Harga Tiket Masuk Kawah Putih Terbaru Juni 2024

Harga Tiket Masuk Kawah Putih, HTM : Rp28.000 – Rp162.000, Jam Buka : 07.30 WIB – 16.00 WIB, Lokasi : Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat , Indonesia, 40972, Telepon : 081220068486.

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata alam yang berada di kawasan Bandung Selatan, tepatnya di daerah Ciwidey. Kawah Putih ini menawarkan pemandangan yang sangat eksotis dan menakjubkan, sehingga tak heran jika menjadi salah satu tempat wisata yang sangat diminati di Indonesia. Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk di kawah gunung berapi, danau ini memiliki warna air yang khas yaitu putih kehijauan yang diakibatkan oleh adanya gas belerang yang keluar dari dasar kawah.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Bagi para pengunjung, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Kawah Putih ini. Selain keindahan pemandangannya yang sangat luar biasa, banyak pula aktivitas yang dapat dilakukan di dalam kawasan wisata ini, mulai dari menikmati keindahan danau, berburu foto di berbagai spot foto yang instagramable, hingga menikmati wisata sejarah di sekitar kawasan Kawah Putih. Sebagai sebuah kawasan wisata, Kawah Putih juga menyediakan fasilitas yang lengkap, termasuk akomodasi, tempat makan, dan juga pusat perbelanjaan, sehingga para pengunjung tak perlu khawatir akan kebutuhan selama berada di sana.

Namun, sebelum mengunjungi Kawah Putih, penting bagi para pengunjung untuk mengetahui informasi terkait harga tiket masuk dan jam buka kawasan wisata ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi terkait harga tiket masuk Kawah Putih terbaru dan juga jam buka Kawah Putih saat ini, sehingga para pengunjung dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih mudah dan nyaman.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Putih diharuskan membayar tiket masuk sebagai bentuk biaya konservasi lingkungan dan pengelolaan kawasan. Harga tiket masuk Kawah Putih terbaru yang berlaku per Oktober 2023 adalah sebagai berikut:

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket Masuk Wisatawan DomestikRp28.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp81.000
Tiket Masuk Terusan Wisatawan DomestikRp43.000
Tiket Ontang AntingRp29.000
Charge Jasa Reduksi EmisiRp162.000
Range Harga Wahana: View Deck Sunan Ibu, Jembatan Apung, Taman Bermain Mini, Panahan, Kuda TunggangRp11.000-Rp50.000

Perlu diingat bahwa harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, terutama saat musim liburan atau hari raya. Selain itu, wisatawan juga harus memperhatikan jam operasional Kawah Putih agar tidak terkena biaya tambahan atau bahkan ditolak masuk.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan harga tiket masuk Kawah Putih yang cukup signifikan. Namun, hal tersebut sebanding dengan fasilitas dan pengalaman wisata yang ditawarkan oleh Kawah Putih. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Kawah Putih sebaiknya mempersiapkan budget yang cukup dan melakukan perencanaan perjalanan dengan matang.

Saat membayar tiket masuk, wisatawan akan diberikan peta Kawah Putih dan juga mendapatkan akses untuk mengikuti tur ke kawah dengan menggunakan transportasi ontang-anting yang disediakan oleh pengelola. Selain itu, wisatawan juga akan dapat menikmati keindahan danau serta panorama alam di sekitar Kawah Putih. Dengan membayar harga tiket yang terjangkau, wisatawan sudah bisa merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan di Kawah Putih.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Kawasan wisata ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan dan liburan. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kawah Putih, pastikan Anda mengetahui jam operasionalnya agar tidak kecewa ketika datang ke sana.

Jam buka Kawah Putih Bandung dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore setiap harinya. Pengunjung disarankan untuk datang pada pagi hari untuk menghindari kemacetan dan antrean panjang, terutama pada akhir pekan dan liburan. Selain itu, pagi hari juga merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan Kawah Putih yang masih segar dan belum terlalu banyak terkena sinar matahari.

Waktu operasional
Senin – Minggu07.30 – 16.00 WIB

Namun, jika Anda ingin mengunjungi Kawah Putih pada malam hari, kawasan wisata ini juga menyediakan program pengamatan bintang yang sangat menarik. Anda bisa melihat bintang dan planet dengan lebih jelas karena minimnya cahaya di sekitar Kawah Putih pada malam hari. Program pengamatan bintang biasanya dimulai pada pukul 19.00 hingga 22.00 malam dan harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Ragam Aktivitas Wisata Kawah Putih Bandung

Ragam Aktivitas Wisata Kawah Putih Bandung

Kawah Putih merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Selain menikmati keindahan danau dan hamparan awan di sekitar kawah, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan ini. Berikut beberapa ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Kawah Putih:

Menikmati keindahan danau

Menikmati keindahan danau

Saat berkunjung ke Kawah Putih, pengunjung dapat menikmati keindahan danau yang terletak di tengah kawah. Air danau yang berwarna hijau keputihan sangat memesona dan membuat mata pengunjung terpesona. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau sambil menikmati pemandangan sekitar.

Naik ontang-anting ke kawah

Naik ontang-anting ke kawah

Selain menikmati keindahan danau, pengunjung juga bisa naik ontang-anting ke kawah. Ontang-anting merupakan kendaraan khas Ciwidey yang bisa membawa pengunjung naik turun ke kawah dengan cara menaiki kereta yang diikatkan pada kabel yang terbentang di atas kawah.

Kawah Putih sejarah mitologi Sunda

Kawah Putih sejarah mitologi Sunda

Kawah Putih memiliki sejarah yang unik dan menarik. Menurut mitologi Sunda, kawah ini merupakan bekas tempat Sanghyang Kumbakarna mandi dan kuburannya berada di sekitar kawah. Selain itu, ada juga legenda yang menceritakan tentang seekor kerbau yang jatuh ke kawah dan berubah menjadi batu.

Berburu foto di spot Sunan Ibu

Berburu foto di spot Sunan Ibu

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kawah Putih tanpa berfoto di spot Sunan Ibu. Sunan Ibu merupakan spot paling populer untuk berfoto di Kawah Putih. Di sini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang kawah dan hamparan awan yang sangat indah.

Kawah Putih menawarkan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan. Dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan berbagai ragam aktivitas wisata yang dapat dilakukan, membuat Kawah Putih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bandung.

Fasilitas

Kawah Putih adalah salah satu destinasi wisata alam terkenal di Ciwidey, dan untuk memastikan pengalaman yang nyaman bagi para pengunjungnya, berbagai fasilitas telah disediakan di kawasan ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung:

  1. Area Parkir: Kawah Putih menyediakan area parkir yang luas dan teratur. Pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat parkir untuk kendaraan mereka.
  2. Toilet: Fasilitas toilet yang bersih dan terawat dengan baik tersedia di kawasan ini, memungkinkan pengunjung untuk bersiap sebelum menjelajahi keindahan alam Kawah Putih.
  3. Restoran: Terdapat restoran di sekitar kawasan yang menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati makanan lezat setelah menjelajahi kawah.
  4. Tempat Beristirahat: Setelah menjelajahi kawasan ini, pengunjung dapat menemukan banyak bangku dan tempat duduk yang tersedia di sekitar kawasan untuk beristirahat sejenak dan menikmati pemandangan.
  5. Mushola: Bagi pengunjung yang ingin beribadah, terdapat mushola di kawasan ini untuk kenyamanan Anda.
  6. Toko Oleh-Oleh: Di area parkir Kawah Putih, terdapat beberapa toko oleh-oleh yang menjual souvenir khas Ciwidey dan Bandung. Ini adalah tempat yang bagus untuk membeli kenang-kenangan selama kunjungan Anda.
  7. Warung Makanan dan Minuman: Terdapat juga warung-warung kecil di sekitar kawasan yang menjual makanan dan minuman ringan, sehingga Anda tidak perlu merasa lapar atau haus selama berada di sini.

Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung sehingga mereka dapat menikmati kunjungan mereka ke Kawah Putih dengan baik. Dengan fasilitas yang lengkap, Anda dapat lebih fokus menikmati keindahan alam dan pemandangan yang luar biasa di Kawah Putih Ciwidey. Selamat menikmati liburan Anda!

Lokasi Kawah Putih

Lokasi Kawah Putih

Kawah Putih terletak di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Bandung dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan mobil atau sepeda motor. Jalan menuju Kawah Putih cukup menantang karena medannya yang berkelok dan menanjak.

Kawasan wisata ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang cukup luas dengan tarif parkir yang terjangkau. Namun, jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik angkot jurusan Ciwidey di terminal Leuwi Panjang Bandung dan turun di terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda bisa naik ojek atau mobil sewa untuk menuju Kawah Putih.

Meskipun jalan menuju Kawah Putih cukup menantang, pemandangan yang ada di sepanjang perjalanan sangatlah memukau. Jika Anda berkendara dari Bandung, Anda akan melewati kebun teh dan persawahan yang indah. Namun, saat berkendara menuju kawah, Anda perlu berhati-hati karena jalannya berkelok dan menanjak yang cukup tajam. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan di medan seperti ini.

Tiba di kawasan wisata Kawah Putih, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Sejuknya udara pegunungan dan keindahan panorama alam akan membuat Anda merasa segar kembali setelah melewati perjalanan yang melelahkan. Kawah Putih Bandung merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam sekaligus mengisi liburan dengan aktivitas yang seru dan edukatif.

Tips Liburan ke Kawah Putih

Tips Liburan ke Kawah Putih

Liburan ke Kawah Putih merupakan salah satu pilihan destinasi wisata yang menarik di kawasan Bandung. Untuk membuat liburan Anda lebih nyaman dan menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum pergi ke Kawah Putih. Berikut adalah beberapa tips liburan ke Kawah Putih yang bisa Anda simak:

  • Persiapkan Fisik Anda: Kawah Putih berada di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut, sehingga udara di sekitar Kawah Putih sangat dingin. Sebelum pergi ke Kawah Putih, pastikan Anda dalam keadaan sehat dan fisik yang prima. Jangan lupa untuk membawa jaket tebal atau pakaian hangat untuk menghindari kedinginan.
  • Pakai Sepatu yang Nyaman: Kawah Putih memiliki medan yang berbatu-batu dan licin. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan sepatu yang nyaman dan anti-slip agar Anda tidak mudah tergelincir saat berjalan.
  • Bawa Bekal Makanan dan Minuman: Di sekitar Kawah Putih, tidak terdapat tempat makanan atau minuman yang memadai. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup untuk selama liburan di Kawah Putih.
  • Gunakan Kamera dengan Baterai Cadangan: Kawasan Kawah Putih memiliki pemandangan yang sangat indah dan cocok untuk berfoto-foto. Pastikan Anda membawa kamera dengan baterai yang cukup atau cadangan agar tidak kehabisan daya selama berlibur.
  • Jangan Lupa untuk Membuang Sampah pada Tempatnya: Untuk menjaga kebersihan di Kawah Putih, pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah sembarangan, agar lingkungan di sekitar Kawah Putih tetap bersih dan indah.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, liburan ke Kawah Putih di Bandung akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×