Harga Tiket Masuk Coban Jahe Malang Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Coban Jahe, HTM : Rp 5.000, Jam Buka : 08.00 WIB – 16.00 WIB, Lokasi : ds, Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65155, Telepon : -.

Berwisata saat hari liburan meruapakan pilihan yang tepat untuk refresing pikiran yang sudah jenuh dengan berbagai kegiatan sehari-hari. Banyak sekali pilihan tujuan wisata yang bisa di kunjungi dan salah satunya yaiti di Malang. Terdapat banyak sekali pilihan tempat wsiata yang ada di Malang, terlebih lagi dengan wisata alam nya yang memiliki pemandangan alam yang mempesona. Salah satu wisata alam di Malang yang memiliki pemandangan indah ini yaitu Coban Jahe.

Harga Tiket Masuk Coban Jahe Malang

Wisata Air terjun ini sendiri merupakan Aiar terjun yang tingginya mencapai puluhan meter dengan debit air yang cukup deras. Pada sekeliling area wisata ini masih berupa semak dan juga hutan dengan banyak pepohonan yang rindang. Pengunjung yang datang dengan maksud mencari jahe mungkin tidak ditemukan tanaman jahe di sini karena nama coban ini yaitu Coban Jahe.

Nama Coban Jahe dari air terjun ini bukan berarti banyak tanaman jahe di wisata ini. Nama Jahe ini berasal dari sejarah kelam masa penjajahan dulu yang sekarang ini sudah tertutupi dengan keindahan yang mempesona dari wisata air terjun ini. Selain melihat dan menyaksikan keindahan alam air terjun, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru dengan puas. Dengan udara yang sejuk dan asri, pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti Berkemah, outbound, santai sambil menikmati kuliner, dan banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Coban Jahe

Saat masuk ke kawasan wisata air terjun ini, pengunjung akan di sajikan dengan pemandangan yang mempesona. Namun agar bisa masuk ke kawasan wisata ini pengunjung akan di kenakan tarif masuk. Harga Tiket Masuk Coban Jahe ini tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. Selain itu pengunjung akan di kenakan tarif parkir untuk yang membawa kendaraan pribadi. Berikut info Harga Tiket Masuk Coban Jahe yang bisa anda lihat dibawah ini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000
Tarif Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 5.000

Jam Buka Coban Jahe Malang

Witasa Coban Jahe ini di buka pada setiap harinya yaitu mulai dari hari senin hingga minggu. Untuk jam operasional nya yaitu di buka dari pagi hingga sore hari. Pengunjung yang ingin berkemah di Coban Jahe ini juga bisa berada di sini selama 24 jam, Namun tentunya harus izin dulu ke pihak pengelola saat mau berkemah di tempat ini.

Jam Operasional
Senin – Sabtu08:00 – 16:00 WIB
Minggu08:00 – 17:00 WIB
Berkemah24 Jam

Pesona Coban Jahe yang Indah

Coban Jahe ini cukup populer dan selalu ada pengunjung pada setiap harinya. Pengunjung yang datang ini tidak hanya dari lokal saja, namun juga pengunjung yang berasal dari luar daerah. Memiliki ketinggian hingga 45 meter membuat air terjun ini sangat memukau dan bikin pengunjung terkagum-kagum. Tidak hanya itu, air terjun ini hanya terdapat satu aliran saja, sehingga debir airnya sangat deras.

Sangking derasnya air yang turun, sehingga membuat air terjun ini hanya terlihat putih saja. Hal ini di karenakan air terjun ini langusng turun dari ketinggian 45 meter ke kolam alami. Air dari coban ini juga sangat jernih dan juga dingin, pengunjung bisa melihat kejernihan air nya ini langsung di kolam alaminya. Pengunjung bisa bermain air ataupun berenang menikmati kejernihan dan dingin nya air pegunungan di kolam alaminya.

Selain air terjun yang sangat indah dan mengagumkan, sekitar area air terjun ini juga banyak pepohonan yang rindang dengan semak belukar yang lebat. Terdapat juga Tebing Batu di sekitar wilayah air terjun dini yang tertutupi dengan tanaman merambat. Hal inilah yang membuat suasana wisata air terjun ini begitu asri dan juga nyaman. Terlebih lagi suara jatuhnya air terjun ini yang melengkapi keindahan dari wisata air terjun ini.

Gambar Wisata Coban Jahe

Sensasi Kafe Beralaskan Aliran Sungai

Salah satu hal yang membedakan Coban Jahe adalah kafe yang ada di sini. Kafe ini tidak seperti kebanyakan kafe pada umumnya. Meja dan kursi di kafe ini berada tepat di atas aliran sungai yang mengalir. Saat Anda makan di sini, Anda akan merasakan sensasi unik karena kaki Anda akan basah oleh air sungai yang sejuk. Meskipun kaki Anda basah, pengalaman ini akan membuat makanan Anda terasa lebih nikmat. Suasana yang nyaman dan tenang dengan hutan di sekitar menjadi pelengkap yang sempurna saat Anda menikmati hidangan lezat.

Spot Foto Unik depan Air Terjun

Keindahan alam Coban Jahe sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pengunjung dapat mengabadikan momen indah ini dengan berbagai spot foto yang telah disediakan dengan latar belakang air terjun yang spektakuler. Salah satunya adalah gardu pandang yang berdiri agak jauh dari kolam. Dari sini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang jelas tanpa ada gangguan. Gardu pandang ini juga memiliki ornamen lucu berbentuk hati yang akan menambah nilai seni dalam foto Anda.

Spot foto lain yang tak kalah unik adalah di atas kolam air terjun. Pengunjung tidak diminta untuk masuk ke dalam kolam, melainkan dapat berada di atasnya. Ada sebuah kotak bambu yang mengapung di atas air. Di tengahnya, Anda dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang lebih dekat, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Tantangan Susur Gua

Coban Jahe tidak hanya menawarkan keindahan di luar air terjun, tetapi juga di dalamnya. Di sebelah kanan atas air terjun terdapat gua tersembunyi yang menunggu petualang sejati. Wisatawan dapat mencoba tantangan susur gua ini, namun perlu diingat bahwa gua ini tidak terbuka untuk umum. Hanya bagi para profesional dalam bidang ini yang dilengkapi dengan peralatan yang sesuai. Pintu masuk gua sangatlah sempit, dan rongga gua pun tidak terlalu luas, sehingga memerlukan keahlian dan perlengkapan yang tepat.

Aktivitas Seru Luar Ruangan

Coban Jahe menyediakan berbagai aktivitas seru di luar ruangan. Anda dapat merasakan kesegaran air terjun dengan berenang di kolamnya yang tidak terlalu dalam dan tidak terlalu deras. Jika Anda mencari tantangan lebih besar, cobalah kegiatan rafting di sungai yang terletak tidak jauh dari air terjun.

Selain itu, Coban Jahe juga menawarkan kegiatan outbound yang seru, yang merupakan pengalaman timbang di alam terbuka. Bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di sini, tersedia area perkemahan yang nyaman. Yang lebih unik lagi, ada rumah pohon yang telah dirancang khusus untuk menginap.

Coban Jahe adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama alam. Dengan berbagai keindahan alamnya, kafe yang unik, spot foto menarik, tantangan susur gua, dan aktivitas seru di luar ruangan, Coban Jahe memiliki semua yang Anda butuhkan untuk liburan yang tak terlupakan.

Sejarah Coban Jahe

Coban Jahe ini tidak ada hubungan nya sama sekali dengan tanaman jahe. Bahkan tidak ada satupun tanaman jahe yang ada di sekitar air terjun ini. Air terjun ini bareasal dari penggunaan bahasa jawa yaitu “pajahe” yang jika di artikan ke dalam Bahasa Indonesia yaitu “meninggal dunia”.

Penamaan dari Coban Jahe ini tidak asal-asalan saja, namun terdapat sejarah yang memilukan. Pada masa penjajahan belanja ada sebanyak 38 pejuang Indonesia yang bersembunyi di air terjun ini. Namun para pejuang yang sembunyi ini ketahuan oleh para Belanda sehingga langsung di tembak mati langsung dari atas tebing. Para pejuang yang di hujani tembakan dari atas tebing oleh Belanda ini langsung meninggal. Dari sinilah sejarah yang melatar belakangi air terjun ini.

Para Pejuang Indonesia yang di tembaki Belanda ini lalu di makamkan di Taman Makam Pahlawan yang jarak nya sekitar 500 meter di kawasan air terjun ini. Pengunjung bisa menemukan makam para Pejuang ini dengan tanda sebuah tugu. Kawasan makam para pejuang ini bertuliskan Tugu Makam Kali Jahe, yang merupakan tempat bersemayamnya pejuang yang gugur di sana.

Fasilitas Coban Jahe

Coban Jahe adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Malang, dan bagi para pengunjung yang datang, pengelola telah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menjamin kenyamanan selama berada di sana. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Coban Jahe:

  • Lahan Parkir yang Luas: Ketika Anda mengunjungi Coban Jahe, Anda tidak perlu khawatir tentang parkir kendaraan Anda. Tempat wisata ini memiliki lahan parkir yang luas, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan Anda, baik itu mobil atau motor.
  • Toilet: Coban Jahe juga menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan terawat. Ini sangat penting untuk kenyamanan pengunjung yang menghabiskan waktu berjam-jam di tempat wisata ini.
  • Warung Makan dan Minum: Saat menjelajahi keindahan alam Coban Jahe, Anda mungkin merasa lapar atau haus. Untungnya, ada beberapa warung makan dan minum yang tersedia di tempat ini. Anda dapat menikmati hidangan lokal atau minuman segar untuk mengisi energi Anda selama perjalanan.

Fasilitas-fasilitas ini membantu pengunjung untuk merasa nyaman selama kunjungan mereka ke Coban Jahe. Dengan adanya fasilitas ini, Anda dapat fokus pada mengeksplorasi keindahan alam, menikmati suasana, dan membuat kenangan indah selama liburan Anda.

Lokasi Coban Jahe Malang

Air terjun Coban Jahe ini berada di Malang tepat nya berlokasi di Jalan Begawan, Dusun Krajan, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jaraknya kurang lebih 24 Kilometer dari pusat Kota Malang atau sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Tips Berkunjung ke Coban Jahe

Tips Berkunjung ke Coban Jahe

Coban Jahe adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Malang, Jawa Timur. Air terjun yang memukau, suasana asri, dan berbagai kegiatan menarik menjadikan Coban Jahe tempat yang sempurna untuk berlibur. Namun, sebelum Anda berkunjung, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan agar perjalanan Anda menjadi lebih lancar dan menyenangkan.

  • Pilih Waktu yang Tepat :  Coban Jahe memiliki pesona yang berbeda-beda tergantung pada musimnya. Untuk melihat air terjun dalam kondisi penuh, kunjungi saat musim hujan atau setelah hujan. Namun, jika Anda ingin cuaca yang lebih cerah dan cerah, kunjungan selama musim panas atau musim kemarau bisa menjadi pilihan yang baik.
  • Kenakan Pakaian yang Tepat:  Anda akan menjalani perjalanan pendek menuju air terjun, tetapi medannya cukup berat dan berbatu. Kenakan sepatu yang nyaman dan pakaian yang sesuai untuk berjalan di alam terbuka. Jangan lupa membawa jaket atau mantel hujan jika Anda mengunjungi selama musim hujan.
  • Bawa Perlengkapan Tambahan:  Pastikan untuk membawa perlengkapan tambahan seperti handuk, baju ganti, dan alas kaki cadangan. Setelah menikmati air terjun, Anda mungkin ingin mengeringkan diri atau mengganti pakaian yang basah.
  • Siapkan Makanan dan Minuman:  Sementara ada warung makan di sekitar Coban Jahe, selalu bijaksana untuk membawa makanan ringan dan air minum. Ini akan membantu Anda menjaga energi dan menjaga diri tetap terhidrasi selama perjalanan.
  • Jaga Kebersihan Lingkungan:  Selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan selama kunjungan Anda. Bawa kantong plastik atau tas khusus untuk sampah Anda sendiri dan bawa pulang semua sampah. Ini akan membantu menjaga Coban Jahe tetap indah untuk generasi mendatang.
  • Ikuti Panduan dan Peraturan Tempat:  Patuhi semua petunjuk dan peraturan yang diberlakukan oleh pengelola tempat. Ini termasuk panduan tentang keselamatan dan perilaku yang baik selama kunjungan Anda.
  • Nikmati Setiap Momennya:  Terakhir, nikmati setiap momen Anda di Coban Jahe. Luangkan waktu untuk berfoto, bersantai, dan meresapi keindahan alam sekitar. Coban Jahe adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan mendekatkan diri dengan alam.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan memiliki pengalaman yang luar biasa di Coban Jahe. Jadi, bersiaplah untuk menjelajahi keindahan alam yang menakjubkan dan membuat kenangan indah di salah satu destinasi wisata paling menarik di Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×