Harga Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Al Bahjah TA 2023/2024

Harga Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Al Bahjah Tahun Ajaran 2023/2024 – Pondok Pesantren Al Bahjah dipimpin oleh Ustaz Buya Yahya dan menawarkan program Tahfidz Al Qur’an yang fokus pada penghafalan dan pemahaman Al Qur’an. Keistimewaan Pondok Pesantren Al Bahjah terletak pada biaya pendaftaran yang terjangkau, memungkinkan calon santri dari berbagai lapisan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan agama berkualitas tanpa beban finansial yang berat.

Harga Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Al Bahjah

Di bawah bimbingan Ustaz Buya Yahya dan staf pengajar yang berpengalaman, santri Pondok Pesantren Al Bahjah memiliki lingkungan yang kondusif untuk mengembangkan kemampuan menghafal dan memahami Al Qur’an. Program Tahfidz Al Qur’an tidak hanya memprioritaskan penghafalan, tetapi juga memperhatikan pembentukan akhlak dan nilai-nilai keagamaan yang kuat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan biaya pendaftaran yang terjangkau, Pondok Pesantren Al Bahjah dapat diakses oleh banyak calon santri yang ingin menekuni studi agama dengan sungguh-sungguh.

Selain penekanan pada program Tahfidz Al Qur’an, Pondok Pesantren Al Bahjah juga mengintegrasikan kegiatan keagamaan lainnya untuk memperkuat iman dan akhlak santri. Dengan demikian, para santri tidak hanya menjadi hafidz Al Qur’an yang baik, tetapi juga individu yang berakhlak mulia dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pondok Pesantren Al Bahjah adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan agama yang berkualitas dengan biaya pendaftaran yang terjangkau serta pengalaman berharga dalam memperdalam pemahaman Al Qur’an.

Informasi Umum Pondok Pesantren Al Bahjah

Pondok Pesantren Al Bahjah, yang didirikan oleh Buya Yahya, memiliki lokasi strategis di Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179 Blok Gudang Air, Kelurahan Sendang, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pendirian pondok pesantren ini telah berlangsung sejak tahun 2010. Dengan waktu yang cukup lama berdiri, Pondok Pesantren Al Bahjah telah berhasil menarik santri dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Cirebon, Kuningan, Indramayu, Pontianak, Bangka Belitung, Tegal, Madura, hingga Pasuruan.

Pondok Pesantren Al Bahjah memiliki keunggulan dalam kualitas pengajar yang berkompeten. Para pengajar di pondok pesantren ini merupakan alumni dari lembaga pendidikan terkemuka baik dalam maupun luar negeri. Mereka berasal dari Ponpes Darullughoh Wa Dakwah Bangil, alumni Syekh Ismail Makkah, Universitas Al-Ahgaff Yaman, dan berbagai lembaga lainnya. Dengan pengajar yang berkualitas, Pondok Pesantren Al Bahjah mampu memberikan pendidikan agama yang baik kepada para santrinya.

Pondok Pesantren Al Bahjah saat ini telah mengasuh sekitar 80 santri putra dan putri. Jumlah santri yang cukup terbatas ini memungkinkan proses pembelajaran yang lebih intensif dan personal. Dengan ukuran yang relatif kecil, Pondok Pesantren Al Bahjah dapat memberikan perhatian khusus kepada setiap santri dalam pengembangan akademik, keagamaan, dan akhlak. Keberagaman latar belakang santri dari berbagai daerah juga memberikan suasana belajar yang dinamis dan saling menghormati di Pondok Pesantren Al Bahjah.

Lihat Juga :  Harga Biaya Homeschooling Primagama Terkini Mei 2024

Biaya Pendidikan Tahfidz Al Bahjah

Biaya Pendidikan Tahfidz Al Bahjah

Pondok Pesantren Al Bahjah telah membuka pendaftaran calon santri baru untuk tahun ajaran 2023/2024. Pondok pesantren ini menawarkan program pendidikan tahfiz, id’ad, serta jenjang SD (SDIQU), SMP (SMPIQU), dan SMA (SMAIQU). Bagi yang berminat, berikut adalah informasi mengenai biaya pendidikan tahfidz dan tafaqquh di Pondok Pesantren Al Bahjah.

Rincian Biaya Tahfidz Al BahjahBiaya (Rp)
Biaya SPP Bulanan510.000
Biaya Awal Masuk3.445.000

Dengan biaya pendidikan yang terjangkau, Pondok Pesantren Al Bahjah memberikan kesempatan kepada calon santri untuk mendapatkan pendidikan tahfidz yang berkualitas. Selain itu, fasilitas dan pengajar yang kompeten di pondok pesantren ini juga menjadi nilai tambah dalam mengembangkan potensi akademik dan keagamaan santri.

Biaya Pendidikan Tafaqquh Al Bahjah

Pondok Pesantren Al Bahjah juga menawarkan program pendidikan tafaqquh untuk calon santri. Program ini memberikan pendidikan yang komprehensif dalam aspek keagamaan dan keilmuan. Bagi Anda yang berminat mendaftarkan anak Anda ke Pondok Pesantren Al Bahjah, berikut ini adalah rincian biaya pendidikan tafaqquh Al Bahjah untuk tahun ajaran 2023/2024:

Rincian BiayaBiaya (Rp)
Biaya SPP Bulanan1.000.000
Biaya Awal Masuk5.500.000

Catatan:

  1. Biaya bulanan berikutnya yang harus dikeluarkan juga belum diumumkan. Pada tahun ajaran sebelumnya, biaya bulanan sekitar Rp295.000 per bulan.
  2. Uang kas wali santri digunakan untuk kegiatan pertemuan forum silaturahmi wali santri, keperluan umum tahfidz, dan lain-lain. Rincian biaya ini akan diumumkan saat pendaftaran.
  3. Uang tabungan santri digunakan untuk peralatan belajar pribadi, peralatan mandi pribadi, peralatan ibadah pribadi, dana kesehatan pribadi, dan lain-lain. Rincian biaya ini juga akan diumumkan saat pendaftaran.
  4. Bagi calon santri yang diterima di Tulungagung, akan dikenai uang transport tambahan. Jika orang tua santri ikut ke Tulungagung, maka akan dikenai tambahan uang transport untuk orang tua pulang pergi.

Dengan memperhatikan rincian biaya di atas, Anda dapat memperhitungkan biaya pendidikan tafaqquh di Pondok Pesantren Al Bahjah. Pastikan untuk menghubungi pihak pondok pesantren untuk mendapatkan informasi terbaru terkait biaya dan proses pendaftaran. Pondok Pesantren Al Bahjah memberikan pendidikan yang berkualitas serta lingkungan yang mendukung pengembangan spiritual dan akademik santri.

Lihat Juga :  Biaya Pendaftaran Pondok Pesantren Lirboyo Kediri 2023/2024

Biaya Pendidikan Formal Al Bahjah TA 2023/2024

Pondok Pesantren Al Bahjah tidak hanya menawarkan program tahfidz dan tafaqquh, tetapi juga menyediakan pendidikan formal mulai dari jenjang SD hingga SMA. Berikut adalah rincian biaya pendidikan formal Al Bahjah untuk tahun ajaran 2023/2024:

Jenjang Pendidikan Formal Al BahjahBiaya (Rp)
SDIQUPendaftaran: 400.000
Total Biaya Boarding School: 19.320.000
Total Biaya Full Day School: 14.640.000
SMPIQUTotal Biaya Daftar Ulang: 24.225.000
SMAIQUTotal Biaya Daftar Ulang: 24.310.000

Dalam perbandingan dengan tahun ajaran sebelumnya, biaya pendaftaran untuk pendidikan formal di Al Bahjah masih relatif stabil atau belum mengalami perubahan. Namun, perlu diperhatikan bahwa terdapat peningkatan biaya SPP untuk jenjang SMPIQU. SPP bulanan yang sebelumnya Rp975.000, kini naik menjadi Rp2.275.000 per bulan.

Dengan mempertimbangkan rincian biaya di atas, Anda dapat melakukan perencanaan keuangan yang tepat untuk pendidikan formal anak Anda di Pondok Pesantren Al Bahjah. Pastikan untuk menghubungi pihak pondok pesantren untuk memperoleh informasi terkini mengenai biaya dan proses pendaftaran. Pondok Pesantren Al Bahjah menawarkan lingkungan pendidikan yang berkualitas serta pendampingan yang baik dalam pengembangan akademik dan karakter santri.

Syarat Pendaftaran Santri Tahfidz Al Bahjah

Syarat Pendaftaran Santri Tahfidz Al Bahjah

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftarkan anak sebagai santri di Tahfidz Al Bahjah, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Berikut adalah syarat pendaftaran santri Tahfidz Al Bahjah:

  1. Usia Santri: Santri yang diterima di Tahfidz Al Bahjah memiliki rentang usia antara 10 hingga 12 tahun. Rentang usia ini ditetapkan agar santri dapat mengikuti program pendidikan tahfidz dengan baik.
  2. Pendaftaran: Calon santri diharapkan untuk datang dan mendaftar langsung ke kantor Tahfidz Al Bahjah. Informasi lengkap mengenai waktu dan tempat pendaftaran dapat diperoleh melalui kontak yang telah disediakan oleh pondok pesantren.
  3. Seleksi Mabit: Setelah mendaftar, calon santri akan mengikuti seleksi mabit atau menginap selama 3 hari di Tahfidz Al Bahjah. Pada seleksi ini, santri akan mengikuti tes yang mencakup bacaan Alquran, bacaan salat, hafalan Alquran, akhlak, kemandirian, dan kesungguhan.
  4. Dokumen Pendukung: Calon santri diwajibkan untuk melampirkan fotokopi KTP ayah dan ibu. Selain itu, juga diperlukan fotokopi rapor selama sekolah sebagai salah satu dokumen pendukung.
  5. Wawancara: Selama proses seleksi mabit 3 hari, akan dilakukan wawancara bersama orang tua atau wali santri. Wawancara ini dilakukan secara langsung dan tidak boleh diwakilkan oleh pihak lain.
  6. Biaya Pendaftaran: Calon santri diharapkan untuk membayar biaya formulir sebesar Rp400.000 sebagai biaya pendaftaran. Biaya ini akan digunakan untuk proses administrasi dan pengelolaan pendaftaran.
Lihat Juga :  Harga Biaya Homeschooling Primagama Terkini Mei 2024

Dengan memenuhi syarat-syarat di atas, Anda dapat melengkapi proses pendaftaran santri Tahfidz Al Bahjah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dan informasi terkini dari pihak pondok pesantren untuk memastikan kelancaran proses pendaftaran. Tahfidz Al Bahjah menyediakan program pendidikan tahfidz Alquran yang komprehensif dan didukung oleh lingkungan yang kondusif untuk pengembangan keilmuan dan akhlak santri.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Al Bahjah TA 2023/2024

Bagi Anda yang berminat mendaftarkan anak sebagai santri di Pesantren Al Bahjah pada tahun ajaran 2023/2024, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran untuk tahun ajaran tersebut telah dibuka sejak tanggal 1 Januari 2023 dan akan berlangsung hingga kuota terpenuhi.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detil mengenai proses pendaftaran, persyaratan, serta jadwal seleksi, Anda dapat menghubungi kontak yang telah disediakan oleh Pesantren Al Bahjah. Melalui kontak tersebut, Anda dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan panduan yang dibutuhkan untuk melengkapi proses pendaftaran.

Alamat dan Kontak LPD Al Bahjah

Alamat dan Kontak LPD Al Bahjah

LPD Al Bahjah adalah lembaga pendidikan yang memiliki peran penting dalam menyediakan pendidikan dan dakwah Islam di Cirebon. Dengan lokasinya yang terletak di Jl. Pangeran Cakrabuana No. 179 Blok Gudang Air, Kecamatan Sumber, Cirebon, lembaga ini menjadi tempat yang strategis bagi para santri yang ingin mendapatkan pendidikan agama yang berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi LPD Al Bahjah melalui nomor telepon 085322905511 atau 082321009109, serta melalui email di [email protected].

LPD Al Bahjah berkomitmen untuk memberikan pembinaan yang holistik bagi santri dalam bidang tahfiz Alquran, tafaqquh (ilmu agama), dan pendidikan formal. Dengan didukung oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, serta suasana pendidikan yang kondusif, LPD Al Bahjah siap menerima calon santri yang ingin mengembangkan kemampuan agama dan pengetahuan umum mereka. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai program-program pendidikan, biaya, dan persyaratan pendaftaran, jangan ragu untuk menghubungi LPD Al Bahjah melalui kontak yang telah disediakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×