Rabu, Februari 21, 2024

Harga Tiket Masuk Candi Brahu Terbaru Februari 2024

Harga Tiket Masuk Candi Brahu Mojokerto, HTM : Rp3.000, Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB, Lokasi : Jl. Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362, Telepon : -.

Candi Brahu, sebagai salah satu peninggalan bersejarah di kawasan kompleks percandian Mojokerto, membawa kita pada petualangan melalui lorong waktu menuju masa lalu Indonesia yang penuh kejayaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pesona Candi Brahu, sebuah monumen keagungan kerajaan pada masa Buddha, yang hingga kini tetap menjadi saksi bisu perjalanan waktu.Tidak hanya menjadi destinasi wisata bersejarah, Candi Brahu juga menawarkan keindahan alam dan momen tak terlupakan, terutama bagi mereka yang menyaksikan kecantikan matahari terbit di depan candi yang megah.

Harga Tiket Masuk Candi Brahu

Melangkah lebih dalam, kita akan membahas informasi terbaru mengenai harga tiket masuk Candi Brahu. Sebuah detail yang penting bagi para pengunjung yang ingin merasakan keajaiban arsitektur kuno ini. Selain itu, kita juga akan menjelajahi jam operasional candi, memungkinkan pengunjung untuk merencanakan kunjungan mereka dengan lebih baik, termasuk kesempatan langka untuk menikmati matahari terbit yang menggoda di langit Mojokerto.

Harga Tiket Masuk Candi Brahu

Membuka lembaran petualangan sejarah di Candi Brahu memang sebuah pengalaman yang tak ternilai, namun sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi setiap pengunjung untuk mengetahui informasi terkini mengenai harga tiket masuk. Harga tiket menjadi aspek yang paling mendasar namun seringkali membawa banyak pertanyaan. Untuk memudahkan perencanaan perjalanan, berikut adalah detail harga tiket masuk Candi Brahu terbaru:

Jenis Tiket MasukHarga
Tiket MasukRp3.000,-

Harga tiket yang terjangkau ini mencakup akses ke kompleks Candi Brahu, memberikan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan keajaiban sejarah yang terkandung di dalamnya. Perlu diingat bahwa harga tiket ini bersifat umum dan tidak dibedakan antara pengunjung dewasa dan anak-anak, atau kewarganegaraan domestik dan mancanegara. Dengan demikian, Candi Brahu menjadi destinasi yang ramah bagi berbagai kalangan pengunjung.

Jam Buka

Setiap petualangan memiliki detik-detik berharga, begitu pula saat mengunjungi Candi Brahu di Mojokerto. Mengetahui jam operasional tempat wisata menjadi kunci untuk merencanakan kunjungan dengan lebih baik. Berikut adalah jam buka resmi Candi Brahu:

HariJam Operasional
Setiap Hari08.00 – 16.00 WIB

Candi Brahu membuka pintunya setiap hari, memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk mengeksplorasi keajaiban candi ini. Jam operasional dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore, menciptakan jendela waktu yang cukup luas untuk merasakan magisnya sejarah yang tertanam dalam batu-batu candi.

Daya Tarik Candi Brahu Mojokerto

Candi Brahu, sebagai peninggalan bersejarah di Mojokerto, menawarkan pengalaman wisata yang memikat dengan keindahan arsitektur, nilai sejarah, dan momen-momen tak terlupakan. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang membuat Candi Brahu begitu istimewa:

Bangunan Candi yang Megah

Bangunan Candi yang Megah

Candi Brahu memukau pengunjung dengan keelokan bangunannya yang megah. Meskipun tidak sebanyak Candi Borobudur atau Prambanan, Candi Brahu menonjol dengan satu bangunan yang kokoh, tingginya mencapai 20 meter. Dengan ukuran panjang sekitar 22 meter dan lebar 18 meter, candi ini menjadi bukti peninggalan Buddha dengan bahan bangunan terbuat dari batu bata merah.

Bentuk Bangunan Candi Brahu

Bentuk Bangunan Candi Brahu

Bentuk fisik Candi Brahu mencerminkan keahlian arsitektur pada masa lampau. Candi ini memiliki bentuk tubuh yang melekuk ke dalam seperti pinggang, memberikan kesan elegan dan unik. Atap candi dengan banyak sudut dan puncak datar khas bangunan candi Buddha menambah keindahan visual.

Bentuk Bangunan Bagian Bawah Candi

Bentuk Bangunan Bagian Bawah Candi

Bagian bawah candi terdiri dari dua susunan, dengan tinggi sekitar 2 meter. Selasar pertama memiliki lebar sekitar 1 meter dan mengelilingi tubuh candi. Dari selasar pertama, terdapat tangga menuju selasar kedua, tempat berdiri tubuh candi. Meski pengunjung tidak dapat masuk ke dalam ruangan tubuh candi, bentuk fisiknya yang unik dengan relief kisah masa lalu membuatnya menarik untuk diamati.

Sunrise di Candi Brahu

Sunrise di Candi Brahu

Salah satu momen paling memukau di Candi Brahu adalah matahari terbit. Beberapa pengunjung sengaja datang sebelum matahari terbit untuk menyaksikan keindahan alam tersebut. Pemandangan sunrise di Candi Brahu menciptakan suasana magis, dengan sinar matahari yang perlahan menyinari bagian belakang candi, menciptakan siluet yang memukau.

Dengan kombinasi keempat daya tarik ini, Candi Brahu menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan, memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan keindahan alam yang berpadu harmonis di sebuah situs warisan budaya.

Fasilitas

Candi Brahu, sebagai destinasi wisata yang memikat di Mojokerto, menyediakan beragam fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung selama berkunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan:

  1. Area Parkir Luas: Candi Brahu menyediakan area parkir luas untuk memudahkan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Dengan parkir yang cukup memadai, pengunjung dapat menikmati kunjungan mereka tanpa khawatir tentang tempat parkir.
  2. Tempat Istirahat dan Bersantai: Untuk memberikan pengalaman wisata yang nyaman, Candi Brahu menyediakan area tempat istirahat dan bersantai. Pengunjung dapat duduk santai di bangku-bangku yang tersebar di sekitar candi, menikmati keindahan sekitar sambil bersantai.
  3. Toilet dan Fasilitas Kebersihan: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat merupakan bagian integral dari pengalaman wisata yang baik. Candi Brahu memastikan bahwa pengunjung memiliki akses mudah ke toilet yang bersih dan nyaman selama kunjungan mereka.
  4. Area Pedagang Souvenir: Bagi yang ingin membawa pulang kenang-kenangan, area pedagang souvenir di sekitar Candi Brahu menyediakan berbagai pilihan souvenir lokal. Pengunjung dapat memilih dari aneka cinderamata untuk mengabadikan momen berharga mereka di destinasi wisata ini.
  5. Pemandu Wisata (Jika Diperlukan): Untuk pengunjung yang ingin mendapatkan wawasan mendalam tentang sejarah dan keunikan Candi Brahu, tersedia pemandu wisata yang dapat memberikan informasi detail tentang aspek-aspek penting candi.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan memastikan bahwa kunjungan ke Candi Brahu menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Lokasi Candi Brahu

Candi Brahu, sebagai salah satu peninggalan bersejarah di Mojokerto, memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses. Berikut adalah informasi lebih lanjut mengenai lokasi Candi Brahu:

Candi Brahu terletak di Jalan Candi Brahu No.73, Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto. Lokasinya yang berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota Mojokerto membuatnya menjadi destinasi wisata yang mudah dijangkau oleh para pengunjung.

Untuk mencapai Candi Brahu dari pusat kota Mojokerto, pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah ke Jalan Candi Brahu. Perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jalanan yang menuju ke candi umumnya dalam kondisi baik, membuat perjalanan menuju destinasi ini semakin nyaman.

Tips Berkunjung ke Candi Brahu

Tips Berkunjung ke Candi Brahu

Sebelum memulai perjalanan wisata ke Candi Brahu, ada beberapa tips yang dapat memastikan pengalaman berkunjung Anda menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Waktu Berkunjung yang Tepat: Candi Brahu memiliki jam operasional dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Namun, bagi yang ingin menikmati keindahan matahari terbit, datanglah sejak pagi hari sebelum gerbang dibuka. Sunrise di Candi Brahu menjadi momen magis yang sayang untuk dilewatkan.
  2. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Saat berkunjung ke Candi Brahu, kenakanlah pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Pastikan juga untuk membawa jaket atau kacamata hitam jika diperlukan, terutama jika Anda berencana datang saat matahari terbit.
  3. Bawa Perlengkapan Tambahan: Persiapkan perlengkapan tambahan seperti kamera atau smartphone untuk mendokumentasikan momen berharga selama kunjungan. Jangan lupa membawa air minum dan perlengkapan lainnya yang mungkin diperlukan selama perjalanan.
  4. Patuhi Aturan dan Etika: Selama berkunjung, patuhi aturan dan etika yang berlaku di area Candi Brahu. Jaga kebersihan, hindari merusak struktur atau artefak, dan patuhi petunjuk yang diberikan oleh pengelola atau pemandu wisata.
  5. Jelajahi Sekitar Area: Setelah mengamati kemegahan Candi Brahu, luangkan waktu untuk menjelajahi sekitar area. Taman hijau dan pepohonan di sekitar candi menciptakan suasana yang tenang dan sejuk, sempurna untuk bersantai.
  6. Berfoto dengan Bijak: Saat berfoto, pilihlah spot-spot yang aman dan tidak mengganggu pengunjung lain. Hindari merokok atau meninggalkan sampah di area sekitar candi. Gunakan momen foto untuk meresapi keindahan dan keagungan Candi Brahu.
  7. Pahami Sejarah dan Budaya: Agar pengalaman berkunjung menjadi lebih berarti, luangkan waktu untuk memahami sejarah dan budaya Candi Brahu. Informasi mengenai latar belakang candi dan kejayaan kerajaan Majapahit dapat menambah nilai edukatif perjalanan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan kunjungan Anda ke Candi Brahu menjadi pengalaman yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan wawasan baru tentang warisan budaya Indonesia. Selamat menikmati keindahan dan kearifan yang terkandung di Candi Brahu, Mojokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×