Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Terbaru Oktober 2022

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud, HTM : Rp 8.000 – Rp 40.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 16.30 WIB, Lokasi : Ringinrejo, Karangrejo, Garum, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, Telepon : -.

Harga tiket masuk Gunung Kelud membuat banyak pendaki penasaran untuk mencoba berwisata di dalamnya.  Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang masih aktif di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang. Gunung ini memang berbahaya namun terpantau,

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Terbaru

Objek Wisata Gunung Kelud menawarkan pesona yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara dengan keindahannya yang tak lekang oleh waktu. Lalu berapa harga tiket masuknya? Ingin sekali menjelajah dan menikmati keindahan wisata Gunung Kelud di Jawa Timur? Mari lihat keistimewaan objek wisata satu ini.

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud

Gunung Kelud di Provinsi Jawa Timur wajib masuk ke dalam daftar tempat wisata. Gunung satu ini memiliki ketinggian hingga 1.731 mdpl. Gunung ini menjadi salah satu gunung teraktif di Indonesia yang mana sudah lebih dari dua kali mengalami letusan dan dua di antaranya paling besar letusannya.

Pertama, gunung ini meletus tahun 1990 yang mengirimkan lebih dari 50 juta meter kubik material vulkanik ke wilayah sekitarnya. Kedua adalah tahun 2014 di mana hujan abu menyelimuti sebagian besar Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta bahkan menyebabkan hujan abu ringan di beberapa wilayah Jawa Barat sehingga melumpuhkan sebagian besar aktivitas masyarakat sehari-hari.

Namun tenang saja, bagi yang hendak mendaki gunung ini, wisata sudah aman dan dibuka untuk jalur pendakian. Harga tiket masuk Gunung Kelud sendiri adalah Rp 10.000 untuk satu orangnya.

Dengan harga tersebut, maka Anda sudah bisa mengeksplore semua objek wisata yang ada di Gunung ini. Kalau Anda mau menuju ke kawasan kawahnya, tersedia jasa ojek yang akan mengantarkan Anda sampai ke tujuan. Adapun tarif untuk bisa sampai ke kawah Gunung Kelud adalah Rp 50.000 dan diantar pulang pergi.

Tiket Masuk
Tiket Masuk Hari BiasaRp8.000
Tiket Masuk Hari LiburRp10.000
Ojek Kawah PPRp40.000

Hal penting sebelum berkunjung ke Gunung Kelud :

  • Pengunjung wajin mematuhi protokol kesehatan 5M.
  • Hanya pengunjung yang sudah vaksin dan menunjukkan bukti vaksin di aplikasi PeduliLindungi saja yang bisa masuk.
  • Melakukan scan QR code yang ada di pintu masuk kawasan.

Jam Buka

Para pendaki yang ingin mendaki gunung ini, pendaftaran simaksi bisa dilakukan pada setiap hari. Untuk jam operasional Gunung Kelud ini sendiri di buka pada setiap harinya dari pagi hingga sore hari. Jika ingin melihat pemandangan kawah terbaik, maka waktu terbaik untuk berkunjung kesini yaitu saat musim kemarau.

Jam Operasional
Pendaftaran SimaksiSetiap Hari 06.00 – 23.00 WIB
Wisata Gunung Kelud08.00 – 16.30 WIB

Sejarah Gunung Kelud

Sejarah Gunung Kelud

Gunung Kelud setidaknya sudah meletus sekitar 30 kali sejak tahun 1000 Masehi. Jika merujuk sejarah, erupsi yang terjadi di Gunung Kelud terjadi dengan periode sekitar 9 – 25 tahun sekali. Periode ini termasuk pendek dibandingkan dengan gunung berapi Indonesia lainnya. Hampir setiap saat kuat.

Akibatnya Gunung Kelud harus selalu diwaspadai karena dapat menimbulkan korban jiwa. Oleh karena itu Gunung ini harus selalu diwaspadai karena dapat menyebabkan letusan gunung berapi aktif.

Letusan Gunung ini paling parah terjadi pada tahun 2014. Meski tidak ada korban jiwa yang merupakan akibat langsung dari letusan tersebut. Hujan abu membatasi jarak pandang masyarakat di Pulau Jawa.

Alasan Anda Perlu Hiking di Gunung Kelud

Hiking adalah perjalanan panjang yang penuh semangat dan aktivitas yang melibatkan banyak gerakan. Hiking atau mendaki ke Gunung ini ternyata secara tidak langsung membantu jantung Anda untuk menciptakan aliran darah yang lebih baik dan mencegah pembentukan timbunan lemak di arteri.

Dengan mendaki, maka Anda menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung. Selain itu, dengan mendaki, Anda juga meningkatkan detak jantung ke tingkat sedang, meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Berikut alasan mengapa Anda perlu mendaki ke Gunung Kelud.

Udaranya Sangat Sejuk

Udaranya Sangat Sejuk

Gunung Kelud adalah sumber udara segar yang tidak diragukan lagi baik untuk kesehatan kita. Ketika Anda mendaki di gunung ini, maka apa yang Anda hirup adalah udara paling segar di negara ini. Nah, udara segar sangat membantu dalam membuat paru-paru lebih bersih.

Udara segar membantu paru-paru untuk melebarkan lebih banyak dan melepaskan racun yang telah terperangkap di dalamnya.

Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang Indah

Gunung ini memiliki pemandangan indah yang akan membuat Anda tidak akan bosan mendaki. Hiking ditemani dengan pemandangan indah di gunung ini tidak akan terasa melelahkan. Sebuah studi yang ditampilkan oleh desert.org menyatakan hiking bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jalur yang Mudah Dilalui

Jalur yang Mudah Dilalui

Gunung Ini memiliki jalur trekking yang mudah untuk dilalui sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak bisa sampai ke puncak. Banyak pemula yang mencoba mendaki gunung Kelud yang indah ini.

Mendaki dengan jalur yang mudah dan pemandangan yang indah bisa meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi stres dan kecemasan. Mendaki adalah salah satu bentuk olahraga di mana tubuh melepaskan zat kimia yang disebut endorfin.

Endorfin memicu perasaan positif dalam tubuh, dan membantu mengurangi kecemasan dan suasana hati depresi. Pada saat yang sama, aktivitas fisik seperti hiking ke Gunung ini dengan jalur yang mudah bisa mencegah tubuh memproduksi hormon stres. Jadi, hiking s membuat Anda merasa lebih tenang dalam banyak situasi.

Fasilitas Gunung Kelud

Gunung yang cukup populer yang bernama Gunung Kelud ini tersedia basecamp dengan fasilitas ynag lumayan lengkap. Basecamp disini memiliki fasilitas seperti pos informasi, area berkemah, area parkir, toilet serta musala. Terdapat juga warung dan penyewaan alat hiking atau camping. Sementara fasilitas yang tersedia di Taman Agro Margomulyo antara lain area parkir, toilet, musala, dan kantin.

Lokasi Gunung Kelud

Gunung ini ini berlokasi di tiga kabupaten, yaitu Blitar, Kediri, dan Malang. Sedangkan untuk basecamp pendakian paling populer yaitu terletak di Tulungrejo dan Karangrejo yang berada di Kabupaten Blitar. Sedangkan Untuk Taman Agro Margomulyo berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Menuju ke sini cukup mudah, cukup ikuti jalan lurus dari taman ini untuk bisa sampai ke kawasan wisata di lereng Gunung Kelud.

Rute Wisata Gunung Kelud

Bagi Anda yang hendak berwisata ke Gunung di Kediri ini, berikut adalah rute yang bisa ditempuh agar bisa mencapai puncak gunung tersebut; Titik awal menempuh perjalanan ke Gunung Kelud adalah Kediri.

Jadi, dari kota Kediri, perjalanan yang ditempuh kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi sampai tiba di gerbang menuju objek wisata. Di sinilah Anda akan diminta membayar harg tiket masuk Gunung Kelud. Setelah membayar, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan kendaraan.

Perjalanan menuju Gunung ini mungkin akan membuat jantung Anda sedikit berdebar karena Anda akan menemukan tanjakan, perjalanan berliku khas gunung dan jalan sempit, Namun demikian, Anda akan disajikan dengan pemandangan hijau dari pepohonan dan pertanian lokal. Permadani hijau tersebut akan menghibur Anda di sepanjang jalan perjalanan.

Apalagi untuk menuju rute pendakian, Anda juga ditemani dengan udara segar dan sejuknya pegunungan yang dijamin membuat pikiran tenang. Kalau sudah sampai di kawasan parkir, Anda akan ada deretan kios-kios yang menawarkan berbagai macam jajan, minum dan makan untuk melepas dahaga ini.

Jika sudah beristirahat, maka lanjutkan saja perjalanan menuju jalur awal pendakian Gunung ini dengan melewati sebuah terowongan. Panjang terowongan yang harus dilalui adalah sekitar 150 meter. Tenang saja, terowongannya tidak menakutkan, apalagi nantinya Anda bisa menyaksikan pemandangan indah dari anak-anak Gunung Kelud.

Tips Mendaki di Gunung Kelud

Mengetahui bagaimana mempersiapkan perjalanan hiking dapat membuat pendakian menjadi tak terlupakan. Baik itu perjalanan sehari atau beberapa hari, mempersiapkan perjalanan hiking sebelumnya akan membantu Anda menghindari ketidaknyamanan fisik dan kelebihan muatan.

  1. Latih diri membawa barang berat sampai pada titik di mana Anda membawa beban yang sama dengan beban yang akan Anda bawa selama perjalanan hiking ke Gunung ini.
  2. Mempersiapkan diri secara fisik dengan merencanakan latihan hiking kecil untuk meningkatkan tingkat kebugaran. Rajin olahraga sebelum mendaki untuk meredakan nyeri otot, dan membangun daya tahan ketika naik ke gunung Kelud.
  3. Bawa botol air, makan siang, perlengkapan mengantisipasi hujan, dan beberapa barang tambahan seperti kacamata hitam, dan lapisan ekstra ke dalam ransel.
  4.  Bawa perlengkapan mendaki yang lengkap.
  5. Gunakan baju dan sepatu yang nyaman.

Dengan harga tiket masuk Gunung Kelud yang murah ini, pastikan jika Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mendaki di objek wisata Jawa Timur yang penuh keindahan ini.

Pencarian Paling Populer:

  • status gunung kelud aktif atau tidak
  • kawah gunung kelud
  • erupsi gunung kelud
  • letusan gunung kelud
  • status gunung kelud
  • letak gunung kelud
  • gunung kelud hari ini
  • info gunung kelud hari ini
  • gunung kelud sekarang
  • legenda gunung kelud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: