Kamis, April 4, 2024

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park Terbaru April 2024

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park, HTM : Rp5.000, Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB, Lokasi : Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, 55771, Telepon : 0856-4078-6777.

Pesona wisata selfie selalu populer diantara para pelancong, mulai dari yang muda hingga yang dewasa. Kombinasi keindahan alam yang memukau dengan sentuhan ornamen unik telah membuat daya tarik wisata selfie semakin tak terhindarkan. Di ujung selatan Yogyakarta, tepatnya di Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, terdapat destinasi wisata selfie yang dibuka pada bulan Oktober 2019 lalu. Tempat ini dikenal dengan nama Kalinampu Natural Park. Saat mengunjungi lokasi ini, Anda akan disambut oleh pemandangan indah tepian sungai Opak yang ditumbuhi dengan hamparan tumbuhan enceng gondok.

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park Terbaru November 2023

Daya tarik Kalinampu Natural Park tidak hanya sebatas pada keindahan alamnya. Tepat di tepi sungai, Anda akan menemui sebuah gerbang merah mencolok layaknya torii yang menghadirkan nuansa khas negeri sakura, Jepang. Konsep dari Kalinampu Natural Park sendiri memang dibuat seperti suasana di Jepang. Tempat wisata alam ini dikelola oleh Karang Taruna Dusun Kalinampu yang melihat potensi indah di daerah mereka. Menurut Ketua Karang Taruna Dusun Kalinampu, Anang Taufiq, Kalinampu Natural Park merupakan sungai yang dikelola sebagai tempat berswafoto, dengan menyuguhkan konsep ala Jepang.

Di dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail tentang Kalinampu Natural Park, termasuk aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke tempat ini. Selain itu kami juga akan menyertakan informasi harga tiket masuk terbaru, jam operasional, dan fasilitas yang tersedia. Dengan informasi ini, kami berharap Anda dapat merencanakan kunjungan Anda ke Kalinampu Natural Park dengan lebih baik dan memaksimalkan pengalaman wisata anda.

Sekilas tentang Kalinampu Natural Park

Sekilas tentang Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini baru dibuka pada bulan Oktober 2019 lalu dan sejak itu telah menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang mencari pengalaman berlibur yang unik. Kalinampu Natural Park menawarkan nuansa alam yang masih alami, dengan pemandangan indah tepian sungai Opak dan hamparan tumbuhan enceng gondok.

Sebenarnya lahan Kalinampu Natural Park adalah milik pribadi. Pemilik tanah dengan sukarela memberikan tanahnya kepada warga sekitar untuk dikembangkan. Tujuan utama dari pembangunan Kalinampu Natural Park adalah untuk mengantisipasi abrasi yang sering terjadi di sekitar bibir sungai. Hal ini disebabkan oleh aktivitas penambangan pasir yang masih marak di sekitar lokasi wisata. Dengan adanya objek wisata alam, diharapkan para penambang pasir tidak akan lagi mengganggu daerah sekitar objek wisata.

Mengenai ide konsep ala Jepang, Kasan, salah satu pengelola, mengaku bahwa semuanya dimulai dengan ketidaksengajaan. Bermula dari saat ia mengunggah foto sungai Opak yang dihiasi eceng gondok yang bermekaran ke media sosial, kemudian terdapat komentar yang menyebutkan bahwa eceng gondok tersebut mirip dengan sakura yang berguguran di Jepang. Komentar tersebut memicu ide untuk mengubah daerah tersebut menjadi objek wisata dengan konsep ala Jepang.

Untuk dana operasional Kalinampu Natural Park, Kasan menjelaskan bahwa semuanya didanai oleh warga melalui iuran Karang Taruna dan keuntungan yang diperoleh dari objek wisata akan digunakan untuk kepentingan desa dan objek wisata itu sendiri. Dia menekankan bahwa tidak ada yang menerima gaji karena semua pengelola melakukannya dengan sukarela. Keseluruhan inisiatif ini didasari oleh niat murni masyarakat Kalinampu untuk menyediakan tempat wisata yang ramah dan nyaman bagi pengunjung.

Berkat kerja keras warga setempat, konsep ala Jepang pun berhasil hadir di Kalinampu Natural Park. Tepat di tepi sungai, Anda akan menemukan sebuah gerbang berwarna merah mencolok yang mengingatkan pada gerbang tradisional Jepang yang biasa disebut Torii. Saat berkunjung ke tempat ini, anda bisa puas mengabadikan foto berlatarkan eceng gondok yang sedang mekar. Jika ingin mengabadikan momen terbaik di tempat ini, datanglah saat matahari sedang tinggi-tingginya, karena saat matahari tenggelam Bunga enceng gondok akan menguncup.

Selain puas mengabadikan foto, anda juga dapat menyewa pakaian tradisional Jepang. Di tempat ini tersedia persewaan pakaian tradisional Jepang, seperti Yukata dan Kimono, yang bisa disewa oleh pengunjung selama 30 menit per sesi. Ada juga payung lukis ala Jepang yang bisa melengkapi gaya berfoto Anda. Tidak perlu khawatir, karena biaya sewanya masih ramah di kantong.

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park Terbaru

Harga Tiket Masuk Kalinampu Natural Park Terbaru

Ketika Anda merencanakan kunjungan ke Kalinampu Natural Park, salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga tiket masuk. Harga tiket masuk Kalinampu Natural Park cukup terjangkau, sehingga membuatnya menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong. Berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk terbaru:

KeteranganHarga Tiket
Tiket MasukRp 5.000
Parkir kendaraan roda duaRp 5.000
Parkir kendaraan roda empatRp 10.000
Sewa Baju Kimono/YukataRp 25.000 / 30 menit

Sementara untuk penyewaan kipas dan payung ala Jepang, Anda hanya perlu membayar secara sukarela. Dengan harga yang terjangkau ini, Anda dapat menikmati pengalaman berwisata selfie ala Jepang tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Perlu diingat pula bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Lokasi & Informasi Kontak

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut atau memiliki pertanyaan seputar Kunjungan Anda ke Kalinampu Natural Park, Anda dapat menghubungi mereka melalui informasi kontak berikut:

Alamat:

Dusun Kalinampu, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, 55771

Telepon:

0856-4078-6777

Jam Operasional:

Setiap Hari: 06.30 – 18.00 WIB

Aktivitas di Kalinampu Natural Park

Kalinampu Natural Park menawarkan beragam aktivitas wisata yang dapat Anda nikmati selama kunjungan Anda. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini:

Menikmati Alam Pedesaan

Menikmati Alam Pedesaan

Dusun Kalinampu adalah lokasi yang terjaga keasliannya, dengan hamparan rerumputan hijau dan tumbuhan enceng gondok yang menghiasi lingkungan. Anda dapat menikmati waktu santai dengan duduk lesehan di atas rerumputan ini, sambil menikmati kehidupan pedesaan yang tenang.

Berfoto dengan Pakaian Tradisional Jepang

Berfoto dengan Pakaian Tradisional Jepang

Salah satu daya tarik utama Kalinampu Natural Park adalah kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang alam yang indah. Objek wisata alam ini memiliki banyak spot foto menarik, seperti perahu, gerbang Torii, spot ayunan, dan tepian sungai Opak. Anda dapat menjelajahi berbagai sudut taman ini untuk mencari spot-spot yang sempurna untuk mengabadikan momen-momen berharga. Anda juga dapat menyewa pakaian tradisional Jepang seperti Yukata atau Kimono untuk meningkatkan pengalaman berfoto Anda.  Untuk menambah sentuhan ala Jepang dalam foto-foto Anda, Anda dapat menyewa payung lukis dan kipas.

Naik Perahu Menyusuri Sungai Opak

Naik Perahu Menyusuri Sungai Opak

Meskipun Kalinampu Natural Park dikenal sebagai destinasi wisata selfie, Anda juga dapat menikmati sensasi naik perahu di atas sungai Opak yang mengelilingi area wisata. Perahu-perahu ini memiliki warna cat merah mencolok dan ornamen khas dengan tulisan Jepang, memberikan nuansa Jepang yang kuat.

Menyaksikan Teater Pendekar Samurai

Di sela-sela berburu spot foto, Anda juga dapat menyaksikan atraksi pendekar samurai yang memainkan seni pedang Jepang dengan lihai di tepian sungai Opak. Sang pendekar samurai kerap dijadikan obyek foto oleh para wisatawan dan memberikan hiburan tambahan selama kunjungan ke Kalinampu Natural Park.

Membeli Lukisan Karya Seniman Lokal

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan adalah membeli lukisan bertema keindahan alam di Kalinampu. Pelukis-pelukis lokal sering menawarkan karya seni mereka di tempat wisata ini, dan Anda dapat membeli lukisan yang Anda sukai atau bahkan memesan lukisan khusus. Dengan membeli karya mereka, anda bisa membantu pemasukan Kalinampu Natural Park agar tetap terawat.

Berburu Kuliner Khas Jogja

Di sekitar kawasan wisata, terdapat beberapa lapak kuliner yang menyajikan hidangan khas Jogja. Setelah mengeksplorasi kawasan wisata dengan puas, Anda dapat beristirahat sambil menikmati hidangan lezat di lapak-lapak tersebut. Harga menunya terjangkau, namun rasanya tetap enak dan memuaskan.

Tips Berkunjung Ke Kalinampu Natural Park

Tips Berkunjung Ke Kalinampu Natural Park

Ketika merencanakan kunjungan Anda ke Kalinampu Natural Park, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadikan perjalanan lebih menyenangkan. Berikut beberapa saran perjalanan yang mungkin berguna:

  • Pilih Waktu Kunjungan yang Tepat: Untuk mendapatkan foto yang bagus dan lebih nyaman, datanglah saat cuaca cerah. Matahari yang terang akan membuat taman enceng gondok terlihat lebih menakjubkan. Datanglah pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna.
  • Bawa Kamera atau Ponsel dengan Kapasitas Baterai Cukup: Pastikan Anda membawa perangkat foto yang cukup baterainya.
  • Kenakan Pakaian yang Nyaman: Meskipun ada kesempatan untuk menyewa pakaian tradisional Jepang, pastikan Anda tetap mengenakan pakaian yang nyaman untuk berjalan-jalan di area tersebut.
  • Bawa Makanan Ringan dan Air Minum: Walau terdapat lapak kuliner di sekitar Kalinampu Natural Park, lebih baik membawa makanan ringan dan air minum sendiri untuk menjaga energi Anda selama kunjungan.
  • Jaga Kebersihan: Pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan area wisata. Mari bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap indah dan alami.

Kalinampu Natural Park adalah destinasi wisata yang memikat dengan nuansa alam yang indah. Jika Anda mencari destinasi wisata yang unik, menawan, dan ramah di kantong di Yogyakarta, Kalinampu Natural Park adalah pilihan yang sempurna. Temukan pesona alam, budaya, dan seni di tempat ini, dan buat kenangan indah selama kunjungan Anda. Terima kasih telah membaca, dan semoga kunjungan Anda ke Kalinampu Natural Park menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×