Harga Tiket Masuk Ragunan Terbaru Desember 2021

Posted on

Kebun Binatang Ragunan Jakarta, HTM : Rp3.000-Rp65.000, Jam Buka : 07.00 WIB-14.00 WIB, Lokasi : Jl. Harsono, Regunan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12550, Maps : Klik Disini, Telepon :  (021) 7884 7114.

Harga tiket masuk Ragunan adalah salah satu yang banyak membuat orang penasaran karena besarnya antusiasme untuk berwisata menjelang liburan di akhir tahun. Kebun Binatang Ragunan sendiri merupakan sebuah taman hewan terbesar yang ada di seluruh Asia Tenggara dan sangat direkomendasikan menjadi destinasi berlibur bersama seluruh keluarga.

Setidaknya ketika Anda dan keluarga berkunjung ke kebun binatang satu ini, Anda dan keluarga mungkin bisa menyaksikan dan mengamati lebih dari 400 spesies hewan. Ya, di sini banyak sekali koleksi hewan asli Indonesia dan beberapa benua lainnya seperti Afrika, Amerika dn sebagainya.

Harga Tiket Masuk Ragunan Terbaru

Alamat dan Rute Menuju Ragunan Zoo

Alamat Ragunan Zoo sendiri adalah di Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Harsono RM nomor 1.

Untuk menuju Ragunan, maka Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi, kendaraan umum atau Busway Trans Jakarta. Jika ingin menggunakan busway, Anda bisa naik busway dari koridor 6, rute Ragunan ke Halimun. Busway dan taksi adalah transportasi yang paling direkomendasikan ke kebun binatang.

Ada juga kok angkutan umum yang bisa menuju ke Ragunan yakni :

  • Kopaja berkode #19 atau #985 jika berangkat dari Tanah Abang
  •  Metromini kode #77 jika berangkatnya dari Blok M
  • Kopaja#68 dan 602 dari Kampung Melayu melalui Pasar Minggu
  •  Mikrolet kode#17 dan KWK kode#02 dari Depok
  •  Mikrolet merah (KWK) kode #15A jika berangkat dari TMII

Jam Buka Ragunan

Jika ingin berkunjung ke Ragunan, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui jam bukanya, ya! Jadi, Ragunan ini buka setiap hari kecuali Senin pukul 07:00 – 16.00 WIB. Selain jalan-jalan sambil mengamati tingkah laku satwa di Ragunan, pengunjung juga bisa melihat cara makan satwa di Ragunan.

Waktu makan hewan telah dijadwalkan oleh manajemen. Komodo akan diberi pakan setiap hari Rabu pukul 11:00, buaya pada hari Rabu dan Sabtu, Cormoran setiap hari pada pukul 11:00, dan Kuda Nil setiap hari.

Jam Operasional Ragunan
Selasa-Minggu07.00-14.30 WIB
SeninLibur

Kegiatan pendidikan dan penelitian cukup sering dilakukan di Ragunan leh para mahasiswa. Tujuannya agar siswa mencintai dan menghormati flora dan fauna sebagai kekayaan alam yang harus dilestarikan.

Kebun Binatang Ragunan menawarkan liburan yang sempurna untuk keluarga dan anak-anak, menggabungkan rekreasi dengan pendidikan. Ada juga sejumlah wahana hewan gajah, unta, dan kuda poni, yang pasti akan menggetarkan anak-anak.

Taman ini juga menampilkan pertunjukan hewan yang menampilkan hewan yang melakukan berbagai pertunjukan yang sangat menghibur seperti beruang bersepeda, dan pertunjukan cincin warna-warni kakatua. Pertunjukan satwa disajikan mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

Selain menyaksikan satwa,  ada juga taman bermain dan wahana ana-anak di kebun binatang, yang bisa dimainkan setiap hari Minggu seperti naik gajah, kereta kuda, dan naik perahu di danau.

Harga Tiket Masuk Ragunan Terbaru 2021

Apakah Anda sedang mencari wisata dengan tema edutainment yang ramah anak di Jakarta? Maka cobalah untuk langsung menuju Kebun Binatang Ragunan, rumah bagi 400 hewan dan 180 spesies flora di area tropis yang rimbun.

Nah, untuk bisa mengunjungi kawasan wisata paling menarik untuk anak-anak di Jakarta ini, Anda perlu membayar murah sekali, berikut rinciannya :

Harga Tiket Kebun Binatang Ragunan
Tiket DewasaRp4.000
Tiket AnakRp3.000
Tiket Kendaraan
MotorRp3.000
MobilRp6.000
SepedaRp1.000
Bus SedangRp12.500
Bus BesarRp15.000
Pusat Primata Schmutzer
Tiket Dewasa & Anak WeekdayRp6.000
Tiket Dewasa & Anak WeekendRp7.500
Tiket Children Zoo Anak & DewasaRp2.500
Kuda Tunggang Per 1 KelilingRp2.500
Kartu Jakcard Saldo Rp20.000Rp35.000
Kartu Jakcard Saldo Rp50.000Rp65.000

Harga tiket masuk yang ada di atas ini belum termasuk beberapa wahana atau fasilitas di dalamnya. Jika Anda ingin mencoba beberapa wahana yang ada di Ragunan, maka ada beberapa biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

Sejarah Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Ragunan menjadi salah satu tempat yang ideal untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Banyak orang tua cenderung membawa anak-anak mereka ke kebun binatang karena dapat melihat sejumlah besar hewan yang indah dan menarik.

Kebun Binatang sendiri mempunyai area dengan luas 140 hektar dan memiliki koleksi spesimen hewan liar. Ragunan sendiri adalah kebun binatang yang ada pertama kali di Indonesia. Awalnya, Ragunan dinamakan dengan Planten En Dierentuin dan sudah ada sejak tahun 1864. Hanya saja saat itu kebun binatang masih berada di bawah pengelolaan Batavia Wildlife Lovers Association.

Kemudian pada tahun 1949,  Planten En Dierentuin diubah namanya menjadi Cikini Zoo atau Kebun Binatang Cikini lalu dipindahkan ke Ragunan dan diubah lagi namanya menjadi Kebun Binatang Ragunan.

Nah, Kebun Binatang Ragunan  kemudian diresmikan oleh Mayor Jenderal Ali Sadikin, yang saat itu menjadi gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Taman satwa paling ikonik ini diresmikan sekitar 22 Juni 1966 dan dinamakan Taman Margasatwa Ragunan.

Nama kebun binatang tersebut telah beberapa kali mengalami perubahan, dan pada tahun 2010 berubah nama menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Ragunan. Kemudian tahun 2015, diganti lagi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Ragunan

  1. Mengamati Hewan

Mengamati Hewan Ragunan

Hewan di Kebun Binatang Ragunan sendiri datang dari banyak daerah, meskipun banyak yang asli Indonesia, seperti Komodo, Anoa, Orangutan, Harimau Sumatera, Tapir,dan masih banyak lagi, namun ada juga kok dari benua lain.

Sayangnya, ada beberapa spesies yang  dianggap terancam punah. Anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan jinak seperti rusa, kuda, kakatua dan burung lainnya. Anak-anak pasti akan sangat suka mengamati banyak hewan di sini.

  1. Memberi Makan Hewan

Memberi makan Hewan ragunan

Kebun binatang Ragunan menjual buah-buahan dan makanan ringan lainnya untuk memberi makan hewan. Anda bisa memberikan makanan kepada hewan-hewan di sini seperti jerapah, rusa, monyet dan sebagainya.

  1. Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer Ragunan

Kalau Anda ingin menjelajahi tempat lain di sekitar Ragunan, cobalah datang ke Pusat Primata Schmutzer sebuah pelestarian hewan yang pengelolaannya berbeda dengan Ragunan, tapi masih satu lokasi.

Di sini, Anda bisa berjalan di sebuah gedung dengan jembatan kaca yang panjang dan gelap. Di tempat ini, Anda akan melihat panorama habitat primata yang menakjubkan dan akan merasa seperti benar-benar berada di hutan! Cobalah mengamati keberadaan gorila, simpanse, atau orangutan di sini!

  1. Pergi Taman Refleksi

Taman Refleksi Ragunan

Taman Refleksi adalah tempat bagi pengunjung yang ingin menghilangkan stres, kecemasan dan meningkatkan aliran darah dengan berjalan di tanah berbatu. Taman Refleksi adalah semacam terapi ampuh yang dapat menyembuhkan penyakit dan membuat organ tubuh lebih kuat dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Datang ke Taman Refleksi jauh lebih baik daripada minum obat setiap saat yang akan membawa beberapa efek samping bagi tubuh Anda. Di tengah kolam Taman Refleksi terdapat patung orangutan, gajah, dan komodo berukuran raksasa.

  1. Bermain di Taman Satwa Anak

Taman Satwa Anak Ragunan

Hewan-hewan di taman ini sangat lucu dan pintar dan disukai oleh anak-anak. Pirarucu, ikan raksasa sungai yang ditemukan di dan danau Amazon ini bahkan memiliki berat 100 kg dapat dilihat di akuarium besar. Ada juga burung beo yang memiliki suara manusia. Kemudian ada condrophyton, capybara, jaring laba-laba unik, dll.

  1. Rental Sepeda

Rental Sepeda Ragunan

Jika Anda lelah berjalan, maka Anda bisa rental sewa di tempat persewaan sepeda. Ya, mungkin Anda membutuhkan sepeda untuk dikendarai dan itu lebih menyenangkan daripada mengendarai sepeda motor. Ragunan menyediakan rental sepeda bagi pengunjung yang ingin menelusuri taman dengan naik sepeda.

  1. Menunggang Unta

Menungang Unta Ragunan

Banyak wisatawan yang suka menunggangi unta seolah-olah sedang berwisata di gurun Sahara. Saat menunggangi unta, mereka mungkin membayangkan betapa serunya berjalan di atas hewan yang hanya bisa ditemukan di kawasan Asia Tengah dan Afrika ini.

  1. Naik Danau Perahu Angsa

Naik Danau Perahu Angsa Ragunan

Di Ragunan, ada sebuah danau buatan dengan luas 200 m2 yang memiliki beberapa pulau buatan di tengahnya. Wisatawan dapat mengayuh perahu angsa di danau. Airnya bersih dan ikan-ikan terlihat berenang di sisi perahu.

  1. Menyaksikan Panggung Hewan

Menyaksikan Panggung Hewan Ragunan

Di Ragunan, Anda bisa melihat hewan-hewan mempertunjukkan kebolehannya di depan para pengunjung. Misalnya, ada seekor burung beo yang sangat mahir memainkan cincin berwarna dan seekor beruang mengendarai sepeda seperti yang dilakukan laki-laki. Hewan-hewan yang ada di panggung sangat lucu dan banyak penonton yang tidak bisa menahan tawa dan memberikan tepuk tangan.

Selain semua yang disebutkan di atas, masih banyak tempat menarik di dalam kebun binatang yang harus Anda kunjungi, salah satunya adalah warung makan. Di sini banyak yang menjual makanan dan minuman lezat untuk orang-orang yang merasa lapar setelah menghabiskan berjam-jam di kebun binatang.

Ragunan adalah lokasi yang sangat baik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman. Ingat, harga tiket masuk Ragunan belum termasuk dengan wahanan permainannya, ya! Jadi siapkan uang lebih untuk itu.

Gravatar Image
Hargacampur.com adalah Website yang menyajikan Informasi Harga Diskon dan Katalog Promo Terbaru. Selain itu ada info Daftar Harga dan Diskon Terbaru bagi kalian para pecinta diskon di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya klik disini