkan masuk pada sesi waktu yang sesuai dengan tiket yang telah dibeli sebelumnya. Keempat sesi waktu masuk ke Ghibli Museum adalah sebagai berikut:

SesiWaktu
Jam pertama10.00 – 10.30
Jam kedua12.00 – 12.30
Jam ketiga14.00 – 14.30
Jam keempat16.00 – 16.30

Pengunjung tidak diperkenankan masuk di luar sesi waktu yang telah ditentukan. Misalnya, jika Anda memiliki tiket untuk sesi jam 14.00, Anda hanya dapat masuk antara pukul 14.00 hingga 14.30. Anda tidak dapat masuk pada sesi waktu sebelumnya atau sesudahnya, seperti jam 14.40.Namun, saat sudah berada dii dalam museum, Anda dapat menikmati seluruh sudut museum tanpa batas waktu . Pastikan untuk memeriksa jadwal kunjungan Anda agar tidak terjadi ketidaksesuaian.

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum Tokyo Terbaru

Harga Tiket Masuk Ghibli Museum Tokyo Terbaru

UsiaHarga Tiket
Dewasa (19 tahun ke atas)¥ 1000
Remaja (13 – 18 tahun)¥ 700
Anak-anak (7 – 12 tahun)¥ 400
Anak-anak (4 – 6 tahun)¥ 100
Anak-anak di bawah 4 tahunGratis

Harga tiket sudah termasuk pajak. ¥1 = Rp 106,89 (Kurs saat artikel dibuat)

Tiket untuk mengunjungi Museum Ghibli tidak dapat dibeli secara spontan di tempat. Jumlah pengunjung harian dibatasi hanya 200 pengunjung saja per hari. Oleh karena itu, sebelum mengunjungi Museum Ghibli, Anda perlu melakukan riset dan persiapan yang matang.

Cara Pembelian Tiket

Cara Pembelian Tiket

Bagi yang ingin mengunjungi Ghibli Museum , tak perlu khawatir tentang cara membeli tiketnya. Terdapat beberapa metode untuk memperoleh tiket Ghibli museum . Salah satunya adalah dengan membelinya di Lawson, yang memungkinkan pembelian tiket hingga 4 bulan ke depan. Sayangnya, bagi mereka yang berada di luar Jepang, pembelian tiket secara daring hanya dimungkinkan mulai tanggal 10 setiap bulannya untuk kunjungan pada bulan berikutnya.

Misalnya, jika Anda berencana mengunjungi museum pada bulan Februari, maka Anda baru dapat membeli tiketnya pada tanggal 10 Januari. Oleh karena itu, penting untuk segera membeli tiket begitu pintu pembelian online dibuka, karena jika terlambat, Anda mungkin tidak akan mendapatkan tiket masuk untuk mengunjungi museum ini. Pastikan untuk selalu memeriksa tanggal pembelian tiket secara daring dan mengambil langkah tepat waktu agar kunjungan Anda dapat terlaksana. Berikut merupakan panduan pembelian tiket Ghibli Museum secara online.

Buka Situs Pembelian Online Ghibli Museum

Kamu bisa membeli tiket Ghibli Museum secara online melalui layanan Lawson Ticket yang bisa diakses dari seluruh dunia. Kunjungi halaman https://l-tike.com/st1/ghibli-en/ untuk membeli tiket. Pastikan untuk membuka situs ini pada tanggal 10 setiap bulannya, karena tiket hanya tersedia dalam jumlah terbatas.

Pilih Tanggal Kunjungan

Setelah masuk ke halaman pembelian tiket, kamu akan diminta untuk memilih tanggal kunjungan. Biasanya hanya ada satu tanggal yang tersedia. Pilihlah tanggal yang sesuai dengan rencanamu.

Tentukan Jumlah Tiket

Selanjutnya, tentukan berapa banyak tiket yang ingin kamu beli. Pastikan untuk memilih jenis tiket yang sesuai dengan usia dan kategori pengunjung.

Informasi Penting

Saat membeli tiket, pastikan kamu mengisi informasi dengan benar, terutama tanggal dan jam kunjungan yang sudah kamu tentukan. Tiket yang dibeli secara online akan berbentuk elektronik, jadi pastikan untuk mencetak atau menyimpannya sebagai gambar.

Pembayaran dengan Kartu Kredit

Proses pembayaran tiket ini hanya dapat dilakukan dengan kartu kredit. Pastikan anda memiliki kartu kredit yang bisa digunakan untuk membayar tiket.

Informasi Kontak dan Pemimpin Rombongan

Anda juga perlu mengisi informasi kontak dan detail pemimpin rombongan jika akan berkunjung dalam kelompok. Pastikan data yang dimasukkan akurat.

Lanjutkan Pembelian

Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembelian hingga tahap pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, kamu akan menerima email yang berisi informasi login. Jangan sampai lupa isi password My Page Login, karena anda akan membutuhkannya.

Cetak E-Tiket

Setelah pembayaran berhasil, e-tiket akan muncul. Segera cetak e-tiket dalam bentuk PDF dan pastikan membawanya saat mengunjungi Ghibli Museum .

Pada hari kunjungan, pastikan Anda membawa bukti konfirmasi pembelian tiket bersama dengan identitas yang sah. Saat tiba di Ghibli Museum, ikuti petunjuk untuk menuju pintu masuk sesuai dengan jam sesi kunjungan yang Anda pilih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan siap untuk menjelajahi dunia magis Ghibli Museum dan merasakan pesona dari film-film Studio Ghibli secara langsung.

Fasilitas Ghibli Museum

Di Ghibli Museum , terdapat berbagai fasilitas yang akan membuat nyaman para pengunjung. Dibawah ini ni adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati di dalam museum:

Ruang Pameran

Anda akan disambut dengan ruang pameran yang penuh dengan gambar-gambar menarik, sketsa model-model, dan animasi. Di ruangan ini anda dapat melihat proses pembuatan film-film animasi Ghibli.

Teater Mini

Teater Mini 

Di dalam museum, ada teater mini yang menayangkan film-film pendek eksklusif Studio Ghibli. Teater ini bernama The Saturn Theater dengan kapasitas 80 orang saja. Film-film pendek yang ditayangkan merupakan film animasi khusus yang hanya bisa disaksikan pengunjung museum. Langit-langit dan dinding The Saturn Theatre didominasi dengan warna biru dengan dihiasi banyak bunga-bunga.

Jadwal Penayangan Film Pendek The Saturn Theater
TanggalJudulDurasi
August 2 – 31, 2023Mon Mon the Water Spider14 min 54 sec
September 1 – 30, 2023The Day I Bought a Star16 min 3 sec
October 1 – November 5, 2023Treasure Hunting9 min

Toko Suvenir Unik

Toko Suvenir yang ada di Ghibli Museum bernama Mamma Auito. Toko suvenir ini menawarkan berbagai produk terkait Studio Ghibli, seperti merchandise, buku, dan DVD film. Anda bisa membawa pulang kenang-kenangan khas Ghibli.

Kafe

Kafe

Di dalam museum terdapat Straw Hat Cafe yang siap membantu anda melepas rasa lapar dan dahaga. Cafe ini diikelilingi oleh beberapa pohon pinus merah langka. Straw Hat Café memberikan suasana outdoor di mana Anda dapat bersantai dan menikmati suasana alami Taman Inokashira. Ada tempat cuci tangan yang dihiasi dengan ubin berwarna di samping dek Café sehingga Anda dapat mencuci tangan sebelum makan. Beberapa menu yang disajikan Café ini adalah breaded pork cutlets, hot dog, dessert, dan minuman.

Taman yang Menyenangkan

Taman yang Menyenangkan

Di luar museum, ada taman dengan patung-patung karakter Ghibli. Anda bisa berjalan-jalan atau sekadar duduk-duduk santai.

Ruang Baca

Untuk pecinta seni dan animasi, ada ruang baca bernama Tri Hawks dengan koleksi buku dan majalah tentang film animasi dan seni. Ruangan ini diciptakan untuk anak-anak agar dapat melihat, membaca, dan merasakan hal-hal baru melalui buku. Anda dapat menemukan buku-buku rekomendasi Hayao Miyazaki di ruangan ini.

Studio Animasi Interaktif

Di dalam museum, Anda bisa melihat proses pembuatan film animasi dari dekat. Studio animasi kecil ini mengajak Anda untuk merasakan bagaimana film animasi diciptakan.

Transportasi & Rute Menuju Ghibli Museum

Transportasi & Rute Menuju Ghibli Museum

Rekomendasi Transportasi

Untuk mencapai tempat keajaiban bernama Ghibli Museum, ada beberapa jalur yang dapat Anda pilih. Berikut adalah panduan rute transportasi yang akan membawa Anda ke dunia magis Studio Ghibli.

1. Melalui JR Chuo Line

Cara termudah untuk sampai ke Ghibli Museum adalah dengan naik kereta api JR. Stasiun kereta yang paling dekat dengan museum ini adalah Stasiun Mitaka. Dari Stasiun Shinjuku, Anda dapat memilih untuk naik kereta JR Chuo Line menuju Stasiun Mitaka. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 18 menit dengan biaya 220 yen. Setibanya di Stasiun Mitaka, keluarlah melalui pintu sisi selatan dan berjalanlah selama sekitar 15 menit ke arah tenggara. Anda akan mengikuti jalan Kichijoji yang membawa Anda ke Taman Mitaka Inokashira dan akhirnya tiba di Ghibli Museum.

2. Menggunakan Kereta Odakyu dan Bus

Alternatif lain adalah menggunakan kereta Odakyu dari Stasiun Shinjuku menuju Stasiun Keio-Tama-Center. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik bus yang mengarah ke Ghibli Museum Tokyo.

Jika anda memilih untuk naik bus, harga tiketnya adalah sebagai berikut:

¥ 210 untuk orang dewasa sekali jalan
¥ 320 untuk orang dewasa PP (dari Stasiun ke Museum)
¥ 110 untuk anak-anak di bawah 11 tahun sekali jalan
¥ 160 untuk anak-anak di bawah 11 tahun PP (dari stasiun ke museum)

3. Bus Navette Ghibli Museum Tokyo

Ghibli Museum Tokyo menyediakan layanan bus navette yang berangkat dari beberapa stasiun di Tokyo, termasuk Stasiun Shinjuku, Stasiun Mitaka, dan Stasiun Kichijoji. Anda dapat memesan tiket bus navette ini melalui situs resmi Ghibli Museum Tokyo atau melalui toko Lawson.

4. Pilihan Taksi

Bagi yang menginginkan kenyamanan lebih, taksi bisa menjadi pilihan. Anda dapat menggunakan taksi dari Stasiun Mitaka atau Stasiun Kichijoji langsung menuju Ghibli Museum Tokyo. Namun, perlu diingat bahwa biaya taksi mungkin cukup tinggi.

Tips Berkunjung ke Ghibli Museum Tokyo

Tips Berkunjung ke Museum Ghibli Tokyo

Mengunjungi Ghibli Museum adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi para penggemar film animasi Jepang. Agar kunjunganmu semakin menyenangkan, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Pesan Tiket Terlebih Dahulu: Tiket Museum Ghibli bisa sangat cepat habis, jadi pastikan anda memesan tiketmu jauh-jauh hari sebelum rencana kunjungan. Jika ingin memesan secara online, pastikan anda mengikuti tanggal pembelian yang sudah ditentukan.
  • Datang Lebih Awal: Meskipun anda sudah memiliki tiket, datanglah lebih awal sebelum jam buka. Hal ini akan membantu untuk menghindari antrian panjang dan memberi anda waktu lebih banyak untuk menikmati museum.
  • Perhatikan Jam Kunjungan: Tiket Museum Ghibli memiliki jam kunjungan yang sudah ditentukan. Pastikan anda datang tepat waktu agar tidak melewatkan pengalaman yang diinginkan.
  • Jangan mengambil foto: Anda diperbolehkan mengabadikan momen sepuasnya di area luar museum, namun anda dilarang mengambil foto atau merekam saat berada di dalam museum. Alih-alih, nikmati setiap momen unik dan menakjubkan yang ditawarkan oleh museum ini. Banyak hal menarik di balik layar pembuatan film animasi 2D yang bisa anda nikmati.
  • Ikuti Petunjuk: Di dalam museum, terdapat petunjuk dan panduan yang akan membantu anda menjelajahi setiap sudut dengan baik. Pastikan untuk mengikuti petunjuk tersebut agar tidak melewatkan apa pun.
  • Nikmati Setiap Ruangan: Setiap ruangan di Museum Ghibli memiliki tema dan cerita yang berbeda. Jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap ruangan dan menikmati detail-detail yang diberikan.
  • Hindari Membawa Makanan dan Minuman: Di dalam museum, tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman.
  • Jangan Buang Sampah Sembarangan: Museum Ghibli mengedepankan lingkungan yang bersih dan rapi. Pastikan anda membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan selama kunjungan.

Dengan mengikuti tips di atas, kunjungan anda ke Ghibli Museum akan lebih berkesan. Jadi, nikmati setiap momennya, jangan lupa untuk menghargai aturan, dan bawa pulang kenang-kenangan indah dari dunia magis Studio Ghibli.

Mengunjungi Ghibli Museum Tokyo adalah petualangan yang penuh inspirasi dan kegembiraan. Dari rute perjalanan hingga cara pembelian tiket, informasi yang disajikan di artikel ini diharapkan dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang lancar dan berkesan. Saat Anda memasuki pintu museum, Anda akan dibawa ke dalam dunia imajinasi yang menakjubkan dan mendalam, di mana setiap sudut dan detail memiliki cerita yang menanti untuk ditemukan. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan suasana magis Ghibli Museum Tokyo dan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dari salah satu tempat paling kreatif di dunia seni animasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×