Sabtu, Februari 3, 2024

Biaya Pendaftaran S2 Universitas Terbuka 2023/2024

Biaya Pendaftaran S2 Universitas Terbuka Tahun Ajaran 2023/2024 – Biaya pendaftaran menjadi salah satu pertimbangan penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk untuk program studi S2. Universitas Terbuka menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mengikuti program S2 dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Namun, selain mempertimbangkan kualitas pendidikan dan jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran juga menjadi faktor yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan.

Biaya Pendaftaran S2 Universitas Terbuka

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai biaya pendaftaran S2 Universitas Terbuka untuk tahun ajaran 2023/2024. Selain itu, akan dijelaskan pula prosedur pendaftaran dan jadwal pendaftaran yang harus diketahui oleh calon mahasiswa. Dengan memperoleh informasi yang lengkap dan jelas, diharapkan calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memilih program studi S2 yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta memperhitungkan biaya yang dibutuhkan.

Biaya S2 Universitas Terbuka TA 2023/2024

Saat ini, Universitas Terbuka (UT) adalah salah satu perguruan tinggi terbesar di Indonesia yang menyediakan program S2 untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka. Setiap tahun, UT membuka pendaftaran untuk program S2 mereka, termasuk tahun akademik 2023/2024.

Biaya untuk program S2 Universitas Terbuka bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih dan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang diambil. Berikut adalah informasi terbaru tahun 2023 untuk biaya S2 Universitas Terbuka TA 2023/2024:

Program Studi S2Biaya per semester
Program Magister Ilmu Administrasi Bidang Administrasi PublikTipe A: Rp8.500.000
Tipe B: Rp9.350.000
Program Magister ManajemenTipe A: Rp8.500.000
Tipe B: Rp9.350.000
Program Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen PerikananRp8.500.000 (Tipe A)
Magister Pendidikan MatematikaTipe A: Rp8.500.000
Tipe B: Rp9.350.000
Magister Pendidikan DasarTipe A: Rp8.500.000
Tipe B: Rp9.350.000
Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen PerikananTipe A: Rp8.500.000
Tipe B: Rp9.350.000
Magister Studi LingkunganRp8.500.000 (Tipe A)
Magister Pendidikan Bahasa InggrisRp8.500.000 (Tipe A)

Keterangan:

  • Biaya admisi: Rp750.000 per mahasiswa.
  • Uang kuliah PPs Program Magister Online: Rp8.500.000 per semester.
  • Layanan administrasi lewat masa studi: Rp1.000.000 per semester.
  • Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM): Rp6.000.000.
  • Tarif tipe A berlaku untuk mahasiswa yang melakukan registrasi dan memperoleh layanan pendidikan di UPBJJ-UT: Jakarta, Serang, Bogor, Bandung, Purwokerto, Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Jember, Denpasar.
  • Tarif tipe B berlaku untuk mahasiswa yang melakukan registrasi dan memperoleh layanan pendidikan di UPBJJ-UT: Aceh, Medan, Batam, Padang, Pangkalpinang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Bengkulu, Bandar Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Samarinda, Mataram, Kupang, Makassar, Majene, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ternate, Ambon, Jayapura, Sorong.

Perlu diingat bahwa biaya kuliah Magister S2 di UT dapat berubah sesuai dengan kebijakan kampus dan biaya tahun akademik sebelumnya hanya digunakan sebagai perbandingan.

Prosedur Pendaftaran Universitas Terbuka

Prosedur Pendaftaran Universitas Terbuka

Jika Anda berminat untuk melanjutkan studi ke jenjang magister atau pascasarjana di Universitas Terbuka, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut adalah prosedur pendaftaran Universitas Terbuka yang dapat Anda ikuti:

  1. Registrasi Langsung di UPBJJ-UT Anda dapat melakukan pendaftaran langsung dengan mengunjungi Unit Pelaksana Pelayanan Terpadu (UPBJJ-UT) yang terdekat dengan lokasi Anda. Pastikan Anda membawa semua berkas persyaratan yang telah ditetapkan oleh kampus, yang dapat dilihat di website resmi UT di www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat.
  2. Registrasi Online Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online melalui Sistem Registrasi Online (SRO). Anda dapat mengunduh Petunjuk Sistem Registrasi Online pada laman SRO di alamat sro.ut.ac.id. Pastikan Anda membaca panduan dengan teliti sebelum melakukan pendaftaran.
  3. Registrasi Keliling Jika Anda kesulitan untuk datang langsung ke UPBJJ-UT, Universitas Terbuka juga menyediakan layanan registrasi keliling di tempat-tempat yang telah ditetapkan. Informasi seputar registrasi keliling dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan nomor peserta dan password yang dapat digunakan untuk mengakses Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Terbuka. Di SIA ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan akademik seperti mengambil mata kuliah, membayar uang kuliah, mengikuti ujian, dan melihat hasil ujian.

Sekali lagi, pastikan Anda telah mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan sebelum melakukan pendaftaran. Jangan ragu untuk menghubungi UPBJJ-UT terdekat jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi lebih lanjut mengenai prosedur pendaftaran di Universitas Terbuka.

Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka TA 2023/2024

Jadwal Pendaftaran Universitas Terbuka

Memperoleh gelar S2 dapat menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu di bidang tertentu dan meningkatkan karir mereka. Universitas Terbuka (UT) menawarkan berbagai program studi S2 dengan biaya yang terjangkau dan jadwal fleksibel yang cocok bagi para profesional yang ingin mengembangkan diri di bidang akademik.

Bagi yang berminat untuk mendaftar di UT, berikut adalah jadwal pendaftaran Universitas Terbuka TA 2023/2024:

  • Pendaftaran: 28 Februari – 26 April 2023
  • Pembayaran Admisi: 1 Maret – 3 Mei 2023
  • Tes Masuk: 27 – 28 Mei 2023
  • Pengumuman Hasil Tes Masuk: 28 Juni 2023

Pendaftaran bisa dilakukan langsung di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Universitas Terbuka terdekat atau melalui Sistem Registrasi Online (SRO). Selain itu, UT juga menyediakan layanan pendaftaran keliling di beberapa kota di Indonesia.

Untuk memastikan bahwa proses pendaftaran berjalan dengan lancar, calon mahasiswa disarankan untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan seperti fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan KTP. Selain itu, calon mahasiswa juga diharuskan membayar biaya administrasi sebesar Rp750.000 serta biaya kuliah per semester yang sesuai dengan program studi yang diambil.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar di UT pada tahun akademik 2023/2024 ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Hallo-UT di nomor 1500024 atau melalui SMS di nomor 08119050024. Selain itu, Anda juga bisa mengirim email ke alamat [email protected].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×