Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Museum Kretek Kudus Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Museum Kretek Kudus, HTM : Rp4.000 – Rp15.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 15.00 WIB, Lokasi : Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, 59343, Telepon : (0291) 440545.

Museum Kretek Kudus berlokasi di Kota Kudus-Jawa Tengah. Museum ini menandai sebuah landasan bersejarah dalam industri rokok kretek di Indonesia. Tujuan awal pendirian museum adalah untuk menunjukkan pesatnya perkembangan industri kretek di Tanah Jawa, khususnya di Kota Kudus. Museum Kretek berperan sebagai penyimpan sejarah dan pusat informasi tentang proses produksi rokok kretek, mulai dari metode manual hingga penerapan teknologi modern.

Harga Tiket Masuk Museum Kretek Kudus Terbaru November 2023

Diresmikan pada 3 Oktober 1986 oleh Gubernur Jawa Tengah pada masa itu, Soepardjo Roestam, Museum Kretek Kudus menjadi satu-satunya museum rokok di Indonesia. Sejak itu, museum ini telah menyimpan 1.195 koleksi yang menceritakan perjalanan panjang industri rokok kretek di Kudus. Termasuk diantaranya adalah dokumentasi berharga tentang pendiri Pabrik Rokok Bal Tiga, Nitisemito, serta bahan dan peralatan tradisional rokok kretek.

Museum Kretek Kudus saat ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kudus. Tidak hanya menjadi tempat penyimpanan koleksi sejarah, musuem ini juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terbaru mengenai harga tiket masuk ke Museum Kretek Kudus, sehingga para pengunjung dapat menikmati perjalanan edukatif mereka dengan efektif. Mari kita eksplor lebih lanjut mengenai daya tarik dan fasilitas yang ditawarkan oleh museum ini.

Sejarah Singkat Museum Kretek Kudus

Pada tanggal 3 Oktober 1986, Museum Kretek Kudus resmi diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu, yaitu Soepardjo Roestam. Sejarah pendirian museum ini bersumber dari gagasan Soepardjo Roestam sendiri, yang muncul saat beliau berkunjung ke Kota Kudus dan menyaksikan kontribusi besar usaha rokok kretek terhadap perekonomian daerah. Melihat potensi ekonomi yang dimiliki oleh industri kretek di Kudus, tercetuslah ide untuk mendirikan Museum Kretek. Dengan lahan seluas 2,5 hektar, museum ini dibangun sebagai wujud apresiasi terhadap keberhasilan industri rokok kretek dalam menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

Sejarah Singkat Museum Kretek Kudus

Pendirian Museum Kretek Kudus juga didukung oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK), yang memberikan pembiayaan untuk proyek ini. Sejak proses pendiriannya, museum ini menjadi simbol penting dalam mengabadikan sejarah dan perjalanan industri rokok kretek di Indonesia, khususnya di wilayah Kudus. Dengan fokus pada edukasi dan dokumentasi, Museum Kretek Kudus menjadi destinasi yang unik dan berharga bagi para pengunjung yang ingin menelusuri jejak sejarah rokok kretek di Pulau Jawa.

Lokasi dan Jam Buka Museum Kretek Kudus

Untuk memudahkan perjalanan Anda ke Museum Kretek Kudus, berikut adalah informasi lokasi dan jam buka museum:

Lokasi

Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, 59343

Telepon: (0291) 440545

Jam Buka

HariJam BukaJam Tutup
Setiap Hari08.00 WIB15.00 WIB

Harga Tiket Masuk Museum Kretek Kudus Terbaru

Harga Tiket Masuk Museum Kretek Kudus Terbaru

HariHarga Tiket
Senin – SabtuRp 4.000 per orang
Minggu dan Hari Libur NasionalRp 5.000 per orang

Catatan:

  • Tiket wahana tambahan perlu dibeli secara terpisah.
  • Harga tiket untuk kolam renang: Rp 15.000.
  • Harga tiket untuk wahana ember tumpah: Rp 7.000.

Dengan biaya masuk yang ramah di kantong, Museum Kretek Kudus tidak hanya menjadi destinasi edukatif tetapi juga mengajak semua kalangan untuk turut merayakan warisan berharga yang dimiliki oleh Kota Kudus. Dengan informasi ini, para pengunjung dapat lebih efisien dalam merencanakan kunjungan mereka ke Museum Kretek Kudus. Perlu diingat bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

 Fasilitas Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus tidak hanya menjadi wadah penyimpanan sejarah, namun juga menawarkan berbagai fasilitas dan eksibisi menarik bagi para pengunjung. Dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Kudus, museum ini menjadi destinasi yang menggabungkan edukasi, rekreasi, dan pengalaman berharga. Berikut adalah fasilitas yang dapat diakses oleh pengunjung:

Fasilitas Museum:

  • Kantor Administrasi: Tempat yang menyediakan layanan administratif dan informasi terkait kunjungan di museum.
  • Gerai Souvenir: Toko atau tempat yang menawarkan berbagai souvenir terkait dengan Museum Kretek Kudus.
  • Musholla: Tempat ibadah nyaman untuk pengunjung yang ingin beribadah.
  • Taman Bermain Anak-Anak: Area rekreasi khusus bagi anak-anak untuk bermain dan bersenang-senang.
  • Kantin dan Kios Kuliner: Tempat di mana pengunjung dapat menemukan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan selama kunjungan.
  • Area Parkir: Tempat parkir kendaraan memadai bagi pengunjung.

Fasilitas Hiburan:

  • Waterboom: Area yang menyajikan wahana permainan air untuk menambah keseruan pengalaman berwisata.
  • Ember Tumpah: Fasilitas air tambahan yang memberikan pengalaman menyegarkan.
  • Mini Movie: Ruang atau area yang menampilkan film singkat atau presentasi terkait dengan sejarah atau budaya rokok kretek.
  • Rumah Adat Kudus: Miniatur atau replika rumah adat Kudus, memberikan wawasan tentang arsitektur dan budaya tradisional daerah tersebut.

Koleksi Museum Kretek Kudus

Museum Kretek Kudus memiliki beragam koleksi berharga yang memperkaya pemahaman kita tentang sejarah dan perkembangan rokok kretek di Indonesia. Berikut adalah sejumlah koleksi yang dapat dijumpai di museum ini:

Dokumentasi Perjalanan Nitisemito

Dokumentasi Perjalanan Nitisemito

Melibatkan dokumentasi lengkap tentang Nitisemito, Raja Kretek Kudus, dan pendiri Pabrik Rokok Bal Tiga. Koleksi ini mencakup perjalanan hidup, pencapaian besar, dan dampaknya terhadap industri rokok kretek. Beberapa dokumentasi warisan raja kretek tersebut adalah Pena Nitisemito yang bertuliskan “M. Nitisemito” yang digunakan sebagai souvenir untuk tamu khusus, Tempat Rokok Nitisemito, Cover Tempat Korek Api Kayu Nitisemito, Nota Jual Beli Milik Perusahaan Rokok Nitisemito, dan beberapa surat lainnya.

Bahan dan Alat Produksi Rokok Kretek

Bahan dan Alat Produksi Rokok Kretek Tradisional

Koleksi di Museum Kretek Kudus juga mencakup alat-alat khusus yang digunakan dalam proses pembuatan rokok, mulai dari yang tradisional hingga modern. Hal ini menggambarkan teknologi dan peralatan yang digunakan dalam produksi rokok kretek pada berbagai periode waktu. Pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan rokok kretek secara tradisional, termasuk alat giling dan perajang tembakau.

Foto Para Pendiri Pabrik Kretek

Foto Para Pendiri Pabrik Kretek

Terpajang pula koleksi foto dari para pionir dan pendiri pabrik rokok kretek. Koleksi ini memberikan gambaran tentang tokoh-tokoh kunci yang membentuk industri rokok kretek.

Diorama Proses Pembuatan Rokok Kretek

Diorama Proses Pembuatan Rokok Kretek

Pengunjung dapat melihat diorama interaktif yang memvisualisasikan tahapan proses pembuatan rokok kretek. Diorama berfungsi untuk memberikan pemahaman mendalam tentang proses produksi rokok kretek. Ada pula diorama mengenai berbagai jenis tembakau cengkeh.

Alat Promosi Rokok Kretek dari Masa Ke Masa

Alat Promosi Rokok Kretek dari Masa Ke Masa

Koleksi ini mencakup berbagai materi promosi rokok kretek dari masa lampau hingga era kontemporer, memberikan pandangan evolusi strategi pemasaran.

Miniatur Cagar Budaya

Miniatur bangunan cagar budaya, termasuk Oemah Kembar Nitisemito, Masjid Wali Loram Kulon, dan Joglo Pencu, menciptakan pengalaman visual tentang keberagaman arsitektur dan budaya Kudus.

Dengan menggabungkan aspek edukasi dan hiburan, Museum Kretek Kudus menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan. Sebanyak 1.195 item koleksi bersejarah mengenai industri kretek dapat anda saksikan di museum ini, Walaupun bertemakan rokok, namun museum ini tidak menetapkan batasan usia. Pengunjung anak-anak pun diperbolehkan untuk mengunjungi museum.

Museum Kretek Kudus membawa pengunjungnya dalam perjalanan yang mendalam tentang warisan khas daerah Kudus. Selain sebagai tempat penyimpanan sejarah, museum ini juga menyediakan berbagai fasilitas dan wahana rekreasi, menjadikannya destinasi yang cocok untuk semua kalangan. Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, museum ini menjadi lebih mudah diakses oleh masyarakat.

Sebagai tips tambahan, kunjungan ke Museum Kretek Kudus dapat menjadi lebih menyenangkan dengan memilih waktu yang tepat, menjelajahi dengan rinci setiap eksibisi, dan memperhatikan aturan serta etika yang berlaku. Dengan demikian, Museum Kretek Kudus tidak hanya menjadi destinasi wisata edukatif yang menarik tetapi juga menciptakan pengalaman yang berkesan bagi para pengunjungnya. Mari bersama-sama menjaga dan menghargai warisan berharga ini untuk generasi yang akan datang. Selamat menikmati perjalanan Anda ke Museum Kretek Kudus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×