Jumat, April 5, 2024

Harga Tiket Masuk Situ Patengan Bandung Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Situ Patengan Bandung, HTM : Rp25.000-Rp100.000, Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB, Lokasi : Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973, Telepon : -.

Situ Patengan, sebuah permata tersembunyi di kaki Gunung Patuha, menawarkan kedamaian dan keindahan alam yang memesona di tengah kebisingan kota Bandung. Terletak di wilayah Ciwidey, Bandung Selatan, danau ini telah lama menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang menakjubkan. Dengan luasnya sekitar 48 hektar dan dikelilingi oleh kebun teh yang hijau, Situ Patengan menjanjikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk Situ Patengan Bandung

Keindahan alam yang menawan dari danau ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Hamparan kebun teh yang tertata rapi memperindah panorama danau yang tenang. Sinar matahari pagi yang menyinari danau dan menghadirkan bayangan indah di permukaannya menjadikan Situ Patengan seperti lukisan alam yang hidup. Tidak heran jika banyak pengunjung yang terpesona oleh pesona alam danau ini dan kembali lagi untuk merasakan kedamaian yang ditawarkannya.

Selain keindahan alamnya, Situ Patengan juga memiliki daya tarik sejarah dan mitos yang menarik. Kisah legenda tentang Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terjalin di tempat ini menjadi bagian dari daya tariknya. Mitos tentang Batu Cinta yang diyakini sebagai tempat yang dapat memperkuat hubungan romantis juga menambah nuansa mistis dan menarik bagi para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Situ Patengan

Bagi para pengunjung yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam Situ Patengan, tentu penting untuk mengetahui harga tiket masuk yang berlaku. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Situ Patengan:

Jenis TiketHarga (Rp)
Tiket Masuk25.000
Tiket Terusan100.000

Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati segala keindahan dan aktivitas seru yang ditawarkan oleh Situ Patengan.

Jam Buka

Bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Situ Patengan, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar dapat merencanakan kunjungan dengan baik. Berikut adalah tabel jam buka Situ Patengan:

HariJam Buka
Senin – Minggu09.00 – 17.00 WIB

Situ Patengan buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu, dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Dengan jam operasional yang luas, pengunjung memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan waktu kunjungan mereka sesuai dengan preferensi dan jadwal liburan.

Aktivitas Seru di Situ Patengan

Situ Patengan tidak hanya menawarkan panorama alam yang memukau, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Situ Patengan:

Panorama Danau yang Indah

Panorama Danau yang Indah

Salah satu daya tarik utama Situ Patengan adalah keindahan panorama danau yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari tepi danau atau menjelajahinya dengan perahu atau sepeda air. Pemandangan alam yang indah ini sangat cocok untuk diabadikan dalam foto-foto indah.

Daya Tarik Sejarah & Mitos

Daya Tarik Sejarah & Mitos

Situ Patengan juga kaya akan sejarah dan mitos yang menarik. Tempat ini diyakini memiliki mitos romantis tentang keberuntungan dalam percintaan, seperti legenda Batu Cinta yang konon dapat mempercepat jodoh bagi pasangan yang mengunjunginya. Wisatawan dapat menjelajahi cerita-cerita legenda ini sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Menjelajahi Danau dengan Perahu

Menjelajahi Danau dengan Perahu

Pengunjung dapat menyewa perahu dan menjelajahi danau yang tenang sambil menikmati udara segar dan pemandangan sekitar. Berkeliling danau dengan perahu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memungkinkan wisatawan untuk menikmati keindahan alam Situ Patengan dari perspektif yang berbeda.

Berkeliling Danau dengan Sepeda Air

Berkeliling Danau dengan Sepeda Air

Selain perahu, wisatawan juga dapat menyewa sepeda air untuk berkeliling danau. Aktivitas ini cocok untuk keluarga dan teman-teman yang ingin menikmati waktu bersama sambil berolahraga ringan di alam terbuka.

Menyambangi Batu Cinta

Menyambangi Batu Cinta

Pulau Asmara, yang terletak di tengah Situ Patengan, menjadi tempat terkenal untuk menyambangi Batu Cinta. Konon, Batu Cinta memiliki kekuatan mistis yang dapat mempererat hubungan asmara. Aktivitas ini sering dilakukan oleh pasangan yang ingin menambah romansa dalam hubungan mereka.

Piknik di Tepi Danau

Piknik di Tepi Danau

Area tepi danau menyediakan tempat yang sempurna untuk piknik bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati sambil duduk-duduk menikmati pemandangan danau yang menenangkan.

Menapaki Kebun Teh

Menapaki Kebun Teh

Di sekitar Situ Patengan terdapat kebun teh yang luas dan indah. Pengunjung dapat menapaki kebun teh sambil menikmati udara segar dan panorama alam yang memukau. Ini adalah pengalaman yang menyegarkan dan menenangkan bagi pecinta alam.

Dengan beragam aktivitas seru yang ditawarkan, Situ Patengan adalah destinasi wisata yang sempurna bagi siapa saja yang mencari petualangan alam dan ketenangan di tengah keindahan alam Indonesia.

Fasilitas

Situ Patengan, sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Bandung, menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan dan kesenangan pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi:

  • Toilet: Ketersediaan fasilitas toilet yang bersih dan terawat memastikan kenyamanan pengunjung selama berada di Situ Patengan.
  • Warung Makan: Terdapat warung makan yang menyajikan berbagai hidangan lokal untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum pengunjung.
  • Penyewaan Perahu dan Sepeda Air: Bagi pengunjung yang ingin menikmati danau secara lebih aktif, tersedia penyewaan perahu dan sepeda air dengan tarif yang terjangkau.
  • Tempat Parkir: Area parkir yang luas dan aman memudahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi untuk memarkirkan kendaraannya.
  • Gazebo: Terdapat juga gazebo atau tempat berteduh di sekitar Situ Patengan yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.
  • Area Bermain: Fasilitas area bermain disediakan khusus bagi anak-anak untuk bermain dan berinteraksi dengan aman di lingkungan alam yang menyenangkan.

Dengan adanya berbagai fasilitas ini, pengunjung dapat merasa lebih nyaman dan terpenuhi kebutuhan selama berkunjung ke Situ Patengan.

Lokasi Situ Patengan

Situ Patengan terletak di Kampung Patengan Baru, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Bandung, dengan perjalanan kurang lebih satu jam tergantung dari kondisi lalu lintas.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapai Situ Patengan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan dapat mengikuti rute ke arah selatan dari Kota Bandung, melewati jalur menuju Kopo, Soreang, dan kemudian ke arah Ciwidey. Setelah melewati Ciwidey, wisatawan akan menemukan petunjuk arah menuju Situ Patengan.

Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia pula transportasi umum seperti angkutan kota (angkot) atau bus dari pusat Kota Bandung menuju kawasan Ciwidey. Dari sana, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek atau menyewa kendaraan lain untuk melanjutkan perjalanan ke Situ Patengan.

Situ Patengan terletak di kawasan yang indah, di tengah perkebunan teh dan hamparan hijau alam pedesaan. Meskipun terletak agak jauh dari pusat kota, lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan bantuan aplikasi navigasi atau petunjuk arah yang tersedia di sepanjang perjalanan.

Tips Berkunjung ke Situ Patengan

Tips Berkunjung ke Situ Patengan

Berkunjung ke Situ Patengan adalah pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan, tetapi beberapa tips berguna dapat membantu Anda merencanakan kunjungan yang lebih lancar dan menyenangkan:

  1. Pilih Waktu Kunjungan yang Tepat: Untuk menikmati Situ Patengan dengan suasana yang lebih tenang dan sejuk, disarankan untuk mengunjunginya di pagi atau sore hari. Hindari waktu kunjungan pada akhir pekan atau hari libur nasional untuk menghindari keramaian.
  2. Kenakan Pakaian yang Tepat: Karena Situ Patengan terletak di kawasan pegunungan dengan cuaca yang cenderung sejuk, pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Bawa juga jaket atau selimut ringan untuk menghangatkan diri jika diperlukan.
  3. Persiapkan Perlengkapan Tambahan: Bawa perlengkapan tambahan seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik selama berada di area terbuka.
  4. Perhatikan Kebersihan Lingkungan: Selalu jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan menghormati peraturan yang berlaku di Situ Patengan. Bantu menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak flora dan fauna yang ada.
  5. Perhatikan Kondisi Jalan: Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, pastikan untuk memeriksa kondisi jalan dan memilih rute terbaik menuju Situ Patengan. Perhatikan juga tanda-tanda lalu lintas dan jaga keamanan selama perjalanan.
  6. Bawa Cukup Uang Tunai: Meskipun beberapa tempat di Situ Patengan menerima pembayaran dengan kartu, lebih baik membawa cukup uang tunai untuk membayar tiket masuk, sewa perahu, atau pembelian makanan dan minuman di warung sekitar.
  7. Manfaatkan Fasilitas Penyewaan: Jika Anda tertarik untuk menjelajahi danau, manfaatkan fasilitas penyewaan perahu atau sepeda air yang tersedia di sekitar Situ Patengan. Ini akan memberi Anda pengalaman yang lebih menyenangkan dan mendalam.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan lancar ke Situ Patengan, serta memaksimalkan pengalaman wisata alam yang unik dan menarik di Bandung. Selamat menjelajahi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×