Rabu, April 24, 2024
Hobi  

Harga Ikan Glofish Berbagai Jenis & Cara Merawatnya 2024

Harga Ikan Glofish Berbagai Jenis & Cara Merawatnya Terkini – Glofish, si ikan bercahaya yang mengundang decak kagum, telah meraih popularitas yang signifikan di dunia hobi. Mungkin bagi sebagian orang, ikan bercahaya dengan warna neon yang memukau ini masih terdengar asing. Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2004, Glofish telah menjadi sorotan utama di pasar ikan hias berkat keunikan visualnya yang mempesona. Saat lampu menyala, warna ikan Glofish memang tidak mencolok, namun jika penerangan akuarium diganti dengan LED atau sinar ultraviolet (UV), barulah warnanya akan muncul.

Harga Ikan Glofish Berbagai Jenis & Cara Merawatnya Terbaru Agustus 2023

Ikan Glofish atau Danio rerio adalah sejenis ikan kecil berwarna neon. Ikan ini dapat memancarkan cahaya saat berada di air yang tercemar oleh racun atau polusi air karena mereka menghasilkan bahan luciferin yang dapat bersinar dalam kegelapan. Pada awalnya, ikan ini dikembangkan oleh para peneliti dari Singapura dengan tujuan menjadi indikator biologis untuk mendeteksi adanya polusi dalam air. Peneliti menyisipkan gen pemicu yang dapat mengaktifkan cahaya (diambil dari gen ubur-ubur dan karang merah) pada ikan Zebra sehingga membuat ikan ini dapat menyala dalam kondisi tertentu, terutama ketika berada dalam lingkungan yang mengandung zat berbahaya. Dikutip dari Jawapos.com, Ikan zebra dengan DNA karang akan berwarna merah, sedangkan ikan dengan DNA ubur-ubur akan berwarna hijau.

Modifikasi gen pada jenis ikan Zebra ini menghasilkan lima warna yang mencolok, yaitu Starfire Red, Sunburst Orange, Electric Green, Cosmic Blue, dan Galactic Purple. Kemajuan dalam rekayasa genetika memungkinkan manipulasi warna lain pada Glofish ini. Ikan Glofish kemudian dipatenkan sebagai ikan hias atau ikan akuarium dan sukses dipasarkan di seluruh Amerika Serikat sejak akhir tahun 2003. Ikan ini bahkan populer di restoran-restoran makanan Jepang untuk dijadikan sushi, seperti “Sushi glow in the dark” yang menggunakan daging Glofish.  Dalam artikel ini, kami akan membahasa tentang ikan Glofish, termasuk jenis-jenis, informasi hargaterbaru, dan cara merawatnya.

Jenis-Jenis Ikan Glofish

Glofish adalah ikan hias yang unik karena mampu memancarkan cahaya atau dikenal sebagai bioluminesensi. Ikan hasil modifikasi genetika ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan bernama Yorktown Technologies pada tahun 1999. Ada beberapa jenis Glofish yang cukup populer, di antaranya:

Glofish Zebra

Glofish Zebra

Jenis Glofish yang pertama kali diciptakan dan saat ini juga yang paling terjangkau. Ikan ini berasal dari jenis ikan hias Danio Zebra.

Glofish Tetra

Glofish Tetra

Merupakan hasil rekayasa genetika dari jenis ikan Black Skirt Tetra Albino. Glofish Tetra adalah salah satu varian yang menonjol. Ikan ini memiliki bentuk tubuh mungil dan sisik berwarna cerah, seperti merah, hijau, atau biru. Sisik-sisiknya yang cerah menciptakan pesona yang sangat indah. Terdapat garis keperakan yang memantulkan cahaya di bagian tengah tubuhnya.

Glofish Tiger Barb

Glofish Tiger Barb

Jenis ini berasal dari ikan Tiger Barb atau ikan Sumatera. Glofish Barb mirip dengan Glofish Tetra, namun lebih mencolok. Warna sisiknya lebih tegas dan duri pada ekor serta siripnya serasi dengan warna sisik. Ada juga varian yang memiliki corak zebra dua warna. Bagian tengah tubuhnya juga memiliki garis keperakan yang memantulkan cahaya.

Glofish Shark

Glofish Shark

Ikan ini memiliki asal dari ikan Rainbow Shark atau Redfin. Glofish Shark adalah jenis yang langka. Ikan ini memiliki tubuh memanjang dan sirip transparan yang kemerahan. Sisiknya berwarna-warni seperti kuning, ungu, biru, hijau, dan merah.

Glofish Betta

Glofish BettaGlofish jenis ini merupakan modifikasi dari ikan Cupang.

Glofish Corydoras

Glofish Corydoras

Jenis ini memiliki asal dari ikan Corydoras.

Di antara semua jenis Glofish tersebut, hanya Glofish Zebra dan Glofish Tetra yang paling umum ditemukan di pasaran. Jenis-jenis lainnya masih cukup langka dan biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Harga Ikan Glofish Berbagai Jenis Terkini

Harga ikan Glofish dapat bervariasi berdasarkan jenis dan permintaan di pasar. Berikut ini adalah kisaran harga-harga terbaru untuk beberapa jenis ikan Glofish:

JenisHarga /Ekor
Ikan Glofish Danio Zebra UnguRp2.000
Ikan Glofish Danio Zebra ImporRp2.250
Ikan Glofish Danio Zebra YellowRp2.500
Ikan Glofish Tetra ImporRp4.500
Ikan Glofish Danio StripedRp5.000
Ikan Glofish Danio Cosmic BlueRp5.990
Ikan Glofish Danio HijauRp9.990
Ikan Glofish Tiger BarbRp17.700

Harga-harga tersebut dapat berubah tergantung pada toko dan lokasi. Pastikan Anda memeriksa penjual ikan hias terpercaya atau toko akuarium lokal Anda untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat. Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan dan kondisi ikan sebelum membeli, serta memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk merawatnya dengan baik setelah membeli.

Cara Merawat Ikan Glofish

Cara Merawat Ikan Glofish

Berikut adalah beberapa langkah mudah dalam merawat ikan Glofish:

  1. Pilih Aquarium yang Tepat: Pastikan Anda memiliki akuarium yang cocok untuk Glofish. Akuarium perlu memiliki filter air yang baik dan pemanas untuk menjaga suhu air tetap stabil.
  2. Atur Suhu Air: Pastikan suhu air di dalam akuarium konsisten, yaitu diantara 22 hingga 25 derajat Celsius, karena Glofish senang dengan suhu tersebut.
  3. Ganti Air Secara Rutin: Rajinlah mengganti air di akuarium untuk menjaga kualitas air tetap baik dan mencegah kotoran menumpuk.
  4. Berikan Makanan yang Sesuai: Beri makan Glofish dengan jenis makanan yang cocok untuk mereka, seperti makanan kering atau hidup. Pastikan Anda memberi makan dengan porsi yang tepat agar kualitas air tetap terjaga.
  5. Lindungi dari Sinar Matahari Langsung: Pastikan akuarium ditempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari bisa mempengaruhi cahaya alami Glofish.
  6. Jangan Terlalu Banyak Ikan (Overstocking): Jangan menambahkan terlalu banyak ikan ke dalam akuarium. Overstocking bisa memengaruhi kualitas air dan kesehatan ikan.

Merawat Glofish Anda bisa sangat menyenangkan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini. Untuk membudidayakan Glofish, diperlukan lingkungan yang cocok, yaitu mencakup menjaga suhu air tetap stabil, mengatur tingkat pH yang tepat, dan memberikan makanan yang cukup. Jika budidaya berhasil, keturunannya akan memiliki warna yang sama dengan orangtuanya.

Glofish juga bisa dipelihara bersama dengan ikan lain di dalam akuarium yang sesuai. Namun, perlu diingat bahwa mereka membutuhkan perhatian yang berbeda daripada ikan lain, tergantung pada jenis Glofish dan lingkungan yang mereka butuhkan. Disarankan untuk menyatukan Glofish dengan ikan yang lebih kecil atau sejenis yang memiliki sifat yang ramah, seperti guppy, molly, atau platy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×