Hobi  

Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru Februari 2023

Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru – Hewan dapat dijadikan sebagai teman dan penghibur dalam kehidupan manusia. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan dapat mengusir penat seketika. Karenanya, banyak manusia yang memelihara hewan untuk dijadikan teman. Jika dirawat dengan penuh kasih sayang, hewan bahkan bisa sangat loyal terhadap manusia. Salah satu hewan yang cukup populer untuk dipelihara adalah kura-kura.

Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru Desember 2022

Banyak jenis kura-kura yang dapat dipelihara di rumah, termasuk jenis kura-kura darat yang bernama Sulcata. Sulcata memiliki nama latin Geochelone Sulcata. Jenis kura-kura ini sangat terkenal diantara para pecinta reptil. Hal ini disebabkan karena Sulcata memiliki kepribadian yang unik, bahkan ada yang mengatakan bahwa tingkahnya mirip dengan anjing.

Ciri khas dari hewan ini terletak pada tempurung dan ukurannya. Tempurung Sulcata sangatlah keras dan berwarna kekuningan. Ditambah lagi, ukurannya yang besar menjadi ciri khas yang melekat. Hewan ini termasuk salah satu jenis kura-kura darat terbesar di dunia. Ukuran Sulcata dewasa bisa mencapai 76 cm dengan bobot antara 36kg sampai 50 kg. Untuk Sulcata kecil, ukurannya berkisar antara 5-9 cm. Kura-kura darat ini mampu bertahan hidup sekitar 70 hingga 100 tahun sebagai hewan peliharaan. Usianya memang sangat panjang jika dibandingkan hewan-hewan lainnya.

Jenis-Jenis Sulcata

Terdapat beberapa jenis kura-kura Sulcata. Diantaranya adalah:

  1. Sulcata Albino. Sulcata jenis ini memiliki kulit yang dominan berwarna putih.
  2. Sulcata Besar. Sulcata besar merupakan kura kura darat terbesar ketiga di dunia. Bahkan anak kecil pun mampu menunggangi karapasnya seperti sedang bermain kuda-kudaan.
  3. Sulcata Kecil. Sulcata ini sangat imut dan perawatannya pun lebih mudah dibandingkan dengan merawat Sulcata besar.
  4. Sulcata Indukan. Jika anda memiliki rencana untuk mengembangbiakkan Sulcata, maka pilihlah kura-kura indukan agar dapat menghasilkan anakan yang baru.

Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru

Meski tergolong hewan langka, Sulcata tidak dilindungi oleh UU Perlindungan Satwa Langka. Oleh karena itu Sulcata masih banyak diperdagangkan dan dapat dijadikan hewan peliharaan. Harga dari hewan yang berasal kawasan gurun Afrika ini cukup mahal. Harga Sulcata berkisar antara Rp 1 juta sampai Rp 15 juta bergantung pada usia, corak, dan ukurannya.

Dibawah ini merupakan daftar Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru yang telah kami rangkum. Harga kami dapat dari berbagai komunitas penggemar dan juga beberapa pet shop online maupun offline.Harga bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Ukuran Kura-kura SulcataKisaran Harga
Kura Sulcata Ukuran 5 – 6 cmRp 1.200.0000 – Rp 1.950.000
Kura Sulcata Ukuran 6 – 7 cmRp 1.500.0000 – Rp 2.000.000
Kura Sulcata Ukuran 7 – 8 cmRp 2.250.0000
Kura Sulcata Ukuran 10 – 12 cmRp 2.500.0000
Kura Sulcata Ukuran 14 – 15 cmRp 4.000.0000
Kura Sulcata Ukuran 16 – 32 cmRp 4.750.0000
Kura Sulcata Albino 8 & 9,5 cmRp 6.500.0000
Kura Sulcata Ukuran 24 cm (Super)Rp 13.900.0000
Kura Sulcata Ukuran 25 cm (Super)Rp 14.500.0000
Kura Sulcata Ukuran 30cmRp 15.550.0000

Cara Merawat Kura-Kura Sulcata

Cara Merawat Sulcata

Sejatinya, merawat Sulcata tidak memerlukan teknik khusus. Namun, bagi anda yang masih awam dalam memelihara Sulcata, pasti bingung bagaima merawat hewan lucu ini agar tumbuh dengan baik, terutama jika merawatnya sedari bayi. Berikut ini merupakan beberapa panduan dalam merawat kura-kura Sulcata.

  • Jika ditempatkan dalam ruangan, gunakan campuran (substrat) tanah & pasir untuk tempat tidurnya. Apabila anda kesulitan menemukan tanah & pasir, anda juga bisa menggunakan mulsa cemara, mulsa aspen, atau kulit anggrek sebagai alternatif.
  • Hindari menggunakan alas seperti rumput sintetis hijau, karena Sulcata dapat mengira bahwa itu adalah makanan untuknya
  • Ganti substrat setiap 1 minggu sekali. Selain itu, bersihkan kandang dengan sabun dan air hangat setidaknya sebulan sekali.
  • Ketika menempatkan bayi Sulcata diluar, pastikan ada cukup rumput yang tidak beracun untuk dimakan dan tanah untuk mereka mengubur diri.
  • Bersihkan kandang dari kotoran dan sisa makanan setiap hari.
  • Faktor pencahayaan juga penting bagi bayi Sulcata. Kura-kura merupakan ektoterm dimana mereka mengontrol suhu tubuh melalui lingkungan. Mereka membutuhkan sinar UVB untuk memproses kalsium & menghasilkan vitamin D3. Jika kandang berada di luar ruangan, mereka akan mendapatkan sinar UVB dari sinar matahari langsung. Namun jika kandangnya berada di dalam ruangan, anda perlu menambahkan bohlam untuk menjaga kehangatan ruang. Anda dapat membeli bohlam yang menghasilkan panas dan sinar UVB atau tudung untuk penutup yang dapat menampung lampu berjemur dan lampu UVB yang diperlukan.
  • Jangan lupa untuk memantau kelembaban lingkungan kandang Sulcata. Sulcata membutuhkan kelembapan sekitar 40% – 60%  agar mereka tetap terhidrasi dan kesehatan kulitnya terjaga. Mereka . Anda bisa menggunakan higrometer untuk membantu memantau kelembapan.
  • Sulcata harus makan kurang lebih 80% rumput dan jerami, 10% sayuran dan tidak lebih dari 10% camilan. Pola makan ini berlaku baik untuk Sulcata bayi maupun Sulcata dewasa.
  • Berikan pula vitamin seperti tulang sotong yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan substrat sebanyak 2-3 kali seminggu.

Demikian informasi yang berkaitan dengan Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru kali ini. Semoga dengan adanya info Harga Kura-Kura Sulcata Di Pasaran Terbaru diatas bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin memelihara kura-kura jenis Sulcat. Dengan harga diatas anda dapat membandingkan harga dari berbagai jenis ukuran Sulcata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: