Harga Tiket Masuk Museum Trowulan Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Museum Trowulan Mojokerto, HTM :  Rp 5.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 16.00 WIB, Lokasi : Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61362, Telepon : 0321494313.

Mengintip ke dalam jendela sejarah tak jarang memberikan pengalaman yang mendalam, terutama ketika kita berbicara tentang Museum Trowulan di Mojokerto. Terletak di bekas lokasi Kerajaan Majapahit, museum ini adalah pintu gerbang untuk memahami kejayaan dan keindahan masa lalu Nusantara. Artikel ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada Anda dalam petualangan sejarah yang tak terlupakan, dengan fokus pada informasi terbaru mengenai harga tiket masuk, jam buka, dan daya tarik unik yang dimiliki oleh Museum Trowulan.

Harga Tiket Masuk Museum Trowulan Terbaru

Museum Trowulan tidak hanya sebuah tempat bersejarah, tetapi juga ruang di mana setiap langkah mengungkapkan kekayaan budaya dari zaman Kerajaan Majapahit. Sebelum kita melangkah lebih jauh ke dalam keindahan koleksi museum, kita perlu memahami akses untuk memasuki dunia ini. Oleh karena itu, informasi terkini mengenai harga tiket masuk adalah kunci untuk merencanakan kunjungan Anda. Simak dengan cermat, karena pada bagian ini kita akan membahas dengan detail tarif tiket dan kategori pengunjung yang berlaku.

Harga Tiket Masuk Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan di Mojokerto, sebagai salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik, membuka pintunya untuk pengunjung dari berbagai kalangan. Informasi terbaru mengenai harga tiket masuk menjadi pedoman utama bagi mereka yang ingin meresapi keindahan dan kekayaan sejarah yang terpampang di setiap sudut museum. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Museum Trowulan:

Kategori PengunjungHarga Tiket (Rp)
Umum5.000
Pelajar/Siswa3.000
Grup (min. 25 orang)3.000

Harga tiket yang terjangkau ini tidak hanya memperlihatkan komitmen museum untuk memberikan akses sejarah kepada semua kalangan, tetapi juga menciptakan peluang belajar dan menjelajah bagi semua pengunjung. Dengan membayar tiket masuk, Anda tidak hanya memasuki museum sejarah, tetapi juga membuka pintu untuk mengalami keajaiban masa lalu yang tak ternilai harganya.

Jam Buka

Museum Trowulan Mojokerto menyediakan pengalaman berwisata yang nyaman dengan jam buka yang teratur. Pengunjung yang ingin menjelajahi kekayaan sejarah Kerajaan Majapahit di museum ini dapat merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal operasional yang telah ditentukan. Berikut adalah jam buka Museum Trowulan:

HariJam Buka
Senin – Kamis08.00 – 16.00 WIB
Jumat – Minggu08.00 – 15.00 WIB

Adapun, museum dapat menutup lebih awal pada beberapa hari tertentu, terutama jika ada ritual keagamaan atau kegiatan khusus lainnya. Sehingga, sebelum merencanakan kunjungan, disarankan untuk memeriksa informasi terbaru atau menghubungi pihak museum untuk mendapatkan konfirmasi tentang jam operasional yang sedang berlaku.

Daya Tarik dari Museum Trowulan

Museum Trowulan di Mojokerto bukan hanya tempat yang menyimpan koleksi bersejarah, tetapi juga memiliki daya tarik yang unik dan menarik untuk dieksplorasi. Berikut adalah beberapa daya tarik yang membuat Museum Trowulan menjadi destinasi wisata yang istimewa:

Area Museum Yang Asri

Area Museum Yang Asri

Begitu melangkah ke dalam kawasan Museum Trowulan, pengunjung akan disambut oleh keindahan taman yang asri dan hijau. Taman yang tertata rapi dengan tanaman hias yang menyejukkan membuat suasana sekitar museum begitu menyenangkan. Rerumputan hijau yang subur dan pepohonan yang menjulang memberikan kesan alami, menciptakan lingkungan yang cocok untuk menyelami kekayaan sejarah.

Koleksi Barang Tanah Liat dan Keramik

Koleksi Barang Tanah Liat dan Keramik

Museum Trowulan menjadi rumah bagi beragam koleksi benda bersejarah, terutama yang terbuat dari tanah liat dan keramik. Peninggalan-peninggalan ini memberikan gambaran mendalam tentang kehidupan dan budaya masyarakat Kerajaan Majapahit. Mulai dari alat-alat produksi, alat rumah tangga, hingga arsitektur bangunan, semuanya dipamerkan dengan detail di dalam museum.

Koleksi Logam dan Koleksi Batu Museum Trowulan

Koleksi Logam dan Koleksi Batu Museum Trowulan

Keberagaman koleksi di Museum Trowulan juga melibatkan benda-benda dari logam dan batu. Mulai dari mata uang kuno, alat-upacara, lampu, cermin, hingga alat musik yang terbuat dari logam, semuanya menjadi bagian dari daya tarik museum ini. Selain itu, koleksi batu termasuk miniatur dan komponen candi, relief, prasasti, serta arca, memberikan gambaran lengkap tentang kekayaan seni dan budaya Majapahit.

Aturan Ketat Saat Berfoto

Aturan Ketat Saat Berfoto

Museum Trowulan menerapkan aturan ketat terkait pengambilan foto di dalam museum. Meskipun pengunjung dilarang memotret benda-benda bersejarah untuk menghindari risiko pencurian atau eksploitasi, hal ini sejalan dengan usaha menjaga keutuhan dan keamanan koleksi berharga yang ada. Pengunjung, terutama pelajar yang ingin memfoto untuk keperluan tugas sekolah, tetap diperbolehkan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Daya tarik Museum Trowulan tidak hanya terletak pada kekayaan sejarahnya, tetapi juga pada suasana asri, pengelolaan koleksi yang baik, dan ketentuan yang diatur dengan cermat untuk menjaga warisan budaya yang berharga.

Fasilitas

Museum Trowulan bukan hanya menjadi saksi bisu dari kejayaan Kerajaan Majapahit, tetapi juga menyajikan berbagai fasilitas yang memastikan pengalaman kunjungan pengunjung menjadi lebih nyaman dan berkesan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung:

  1. Papan Informasi yang Informatif: Di setiap sudut area museum, tersedia papan informasi yang informatif. Papan-papan ini memberikan penjelasan mendalam tentang setiap koleksi, sejarahnya, dan konteks budaya di balik benda-benda bersejarah tersebut. Pengunjung dapat memperdalam pemahaman mereka tentang kekayaan sejarah Kerajaan Majapahit melalui informasi yang disediakan dengan jelas.
  2. Taman Asri: Selain koleksi bersejarah, pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman yang asri di sekitar museum. Taman ini tidak hanya memberikan kesan visual yang menarik, tetapi juga memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai sejenak. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai atau duduk-duduk menikmati keindahan alam sekitar sambil menyerap atmosfer sejarah.
  3. Ruangan Semi Terbuka dan Tertutup: Museum Trowulan didesain dengan memperhatikan kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu, koleksi-koleksi yang tidak terlalu rentan terhadap cuaca diletakkan di ruangan semi terbuka, sementara yang lebih rapuh atau membutuhkan perlindungan khusus ditempatkan di ruangan tertutup. Hal ini memastikan bahwa pengunjung dapat menjelajahi koleksi dengan nyaman tanpa harus khawatir tentang kondisi cuaca.
  4. Peraturan Berfoto yang Ketat: Museum ini juga menerapkan peraturan ketat terkait pengambilan foto untuk menjaga keamanan dan keutuhan koleksi. Meskipun beberapa area memperbolehkan pengunjung untuk berfoto, aturan ini memberikan perlindungan terhadap penyalahgunaan potensi risiko seperti pencurian benda-benda bersejarah.
  5. Nama dan Kontak yang Jelas: Untuk memudahkan pengunjung, informasi tentang nama museum dan kontak yang dapat dihubungi terpampang dengan jelas di area museum. Ini membantu para pengunjung dalam mencari informasi tambahan atau menghubungi pihak museum jika diperlukan.

Fasilitas-fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman kunjungan para pengunjung, menjadikan setiap detik di Museum Trowulan sebagai perjalanan yang tak hanya informatif tetapi juga nyaman dan mengesankan.

Lokasi Museum Trowulan

Museum Trowulan menyajikan kekayaan sejarah Kerajaan Majapahit dengan lokasi yang strategis di Jalan Pendopo Agung, Ngelinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Berada di jantung Trowulan, museum ini memberikan akses yang mudah dijangkau oleh para pengunjung dari berbagai wilayah. Berikut adalah informasi lebih detail mengenai lokasi Museum Trowulan:

Alamt Wisata ini berada di Jalan Pendopo Agung, Ngelinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Museum Trowulan dapat diakses dengan berbagai sarana transportasi. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari pusat kota Mojokerto memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 15 kilometer. Bagi para pengunjung yang memilih transportasi umum, tersedia berbagai pilihan angkutan umum yang dapat membawa Anda menuju lokasi museum.

Tips Berkunjung ke Museum Trowulan

Tips Berkunjung ke Museum Trowulan

Sebelum memulai petualangan sejarah di Museum Trowulan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar pengalaman berkunjung Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi para pengunjung:

  1. Rencanakan Kunjungan Anda: Sebaiknya, rencanakan kunjungan Anda dengan matang. Pahami jam operasional museum, serta pastikan hari yang Anda pilih tidak bertepatan dengan hari libur atau acara khusus yang dapat memengaruhi operasional museum. Dengan merencanakan kunjungan, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan menikmati seluruh koleksi dengan baik.
  2. Kenali Aturan Museum: Sebelum memasuki museum, pastikan untuk membaca dan memahami aturan yang berlaku. Beberapa museum memiliki kebijakan ketat terkait pengambilan foto atau penggunaan flash. Mengetahui aturan-aturan ini akan membantu menjaga keamanan koleksi sejarah yang ada di dalam museum.
  3. Kenakan Pakaian yang Nyaman: Mengingat Museum Trowulan memiliki area semi terbuka, sebaiknya kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Jangan lupa untuk memakai alas kaki yang sesuai untuk perjalanan yang mungkin melibatkan berjalan kaki di area museum.
  4. Persiapkan Fasilitas Tambahan: Pastikan membawa barang-barang penting seperti air minum, kamera, dan perangkat audio guide jika tersedia. Hal ini akan membuat pengalaman berkunjung Anda lebih lengkap dan terorganisir.
  5. Ikuti Tur atau Panduan Museum: Jika museum menyediakan tur atau panduan, pertimbangkan untuk bergabung. Tur ini dapat memberikan wawasan lebih mendalam tentang koleksi-koleksi tertentu, serta konteks sejarah yang lebih luas. Panduan museum juga dapat membantu Anda menavigasi area museum dengan lebih baik.
  6. Hormati Lingkungan sekitar: Ketika berada di area semi terbuka atau taman, penting untuk menjaga kebersihan dan meresapi keindahan lingkungan. Hindari merusak tanaman atau lingkungan sekitar, dan selalu patuhi aturan yang berlaku di area tersebut.
  7. Manfaatkan Fasilitas Informasi: Museum Trowulan menyediakan berbagai papan informasi di seluruh area. Manfaatkan fasilitas ini untuk mendapatkan pengetahuan tambahan tentang koleksi-koleksi yang dipamerkan. Informasi ini dapat memperkaya pengalaman belajar Anda di museum.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memaksimalkan kunjungan Anda ke Museum Trowulan. Selamat menikmati perjalanan sejarah dan kebudayaan di salah satu museum terkemuka di Mojokerto ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×