Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Terbaru Juli 2022

  • Bagikan

Kebun Raya Bogor, HTM : Rp16.500-Rp26.500, Jam Buka : 08.00 WIB-16.00 WIB, Lokasi : Jalan Ir. Haji Djuanda, Paledang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16911, Maps : Klik Disini, Telepon : 0251-831-1362/0852-1566-8934.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor terbaru adalah hal yang ingin sekali diketahui oleh berbagai pengunjung yang ingin berwisata dan melepaskan penatnya. Kebun Raya Bogor sendiri merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara, sekaligus menjadi salah satu yang terbesar di antara lainnya.

Membentang seluas 87 -210 hektar, menjelajahi Kebun Raya Bogor dapat memberikan Anda ketenangan sepanjang hari. Kebun Raya Bogor sendiri merupakan taman tropis di Jawa Barat, yang terkenal karena penelitiannya tentang flora regional. Menghabiskan hari-hari di Jakarta bisa membuat stres dari waktu ke waktu dengan kemacetan lalu lintas dan jalanannya yang padat. Jadi, berkunjung ke Kebun Raya Bogor bisa menjadi solusi tepat untuk destinasi wisata Anda.

Alamat dan Rute Menuju Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Menjadi destinasi kebanggan warga Jawa Barat, Kebun Raya ini berlokasi di Bogor Tengah, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda nomor 13 kelurahan Paledang. Untuk bisa sampai ke Kebun Raya Bogor, maka Anda bisa naik dapat naik bus langsung  dari bandara.

Tiket dapat dibeli di loket DAMRI di bandara atau langsung di bus.  Jika Anda naik kereta api, maka turun saja di stasiun kereta api Bogor. Stasiun ini sangat dekat dengan wisata Kebun Raya karena berada di Jalan Raya Dramaga-Bogor atau kurang lebih 500 meter dari destinasi.

Anda hanya perlu menyeberangi jembatan untuk sampai ke taman. Ada dua jalur yang bisa Anda ambil untuk menuju Bogor dari Jakarta. Pertama, Anda dapat mengambil jalur merah dari stasiun Jakarta Kota di Jakarta Utara ke Bogor dengan kereta api setiap 10-15 menit antara 05:30-23:30.  Pilihan kedua, Anda juga dapat mengambil jalur oranye dari Jatinegara di Jakarta Timur.

Kebun Raya Bogor telah menjadi rumah bagi lebih dari 20.000 spesimen tanaman tropis. Membentang lebih dari 80 hektar yang menjadi satu dengan Istana Kepresidenan di bagian depan dan Gunung Salak sebagai latar belakangnya, pemandangan epik di Kebun Raya benar-benar sebuah petualangan yang perlu Anda jelajahi jika lelah dengan padatnya kota Jakarta.

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Jam Buka Kebun Raya Bogor

Kalau Anda sehari-harinya tinggal di Jakarta, mungkin menghabiskan waktu di kota ini bisa membuat stres. Populasi di Jakarta bisa mencapai sekitar 12 juta pada siang hari karena kota megapolitan ini adalah ibu kota negara Indonesia.

Dengan luas hanya sekitar 600 hingga 700 kilometer persegi, kota ini dipenuhi oleh orang, gedung pencakar langit yang tak berujung dari gedung-gedung pemerintah, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi.

Bagi orang-orang yang mencari udara bersih dan pemandangan hijau, kota Bogor mungkin menawarkan sesuatu yang Anda cari. Meskipun ada beberapa taman kota yang menghiasi sudut Jakarta, terkadang kebisingan di kota tidak bisa dihindari.

Itulah yang membuat Kebun Raya Bogor sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat yang tinggal di Jakarta. Di Kebun Raya Bogor, Anda bisa menghirup udara segar sambil mempelajari semua hal tentang tanaman dan sepotong sejarah. Nah, jam buka Kebun Raya Bogor sendiri adalah 08.00 hingga 16.00.

Jam Buka
Kebun Raya Senin-Jumat 08.00-16.00 WIB
Kebun Raya Sabtu-Minggu 07.00-16.00 WIB

Sejarah Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor  sendiri diprakarsai oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang terkenal sebagai penemu bunga bangkai. Thomas Stamford Raffles memprakarsai sebuah taman kecil pada masa pemerintahannya di Bogor dengan seorang ahli botani dari London.

Ya, Kebun Raya Bogor awalnya adalah taman kecil selama bertahun-tahun hingga akhirnya dikembangkan dan didirikan secara resmi pada tahun 1817 oleh Belanda. Menurut sejarah pada tahun 1816 sebelumnya Carl Reinwardt memulai penelitian di bidang ilmu tanaman dan tertarik untuk menyelidiki berbagai tanaman yang digunakan untuk pengobatan dan dipertimbangkan eksplorasi tanaman dan masalah pertanian serta tugasnya di Hindia Belanda.

Koleksi semua tanaman itu terletak di taman di sekitar halaman Istana Bogor. Melalui bantuan Belanda, tukang kebun bernama William Kent, halaman Istana Bogor berkembang  menjadi taman yang indah dan diakui sebagai awal dari desain asli Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor memiliki lanskap hias yang kompleks seperti taman umum, sekaligus berisi koleksi tumbuhan dan bedeng pajangan yang sistematis, dan menjadi taman umum yang berharga. Sampai kemudian perencanaan dan desain Kebun Raya Bogor telah berubah dari waktu ke waktu untuk mencerminkan perubahan dalam tujuan, perubahan ilmu pengetahuan, dan perubahan ekspresi estetika budaya manusia dari waktu ke waktu.

Sejak berdiri pada tahun 1817 hingga saat ini berusia 204 tahun, Kebun Raya Bogor telah berkembang menjadi lembaga yang memadukan beragam kegiatan di bidang ilmu pengetahuan dan hortikultura dengan edukasi masyarakat, serta menjadi situs warisan yang kaya dari bangunan bersejarah dan monumen tanaman hidup.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor
Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekday Rp16.500
Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekend Rp26.500
Tiket Masuk Sepeda Weekday Rp15.000
Tiket Masuk Sepeda Weekend Rp20.000
Tiket Parkir Kendaraan
Tiket Masuk Parkir Mobil Rp50.000
Tiket Masuk Parkir Motor Rp5.000

Saat ini Kebun Raya Bogor menjadi pusat penelitian dan merangkap sebagai situs konservasi. Kebun Raya Bogor mempelajari semua tentang studi adaptasi, penanaman, dan banyak hal yang berhubungan dengan tanaman. Harga di atas hanya berlaku untuk tiket masuk saja, ya! Kalau Anda ingin masuk ke museum atau naik sepeda untuk berkeliling kebun, maka ada beberapa biaya tambahan lainnya. Kebun Raya Bogor menjadi saksi sejarah penting Indonesia.

Dengan 400 varietas pohon palem, 5.000 spesimen pohon dari seluruh dunia, dan 3.000 varietas anggrek, Kebun Raya Bogor memiliki banyak hal untuk dipelajari dan juga bisa berfungsi sebagai pusat rekreasi dan edukasi keluarga.

5 Aktivitas Asyik di Kebun Raya Bogor

  1. Piknik Bersama Keluarga

Piknik Bersama Keluarga Kebun Raya Bogor

Percaya tidak, bahwa Kebun Raya Bogor ini bisa sering dijadikan sebagai tempat piknik banyak wisatawan. Banyak keluarga yang membawa makanan lezat dari rumah,  minuman segar, dan tikar untuk piknik di taman ini.

Piknik bersama keluarga bisa menjadi pilihan sempurna untuk makan siang dengan suasana yang berbeda. Makan di dalam ruangan yang mewah semacam restoran yang sering Anda kunjungi pasti sudah biasa bukan? Jadi, coba deh piknik dan makan siang di Kebun Raya Bogor.

Mana  lagi wisata Jakarta terdekat yang bisa dijadikan sebagai lokasi untuk menghabiskan quality time bersama keluarga dan teman-teman Anda bersama nuansa alam yang hijau dan rimbun kalau bukan di Kebun Raya Bogor?

  1. Senam di Kebun Raya Bogor

Senam di Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor memiliki lapangan yang luas dan bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda berolahraga di pagi hari. Anda dapat berlari, bersepeda di sekitar area, bahkan yoga! Jika Anda tidak membawa sepeda, ada kok beberapa sepeda sewaan di area ini  Saat bersepada, jangan lupa sesekali mampir untuk belajar tentang tumbuhan!

Selain itu, ada beberapa spot di Kebun Raya Bogor yang memberikan suasana damai untuk melakukan yoga seperti di depan Nusa Indah Guest House atau Treub Laboratory untuk latihan pribadi  atau kelompok. Di pagi hari, cuaca Bogor yang berangin pasti akan meningkatkan mood Anda untuk berolahraga.

  1. Bersantai di Grand Garden Cafe

Grand Garden Cafe Kebun Raya Bogor

Tidak ada yang bisa mengalahkan secangkir kopi atau teh sambil menikmati pisang goreng dan pemandangan taman yang luas dan indah. Nah, Anda bisa menikmati semua itu di Grand Garden Cafe yang berlokasi di dalam Kebub Raya Bogor.

 Air mancur yang indah dan berbagai tanaman akan menjadi pemandangan menakjubkan sejauh mata Anda mengamati cafe. Grand Garden Cafe menjadi tempat yang tepat untuk bersantai atau bercengkrama dengan teman-teman, pasangan atau keluarga. Di malam hari, kafe memiliki suasana yang lebih romantis dan merupakan tempat yang sempurna untuk menghabiskan malam bersama kekasih Anda.

  1. Mengunjungi Griya Anggrek atau Rumah Kaca Anggrek

Rumah Kaca Anggrek Kebun Raya Bogor

Jika Anda suka melihat atau bahkan menanam beberapa anggrek di rumah, maka Anda bisa mengunjungi rumah kaca khusus yang didedikasikan untuk anggrek. Anggrek adalah tanaman kebanggan Indonesia. Negara ini memiliki sekitar 5.000 spesies dan Kebun Raya Bogor menyimpan 500 spesies di rumah kaca.

  1. Mengamati Spesies yang Terancam Punah

bunga bangkai kebun raya bogor

Di Kebun Raya Bogor juga Anda bisa melihat beberapa tanaman yang terancam punah seperti Bunga Bangkai yang terkenal, beberapa koleksi tanaman air, Orchidarium, dan tanaman obat. Bunga langka ini  ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles dengan nama asli Amorphophallus dan mengeluarkan aroma yang khas.

Kebun Raya adalah tempat rekreasi yang sehat bagi masyarakat, serta merangsang tumbuhnya kesadaran dan pemahaman tentang arti dan peran sumber daya alam, khususnya sumber daya tumbuh-tumbuhan. Siapkan biaya yang cukup untuk berwisata di sini selain harga tiket masuk Kebun Raya Bogor.

Tanggapan:

0/5. dari 0 Pembaca

Belum ada tanggapan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: