Harga Tiket Masuk Candi Tikus Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Candi Tikus Mojokerto, HTM : Rp3.000, Jam Buka : 07.00 – 16.00 WIB, Lokasi : Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362, Telepon : -.

Indonesia, dengan sejarahnya yang kaya, menjadi saksi bisu bagi keberadaan banyak peninggalan kerajaan di seluruh Nusantara. Salah satu dari warisan bersejarah yang menarik perhatian adalah Candi Tikus di Mojokerto, Jawa Timur. Meskipun namanya menimbulkan asosiasi dengan hewan pengerat, Candi Tikus memiliki keunikan yang sangat berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pesona Candi Tikus, yang menjadi destinasi wisata sejarah yang diminati banyak pengunjung.

Harga Tiket Masuk Candi Tikus

Candi Tikus berdiri sebagai saksi bisu masa kejayaan kerajaan Hindu di Jawa. Terletak di kawasan Mojokerto, candi ini menawarkan pengalaman unik dengan arsitektur khas yang memikat. Meskipun tidak setinggi beberapa candi megah lainnya di Indonesia, keindahan Candi Tikus terletak pada keunikan bentuknya yang menyerupai taman yang dikelilingi oleh kolam. Dinding batu bata merahnya yang kokoh memperlihatkan kemegahan arsitektur Majapahit, memberikan pengunjung pengalaman yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Candi Tikus

Ketika merencanakan kunjungan ke destinasi sejarah seperti Candi Tikus di Mojokerto, tentu penting untuk mengetahui informasi terkini mengenai harga tiket masuk. Harga tiket masuk menjadi salah satu pertimbangan utama bagi pengunjung sebelum memasuki kawasan Candi Tikus. Berikut adalah rincian harga tiket masuk terbaru untuk Candi Tikus:

KategoriHarga Tiket Masuk
Dewasa (Lokal)Rp3.000,-
Anak-Anak (Lokal)Rp3.000,-
Dewasa (Mancanegara)Rp15.000,-
Anak-Anak (Mancanegara)Rp10.000,-

Harga tiket masuk Candi Tikus sangat terjangkau, memungkinkan setiap lapisan masyarakat untuk menikmati keindahan dan sejarah yang tersimpan di tempat ini. Penting untuk dicatat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karena itu, disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum merencanakan kunjungan.

Jam Buka

Sebelum merencanakan perjalanan ke Candi Tikus, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar kunjungan berjalan lancar. Berikut adalah informasi terkini mengenai jam buka Candi Tikus:

HariJam Operasional
Senin – Minggu07.00 – 16.00 WIB

Candi Tikus buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00 sore WIB. Dengan jam buka yang konsisten, pengunjung memiliki fleksibilitas untuk memilih waktu yang sesuai dengan jadwal mereka.

Daya Tarik Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus Mojokerto tak hanya menyimpan sejarah lama, tetapi juga memancarkan daya tarik yang sulit diabaikan. Dengan struktur bangunan yang unik dan nuansa mistis yang melingkupinya, Candi Tikus menjelma menjadi destinasi yang memukau para pengunjung. Berikut adalah beberapa poin yang menjelaskan daya tarik khusus dari Candi Tikus:

Candi Yang Unik dan Indah

Candi Yang Unik dan Indah

Candi Tikus di Mojokerto menawarkan pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan. Meskipun namanya menunjukkan hubungan dengan tikus, candi ini sebenarnya memikat dengan arsitektur dan lingkungannya yang memesona. Tidak seperti candi pada umumnya, Candi Tikus memiliki ciri khas tersendiri. Bangunan yang rendah dan terletak di bawah permukaan tanah memberikan daya tarik tersendiri. Pengunjung akan melihat sebuah taman berkolam yang memeluk bangunan candi, menciptakan suasana yang damai dan indah.

Arsitektur Bangunan Candi

Arsitektur Bangunan Candi

Keunikan Candi Tikus tidak hanya terletak pada lingkungannya, tetapi juga pada arsitektur bangunannya. Dengan struktur yang terdiri dari atap, tubuh, dan kaki candi, setiap bagian memancarkan keanggunan dan keindahan seni arsitektural. Bangunan kaki candi berbentuk segi panjang, sementara tubuh candi berbentuk persegi dengan sudut-sudut lancip dan ramping. Menara-menara semu yang terdapat di bagian timur dan utara menambah keistimewaan arsitektur Candi Tikus, menggambarkan kejayaan kerajaan Majapahit yang kala itu menjadi pusat peradaban.

Fungsi Candi Jadi Perdebatan

Fungsi Candi Jadi Perdebatan

Fungsi sebenarnya dari Candi Tikus masih menjadi perdebatan di kalangan para sejarawan. Beberapa menduga bahwa candi ini merupakan tempat pemandian keluarga kerajaan Majapahit, sementara pendapat lain menyebutkannya sebagai tempat penampungan air dengan beberapa bangunan di dalamnya. Terlepas dari perdebatan ini, daya tarik Candi Tikus terletak pada misteri dan keunikan fungsinya. Pengunjung dapat menjelajahi sejarah yang tersembunyi dan membayangkan bagaimana kehidupan dahulu kala berkembang di sekitar candi ini.

Mitos Candi Tikus

Mitos Candi Tikus

Nama “Candi Tikus” tidak berkaitan dengan bentuk candi atau keberadaan arca tikus di dalamnya. Mitos unik ini berakar pada kejadian di masa lalu ketika sawah masyarakat desa diserang hama tikus. Melalui sebuah kejadian ajaib, tikus-tikus tersebut dikabarkan menghilang setelah seorang petani menyiramkan air dari candi ke empat sudut sawah. Mitos ini menjadi bagian dari daya tarik Candi Tikus, menciptakan cerita menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Fasilitas

Candi Tikus Mojokerto tidak hanya mempesona dari segi sejarah dan arsitektur, tetapi juga menawarkan beragam fasilitas untuk memastikan pengalaman kunjungan yang nyaman dan memuaskan bagi para wisatawan. Berikut adalah fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Candi Tikus:

  1. Area Parkir Luas: Bagi para pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, Candi Tikus menyediakan area parkir yang luas dan aman. Area parkir yang tertata rapi memudahkan wisatawan untuk parkir dengan nyaman tanpa harus khawatir tentang keamanan kendaraan mereka.
  2. Area Istirahat dan Pijat: Setelah menjelajahi keindahan Candi Tikus, pengunjung dapat bersantai di area istirahat yang nyaman. Beberapa tempat istirahat disediakan di sekitar candi, memungkinkan para pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Tak hanya itu, tersedia juga layanan pijat untuk membantu melepaskan kelelahan setelah seharian berkeliling.
  3. Warung dan Area Makan: Candi Tikus juga dilengkapi dengan warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Para pengunjung dapat menikmati sajian kuliner lokal yang lezat atau sekadar menyegarkan diri dengan minuman ringan. Kehadiran warung di sekitar area candi memberikan kenyamanan ekstra bagi wisatawan.
  4. Toilet dan Fasilitas Umum: Untuk kenyamanan pengunjung, Candi Tikus menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan terawat. Keberadaan toilet yang memadai memastikan pengalaman kunjungan yang nyaman bagi semua wisatawan. Selain itu, fasilitas umum lainnya juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  5. Penyewaan Guide dan Audio Guide: Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih mendalam tentang sejarah dan keunikan Candi Tikus, tersedia layanan penyewaan guide lokal. Selain itu, beberapa tempat juga menyediakan layanan audio guide untuk pengunjung yang lebih memilih menjelajahi candi secara mandiri sambil mendengarkan narasi yang informatif.

Fasilitas yang komprehensif ini dirancang untuk memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan terorganisir bagi setiap pengunjung yang datang ke Candi Tikus Mojokerto.

Lokasi Candi Tikus

Candi Tikus Mojokerto, sebagai salah satu situs sejarah yang menarik, terletak di Jalan Raya Trowulan, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses oleh para wisatawan yang datang dari berbagai arah. Berikut adalah beberapa informasi terkait lokasi Candi Tikus:

Candi Tikus dapat dijangkau dengan mudah dari pusat kota Mojokerto, berjarak sekitar 15 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Aksesibilitas yang baik membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi wisatawan yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, tersedia opsi transportasi umum seperti taksi, ojek, atau angkutan umum lainnya untuk mencapai Candi Tikus. Lokasinya yang terkenal memudahkan penggunaan berbagai jenis transportasi.

Tips Berkunjung ke Candi Tikus

Tips Berkunjung ke Candi Tikus

Sebelum memulai petualangan wisata ke Candi Tikus Mojokerto, ada beberapa tips yang dapat meningkatkan pengalaman Anda dan membuat perjalanan lebih lancar. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  1. Periksa Jam Buka dan Hari Libur: Sebelum merencanakan kunjungan, pastikan untuk memeriksa jam buka Candi Tikus. Meskipun candi ini buka setiap hari, mengetahui jam operasionalnya akan membantu Anda mengatur waktu kunjungan dengan lebih baik. Selain itu, perhatikan hari libur nasional atau lokal yang mungkin memengaruhi kunjungan Anda.
  2. Persiapkan Uang Tunai: Harga tiket masuk Candi Tikus tergolong terjangkau, namun pastikan Anda membawa uang tunai dalam nominal yang cukup. Beberapa fasilitas di sekitar candi mungkin juga menerima pembayaran tunai, jadi sebaiknya persiapkan uang secukupnya.
  3. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Karena akan ada sedikit perjalanan menuruni tangga untuk mencapai Candi Tikus, kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang cocok untuk berjalan kaki. Pastikan juga membawa perlindungan matahari seperti topi atau payung, terutama jika Anda berkunjung pada hari yang cerah.
  4. Bawa Air Minum: Agar tetap terhidrasi selama kunjungan, selalu bawa air minum. Meskipun ada kolam di sekitar candi, tetapi membawa air minum pribadi adalah keputusan bijak untuk menjaga kesehatan Anda selama menjelajahi kompleks Candi Tikus.
  5. Jelajahi Situs Sejarah Lainnya: Manfaatkan kunjungan Anda dengan menjelajahi situs sejarah lain yang berada di sekitar Trowulan. Setelah mengeksplorasi Candi Tikus, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Candi Brahu atau situs sejarah Majapahit lainnya yang berdekatan.
  6. Ikuti Panduan dan Informasi Lokal: Saat berada di kompleks Candi Tikus, perhatikan informasi dan panduan lokal yang tersedia. Mereka dapat memberikan wawasan tambahan tentang sejarah, mitos, dan keunikan candi, membuat kunjungan Anda lebih bermakna.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat merencanakan kunjungan yang menyenangkan dan mendalam ke Candi Tikus Mojokerto. Nikmati keindahan arsitektur, sejarah, dan mitos yang dihadirkan oleh candi ini sambil menjalani pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×