Harga Tiket Masuk Gunung Ciremai Terbaru Oktober 2022

Harga Tiket Masuk Gunung Ciremai , HTM : Rp 5.000 – Rp 7.500, Jam Buka : 08.00 WIB – 15.00 WIB, Lokasi : Bantaragung, Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, -, Telepon : +62 232 613152/+62 811 2187 411.

Harga tiket masuk Gunung Ciremai – Gunung Ciremai atau yang juga dikenal sebagai Gunung Cereme, adalah jenis gunung stratovolcano. Stratovolcano adalah letusan eksplosif yang terjadi karena tingginya konsentrasi gas dalam magma. Meski demikian, Gunung ini masih terbilang aman untuk pendakian. Pada saat  PPKM oleh Pemerintah, jalur pendakian Gunung Ciremai sempat ditutup sementara.

Harga Tiket Masuk Gunung Ciremai Terbaru

Namun kabar baiknya, saat ini wisata Gunung Ciremai kembali dibuka.  Jalur pendakian sudah dibuka sesuai kebijakan Pemerintah Daerah Kuningan sehingga kini Anda bisa mendaki dan berwisata. Namun perlu Anda ingat bahwa masih ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi pendaki. Untuk mendaki di Gunung Ciremai, ini berapa harga tiket masuk yang harus dikeluarkan?

Harga Tiket Masuk Gunung Ciremai

Terletak di Jawa Barat, Indonesia, letusan terakhir Gunung ini terjadi pada tahun 1951. Adapun gunung  Ciremai sendiri merupakan titik tertinggi yang ada di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter. Ada banyak tempat wisata di gunung termasuk kafe dan taman yang menarik pengunjung sebelum melakukan pendakian.

Kalau Anda ingin masuk dan mendaki di Gunung Ciremai, ada tiket masuk yang harus dibayarkan, yakni :

Tiket Masuk
KategoriHariHarga
Wisatawan lokalWeekendRp 7500
WeekdaysRp 5000
Wisatawan mancanegaraWeekendRp 225.000
WeekdaysRp 175.000
Rombongan wisatawan lokalWeekendRp 4500
WeekdaysRp 3000
Rombongan wisatawan mancanegaraWeekendRp 150.000
WeekdaysRp 100.000

Selain biaya tiket masuk, ada beberapa tambahan biaya nih yang perlu Anda keluarkan, di antaranya :

KategoriHariHarga
KemahUmumRp 5000
RombonganRp 2500
TrekkingUmumRp 5000
RombonganRp 2500
Pengamatan hidup liarUmumRp 10.000
RombonganRp 5000
Outbound trainingUmumRp 150.000
RombonganRp 75.000
Syuting video untuk tujuan komersilPaketRp 10 juta
FotoPaketRp 250.000

Hal yang perlu di perhatikan pengunjung sebelum berkunjung :

  • Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku
  • Memiliki aplikasi PeduliLindungi dan melakukan scan barcode saat masuk dan saat keluar.
  • Sebelum berkunjung wajib booking dulu di bookingciremai.menlhk.go.id

Jam Buka

Untuk Gunung yang satu ini terbuka untuk umum dan di buka pada setiap harinya. Layanan untuk para pengunjung dan juga para wisatawan di buka dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 15.00 WIB

Daya Tarik Gunung Ciremai

Ada beberapa hal yang membuat Gunung Ciremai ini menarik sekali dijadikan tujuan wisata di akhir pekan atau di kala senggang, di antaranya :

Ada Museum Linggajati di Lereng Gunung

Ada Museum Linggajati di Lereng Gunung

Ada yang unik di Gunung Ciremai, yakni adanya sebuah museum. Museum Linggajati di lereng gunung menjadi daya tarik bagi wisatawan. Museum ini menyimpan catatan peristiwa sejarah, yaitu Perjanjian Linggadjati. Kalau tertarik dengan sejarah, cobalah mengunjungi museum ini sebelum mendaki.

Berkemah dengan Pemandangan Indah

Berkemah dengan Pemandangan Indah

Wisatawan kebanyakan mengunjungi Gunung Ciremai untuk hiking. Pendakian memakan waktu sekitar 12 jam, yang mungkin berbeda berdasarkan kekuatan fisik dan kebugaran masing-masing. Jika Anda memilih untuk mendaki pemandangan yang indah ini, ada juga beberapa tempat berkemah yang tersedia di puncak gunung.

Pemandangan yang Indah

Pemandangan yang Indah

Gunung Ciremai menyajikan pemandangan indah yang mungkin akan membuat Anda terpesona. Saat pendakian, Anda bisa menyaksikan hijaunya alam dengan berbagai tanaman dan bunga-bunga bermekaran. Apalagi kawasan Gunung ini juga sangat sejuk, cocok untuk relaksasi.

Fasilitas Untuk Basecamp Gunung Ciremai

Pada Setiap basecamp yang ada di Gunung ini pasti memiliki fasilitas yang sangat layak dan juga memadai. Beberapa fasilitas yang ada di basecamp nya yaitu seperti toilet, area parkir, warung, tempat istirahat, hingga mushola sudah pasti tersedia. Tidak hanya itu saja, para petugas di setiap basecamp juga ramah dan salu siap sedia untuk melayani para pengunjung dan pendaki. Pengelola TN Gunung Ciremai juga menyediakan paket-paket kegiatan rekreasi di alam.

Lokasi Gunung Ciremai

Lokasi Gunung Ciremai masih masuk dalam kawasan Taman Nasional dan biasa disebut TNGC. Sebenarnya, Gunung ini berlokasi di 2 kabupaten, yakni Kuningan dan Majalengka.

Secara administratifnya, Gunung Ciremai bisa Anda temukan di Kabupaten Majalengka, Kecamatan Sindangwangi, Desa Bantaragung.

Cara Menuju Gunung Ciremai

Cara Menuju Gunung Ciremai

Kalau Anda ingin sekali melakukan pendakian ke Gunung Ciremai, maka Anda bisa menuju ke Cirebon dengan bus atau kereta api. Jadi, dari Jakarta, naik bus ‘KA BANDARA’ dan turun di Stasiun Kereta Bikasi.

Kemudian, lanjutkan untuk naik bus ‘Cirebon Express’ atau ‘Argo Jati’ dan turun di Stasiun Kereta Api Cirebon yang berada di pusat kota. Selanjutnya, naik bus atau travel menuju Majalengka. Nah, untuk mendaki ke Gunung ini, ada beberapa cara untuk dilakukan.

Ya, ada tiga cara untuk mendaki gunung:

  1. Jalur gunung ini dibagi menjadi banyak bagian. Masing-masing bagian ini memiliki ruang terbuka kecil yang disebut “pos”.
  2. Dari arah timur, jalur dimulai dari desa Linggajati. Jalan setapak berjarak sekitar 2 km sebelah barat desa di Pos Cibunar Linggajati.
  3. Jalur Tenggara dimulai dari desa Palutungan di Pos Palutungan yang terletak di dekat kota Kuningan.

Tips Aman Mendaki di Gunung Ciremai

  • Persiapkan Fisik. Jangan memanjat kecuali Anda memiliki pelatihan dan keterampilan yang tepat untuk membuat Anda tetap aman. Kondisi pendakian dan keterampilan yang dibutuhkan dapat bervariasi secara drastis dari satu situs ke situs lainnya. Jika Anda tidak yakin apakah Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan, ajak teman atau sering olahraga.
  • Cek Alat Mendaki. Periksa kembali jangkar, simpul, harness, dan semua peralatan keselamatan lainnya termasuk perlengkapan tetap. Pastikan Anda memiliki perlengkapan yang tepat dan tidak rusak sebelum Anda memulai pendakian.
  • Miliki Rencana Pendakian. Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan jika seseorang terluka, perubahan cuaca, atau perjalanan memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan? Mempersiapkan rencana sebelum perjalanan akan membantu Anda membuat keputusan yang cerdas ketika saatnya tiba.
  • Ketahui Rute Anda. Kenali area yang akan Anda panjat dan lacak lokasi menggunakan peta, kompas, atau altimeter. Bawalah peralatan yang sesuai untuk rute yang Anda lakukan dan ketahui cara menggunakannya.
  • Periksa Cuaca Sebelum Mendaki. Dapatkan informasi prakiraan sebelum memulai pendakian Anda dan amati perubahan kondisi cuaca. Bersiaplah untuk kembali turun jika kondisinya memburuk.

Destinasi Wisata Dekat Gunung Ciremai

Jika Anda selesai berkemah dan ingin coba mengunjungi destinasi wisata lainnya di sekitar Gunung Ciremai, ada beberapa yang direkomendasikan, yaitu :

Pemandian Air Panas Sangkanhurip

Pemandian Air Panas Sangkanhurip

Di lereng timur Gunung Ceremai memiliki banyak tempat menarik yang menarik wisatawan dan pengunjung. Di kaki Gunung ini terdapat sumber air panas vulkanik alami Sangkanhurip. Dibutuhkan sekitar beberapa menit untuk mencapai Pemandian Air Panas Sangkanhurip dari Gunung Ciremai.

Pemandian Sangkahurip ini adalah tempat wisata yang populer untuk berendam, relaksasi, dan bermain di kolam renang.

Kolam Cigugur

Kolam Cigugur

Mata air dan kolam Cigugur yang jernih merupakan kolam renang alami yang bisa juga Anda kunjungi saat sedang di Gunung Ciremai. Anda dapat menikmati berenang di air yang sejuk dengan ikan yang berenang bersama.

Kolam-kolam ini juga merupakan habitat ikan Kangra bodas langka yang dianggap keramat oleh penduduk setempat. Oleh karena itu, kolam ini disebut Kolam Ikan Dewa.

Situs Megalitik Cipari

Situs Megalitik Cipari

Di lereng Tenggara dekat kota Kuningan, terdapat situs megalitik Cipari, sebuah situs arkeologi penting yang berasal dari tahun 1000 SM. Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1972. Terletak 661 meter di atas permukaan laut, situs ini terdiri dari sisa-sisa bangunan kuburan.

Ingin sekali ke Gunung Ciremai? Ajak teman dan lakukan pendakian di sini. Harga tiket masuk Gunung Ciremai sangat murah dan cocok sekali dijadikan tempat healing, lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: