Kamis, April 4, 2024

Harga Biaya Tes IELTS Terbaru April 2024

Harga Biaya Tes IELTS Terkini – Dalam era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi salah satu syarat yang penting untuk melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Selain tes TOEFL, IELTS (International English Language Testing System) juga menjadi pilihan yang populer untuk menguji kemampuan bahasa Inggris. Tes IELTS diakui secara luas oleh banyak universitas dan lembaga di berbagai negara, termasuk Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan masih banyak lagi.

Harga Biaya Tes IELTS Terbaru Juli 2023

Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini tentang harga biaya tes IELTS di Indonesia. Mengetahui harga biaya tes IELTS adalah langkah penting bagi anda yang berencana melanjutkan pendidikan atau mencari peluang kerja di negara-negara dengan lingkungan berbahasa Inggris aktif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa lembaga resmi yang ditunjuk oleh IELTS untuk menyelenggarakan tes di Indonesia, serta rincian biaya tes yang perlu diketahui oleh calon peserta. Informasi ini akan membantu para calon peserta tes IELTS untuk mempersiapkan diri dengan baik, termasuk dalam hal perencanaan keuangan. Dengan mengetahui harga biaya tes IELTS terbaru, pembaca akan dapat mengambil keputusan yang tepat dan mempersiapkan diri secara finansial. Baik itu untuk tes IELTS Akademik atau Pelatihan Umum.

Selanjutnya, artikel ini juga akan memberikan informasi tentang beberapa lembaga yang menyelenggarakan tes IELTS di Indonesia, seperti Indonesia Australia Language Foundation (IALF), British Council Indonesia Foundation, dan International Development Program (IDP) Education. Dengan mengetahui lokasi penyelenggaraan tes, pembaca dapat lebih mudah menentukan tempat yang paling nyaman dan terjangkau bagi mereka.

Pengertian Tes IELTS

Pengertian Tes IELTS

Tes IELTS (International English Language Testing System) adalah sebuah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Tes ini terdiri dari empat bagian utama yang mencakup keterampilan mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

IELTS memiliki dua format tes yang umumnya digunakan, yaitu IELTS Akademik dan IELTS Pelatihan Umum (General Training). Tes IELTS Akademik ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, khususnya di institusi pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris. Tes ini juga cocok bagi mereka yang berencana bekerja di lembaga internasional. Fokus dari tes ini adalah aspek akademis, dengan materi yang berkaitan dengan riset dan analisis. Dalam sesi tes IELTS Academic, peserta akan menghadapi soal-soal yang menantang dan menguji pemahaman serta kemampuan berbahasa Inggris yang lebih mendalam.

Sementara itu, IELTS General Training dirancang untuk peserta yang ingin mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tes ini juga diperlukan bagi mereka yang berencana pindah ke negara berbahasa Inggris. Soal dalam tes ini lebih berkaitan dengan situasi dan konteks sehari-hari. Materi yang dibahas dalam setiap sesi tes IELTS General Training meliputi topik-topik yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, seperti bepergian, berkomunikasi dengan orang lain, dan kegiatan sosial.

Kedua kategori tes tersebut memiliki perbedaan dalam hal konteks dan fokus materi yang diujikan. Pilihan tes IELTS yang tepat tergantung pada tujuan pribadi Anda, apakah itu melanjutkan studi akademis atau mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari. Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat memilih kategori tes yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapinya.

Perbedaan utama antara IELTS dan tes bahasa Inggris lainnya, seperti TOEFL, terletak pada aksen bahasa yang digunakan. IELTS menggunakan aksen British dalam tesnya, sedangkan TOEFL menggunakan aksen Amerika. Oleh karena itu, tergantung pada tujuan Anda, Anda mungkin perlu memilih tes yang paling relevan dengan kebutuhan Anda.

IELTS diakui secara luas oleh banyak universitas, institusi pendidikan, dan lembaga di berbagai negara. Banyak universitas di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan negara-negara lainnya menerima hasil tes IELTS sebagai salah satu persyaratan penerimaan. Selain itu, tes IELTS juga diakui oleh lembaga-lembaga profesional seperti Dinas Imigrasi Selandia Baru dan Dewan Media Inggris General Medical.

Tes IELTS membutuhkan persiapan yang matang agar dapat menghasilkan skor yang baik. Banyak sumber daya dan kursus persiapan IELTS tersedia untuk membantu peserta tes memahami format dan persyaratan tes ini. Dalam menjalani tes IELTS, penting untuk berlatih mendengarkan dan memahami percakapan bahasa Inggris, membaca dan memahami teks-teks akademik atau umum, berbicara dengan lancar dan jelas, serta menulis dengan struktur yang baik dan tata bahasa yang benar.

Harga Biaya Tes IELTS Terkini

Harga Biaya Tes IELTS Terbaru

Sebelum memutuskan untuk mendaftar tes, penting bagi kita untuk mengetahui rincian biaya tes IELTS terbaru di Indonesia. Biaya tes dapat bervariasi bergantung pada lembaga penyelenggara dan lokasi tes. Dalam bagian ini, kita akan membahas perbandingan harga tes IELTS di beberapa lokasi di Indonesia.Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan beberapa lembaga resmi yang menyelenggarakan tes IELTS di Indonesia beserta biaya yang terkait.

Berikut adalah tabel yang berisi informasi tentang biaya tes IELTS di beberapa lembaga di Indonesia:

Nama LembagaLokasi Tes IELTSBiaya Tes IELTS
Language Development Center Universitas Muhammadiyah purwokertoPurwokertoIELTS Simulation Test: Rp200.000
British Council Indonesia FoundationJakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, MakassarIELTS Academic/General Training (berbasis kertas): Rp3.150.000

IELTS Academic/General Training (berbasis komputer): Rp3.150.000

IELTS untuk UKVI Academic/General Training: Rp3.350.000

IELTS Life Skills A1: Rp2.600.000

IELTS Life Skills B1: Rp2.600.000

UN-MalangMalangRp2.900.000
Central International Education BatamBatamRp3.000.000
Indonesia Australia Language Foundation (IALF)Jabodetabek, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Makassar, Kupang, Jayapura, Dili – Timor Leste, Jambi, Pekanbaru, Pontianak, Batam, Padang, MataramTesIELTS: Rp3.150.000
Sekolah Global MandiriCibuburRp3.200.000
SUN English SurabayaSurabayaRp3.300.000
International Development Program (IDP) EducationJabodetabek, Solo, Pontianak, Medan, Makassar, Batam, Palembang, Pekanbaru, Yogyakarta, Bandung, SemarangIELTS General Training/Academic: USD 215

IELTS UKVI: USD 252

IELTS Life Skills: USD 189

Biaya diatas telah kami rangkum dari website resmi masing-masing penyelenggara tes IELTS. Perlu diingat bahwa biaya tes IELTS di tempat-tempat tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Tetaplah mengikuti informasi terbaru dan pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat meraih skor yang diinginkan dalam tes IELTS.

Komponen Tes IELTS

Komponen Tes IELTS

Dalam tes IELTS, terdapat empat komponen yang menguji berbagai kemampuan bahasa Inggris peserta. Berikut adalah penjelasan singkat tentang setiap sesi:

  1. Listening: Bagian Listening dalam tes IELTS adalah sesi di mana kemampuan mendengar peserta akan diuji. Peserta akan mendengarkan empat rekaman berbeda dan harus menjawab pertanyaan yang terkait dengan rekaman tersebut. Rekaman tersebut biasanya berisi dialog antara penutur asli bahasa Inggris. Durasi sesi ini adalah 30 menit.
  2. Reading: Pada bagian Reading peserta harus menjawab 40 pertanyaan yang dirancang untuk menguji keterampilan membaca atau pemahaman membaca. Untuk berhasil melewati sesi ini, peserta perlu menguasai kemampuan membaca inti, ide utama, detail, argumen logis dalam teks, serta mampu memahami sikap, pendapat, dan niat penulis. Durasi sesi ini sekitar 60 menit, tergantung pada tingkat kesulitannya.
  3. Writing: Writing adalah sesi di mana kemampuan menulis peserta akan diuji. Peserta akan diminta untuk menyelesaikan dua esai berbeda tentang dua topik yang telah disiapkan oleh pengawas. Durasi sesi ini adalah 60 menit, yang juga disesuaikan dengan tingkat kesulitan tugas menulis.
  4. Speaking:  Komponen terakhir adalah bagian Speaking. Di sini, kemampuan berbicara peserta dalam bahasa Inggris akan diuji. Peserta akan berinteraksi langsung dengan penutur asli bahasa Inggris dan harus menjawab pertanyaan yang diajukan selama sekitar 15 menit. Meskipun bisa terlihat menakutkan, sesi ini dapat dijalani dengan mudah jika peserta memiliki pengetahuan kosakata bahasa Inggris yang memadai.

Setelah mengikuti semua sesi tes, peserta akan menerima hasil dalam bentuk skor antara 1 hingga 9. Semakin tinggi skor yang diraih, berarti semakin baik pula kemampuan bahasa Inggris peserta.

Deskripsi Skor IELTS

Deskripsi Skor IELTS

Dalam tes IELTS, skor diberikan pada skala 0 hingga 9. Skor keseluruhan IELTS dihitung dengan mengambil rata-rata skor dari semua bagian, dengan bobot yang sama untuk setiap bagian. Skor akhir IELTS dibulatkan ke puluhan terdekat. Sebagai contoh, jika seorang kandidat memperoleh skor 6,4, maka akan dibulatkan menjadi 6, sedangkan jika memperoleh skor 6,5, akan dibulatkan menjadi 7. Skor IELTS dapat mengukur kemampuan pengguna dalam bahasa Inggris, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Setiap band skor IELTS menunjukkan tingkat keahlian dalam bahasa Inggris. Berikut adalah tabel informasi mengenai Skor Band IELTS, Tingkat Keahlian, dan Keterangan yang diminta:

Skor Band IELTSTingkat KeahlianKeterangan
9AhliPeserta merupakan pengguna ahli dan memiliki perintah operasional bahasa. Peserta menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dan akurat.
8Sangat bagusPeserta adalah pengguna yang sangat baik dan memiliki perintah operasional bahasa Inggris. Peserta mungkin salah memahami situasi asing tertentu.
7BagusPeserta adalah pengguna yang baik dan menguasai bahasa Inggris dengan ketidakakuratan sesekali.
6Pengguna yang kompetenPeserta adalah pengguna yang kompeten dan memiliki penguasaan bahasa yang efektif dengan beberapa ketidakakuratan dan penggunaan yang tidak tepat dalam situasi tertentu.
5Pengguna sederhanaPeserta adalah pengguna yang sederhana dengan sebagian penguasaan bahasa dan dapat menangani komunikasi dasar di bidang kita.
4Pengguna terbatasPeserta adalah pengguna terbatas dan hanya dapat memahami bahasa dalam situasi yang familiar.
3Pengguna yang sangat terbatasDengan gangguan berulang dalam komunikasi, Peserta hanya memahami satu-satunya makna umum dalam situasi yang sangat akrab.
2BerselangPeserta tes mengalami kesulitan besar dalam memahami bahasa Inggris lisan dan tulisan.
1Bukan penggunaPeserta tes tidak dapat menggunakan bahasa Inggris kecuali untuk beberapa kata yang terisolasi.
0Tidak mencoba tesPeserta tes tidak menjawab pertanyaan.

Target skor IELTS sebagai persyaratan minimal dari beberapa beasiswa di Indonesia adalah;

  • Beasiswa LPDP dalam negeri: 6,0
  • Beasiswa LPDP luar negeri: 6,5
  • Beasiswa Fullbright: 6,0
  • Beasiswa Chevening: 6,5

Skor IELTS yang baik diperlukan tergantung pada target yang ingin dicapai. Untuk masuk ke universitas di luar negeri, skor akademik IELTS yang baik diperlukan. Setiap negara dan universitas memiliki standard skor IELTS yang berbeda. Misalnya, universitas top di AS seperti Harvard dan Stanford menerima skor IELTS 7 atau lebih. Di Inggris, universitas seperti Oxford atau Cambridge membutuhkan skor IELTS 7,5 atau lebih. Persyaratan skor IELTS untuk universitas di Kanada dan Australia juga berbeda, dengan skor 6,5 atau 7 atau lebih untuk masuk ke universitas terbaik. Skor IELTS memiliki masa berlaku selama 2 tahun, meskipun validitasnya bergantung pada institusi penerima masing-masing.

Berapa Lama Hasil Tes IELTS Muncul

TesWaktu
IELTS di kertas13 hari
IELTS di komputer3 – 5 hari
IELTS Online6 – 8 hari kalender
IELTS untuk UK Visa dan Imigrasi13 hari
IELTS for IELTS Skills7 hari

Jika hasil tes IELTS Anda tidak sesuai dengan harapan, Anda memiliki opsi untuk mengajukan permohonan agar tes Anda diperiksa ulang. Proses ini disebut sebagai Inquiry on Results (EOR). Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih bagian tes mana yang ingin Anda periksa ulang.

Hasil dari permohonan EOR akan tersedia antara hari yang sama hingga 21 hari setelah Anda mengajukannya. Durasi proses pengajuan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk waktu pengajuan dan jumlah bagian tes yang ingin diperiksa ulang. Jika Anda tidak menerima tanggapan setelah 21 hari, disarankan untuk menghubungi pusat tes. Layanan ini dikenai biaya sekitar Rp 1,720,000, yang akan dikembalikan jika skor Anda terbukti meningkat pada setiap bagian tes yang diperiksa ulang.

Anda harus mengajukan permohonan penilaian ulang paling lambat enam minggu setelah tanggal tes, baik tes IELTS berbasis kertas atau melalui komputer. Anda dapat mengirimkan Pertanyaan tentang Enquiry on Result secara online melalui Portal Peserta Tes. Anda juga dapat mengunduh Formulir Pertanyaan tentang Hasil dari bagian unduhan yang tersedia, kemudian mengirimkannya ke pusat ujian tempat Anda mengikuti tes. Pastikan Anda melampirkan bukti pembayaran yang valid.

Lembaga kursus IELTS

Lembaga kursus IELTS

Jika anda sedang dalam masa persiapan untuk tes IELTS, berikut merupakan beberapa lembaga kursus yang dapat membantu anda:

  1. IDP (International Education Specialist) merupakan salah satu lembaga penyelenggara ujian IELTS yang terkenal. Lembaga ini menawarkan layanan kursus intensif untuk persiapan ujian IELTS. Kursus IDP tersedia di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, dan Makassar. Kursus ini berbentuk workshop dengan durasi 10-12 jam per minggu dan biaya sebesar Rp1,5 juta. Selain kursus intensif dan workshop, IDP juga menyediakan berbagai materi bacaan yang membantu peserta kursus mempersiapkan diri sebelum mengikuti tes IELTS.
  2. British Council (BC) juga merupakan lembaga pendidikan internasional yang menawarkan kursus IELTS di berbagai negara, termasuk Indonesia. British Council menyediakan program pelatihan IELTS untuk membantu peserta mempersiapkan diri menghadapi tes IELTS. Program pelatihan IELTS dari British Council meliputi kursus persiapan, tes simulasi, dan bahan bacaan serta latihan online. Peserta kursus dapat memilih mengikuti kursus secara individu atau dalam kelompok kecil dengan durasi kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan level kemampuan bahasa Inggris peserta. Biaya kursus berkisar Rp8,9 juta untuk 20 sesi pertemuan.
  3. International Education Centre (IEDUC) menawarkan pembelajaran IELTS berkualitas. Di lembaga ini, peserta kursus akan diajarkan soal latihan beserta pembahasannya, serta diberikan tips dan trik dalam mengerjakan IELTS. Durasi pembelajaran di IEDUC adalah selama 2 bulan dengan total 20 pertemuan. Program pelatihan IELTS yang ditawarkan oleh IEDUC mencakup kursus persiapan, tes simulasi, dan bahan bacaan serta latihan online. Peserta kursus dapat memilih untuk mengikuti kursus secara individu atau dalam kelompok kecil, tergantung pada kebutuhan dan tingkat kemampuan bahasa Inggris peserta. Selain itu, IEDUC juga menyediakan kelas-kelas intensif dan khusus yang fokus pada keterampilan tertentu seperti membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.
  4. Kaplan Edupac juga terkenal melalui program bahasa Inggris dari Kaplan International Colleges & Kaplan Test Prep and Admissions. Selain menyediakan kursus IELTS, lembaga ini juga memberikan layanan konsultasi bagi siswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri. Program pelatihan IELTS dari Kaplan Edupac mencakup kursus persiapan, tes simulasi, dan bahan bacaan serta latihan online. Peserta kursus dapat memilih mengikuti kursus secara individu atau dalam kelompok kecil, dengan durasi kursus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan level kemampuan bahasa Inggris peserta. Biaya untuk mengikuti program kursus di lembaga ini mulai dari Rp2,5 juta.
  5. EF (English First) merupakan kursus Bahasa Inggris yang terkenal di Indonesia dengan banyak cabang di berbagai kota besar. Didirikan di Swedia pada tahun 1965, EF telah membuka cabang di banyak negara dan memiliki jutaan siswa dan alumni.
  6. Wall Street English (WSE) didirikan di Italia pada tahun 1972 dan kini menjadi salah satu kursus Bahasa Inggris yang dikenal secara global. WSE memiliki cabang di 29 negara dengan total 3 juta siswa dan alumni. Wall Street English menyediakan komunitas belajar Bahasa Inggris yang interaktif.
  7. Focus IELTS adalah penyedia kursus IELTS Preparation terbaik yang menawarkan kualitas tutor terbaik lulusan luar negeri. Di Focus IELTS, peserta kursus akan mendapatkan jumlah sesi dan jam yang sama dengan harga terbaik dibandingkan dengan kursus lainnya. Focus IELTS memberikan garansi skor 7.0 untuk peserta. Sebelum mengikuti tes IELTS resmi, peserta akan diberikan tes simulasi menggunakan aplikasi tes IELTS yang disesuaikan. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi kemampuan IELTS peserta.

Tips Lulus Tes IELTS

Tips Lulus Tes IELTS

Untuk berhasil lulus dalam tes IELTS, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris:

  1. Tentukan Waktu Persiapan: Penting untuk menentukan berapa lama kamu akan mempersiapkan diri. Sebaiknya, alokasikan waktu persiapan minimal 3 hingga 6 bulan sebelum tes dilaksanakan. Dengan menentukan waktu persiapan yang cukup, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari materi secara menyeluruh dan memperbaiki kelemahan yang ada.
  2. Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris: Mulailah melatih diri untuk berbincang menggunakan bahasa Inggris dengan orang terdekat. Praktek berkomunikasi aktif dalam bahasa Inggris akan membantu meningkatkan kefasihan anda dan memberikan kesempatan untuk menerapkan grammar dan kosa kata yang telah dipelajari.
  3. Penguasaan Grammar yang Baik: Penguasaan grammar dengan baik merupakan kunci utama dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Luangkan waktu untuk mempelajari dan memahami tata bahasa dengan sungguh-sungguh. Pelajari aturan-aturan dasar dan fokus pada pemahaman struktur kalimat yang benar.
  4. Perluas Kosa Kata: Selain grammar, penting untuk terus memperluas pengetahuan kosa kata. Caranya adalah dengan membaca berita, artikel, atau buku dalam bahasa Inggris. Dengan membaca secara teratur, kamu akan terbiasa dengan kosakata baru dan memperkaya pemahamanmu terhadap bahasa Inggris.
  5. Pelajari Idiom dan Ungkapan: Selain memahami makna kata per kata, penting juga untuk mempelajari idiom dan ungkapan dalam bahasa Inggris. Hal ini akan membantu memperluas pemahaman anda terhadap bahasa Inggris dan membuatmu lebih terbiasa dengan cara berbahasa yang alami.
  6. Latih Kemampuan Menulis: Selain kemampuan berbicara, latih juga kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Mulailah dengan menulis beberapa kalimat atau paragraf dalam bahasa Inggris setiap harinya. Ini akan membantu memperbaiki struktur kalimat dan meningkatkan kemampuan anda dalam menyampaikan ide secara tertulis.
  7. Tes Simulasi: Sebelum mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris yang sebenarnya, lakukan tes simulasi untuk mengukur kemampuanmu. Tes simulasi akan memberikan kamu gambaran tentang bentuk soal dan meningkatkan kepercayaan diri saat menghadapi tes sebenarnya.

Dengan mempelajari dan melatih tiga aspek utama, yaitu speaking, grammar and vocabulary, serta reading, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu secara signifikan dan memiliki peluang yang lebih baik untuk lulus dalam tes IELTS.

Dalam kesimpulan, meskipun biaya tes IELTS dapat menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan, jangan lupa untuk melihat secara keseluruhan kualitas dan reputasi lembaga penyelenggara serta melakukan persiapan yang matang. Dengan memahami rincian biaya tes IELTS terbaru dan mempersiapkan diri dengan baik, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk meraih skor yang diinginkan dalam tes IELTS dan mencapai tujuan studi atau karir di luar negeri.

Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes IELTS. Sukses dalam perjalanan Anda menuju kesuksesan bahasa Inggris!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×