Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran Terbaru 2022

Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran – Getuk umumnya terbuat dari singkong yang dihaluskan. Namun, di Kediri terdapat Getuk yang berbahan dasar buah pisang. Getuk yang dinamakan Getuk Pisang ini merupakan makanan khas Kediri yang sangat populer.

Getuk pisang berbentuk seperti lontong namun ukurannya lebih kecil. Biasanya panjang Getuk Pisang adalah sekitar 15-20 cm dan dibungkus dengan daun pisang. Makanan tradisional ini bertekstur kenyal, padat namun tidak terlalu keras, dan juga tidak lembek. Warna cokelat kemerahan dari Getuk Pisang dihasilkan dari prose perebusan pisang. Banyak pemudik ataupun wisatawan yang menjadikan Getuk Pisang sebagai oleh-oleh.

Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran

Kepopuleran Getuk Pisang tentunya dikarenakan oleh rasanya yang lezat. Pisang yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatannya tidak diambil dari sembarang pisang, Umumnya, pisang yang digunakan adalah jenis Rojo Nongko/Raja Nangka karena rasanya yang khas. Rasa pisang Rojo Nongko tidak hanya manis, namun juga sedikit asam. Selain itu, tekstur pisang ini juga keras sehingga tidak mudah lembek saat proses pengukusan.

Sebenarnya proses pembuatan Getuk Pisang tidak terlalu rumit, namun tetap membutuhkan ketelitian. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih pisang raja nangka yang belum terlalu matang, lalu potong pisang tersebut. Setelah dipotong, rebus pisang hingga warnanya berubah menjadi cokelat keunguan.

Tujuan dari merebus pisang adalah untuk menghilangkan rasa sepat dari pisang. Kemudian pisang diberi larutan gula merah dan garam. Setelah itu, campuran pisang dan larutan gula serta garam diblender hingga halus dan tercampur merata. Selanjutnya, cetak getuk pisang dengan cetakan berbentuk pipa agar teksturnya lebih padat dan ukurannya seragam. Langkah terakhir adalah membungkus getuk dengan daun pisang dan mengukus getuk pisang hingga matang.

Selain lezat, ternyata Getuk pisang juga bergizi. Dalam 100 gr getuk pisang mengandung 144 kalori dengan jumlah karbohidrat sebesar  34,1 gr serta protein sebanyak 1,1 gr. Disamping itu, getuk pisang juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor. Selain enak, dengan mengonsumsi getuk pisang, perut jadi kenyang.

Untuk cara mengonsumsinya, getuk pisang memang paling enak jika disantap langsung. Namun, jika ingin disimpang, Getuk Pisang dapat bertahan dua hari di suhu ruang. Jika disimpan di kulkas, maka getuk pisang dapat bertahan sekitar lima hari. Oleh karena itu, jika ingin menjadikan getuk pisang sebagai oleh-oleh, ada baiknya anda memperhatikan ketahanan dari makanan ini.

Sebenarnya, Getuk Pisang tidak hanya dijual di Kota Kediri. Banyak produsen yang menyetorkan Getuk pisang ke kota-kota lainnya. Selain itu, ada banyak penjual yang memasarkan produknnya secara online. Namun, jika anda kebetulan sedang berada di Kediri dan ingin mengunjungi langsung produsen Getuk Pisang Kediri, anda bisa mengunjungi wilayah-wilayah berikut.

Unit-unit usaha pembuatan getuk pisang tersebar di berbagai wilayah Kota Kediri, yaitu di Kelurahan Jagalan, Kampungdalem, Pakelan, dan Kaliombo. Beberapa unit usaha pembuat getuk pisang yang populer adalah Madu Manis No. 16 (Kampungdalem), Rasa Manis (Kaliombo), serta Rojonongko dan Dua Sisir (Singonegaran).

Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran

Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran

Merk/Varian Getuk Pisang KediriHarga
Getuk Pisang Safari Mini 30 grRp1.500 per bungkus
Getuk Pisang Al LatifRp10.000 per bungkus
Getuk Pisang Sari MaduRp12.000 per bungkus
Getuk Pisang Madu Manis 16Rp15.000 per bungkus
Getuk Pisang GTTRp15.000 per bungkus
Getuk Pisang Cap DhohoRp15.000 per bungkus
Getuk Pisang POORp19.000 per bungkus

Merk yang kami cantumkan diatas tentunya hanya beberapa saja yang paling populer. Selain merk diatas masih banyak merk lain Getuk Pisang dari UMKM lokal yang juga patut dicoba. Harga telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat bahwa dapat terjadi perbedaan harga dikarenakan faktor-faktor tertentu.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran terbaru kali ini. Semoga dengan adanya informasi Harga Getuk Pisang Khas Kediri Berbagai Ukuran diatas dapat menjadi referensi bagi anda semua yang sedang ingin berkunjung ke Kediri dan mencari oleh-oleh. Getuk Pisang dapat anda jadikan alternatif oleh-oleh selain Tahu Takwa Kediri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: