Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas Terbaru Mei 2024

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas, HTM : Rp 15.500 – Rp 25.500, Jam Buka : 07.00 WIB – 16.00 WIB, Lokasi : Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43253, Telepon : 0263 – 2953070/0812 – 2466 – 7108.

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang lokasi Kebun Raya Cibodas yang terletak di salah satu kota Jawa Barat. Tempat wisata dengan nuansa alam yang indah nan asri ini memiliki lahan seluas 85 hektar yang jauh dari perkotaan.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Selain harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas yang terjangkau, di sini bisa menjadi wisata edukatif bagi anak-anak untuk memperkenalkan bermacam-macam jenis flora di Indonesia. Berikut beberapa ulasan terkait Kebun Raya Cibodas yang cocok Anda kunjungi saat weekend ataupun weekday.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

Pengunjung yang ingin berwisata ke sini akan dikenakan tarif harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas yang tergolong murah. Bagi wisatawan domestik dan mancanegara akan dikenakan tarif Rp16.500/orang saat weekday dan Rp26.500/orang saat weekend. Tiket masuk tersebut berlaku untuk anak-anak dengan tinggi badan di atas 80 cm dan orang dewasa.

Sementara itu, untuk tiket masuk sepeda di hari biasa adalah Rp15.000 dan Rp20.000 khusus hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung juga harus membayar retribusi parkir kendaraan sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat. Nah, biaya keseluruhan tiket tadi sudah meliputi asuransi Jasa Raharja Putra dan harganya masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Harga Tiket Masuk Domestik & Mancanegara WeekdayRp15.500
Harga Tiket Masuk Domestik & Mancanegara WeekendRp25.500
Tiket Masuk Sepeda WeekdayRp15.000
Tiket Masuk Sepeda WeekendRp20.000
Harga Tiket Masuk Retribusi Pemda Cianjur
Tiket Masuk Per OrangRp12.000
Tiket Masuk MotorRp5.000
Tiket Masuk MobilRp10.000
Tiket Masuk MotorRp15.000
Tiket Kendaraan
Tiket MobilRp35.000
Tiket MotorRp5.000

Berikut beberapa ketentuan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas:

  • Anak-anak yang tinggi badan nya 80cm, wajib memiliki harga tiket masuk.
  • Sebelum memasuki kawasan Kebun Raya Cibodas, pengunjung perlu membayar biaya retribusi Pemda Cianjur.
  • Para Pengunjung wajib membayar 2 tiket masuk, Tiket gerbang pertama (Retribusi Pemda) dan tiket gerbang kedua (Tiket Kebun Raya Cibodas)
  • Pada hari Senin s/d Sabtu, kendaraan bermotor diperbolehkan masuk dan berkeliling.
  • Sedangkan untuk hari Minggu dan tanggal merah, kendaraan tidak boleh masuk dan berkeliling.
  • Setiap hari Minggu, Mobil diperbolehkan masuk mulai pukul 08.00-12.00.
  • Pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar dengan syarat menggunakan wadah.
  • Wajib menjaga kebersihan area wisata.

Jam Buka Kebun Raya Cibodas

Apabila Anda ingin liburan di Kebun Raya Cibodas dengan sepuasnya, sudah pasti harus mengetahui jam operasional yang ditetapkan. Area Kebun Raya Cibodas mulai dibuka sejak pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore waktu setempat, setiap hari mulai Senin – Minggu.

Jam Buka
Senin-Jumat08.00 – 16.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional07.00 – 16.00 WIB

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Daya tarik Kebun Raya Cibodas dikenal begitu indah oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kebun yang diresmikan sejak tanggal 11 April 1852 silam dibangun oleh seorang kurator asal Belanda bernama Johannes Ellias Teijsmann.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor Terbaru Mei 2024

Awalnya, pengunjung yang masuk tidak dikenakan biaya apapun, namun karena semakin banyaknya pelancong sehingga dijadikan area wisata berbayar. Kebun ini dapat dimanfaatkan sebagai ruang belajar raksasa khusus memahami tentang tumbuhan.

Kebun yang masuk dalam kategori Botanical Garden ini mempunyai banyak koleksi pepohonan. Dimana pada tahun 2003 lalu resmi menjadi balai konservasi Unit Pelaksana Teknis (UPT). Setidaknya, di sini telah ada 5.831 sampel tanaman dari 1.206 jenis yang tumbuh subur, baik pohon tua dan muda.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Kebun Raya Cibodas

Dengan mengunjungi Kebun Raya Cibodas, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan baru terkait tumbuhan. Selain itu, di sini Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik yang bernuansa alam seperti berikut.

Taman Sakura

Taman Sakura

Ingin melihat kebun sakura ala Jepang? Nah, tidak perlu pergi jauh-jauh karena di Kebun Raya Cibodas Anda dapat melihat pohon sakura yang bersemi dengan subur terdiri dari 7 varian habitat.

Lokasi kebun terletak di dataran tinggi dengan iklim sejuk menjadi alasannya bisa tumbuh sempurna. Namun, untuk melihatnya hanya bisa dilakukan saat bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus saja.

Gathering

Gathering

Nah, area gathering menjadi lokasi di Kebun Raya Cibodas yang sangat pas Anda singgahi jika datang secara berombongan bersama teman atau keluarga. Tanah lapang dengan udara segar ini cocok untuk berkumpul sambil melepas penat. Jika tidak ingin ribet, Anda dapat menggunakan jasa event organizer wisata untuk memesan paket gathering.

Taman Lumut

Taman Lumut

Sesuai dengan namanya, di taman lumut Anda dapat menikmati bermacam variasi lumut. Ada sekitar 200 jenis lumut yang sengaja dirawat untuk penelitian. Di sini, pengunjung juga dapat mengabadikan momen foto dengan latar tumbuhan lumut.

Air Terjun Cibeureum

Kebun Raya Cibodas Air Terjun Cibeureum

Air Terjun Cibeureum mampu menghipnotis pengunjungnya karena memiliki pemandangan yang begitu eksotis dengan ketinggian sekitar 50 meter dikelilingi pohon yang menghijau. Untuk mencapai lokasinya, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang melalui jalur Gunung Gede Panggrango.

Rumah Kaca

Rumah Kaca

Kehadiran rumah kaca di Kebun Raya Cibodas memiliki keunikan tersendiri yang mampu menampung lebih dari 4.000 koleksi tanaman. Mulai dari tanaman bunga anggrek, kaktus, hingga varian tumbuhan unik lainnya yang hampir punah bisa Anda temukan di sini.

Taman Rhododendron

Kebun Raya Cibodas Taman Rhododendron

Selain melihat berbagai tanaman lokal, Anda juga bisa menyaksikan tanaman dari berbagai negara di dunia dengan cara berkunjung ke Taman Rhododendron. Background foto di taman ini tak kalah indahnya dengan taman sakura dan taman lumut.

Pemotretan Prewed

Kebun Raya Cibodas Pemotretan Prewed

Kebun Raya Cibodas sangat sering dipakai untuk pemotretan pre-wedding maupun kegiatan komersial seperti iklan produk. Namun, Anda diharuskan membayar sewa tempat sekitar Rp1-2 jutaan.

Galeri Tanaman Hias

Kebun Raya Cibodas Galeri Tanaman Hias

Galeri tanaman hias dapat Anda kunjungi untuk melihat beraneka ragam tanaman hayati. Galeri yang dipenuhi banyak tanaman hias yang menawan ini bisa Anda kunjungi sesuai jam bukanya setiap hari.

Melihat Koleksi Tumbuhan Paku

Kebun Raya Cibodas Tumbuhan Paku

Jangan lewatkan untuk menyaksikan beragam koleksi tumbuhan paku saat berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Ada sekitar 34 jenis tanaman paku yang dipercaya dapat dijadikan obat-obatan dan bahan makanan.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Waterboom Oniba Terbaru Mei 2024

Melihat Bunga Raflesia

Kebun Raya Cibodas Bunga Raflesia

Hingga saat ini, bunga bangkai rafflesia arnoldi terus dibudidayakan dan dilestarikan karena keberadaannya yang hampir punah. Bunga raksasa dengan bau menyengat ini bahkan bisa tumbuh hingga 3 meter dan berbuah tiap 4 tahun sekali.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

Fasilitas Kebun Raya Cibodas memastikan bahwa para pengunjung dapat menikmati kunjungan mereka dengan nyaman dan terpenuhi kebutuhan selama berada di lokasi. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Cibodas:

  1. Area Parkir yang Luas: Kebun Raya ini menyediakan area parkir yang luas untuk para pengunjung. Dengan adanya fasilitas ini, Anda dapat dengan mudah menemukan tempat untuk memarkir kendaraan Anda tanpa harus khawatir tentang kekurangan ruang parkir.
  2. Musholla: Fasilitas musholla tersedia di Kebun Raya Cibodas untuk memfasilitasi kegiatan ibadah bagi para pengunjung yang membutuhkannya.
  3. Toilet: Kebun Raya ini juga menyediakan fasilitas toilet yang bersih dan nyaman. Hal ini penting untuk memastikan kenyamanan dan kebersihan pengunjung selama berada di lokasi.
  4. Tempat Sampah: Untuk menjaga kebersihan dan keindahan alam, Kebun Raya Cibodas dilengkapi dengan tempat sampah yang tersebar di berbagai area. Pengunjung diharapkan untuk membuang sampah pada tempatnya demi menjaga kelestarian lingkungan.
  5. Sheller dan Gazebo: Terdapat fasilitas sheller dan gazebo di Kebun Raya ini yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai, beristirahat, atau menikmati pemandangan sekitar. Spot-spot ini juga sering menjadi tempat yang populer untuk berfoto.
  6. Area Camping Ground dan Pendopo: Jika Anda ingin merasakan pengalaman berkemah di tengah alam, Kebun Raya Cibodas menyediakan area camping ground yang luas. Selain itu, terdapat pendopo yang dapat menampung hingga 200 tenda untuk kegiatan kelompok atau acara tertentu.
  7. Bus Mini: Untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi area wisata, Kebun Raya ini menyediakan bus mini dengan tarif yang terjangkau. Bus ini dapat mengantarkan pengunjung mengelilingi lokasi wisata dengan lebih mudah dan nyaman.
  8. Outlet Restoran: Jika Anda merasa lapar, Anda tidak perlu khawatir. Kebun Raya Cibodas memiliki outlet restoran yang menyajikan berbagai jenis camilan dan makanan berat. Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati suasana alam yang indah.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan lengkap bagi pengunjung Kebun Raya Cibodas. Dengan adanya fasilitas tersebut, para pengunjung dapat menjelajahi dan menikmati keindahan alam dengan lebih baik.

Alamat dan Rute Lokasi Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas beralamat di Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya ini sangat dekat dengan Istana Cipanas Bandung dan kawasan Puncak Bogor, dimana Anda hanya butuh waktu sekitar 1.5 jam perjalanan atau 85 km dari arah Jakarta dengan kondisi lalu lintas lancar.

Ada beberapa alternatif rute lokasi yang dapat ditempuh. Misalnya, jika Anda berasal dari Jakarta, maka bisa mengambil arah perkebunan the dan melewati Puncak Pass. Kemudian, saat di pertigaan Jl.Paragajen, silakan belok ke kiri dan lurus sampai tiba di Kebun Raya Cibodas.

Sedangkan itu, jika Anda berasal dari arah Bandung, Cianjur, Sukabumi, dan sekitarnya disarankan untuk melewati Rumah Sakit Simacan. Saat di pertigaan Jl Paragajen, beloklah ke kiri mengikuti arus jalan. Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga dapat memanfaatkan angkotan umum arah Cipanas-Cibodas yang berpangkal di persimpagan Jl.Simacan.

Lihat Juga :  Harga Tiket Masuk Curug Love Terbaru Mei 2024

Kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI. PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253. Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233. [email protected].

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Tips Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam merencanakan kunjungan yang menyenangkan:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Kebun Raya Cibodas merupakan tempat wisata alam yang indah, namun cuaca di daerah pegunungan bisa berubah-ubah. Sebaiknya periksa prakiraan cuaca sebelum pergi dan pilih waktu yang cerah atau mendung namun tidak hujan. Hindari datang saat musim hujan yang intensitas curah hujannya tinggi.
  2. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman: Kebun Raya Ini memiliki medan yang beragam, termasuk jalanan yang berbatu dan berliku. Pastikan Anda mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berjalan dan menjelajahi area tersebut. Gunakan juga topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan: Sebelum berangkat, pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan seperti air minum, krim tabir surya, dan obat nyamuk. Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan pegunungan yang bisa menjadi terik saat siang hari dan rentan terhadap nyamuk.
  4. Siapkan Makanan dan Camilan: Meskipun terdapat beberapa outlet restoran di Kebun Raya Cibodas, tetapi jika Anda lebih memilih membawa bekal sendiri, pastikan untuk membawa makanan ringan dan camilan yang cukup. Jangan lupa untuk membawa kantong plastik atau wadah untuk membuang sampah dengan benar.
  5. Jelajahi dengan Rute yang Tepat: Kebun Raya Ini memiliki luas yang cukup besar, dan terdapat banyak rute yang dapat dijelajahi. Sebelum berangkat, cari tahu tentang rute-rute yang menarik, seperti taman-taman khusus atau koleksi tanaman tertentu yang ingin Anda kunjungi. Dengan merencanakan rute yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan waktu dan menikmati pengalaman yang lebih baik.
  6. Hormati dan Lindungi Alam: Kebun Raya Cibodas adalah sebuah konservasi alam yang penting. Selama berkunjung, jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya, hindari merusak atau memetik tanaman, dan hindari perilaku yang dapat merusak lingkungan. Hormati juga petunjuk dan aturan yang ada di tempat ini.
  7. Nikmati Ketenangan dan Keindahan Alam: Kebun Raya Ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Ambillah waktu untuk menikmati keheningan, suara burung, dan pemandangan yang menenangkan. Jangan terburu-buru dan nikmatilah setiap momen di tengah keindahan alam yang disajikan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan dan menjalani kunjungan yang seru dan menyenangkan di Kebun Raya Cibodas. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen indah selama berada di sana!

Gimana, sekarang sudah tahu kan harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas? Saat memasuki kawasan wisata ini, tentunya Anda harus mencoba beragam wahana alam seru dan melihat koleksi flora yang disediakan. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu vaksin minimal dosis kedua sebagai syarat memasuki Kebun Raya Cibodas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error:
×