Harga Tiket Masuk Pulau Pandang Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang, HTM : Gratis – Rp 285.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : -, Selat Malaka, Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia, -, Telepon : -.

Harga tiket masuk Pulau Pandang memang dikenal dengan tarifnya yang sangat murah dengan wisatanya yang begitu indah. Bagi yang belum tahu di mana itu Pulau Pandang, objek wisata ini ada di Sumatera Utara. Pulau ini sendiri berbatasan langsung dengan sebuah selat yang terkenal yakni Malaka.

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang Terbaru

Nah, di bagian selatan Pulau Pandang sendiri langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Dengan posisinya yang diapit selat dan samudera, tidak mengherankan jika Pulau ini mempunyai tempat yang begitu eksotis. Penasaran seperti apa keindahan yang dimiliki oleh pulau satu ini?

Harga Tiket Masuk Pulau Pandang

Pada dasarnya, untuk masuk ke Pulau ini gratis atau tidak dibutuhkan biaya. Hanya saja, Pulau Pandang ini sangat terpencil, sehingga sulit untuk mencapai wisata ini. setidaknya, Anda perlu mengikuti open trip jika ingin berwisata ke Pulau ini. Nah, biaya yang perlu Anda rogoh untuk sampai ke Pulau ini adalah Rp 400.000 sampai Rp 750.000 sesuai dengan paket tripnya.

Namun, Anda juga bisa backpackeran jika memang ingin lebih hemat biaya. Nantinya, Anda  bisa ikut perahu warga dari desa yang bernama Silau Baru di Silau Laut. Silau Baru sendiri adalah sebuah pelabuhan desa kecil di mana ada beberapa kapal yang bisa digunakan untuk wisatawan mengelilingi pulau ini.

Hanya saja kalau Anda ingin menggunakan kapal yang disediakan, maka kuotanya harus penuh. Artinya, jika di hari itu kuotanya tidak penuh dan hanya ada sedikit penumpang, maka kapal akan membatalkan tripnya ke Pulau Pandang.

Tiket Masuk & Biaya Menyeberang
Tiket MasukGratis
Start PelabuhanRp175.000
Start MedanRp285.000

Jam Operasional

Pulau Pandang ini selalu terbuka untuk umum pada sepanjang tahun ini. Namun yang perlu di perhatikan oleh para pengunjung yaitu jam operasional keberangkatan kapal. Adapaun jam keberangkatan kapal feri yaitu hanya berangkat ketika pagi atau saat laut pasang. Sedangkan untuk perahu kecil ini lebih fleksibel dan tergantung juga dengan kondisi cuaca.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Daya Tarik Pulau Pandang

Pulau yang sangat populer di Sumatera Utara ini tentu memiliki segudang daya tarik yang membuat pengunjung terpesona akan keindahan nya. Adapun beberapa daya tarik pulau pandang lainnya yaitu sebagai berikut.

Surga Tersembunyi

Surga Tersembunyi

Pulau Pandang memiliki biota laut dan hayati yang sangat melimpah dan menjadi surga tersembunyi di Kabupaten Batubara. Di pulau ini, Anda bisa menyaksikan pasir putih terhampar indah ditambah dengan warna air biru zamrud yang jernih. Selain itu, pulau ini juga memiliki hutan yang lebat dan hijau.

Bagus untuk Memancing

Bagus untuk Memancing

Pulau Pandang bagus sekali untuk menjadi tempat memancing karena memiliki banyak kekayaan ikan. Kalau Anda hobi memancing, maka Pulau Pandang menjadi tempat yang sangat tepat sekali untuk menangkap ikan. Apalagi Anda bisa memancing dengan menyaksikan laut jernih yang terhampar eksotis.

Banyak Terumbu Karang Terhampar

Banyak Terumbu Karang Terhampar

Selain kaya akan biota laut dan keragaman hayatinya, Pulau ini juga dikenal dengan terumbu karangnya yang banyak dan terhampar indah. Apalagi Pulau Pandang sendiri memiliki perairan yang jernih sehingga Anda bisa melihat dengan jelas terumbu karang yang terhampar indah di dalam laut.

Apalagi jika Anda suka snorkeling, pastinya bisa melihat sendiri indahnya terumbu karang di dalam laut. Semua terumbu karang di laut Pulau ini masih bagus dan tidak rusak seperti laut kebanyakan.

Ada Menara Mercusuar

Pulau Pandang Menara Mercusuar

Salah satu yang menarik dari Pulau ini adalah adanya menara mercusuar di tengah-tengah. Jadi, ada menara menjulang tinggi dan bisa menjadi tempat singgah jika Anda mengunjungi wisata satu ini. Anda juga bisa nih naik ke atas menara mercusuar untuk menyaksikan indahnya pemandangan pulau Pandang yang eksotis.

Ada Batu Belah yang Unik

Ada Batu Belah yang Unik

Tidak hanya menyediakan menara mercusuar yang unik di tengah pulau, namun ada juga batu belah yang lokasinya di tengah-tengah 2 perbukitan. Banyak wisatawan yang menjadikan batu belah unik ini untuk dijadikan spot foto saat berada di Pulau Panjang.

Aktivitas di Pulau Pandang

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan jika Anda sudah berada di Pulau Pandang, di antaranya :

Hunting Foto

Hunting Foto

Kalau sudah berada di Pulau Pandang, maka jangan sampai lupa untuk abadikan betapa indahnya wisata satu ini. Ada banyak spot foto indah yang bisa dibidik kalau sudah berada di Pulau Ini. Hampir setiap sudut wisata Pulau ini menarik untuk dijadikan latar foto mulai dari pinggiran pantai, laut, hamparan pasir, mercusuar, dan sebagainya.

Snorkeling dan Diving

Wisata satu ini menawarkan snorkeling dan diving untuk Anda yang memang suka dengan keindahan bawah laut. Dengan snorkeling atau diving, maka Anda bisa menyaksikan terumbu karang dan keragaman biota laut yang  indah. Tenang saja, di sekitar Pulau Pandang ini menyediakan banyak tempat untuk sewa alat snorkeling dan diving jika Anda tidak punya sendiri.

Berenang

Pulau Pandang Berenang

Tidak bisa snorkeling atau diving? Tenang, Anda masih bisa menikmati airnya dengan berenang karena airnya sangat jernih. Ombak yang ada di pantai Pulau Pandang juga tenang sehingga terbilang masih aman untuk dijadikan tempat berenang. Baik mau berenang atau hanya bermain air di pantainya, Pulau ini menjadi tempat yang aman untuk Anda yang memang tidak berenang.

Memancing

Dengan kekayaan lautnya yang begitu melimpah, maka Anda yang memang suka memancing, Pulau Panjang adalah tempat yang sangat tepat. Di sini, Anda bisa mendapatkan dengan mudah dan bahkan mengolahnya langsung. Ada beberapa tempat untuk memasak ikan langsung dari laut dan dikelola oleh penduduk yang ada di sekitar. Kapan lagi bisa menyantap ikan dari hasil memancing dan masih segar?

Fasilitas

Pulau Pandang merupakan destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang indah dan menenangkan. Meskipun terletak di lokasi terpencil dan tidak sepopuler obyek wisata lainnya di Medan, Pulau ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pulau Pandang:

  1. Dermaga: Pulau ini memiliki dermaga yang berfungsi sebagai tempat kedatangan dan keberangkatan kapal. Dermaga ini memudahkan akses pengunjung untuk mencapai pulau tersebut.
  2. Tempat Penginapan: Untuk pengunjung yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Pandang, tersedia juga tempat penginapan. Pengunjung dapat memilih dari berbagai jenis akomodasi, mulai dari pondok tradisional hingga penginapan modern yang nyaman.
  3. Toilet: Fasilitas toilet umum juga disediakan di Pulau ini untuk kenyamanan pengunjung. Toilet yang bersih dan terawat merupakan hal penting dalam memberikan pengalaman yang nyaman bagi para wisatawan.
  4. Spot Diving dan Snorkeling: Pulau Pandang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Terdapat spot diving dan snorkeling yang menawarkan pemandangan terumbu karang yang menakjubkan dan kehidupan laut yang beragam. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang spektakuler.
  5. Warung: Terdapat warung atau restoran yang menyediakan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan indah Pulau ini.
  6. Tempat Sewa Baju Snorkeling: Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, tersedia tempat penyewaan baju snorkeling di Pulau ini Anda dapat menyewa baju snorkeling dan peralatan lainnya untuk menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan.
  7. Gazebo: Pulau Pandang juga dilengkapi dengan gazebo yang tersebar di sepanjang pantai. Gazebo ini memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai, menikmati pemandangan laut, dan menikmati keindahan alam sekitar.

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap ini, Pulau Pandang siap menyambut pengunjung dan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan. Anda dapat menikmati keindahan alam, beraktivitas air, dan bersantai dengan kenyamanan yang terjamin.

Lokasi Pulau Pandang

Pulau pandang menjadi salah satu pulau yang lokasinya ini berbatasan dengan Samudera Hindia dan juga Selat Malaka.

Adapun  secara administratifnya, objek wisata Pulau Pandang sendiri masuk dalam Kabupaten Batubara , Sumatera Utara, Kecamatan Tanjung Tiram atau di desa Bogak.

Rute Menuju Pulau Pandang

Untuk mencapai pulau ini maka Anda harus menempuh jalur darat dan tentu saja juga perjalan  laut juga. Setidaknya, Anda akan menempuh total 5 jam perjalanan. Untuk perjalanan  darat akan memakan waktu 4 jam sementara perjalanan lautnya 2 jam.

Jadi, Anda bisa pergi ke kabupaten Batubara dan ke kecamatan Tanjung Tiram. Selanjutnya, Anda bisa pergi ke pelabuhan kecil di Silau Baru untuk menunggu kapal yang bisa mengantarkan Anda menuju ke Pulau Panjang.

Nah, untuk biaya naik kapal sendiri adalah sekitar Rp 100 ribu sampai 200.000 ribuan. Sekali berangkat, maka kapal bisa membawa hingga 20 penumpang. Nah, kalau Anda ingin menggunakan kapal secara pribadi untuk mengelilingi Pulau Pandang, maka biaya sewanya adalah Rp 1.500.000.

Tips Liburan Seru di Pulau Pandang

Tips Liburan Seru di Pulau Pandang

Liburan ke Pulau Pandang adalah pengalaman yang menakjubkan di tengah keindahan alam yang masih alami. Agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan saat mengunjungi Pulau ini:

  1. Periksa kondisi cuaca: Sebelum berangkat, pastikan Anda memeriksa kondisi cuaca di Pulau Pandang. Cuaca yang cerah dan tenang akan membuat aktivitas liburan Anda lebih nyaman dan aman.
  2. Persiapkan perlengkapan yang tepat: Sediakan perlengkapan yang diperlukan seperti baju renang, handuk, kacamata renang, dan tabir surya. Perlengkapan ini akan sangat berguna saat Anda berenang, snorkeling, atau beraktivitas di pantai.
  3. Bawa uang tunai yang cukup: Di Pulau ini, mungkin tidak ada mesin ATM atau tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk kebutuhan selama liburan.
  4. Patuhi peraturan dan jaga kebersihan: Selalu patuhi peraturan yang berlaku di Pulau Pandang, termasuk peraturan tentang kebersihan dan pelestarian lingkungan. Jaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitar, dan hindari membuang sampah sembarangan.
  5. Nikmati kegiatan air: Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Manfaatkan kesempatan untuk snorkeling atau diving dan jelajahi keindahan terumbu karang dan kehidupan laut yang menakjubkan. Jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam dan tidak merusak terumbu karang atau biota laut lainnya.
  6. Menjaga keselamatan: Selalu prioritaskan keselamatan Anda saat beraktivitas di Pulau ini. Ikuti petunjuk atau arahan yang diberikan oleh pihak pengelola, dan patuhi peringatan atau larangan yang ada. Jika Anda tidak terbiasa berenang atau melakukan kegiatan air, pastikan untuk menggunakan alat keselamatan seperti pelampung atau life jacket.
  7. Abadikan momen indah: Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah selama liburan di Pulau Pandang. Keindahan alam dan suasana pulau akan menjadi kenangan berharga yang dapat Anda simpan.
  8. Hormati budaya dan penduduk setempat: Saat mengunjungi Pulau ini, tetaplah menghormati budaya dan adat istiadat setempat. Berbicara dengan sopan kepada penduduk lokal, dan jangan lupa meminta izin jika ingin mengambil foto mereka.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memiliki liburan yang menyenangkan dan memuaskan di Pulau Pandang. Nikmati keindahan alamnya, lepas penat, dan ciptakan kenangan tak terlupakan di destinasi yang menakjubkan ini.

Anda yang mencari wisata terbaik di kawasan Batubara, maka kunjungilah Pulau ini. Harga tiket masuk Pulau Pandang juga gratis, meski biaya untuk menuju ke destinasi satu ini membutuhkan biaya yang lumaya pricy. Meski demikian, Pulau ini sangat layak untuk dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×