Sabtu, April 20, 2024

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Terbaru April 2024

Harga tiket masuk Ranca Upas Ciwidey, HTM : Rp25.000 – Rp300.000, Jam Buka : 24 Jam, Lokasi : Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973, Telepon : +62 812 3486 7880.

Ranca Upas, siapa yang penasaran dengan berapa tarif tiketnya karena berencana untuk kemah? Tenang, tenang, Anda bisa merencanakan perjalanan kemah Anda dengan persiapan yang matang tanpa harus khawatir kekurangan biaya karena tidak tahu cara budgeting yang tepat.

Dengan luas total 215 hektar dan terletak 1.700 meter di atas permukaan laut, Ranca Upas adalah hutan hijau subur yang tidak hanya menawarkan ketenangan tetapi juga angin segar alami yang sejuk. Anda dan teman-teman tidak akan bosan telah mengunjungi kawasan wisata yang indah di Bandung ini.

Apa itu Wisata Ranca Upas?

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Terbaru

Wisata Ranca Upas sebenarnya adalah sebuah bumi perkemahan. Hanya saja di tempat ini, Anda tidak hanya bisa berkemah dengan tempat yang nyaman. Di sini, Anda bisa melihat hutan dengan sejumlah pohon langka seperti :

  • Jamuju
  • Hamirug
  • Huru
  • Kihujan
  • Kurai
  • Puspa
  • Pasang
  • Kitambang

Ditetapkan sebagai hutan lindung, Ranca Upas juga merupakan rumah bagi kera dan berbagai jenis burung.

Salah satu wahana permainan yang paling menarik di sini adalah kompleks konservasi rusa di mana pengunjung dapat mengamati dan berinteraksi langsung dengan rusa. Di kompleks seluas 5 hektar, pengunjung juga dapat memberi makan makhluk lembut ini dengan wortel dan sayuran lain yang disediakan oleh pengelola.

Sejarah Ranca Upas

Awalnya, kawasan wisata Ranca Upas i hanya diperuntukkan sebagai camping ground atau pusat pelatihan luar ruang bagi berbagai komunitas. Namun, karena karakteristik alam dan fitur geografisnya yang menarik, akhirnya Ranca Upas dikembangkan sebagai wisata yang tidak hanya melayani camping ground saja.

Ya, bumi perkemahan ini kemudian berkembang menjadi taman alam yang dapat menawarkan berbagai kegiatan untuk keluarga. Beberapa wahana outbound yang bisa dinikmati di sini adalah :

  1. Flying Fox
  2. Tangga Goyang
  3. Bola Air
  4. Jaring Kargo
  5. Arena Atv
  6. Kolam renang
  7. Pemandian Air Panas

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Jika Anda dan teman-teman memutuskan untuk berkemah dan melarikan diri dari hiruk pikuk lalu lintas dan kehidupan kota yang ramai, maka Anda bisa datang ke Ranca Upas ini. Tempat  berkemah di dekat Bandung yang dijamin sangat recomended.

Ranca Upas terletak hanya 6km dari Kawah Putih di Bandung sehingga menjadi kesempatan yang luar biasa untuk sekalian berwisata di Kawah Putih. Nah, untuk berkemah di Ranca Upas, beberapa tarif uang yang harus Anda persiapkan adalah:

Harga Tiket Masuk Ranca Upas Ciwidey
Tiket Masuk Wisatawan LokalRp25.000
Tiket Masuk Wisatawan MancanegaraRp44.000
Tiket Masuk Kolam Renang Air HangatRp22.000
Tiket Masuk OnsenRp28.000
Tiket Masuk Onsen VIPRp300.000
Tiket Camping Domestik Per MalamRp40.000
Tiket Camping Internasional Per MalamRp59.000
Tiket Tambahan Per MalamRp15.000
Harga Wahana
PaintballRp125.000
ATVRp160.000
Archery, BerkudaRp35.000
Flying FoxRp25.000
Tiket Parkir
MotorRp8.000
MobilRp15.000
BusRp35.000
Tiket Parkir Kendaraan Camping
MotorRp19.000
MobilRp34.000
BusRp75.000

Disclaimer : harga tiket masuk ranca upas diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih. Harga tersebut sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Tetap kunjungi hargacampur.com untuk update harga terbaru.

Beberapa hal penting sebelum berkunjung ke Ranca Upas :

  • Jangan lupa melakukan reservasi secara online ke nomor pengelola Ranca Upas.
  • Pembayaran dilakuka non tunai.
  • Selalu mematuhi protokol kesehatan 5M.

Jam Buka Ranca Upas Bandung

Kawasan area tempat wisata Ranca Upas ini di buka pada setiap harinya selama 24 jam.

Jam Buka
Kunjungan Wisata08.00 – 17.00 WIB
Camping24 Jam

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Ranca Upas

Selain harga tiket masuknya yang terjangkau, beberapa aktivitas yang bisa di lakukan wisatawan juga sangat seru. Nah berikut beberapa aktivitas seru yang ada di Ranca Upas, sebagai berikut:

Camping

Camping Ranca Upas

Ranca Upas, adalah bumi perkemahan seluas 215 hektar yang dikelilingi oleh pegunungan. Secara geografis Ranca Upas terletak 1700m di atas permukaan laut, maka suhu rata-rata berkisar antara 18C – 23C.

Jika Anda datang bersama rombongan dan tidak membawa tenda sendiri, maka Anda bisa menyewa tenda dari penduduk setempat. Ada beberapa lokasi camping yang sudah disediakan oleh pengelola dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ada area yang dekat dengan bangunan utama atau rumah darurat, area yang dekat dengan fasilitas toilet, atau area yang dekat dengan Taman Bermain. Di Ranca Upas, Anda bisa melihat banyak keluarga bersama anak kecil atau bahkan hewan peliharaan sekaligus untuk kemah. Ketika mencari lokasi membangun tenda, Anda akan dibantu oleh pemandu lokal sampai menemukan tempat yang tepat.

Berkunjung ke Hutan

Berkunjung Ke Hutan Ranca Upas

Seluruh kawasan Ranca Upas merupakan bagian dari hutan lindung pemerintah. Sebagai salah satu jantung utama kota Bandung, kawasan Wisata ini terkenal sebagai tempat rekreasi yang menarik dijelajahi.

Kalau Anda suka berpetualang, maka cobalah untuk menelusuri hutan yang ada di kawasan Ranca Upas. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat beberapa satwa liar di hutan ini.

Taman Suaka Rusa

Taman Suaka Rusa Ranca Upas

Siapa yang penasaran sekali dengan hewan rusa? Di Ranca Upas ini, ada sebuah taman suaka rusa yang membuat Anda bisa menyaksika berbagai hewan satu ini. Ya, di dalam Ranca Upas Anda akan melihat sekawanan rusa yang lucu-lucu dan bisa memberinya makan. Di sini Anda bisa membeli sekantong wortel seharga Rp 5.000 saja dan memberi mereka makan.

Berenang di Pemandian Air Panas

Berenang di Pemandian Air Panas Ranca Upas

Di Ranca Upas juga ada sebuah pemandian air panas, Cobalah untuk pergi ke sini pada siang hari atau sebelum matahari terbenam jika Anda ingin melarikan diri dari keramaian dan refreshing sejenak. Air di pemandian ini sangat hangat dan cocok sekali untuk dijadikan tempat relaksasi.

Outbound

Outbound Ranca Upas

Beberapa sekolah dan perusahaan di Bandung sering menggunakan Ranca Upas sebagai lokasi untuk outbound. Jika Anda tertarik untuk melakukan outbound bersama teman-teman selepas camping, cobalah untuk naik flying fox, arena ATV atau Tangga Goyang. Beberapa permainan outbound di tempat wisata ini dijamin bisa menegangkan adrenalin Anda.

Spot Foto Dengan Nuansa Alam

Spot Foto Dengan Nuansa Alam

Ranca upas ini terkenal dengan nuansa alamnya yang indah. Hal ini dibuktikan dengan adanya padang rumput, penangkaran rusa serta hutan dengan jajaran pohon yang rapat. Sehingga menjadikan tempat ini sangat cocok untuk lokasi berfoto berlatar belakang pemandangan yang indah. Terlebih pada jaman sekarang ini, hampur semua wisatawan yang berkunjung ke sini tidak lepas untuk sambil berfoto dengan handphone nya masing-masing. Tak jarang beberap foto yang di hasilkan bisa memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Beberapa aktivitas berfoto yang biaanya ada di tempat wisata ini yaitu foto Prewedding. Banyak fotografer yang merekomendasikan foto prewedding di tempat ini, dikarenakan nuansa alamnya yang indah. Sehingga akan menghasilkan foto calon pengantin yang sangat keren dan bisa menjadikan momen yang tak terlupakan.

Jadi tertarik sekali untuk mengunjungi wisata di Ciwidey ini jika ada waktu luang? Datang saja ke Rancabali, kawasannya dekat sekali dengan Kawah Putih yang terkenal. Apalagi harga tiket masuk Ranca Upas terbilang murah, jadi jangan sampai deh Anda lewatkan wisata satu ini.

Fasilitas

Ranca Upas Ciwidey merupakan destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau dan beragam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Ranca Upas Ciwidey:

  1. Bumi Perkemahan: Terdapat area bumi perkemahan yang luas dan nyaman untuk para pengunjung yang ingin menginap di tengah alam. Anda dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang tersedia di lokasi.
  2. Kolam Renang Air Panas + Seluncuran + Ember Tumpah: Nikmati kehangatan air panas di kolam renang sambil menikmati sensasi meluncur di seluncuran air atau merasakan semburan air dari ember tumpah yang menyegarkan.
  3. Kids Play Ground: Fasilitas ini dirancang khusus untuk anak-anak dengan berbagai permainan dan wahana yang aman dan menyenangkan. Mereka dapat bermain dan mengeksplorasi di area ini dengan pengawasan orang dewasa.
  4. Penangkaran Rusa Timorensis: Ranca Upas juga memiliki penangkaran rusa Timorensis yang menarik. Anda dapat melihat langsung dan berinteraksi dengan rusa Timorensis yang lucu dan menggemaskan.
  5. Masjid & Mushola: Terdapat fasilitas tempat ibadah berupa satu masjid dan satu mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah selama berada di wisata ini.
  6. Kantor Pusat Informasi: Terdapat kantor pusat informasi yang akan memberikan informasi terkait lokasi, wahana, dan kegiatan yang dapat dilakukan di Ranca Upas. Anda dapat menghubungi staf di kantor ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
  7. Padang Rumput Savana: Nikmati keindahan padang rumput savana yang luas dan hijau di tempat wisata ini. Tempat ini sangat cocok untuk piknik, bermain dengan keluarga, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan alam yang indah.
  8. Rawa Basah: Rawa basah di Ranca Upas menawarkan keindahan alam yang unik. Anda dapat menjelajahi area ini dan menikmati kehidupan alami di sekitarnya.
  9. Warung Makan: Untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum, terdapat warung makan yang menyediakan berbagai hidangan lezat. Warung ini juga menyediakan kayu bakar untuk api unggun sehingga Anda dapat menikmati suasana berkemah yang lebih hangat.
  10. Penyewaan Tenda: Jika Anda tidak membawa tenda sendiri, Anda dapat menyewa tenda di lokasi untuk menginap di bumi perkemahan.
  11. Gerai Penitipan Helm: Bagi pengunjung yang membawa helm, tersedia gerai penitipan helm yang aman dan terawat.
  12. Gerai Tanaman Hias: Jika Anda tertarik dengan tanaman hias, terdapat gerai yang menjual berbagai macam tanaman hias yang indah dan dapat Anda beli sebagai kenang-kenangan.
  13. Toilet: Fasilitas toilet tersedia di beberapa area strategis di Ranca Upas untuk kenyamanan pengunjung.
  14. Gazebo: Terdapat beberapa gazebo di sekitar tempat wisata ini yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat atau bersantai menikmati pemandangan sekitar.
  15. Archery Shooting Target: Untuk Anda yang menyukai olahraga memanah, terdapat fasilitas archery shooting target yang menantang di Ranca Upas.
  16. Berkuda: Pengalaman berkuda juga bisa Anda dapatkan di Ranca Upas. Nikmati sensasi berkeliling area wisata dengan menunggang kuda.
  17. Flying Fox: Bagi Anda yang menyukai tantangan dan adrenaline, Anda dapat mencoba wahana flying fox yang menawarkan pengalaman mengasyikkan dan pemandangan yang spektakuler.
  18. Strawberry Petik Sendiri: Ranca Upas juga menawarkan pengalaman petik buah strawberry langsung dari kebunnya. Anda dapat menikmati segarnya buah strawberry langsung dari pohonnya.
  19. Cadas Panjang Sunrise Catcher: Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan matahari terbit di Cadas Panjang dan mengabadikannya dalam foto yang indah.
  20. Onsen Ranca Upas (new facilities): Tempat wisata ini juga telah menambahkan fasilitas baru berupa onsen, yaitu pemandian air panas ala Jepang. Anda dapat bersantai dan merasakan kehangatan air panas yang menyegarkan.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, Ranca Upas Ciwidey menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, teman, maupun individu yang ingin menikmati alam, beraktivitas, dan bersantai. Pastikan Anda mengunjungi Ranca Upas dan menikmati semua fasilitas yang tersedia untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas Ciwidey

Wisata Ranca Upas sendiri berlokasi di Kecamatan Rancabali, Bandung atau tepatnya di Jl. Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, kelurahan Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Berjarak kurang lebih 50 KM dari pusat kota Bandung. Sedangkan waktu tempuh untuk sampai ke lokasi kurang lebih 1,5 jam. Menggunakan kendaraan melewati jalan tol Soreang.

Rute Menuju Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas letaknya sekitar 50 km jika datang dari arah selatan Bandung. Tergantung pada lalu lintas di dalam dan sekitar Bandung, perjalanan biasanya akan memakan waktu lebih dari dua jam. Jika menggunakan jalan utama, biasanya Anda menghadapi jalan yang sibuk sepanjang perjalanan.

Nah, jalan utama yang biasanya digunakan dari Bandung adalah melalui kota Soreang, ibu kota Kabupaten Bandung, kemudian terus turun ke kota Ciwidey dengan arah yang sama dengan menuju Kawah Putih atau Situ Patengan.

Dari Situ Patengan, kawasan wisata Ranca Upas ini terletak sekitar 6 km atau 10 menit berkendara ke arah tenggara dari Kawah Putih.

Sebenarnya pergi ke Ranca Upas ini sama rutenya jika Anda ingin pergi ke kawasan Kawah Putih. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, maka Anda bisa keluar dari tol Kopo atau exit tol Cimahi, lalu menuju Ciwidey.

Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, maka Anda harus mencari jalan terlebih dahulu ke Terminal Leuwipanjang dan kemudian naik bus ke arah Ciwidey. Dari Ciwidey, Anda bisa naik angkot mini bus bus lokal, atau masyarakat setempat menyebutnya “Angkot” untuk tujuan Kawah Putih.

Namun, karena Anda ingin pergi ke Kampung Cai Ranca Upas, maka mintalah berhenti di sana. Perkiraan biaya untuk naik minibus ini adalah Rp 10.000 per orangnya.

Tips Sebelum Berkunjung ke Ranca Upas

Tips Sebelum Berkunjung ke Ranca Upas

Ranca Upas adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Dengan keindahan alamnya yang memukau, tempat wisata ini menjadi pilihan yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati udara segar dan pemandangan yang mempesona. Jika Anda berencana untuk mengunjungi Ranca Upas, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam persiapan sebelum perjalanan:

  1. Cek Cuaca dan Musim: Sebelum pergi ke tempat wisata ini, penting untuk memeriksa kondisi cuaca dan musim saat itu. Cuaca yang cerah dan musim yang tepat akan memaksimalkan pengalaman liburan Anda. Selain itu, informasi tentang cuaca dan musim juga dapat membantu Anda mempersiapkan pakaian yang sesuai dan perlengkapan yang diperlukan.
  2. Rencanakan Jadwal Kunjungan: Ranca Upas seringkali menjadi tujuan wisata yang ramai, terutama saat akhir pekan atau liburan. Untuk menghindari keramaian dan antrian yang panjang, sebaiknya rencanakan kunjungan Anda di hari biasa atau di luar jam-jam sibuk. Juga, buatlah jadwal kunjungan yang terorganisir agar Anda dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
  3. Persiapkan Perlengkapan yang Tepat: Sesuaikan perlengkapan yang Anda bawa dengan kegiatan yang akan dilakukan di sini. Pastikan untuk membawa pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca, sepatu atau sandal yang cocok untuk berjalan di alam terbuka, serta perlengkapan lain seperti topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  4. Bawa Makanan dan Minuman Secukupnya: Ranca Upas adalah kawasan wisata alam, sehingga kemungkinan terbatasnya pilihan makanan dan minuman di area sekitar. Disarankan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya, terutama jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu yang cukup lama di sana. Pastikan untuk membawa bekal yang mudah dibawa dan tahan lama.
  5. Jaga Kebersihan dan Keharmonisan Alam: Sebagai pengunjung, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan keharmonisan alam di sini. Jangan meninggalkan sampah sembarangan, gunakan tempat sampah yang tersedia atau bawa pulang sampah Anda. Jaga keindahan alam dengan tidak merusak atau merusak tanaman, hewan, atau fasilitas yang ada.
  6. Siapkan Fisik dan Kondisi Kesehatan: Ranca Upas menawarkan banyak kegiatan seperti hiking, berjalan-jalan, atau piknik. Sebelum berkunjung, pastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik dan siap untuk beraktivitas di alam terbuka. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum pergi dan bawa obat-obatan yang mungkin Anda butuhkan.
  7. Patuhi Aturan dan Petunjuk Pengelola: Pastikan untuk mematuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola tempat wisata. Ini termasuk larangan merokok, larangan membawa hewan peliharaan, dan larangan melakukan kegiatan yang dapat merusak lingkungan. Dengan mematuhi aturan ini, kita dapat menjaga kelestarian alam dan menjadikan kunjungan kita menyenangkan bagi semua orang.

Dengan mempersiapkan perjalanan Anda dengan baik dan mengikuti tips di atas, kunjungan Anda ke Ranca Upas dijamin akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Nikmati keindahan alam yang menakjubkan dan jadikan momen ini sebagai peluang untuk bersantai dan melepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×