Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe Terbaru Desember 2022

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe, HTM : Rp 35.000, Jam Buka : 10.00 WIB – 17.00 WIB, Lokasi : Jl. Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57177, Telepon : 02717851761.

Harga tiket masuk de tjolomadoe karanganyar termasuk terjangkau sebab bisa dinikmati dengan nyaman dan pastinya memuaskan. Dibandingkan dengan solo, nama karanganyar masih jarang sekali didengar dan tidak hanya wisata sejarah saja. Tetapi masih banyak wisata lainnya yang dapat dinikmati, salah satunya adalah de tjolomadoe yaitu pabrik gula yang sudah ada sejak 158 tahun silam dan masih  terawat hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe Terbaru

Jika selama ini wisatawan hanya datang ke kabupaten karanganyar hanya untuk menikmati destinasi wisata alamnya, maka cobalah datang kesini. Sekali waktu pengunjung datang, maka akan datang kembali untuk berkunjung lagi. Bekas pabrik gula yang sudah tua ini memiliki tampilan yang unik juga eksotis dan bisa dijadikan sebagai spot foto seperti zaman dahulu serta menjadi wisata favorit di kabupaten karanganyar.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe

Harga tiket masuk de tjolomadoe karanganyar hanya 35 ribu saja dan dipastikan kamu sudah bisa menikmati di dalamnya. Harga yang termasuk terjangkau ini dijamin kamu tidak akan menyesal jika mengeluarkan kocek seperti itu, sebab tidak hanya pelajarannya saja, tetapi bisa mendapatkan spot foto. Berbagai spot foto yang bisa membuat galeri handphone mu penuh dan pastinya membuat feed Instagram menjadi apik.

Harga Tiket Masuk De Tjolomadoe
Tiket MasukRp35.000

Jam Buka De Tjolomadoe

Untuk pengunjung yang masuk ke area museum wajib sekali menggunakan aplikasi pedulilindungi untuk scan data diri. Pengunjung bisa berekreasi di de tjolomadoe selama 6 hari dalam seminggu. Objek destinasi wisata disini tutup di hari senin, sementara hari selasa hingga minggu akan buka pukul 10 pagi hingga 5 sore WIB.

Jam Operasional
Selasa-Minggu10.00 – 17.00 WIB
SeninTUTUP

Sejarah Awal

Sejarah Awal De Tjolomadoe

Adanya napak tilas dari pabrik ini yang terlintas yaitu suatu tempat yang sangat sibuk dan penuh akan alat-alat yang besar atau suara bising mesin. Namun pabrik ini adalah satu-satunya yang bisa membuat tempat ini sangat keren dan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata. De tjolomadoe adalah sebuah pabrik gula yang berada di colomadu, karanganyar, jawa tengah.

Didirikan pada tahun 1861 yang dibangun oleh mangkunegara IV dan menjadi pabrik terbesar yang ada di ASIA pada masa itu. Pada tahun 1928 pabrik ini mengalami perluasan area lahan tebu dan perombakan arsitektur yang sangat padat. Jadi tahun 1925 hingga 1930 pabrik gula colomadu ini mengeluarkan keahliannya.

Sehingga pabrik ini berhasil menjadi pengekspor gula terbesar kedua di dunia yang tahun 1998 PG Colomadu berhenti melakukan kegiatan produksi. Lalu masuk ke zaman revitalisasi pabrik gula colomadu ini bernafas kembali di tahun 1998 silam. Hal yang ini membuat dilakukannya revitalisasi dan diresmikan oleh sejumlah BUMN tahun 2017 lalu saja.

Diantaranya adalah PT PP Tbk dan lainnya yang ada untuk membentuk joint venture dengan PT sinergi colomadu. Hal itu mampu membuat de tjolomadoe untuk melaksanakan konstruksinya revitalisasi dengan kaidah cagar budaya saja. Mulai dari sinilah PG Colomadu berganti nama menjadi de tjolomadoe dan bukan sebagai produksi gula tetapi sebagai objek wisata yang sangat indah.

Daya Tarik

Daya Tarik De Tjolomadoe

bukan hal yang mustahil jika pabrik gula dapat diubah menjadi tempat wisata yang unik dan pastinya akan lebih keren. Nyaman sekali untuk berwisata dengan seru dan mengunjungi berbagai spot foto yang ada untuk dokumentasi dan memenuhi galeri handphone. Wisatawan juga dapat mengunjungi ruang display dan mengenal lebih jauh pabrik ini dari sejarah awal sampai terbentuknya de tjolomadoe.

Kesan yang megah dan mewah ini seakan menyambut perjuangan pengunjung ketika menginjakan kaki di daerah tersebut. bentuk bangunan yang sangat khas ini membuat bangunan masa colonial, ditambah dengan cerobong asap yang sangat tinggi dan menjulang. Cat yang masih baru juga seolah menunjukkan bahwa tempat ini tidak akan habis oleh waktu.

Adanya tulisan “anno 1928” membuat salah satu sisi bangunan ini menjadi tanda sebagai kehebatannya di masa itu. Di dalam ruangannya, pengunjung bisa dibuat tercengang alias kagum akan lantai yang mempunyai warna hitam dan kuning. Lalu adanya ketel uap dan mesin giling tebu yang masih terpanjang dengan sangat gagah terlihat luar biasa keren.

Ruang Pembuatan Gula

Ruang Pembuatan Gula

De tjolomadoe menyiapkan tempat yang bisa digunakan sebagai tempat wisata yang mengedukasi sekali sesuai dengan proses pengolahan tebu. Adanya penanda langit yang bertuliskan stastiun gilingan, penguapan, karbonatasi dan ketelan juga membuat lebih keren tempat ini. Mesin yang dulu digunakan pun masih sangat terpampang sangat jelas dan tampak baru saja dicat ulang.

Tidak perlu khawatir karena didalam ruangannya juga telah dilengkapi dengan pendingin ruangan yang membuat sejuk dan nyaman. pengunjung juga bisa berpetualang dan menyusuri setiap Lorong yang berbeda dari pabrik gula ini. Selain itu juga wisata ini menghadirkan beberapa wahana edukasi yang sangat luar biasa. Hingga nantinya banyak sekali pengunjung yang akan datang kembali untuk cek sejarah lebih lengkapnya

Terdapat pula museum yang menampilkan kegiatan pembuatan tebu dimulai dari hama hingga tanaman tebu. Semuanya terpampang rapi, lengkap, dan pastinya sudah dilengkapi dengan foto atau barang yang masa itu digunakan untuk pengolahan tebu. Ada banyak sekali mesin yang masih bagus dan bisa dilihat dengan jelas bagaimana bentuk, model, dan warnanya yang dipakai di kala itu.

Tempat Santai

Tempat Santai Besali Cafe

Adanya tempat yang seluas ini untuk dikunjungi tidak lengkap rasanya jika tidak ada yang menjual makanan atau minuman didalamnya. Salah satunya adalah besali café yang didalamnya mampu membuat pengunjung dapat beristirahat sejenak sambil menikmati sudut de tjolomadoe yang begitu menarik. Ruangan seluas 1,3 hektar ini mempunyai banyak sekali spot foto yang tidak akan membuat anda merasa mati gaya dengan masing-masing keunikannya.

Tidak perlu khawatir akan kelaparan juga sebab café disini menawarkan berbagai makanan dengan harga yang terjangkau. Desain yang unik bernuansa colonial begitu kental dan mampu membuat kita seolah-olah sedang berada di masa lalu.

Fasilitas

De tjolomadoe yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata ini mampu menampung banyak sekali pengunjung dalam setiap waktuya tanpa terkecuali. Bisa didatangi setiap hari dan mempunyai fasilitas memadai, seperti lahan parkir, toilet, dan juga musholla tersedia disini. Ditambah lagi, terdapat concert hall dengan kapasitas pengunjung yaitu 3 ribu orang di dalamnya. Tidak hanya itu saja, adanya ruangan pertemuan dan pameran dengan kapasitas yaitu 1.000 orang didalamnya.

Hal tersebut yang membuat wista Solo ini kerap mengadakan beberapa event besar, Seperti konser band ternama dan juga expo.

Lokasi De Tjolomadoe

Tempat wisata ini berada di jalan adi sucipto no 1, malangjiwan, colomadu, karanganyar, Indonesia. jarak yang mudah ditempuh mampu membuat pengunjung lebih nyaman.

Berikut merupakan keseruan bersama dan penjelasan harga tiket masuk de tjolomadoe karanganyar. Segera atur jadwalmu untuk bisa bersantai bersama dengan keluarga atau orang tercinta untuk belajar bersama mengenai sejarah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: